Nyeri Pergelangan Tangan Kanan – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

1745

Nyeri pada pergelangan tangan merupakan rasa sakit akibat tekanan berulang pada jaringan otot. Syaraf, Tendon dan pembuluh darah dimana rasa nyerinya bisa menyebar ke arae lain misalnya jari jari atau punggung tangan.

Penyebab

Nyeri dipergelangan tangan kanan dapat mengganggu aktivitas ketika tangan sudah menunjukkan tanda tanda kaku dan sulit untuk digerakkan. Nyeri pergelangan tangan kanan dapat dialami oleh siapa saja yang bisa muncul karena dipengaruhi  faktor dari luar dan dalam tubuh. Diantaranya:

1.Cedera

Cedera pada pergelangan tangan kanan seringkali menjadi  pemicu munculnya kelainan pada sendi dan jringan yang ada disekitarnya, Dimana rasa nyerinya dapat menyebabkan kesulitan bergerak.

Penyebab cedera :

  • Patah tulang dan pendarahan- Patah tulang atau keretakan yang terjadi pada pergelangan tangan dapat menyebabkan Pendarahan  dan kerusakan terhadap jaringan seputar tangan yang menimbulkan rasa nyeri, Kesemutan, Sensasi rasa panas dan menjadi salah satu penyebab tangan kaku akibat kesulitan sendi untuk digerakkan.
  • Tangