25 Makanan untuk Penderita Asam Urat Paling Menyehatkan

9016

Penderita asam urat memang terkadang menghadapi dilema yang sangat besar. Salah satunya adalah mengenai aturan makan yang sebenarnya. Banyak jenis makanan yang mungkin tidak bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi. Namun salah satu dasarnya adalah semua jenis makanan yang mengandung purin tinggi memang tidak bisa dimakan. Jika tetap dimakan maka bisa menyebabkan kadar purin semakin tinggi dan membuat kondisi nyeri otot maupun sendi yang lebih buruk.

Untuk mempermudah penderita asam urat dalam menentukan jenis makanan yang bisa dimakan tanpa resiko maka harus dilakukan dengan cerdas. Berikut ini adalah jenis makanan yang khusus dan bebas dimakan oleh penderita asam urat.

  1. Kentang

Kentang sangat aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kentang mengandung sumber mineral yang sangat banyak seperti zat besi, fosfor, kalium, selenium,dan magnesium. Kentang juga mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C.  Kentang bisa membantu penderita asam urat menjadi lebih baik karena kalsium dan magnesium bisa menghalangi pembentukan purin di dalam tubuh. Selain itu kentang juga akan membantun menurunkan berat badan dan mengurangi berbagai jenis efek peradangan karena asam urat. Untuk menghindari efek samping karena kentang maka hindari makan kentang goreng. Sebaiknya kentang dimasak dengan di kukus atau direbus.

  1. Wortel

Wortel adalah sayuran yang kaya dengan beta karoten dan beberapa jenis vitamin lain seperti vitamin A, vitamin B8, vitamin C dan juga vitamin K. tidak hanya itu saja sebab wortel juga diperkaya dengan mineral seperti asam folat,  zat besi, tembaga, mangan, magnesium dan fosfor. Wortel juga sayuran yang tidak mengandung purin sehingga sangat aman untuk penderita asam urat. Wortel justru bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sistem kerja sel darah putih dan memelihara kesehatan.

  1. Kaldu Sayur

Untuk penderita asam urat sebaiknya tidak pernah makan kaldu yang berasal dari daging merah. Kaldu sayuran sangat disarankan untuk mengatasi efek yang berlebihan. Kaldu sayuran bisa dimasak dengan beberapa sayuran seperti wortel, kentang, bawang putih, dan lobak. Sayuran ini sangat rendah lemak sehingga tidak akan meningkatkan kadar asam urat. Selain itu Anda juga bisa menyimpan blok kaldu sayuran yang tidak diberikan garam. Garam berlebihan pada penderita asam urat bisa meningkatkan kadar purin dan resiko pembentukan kristal di ginjal.

  1. Anggur

Buah anggur bisa dimakan oleh penderita asam urat tanpa harus merasa khawatir. Buah anggur mengandung berbagai nutrisi yang sangat menguntungkan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalsium, fosfor, zat besi, selenium dan magnesium.  Anggur juga tidak mengandung purin yang tinggi sehingga aman untuk penderita asam urat. Anggur bisa memberikan beberapa manfaat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh,mendukung sistem pencernaan yang sehat dan mencegah tubuh yang terlalu lelah. Jadi anggur bisa dimakan setiap hari dan Anda tidak perlu khawatir.

  1. Apel

Apel juga sama seperti anggur, yaitu buah yang aman untuk penderita asam urat. Apel dikemas dengan berbagai jenis nutrisi yang sangat penuh seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin K dan mineral seperti magnesium, mangan, tembaga, fosfor, dan selenium. Apel juga mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bisa membantu proses pencernaan. Apel sangat baik untuk penderita asam urat karena bisa meningkatkan vitalitas dan mengatasi rasa lelah yang berlebihan. Apel membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk kandungan asam urat yang tinggi dalam tubuh. Jadi apel akan membantu tubuh mengatasi kondisi asam urat dengan cara yang sangat alami.

  1. Stroberi

Stroberi adalah buah menyehatkan yang sangat segar, manis dan sedikit asam. Buah ini kaya dengan kandungan nutrisi yang sangat terkenal stroberi memberikan dukungan untuk penderita asam urat karena mengandung vitamin C, kalium ,magnesium, fosfor, selenium, mangan dan serat yang sangat tinggi. Stroberi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap semua peradangan. Stroberi akan membantu meningkatkan sistem kerja sendi agar lebih baik terutama karena penumpukan asam urat yang berlebihan. Jadi buah ini akan membantu gerakan sendi yang lebih  baik untuk penderita asam urat.

  1. Kenari

Kenari juga bisa dimakan oleh penderita asam urat tanpa perlu merasa khawatir. Kenari mengandung protein yang sangat menyehatkan. Selain itu kenari juga mengandung serat, magnesium, kalium, fosfor, tembaga, mangan, seng, natrium, dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E. Kenari bisa membantu mengatasi asam urat karena mengandung purin yang sangat rendah. Selain itu kenari juga bisa membantu proses metabolisme karena mengandung mineral yang sangat lengkap. Kenari juga akan membantu mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Ini akan membuat penderita asam urat yang juga komplikasi dengan diabetes merasa lebih aman.

  1. Seledri

Seledri bisa menjadi sayuran yang sangat berkhasiat untuk penderita asam urat. Seledri mengandung nutrisi mineral yang sangat penting seperti kalsium, tembaga, zat besi, seng, kalium, dan seng. Seledri juga penuh dengan sumber vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K. Seledri membantu menurunkan kadar asam urat dengan beberapa cara seperti menurunkan tekanan darah untuk penderita tekanan darah tinggi, membuat gerakan yang lebih luas untuk sistem pembuluh darah dan membuat tekanan pada sendi menjadi lebih ringan. Jadi penderita asam urat bisa menjadi lebih baik terutama jika menghadapi tekanan sendi yang menyebabkan gerakan lebih terbatas. Seledri juga bisa membantu mengatasi kolesterol yang tinggi.

  1. Tomat

Tomat menjadi buah yang benar-benar sangat bermanfaat untuk penderita asam urat. Tomat mengandung nutrisi yang sangat tinggi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, thiamin, folat dan vitamin K. bahkan tomat juga mengandung beberapa mineral seperti kalium, tembaga, fosfor, magnesium dan mangan. Tomat tidak mengandung purin sehingga sangat aman untuk penderita asam urat. Selain itu tomat akan meningkatkan kesehatan dengan cara menyumbang sejumlah antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tomat bahkan mengandung likopen yang bisa membantu tubuh untuk mencegah kanker. Tomat juga bisa membuang semua racun dalam tubuh termasuk untuk membuang penumpukan asam urat.

  1. Terong

Jika Anda terkena asam urat maka jangan takut makan terong. Ini jenis sayuran yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan Anda. Terong mengandung unsur vitamin seperti thiamin, folat, niasin, vitamin C, vitamin K dan juga B6. Bahkan dalam terong yang kecil juga ditemukan sumber mineral seperti serat, tembaga, magnesium, fosfor dan mangan. Semua nutrisi ini bisa membantu tubuh mengeluarkan lemak dan kolesterol yang menumpuk. Jika Anda memiliki berat badan yang berlebihan maka terong akan membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sangat aman. Terong akan membantu mengurangi asam urat sekaligus membuat kesehatan Anda menjadi lebih baik.

  1. Daging Bebek

Jika Anda menderita asam urat maka  hindari daging sapi dan ganti dengan daging bebek. Bebek menyumbang sejumlah unsur nutrisi yang sangat penting untuk tubuh Anda. Daging bebek mengandung tingkat protein yang sangat sehat. Selain itu juga mengandung mineral seperti zat besi, magnesium, selenium, fosfor, dan mangan. Daging bebek sama sekali tidak mengandung purin seperti yang ditemukan pada daging merah atau daging sapi. Khasiat daging bebek juga bisa mengurangi penumpukan asam urat secara berlebihan di dalam tubuh. Jadi daging bebek akan membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat.

  1. Daging Ayam

Daging ayam lebih baik dikonsumsi untuk penderita asam urat dibandingkan daging sapi. Pastikan Anda memilih bagian yang tidak mengandung lemak tinggi, seperti dada tanpa kulit. Daging ayam menyumbang beberapa nutrisi yang bisa menjaga kesehatan seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, kalium, seng, fosfor, mangan dan sejumlah vitamin B komplek. Jadi daging ayam akan membantu Anda menjaga kesehatan. Protein dalam daging ayam akan membantu menjaga kadar asam urat agar tidak berlebihan. Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi maka bisa mencoba untuk makan daging ayam. Hindari memasak daging ayam goreng dan lebih baik untuk dijadikan sup atau ayam kukus.

  1. Lobak

Lobak bisa menjadi makanan untuk penderita asam urat yang sangat penting. Lobak memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Lobak putih atau lobak daikon paling disarankan untuk penderita asam urat. Lobak mengandung unsur mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh seperti magnesium, fosfor, kalium, selenium, mangan, tembaga dan seng. Lobak bisa membantu mengurangi berat badan dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C dalam lobak juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa merasa tenang saat makan lobak karena lobak tidak mengandung purin.

  1. Buah Persik

Buah persik adalah jenis buah yang banyak tumbuh di China dan Korea. Anda bisa mendapatkan mencoba makan buah persik dalam kaleng yang rendah gula. Nutrisi yang ditemukan pada buah persik adalah seperti vitamin A, vitamim C, thiamin, niacin, riboflavin, asam pantotenat, vitamin E dan juga vitamin K. buah persik tidak mengandung purin, lemak dan kolesterol sehingga sangat aman untuk tubuh. Selain itu buah persik akan meningkatkan manfaat lain seperti menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol.

  1. Bayam

Banyak orang yang menderita asam urat tidak mau makan bayam karena takut asam urat akan naik. Sebenarnya bayam sangat baik untuk penderita asam urat. Sayuran hijau ini diperkaya oleh beberapa jenis mineral seperti mangan, seng, magnesium, kalsium, zat besi, dan kalium. Bayam juga mengandung jenis vitamin yang sangat besar seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D dan juga zat hijau seperti klorofilin. Bayam sebenarnya tidak mengandung purin yang tinggi. Makan bayam bisa membantu menjaga kesehatan Anda dengan cara menjaga tekanan darah tetap stabil, dan membantu tulang dan sendi dari tekanan yang berlebihan. Selain itu bayam juga akan membantu tulang Anda menjadi lebih kuat karena mineral yang bisa diserap dengan baik.

  1. Asparagus

Sayuran asparagus bisa menjadi makanan yang sangat baik untuk penderita asam urat. Asparagus mengandung beberapa sumber nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, folat, thiamin, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Asparagus diperkaya dengan mineral yang sangat lengkap seperti magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, selenium, seng dan kalium. Asparagus juga bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol tanpa menimbulkan efek samping. Asparagus membantu meringankan asam urat dan menyembuhkan secara alami karena asparagus meringankan peradangan pada sendi. Selain itu asparagus bisa membantu tubuh penderita asam urat untuk meringankan rasa sakit.

  1. Kembang Kol

Kembang kol bisa Anda campur dengan sayuran lain seperti wortel atau kentang menjadi sup. Ini sayuran yang sangat baik untuk penderita asam urat karena tidak mengandung purin. Bahkan kembang kol justru menyumbang berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, vitamin B, folat dan vitamin K. Kembang kol juga menawarkan mineral yang penting seperti kalium, magnesium, fosfor, dan mangan. Ini adalah jenis mineral yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara alami. Kembang kol sangat baik untuk penderita asam urat karena mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh.

  1. Kacang Almond

Banyak penderita asam urat yang tidak mau makan almond. Sebenarnya almond adalah sumber makanan untuk penderita asam urat yang sangat baik. Almond akan membantu mengendalikan kadar asam urat dengan cara menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu kacang almond juga tidak mengandung purin dan bisa dijadikan camilan sehari-hari. Almond banyak membantu penderita asam urat untuk memiliki tulang dan sendi yang kuat dan sehat. Mineral kalsium dalam kacang almond akan mengurangi resiko pengeroposan tulang. Selain itu kacang almond juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Kacang Hijau

Mengapa Anda harus makan kacang hijau ketika menderita asam urat? Banyak alasan yang dimiliki oleh kacang hijau. Ini adalah jenis kacang yang banyak mengandung protein tinggi. Selain itu juga tidak mengandung purin yang tinggi. Bonusnya adalah kacang hijau mengandung beberapa mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, kalisum, fosfor, magnesium, zat besi, tembaga, kalium dan mangan. Kacang hijau juga mengandung flavonoid yang bisa mencegah kenaikan asam urat berlebihan. Jadi kacang hijau memang sayuran favorit yang sangat penting untuk mencegah asam urat.

  1. Jeruk

Jeruk adalah menyegarkan yang bisa dikonsumsi setiap hari oleh penderita asam urat. Jeruk membantu tubuh memenuhi beberapa unsur nutrisi yang penting untuk kesehatan. Dalam satu buah jeruk mengandung zat yang sangat kaya seperti vitamin A, vitamin C, flavonoid, serat, hesperidin, tembaga, magnesium, protein dan kalium. Anda bisa makan jeruk secara langsung atau membuat jus tanpa gula. Vitamin C dalam buah jeruk membantu menjaga kesehatan agar tetap baik dan kebal terhadap berbagai jenis penyakit. Mineral dalam buah jeruk membantu menjaga agar peradangan pada penderita asam urat tidak memburuk. Jeruk adalah buah yang sangat menyehatkan.

  1. Brokoli

Brokoli jenis sayuran hijau yang sering ditinggalkan oleh penderita asam urat karena takut bisa meningkatkan kadar asam urat. Sebenarnya brokoli adalah sayuran yang sangat sehat dan sama sekali tidak mengandung kadar purin yang tinggi. Justru brokoli adalah sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam brokoli yang hijau dan segar mengandung beberapan nutrisi seperti folat, vitamin C, vitamin K, selenium, mangan, fosfor, dan kalium. Brokoli akan mendatangkan manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mengeluarkan semua racun dalam tubuh termasuk penumpukan asam urat. Brokoli juga bisa membuat sendi dan otot menjadi lebih kuat karena membantu penyerapan nutrisi mineral yang lebih baik.

  1. Jamur

Jamur adalah sumber makanan yang penuh dengan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk penderita asam urat. Jamur mengandung mineral seperti kalium, mangan, tembaga, fosfor, magnesium, seng, dan mangan. Jamur juga tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan. Jamur juga tidak mengandung purin dan sangat aman untuk asam urat. Manfaat kesehatan jamur untuk tubuh Anda seperti menurunkan kadar kolesterol berlebihan, menjadi sumber antibiotik alami dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Sereal

Banyak penderita asam urat yang harus merasa tersiksa karena juga disertai dengan komplikasi diabetes. Mereka harus mengurangi makan nasi dan membuat tubuh menjadi sangat lemah. Namun sebagai pengganti nasi yang aman dan sehat, maka sereal bisa dimakan setiap hari. Ini adalah pengganti nasi yang penuh dengan sumber nutrisi. Sereal memiliki kandungan mineral yang sangat lengkap seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor, tembaga dan zat besi. Sereal juga mengandung vitamin B komplek yang sangat baik untuk kesehatan. Sereal sudah terbukti tidak mengandung purin atau ada dalam jumlah yang sangat rendah dan menyehatkan. Sereal tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga sangat baik untuk tubuh

  1. Yogurt

Yogurt memang makanan yang sangat menyehatkan dan bisa menjadi sumber probiotik alami untuk tubuh. Yogurt tanpa lemak atau rendah lemak sangat disarankan untuk penderita diabetes. Yogurt mengandung jumlah kalsium yang sangat tinggi sehingga membantu mencegah pengeroposan tulang. Selain itu yogurt juga mengandung kadar kalium dan magnesium yang bisa membantu tubuh dalam mengelola cairan tubuh agar tetap seimbang. Untuk penderita asam urat sebaiknya memang tidak makan yogurt yang mengandung lemak karena bisa membuat kondisi tubuh kurang sehat.

  1. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak sangat disarankan untuk penderita asam urat.  Banyak penderita asam urat yang tidak mau minum susu dan justru merasakan gejala asam urat yang lebih buruk. Susu rendah lemak mengandung sumber nutrisi seperti kalsium, magnesium, mangan dan zat besi. Mineral inilah yang penting untuk mendukung fungsi tulang agar lebih baik dan membantu penyerapan mineral untuk tulang.

Dasar Diet untuk Penderita Asam Urat

  1. Hindari mengkonsumsi daging dan ikan dalam jumlah yang terlalu banyak. Semua jenis sumber protein nabati mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan sama sekali. Anda tetap bisa makan dengan jumlah yang sedikit dan cara masak yang lebih sehat seperti dikukus atau dipanggang.
  2. Hindari semua jenis makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak jenuh pada makanan yang digoreng. Lebih baik jika Anda menggantinya dengan makanan yang mengandung kacang dan biji-bijian.
  3. Selama Anda masih memiliki kandungan asam urat yang tinggi atau sering kambuh maka hindari semua jenis minuman yang mengandung alkohol. Alkohol akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk karena alkohol mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Kadar purin sangat buruk untuk penderita asam urat karena bisa membuat asam urat meningkat dengan cepat. (baca juga : efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial)
  4. Hindari semua jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat berlebihan. Makanan yang mengandung karbohidrat dan gula akan membuat kadar asam urat menjadi sangat tinggi. Jadi jika Anda ingin mengkonsumsi minuman dalam kemasan maka sebaiknya perhatikan kadar pemanis dan kandungan bahan lainnya. (baca juga : akibat kelebihan karbohidrat dalam tubuh)
  5. Semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat komplek bisa membuat berat badan Anda bertambah dengan cepat. Berat badan yang berlebihan bisa menganggu sistem metabolisme dalam tubuh sehingga juga bisa memperburuk kondisi asam urat berlebihan. Jadi perhatikan untuk tidak makan sumber karbohidrat secara berlebihan. (baca juga : bahaya obesitas terhadap kesehatan)

Banyak penderita asam urat yang tidak bisa mengontrol asupan makanan. Hal ini bisa memicu komplikasi yang lebih lanjut. Karena itu aturan jenis makanan ini bisa membuat penderita asam urat mendapatkan nutrisi yang cukup dan tubuh tetap sehat.

Baca juga : Makanan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat – Makanan pantangan asam urat – Penyebab asam urat dan cara mengatasinya – Bahaya asam urat tinggi bagi tubuh – Ciri-ciri asam urat tinggi dan pengobatannya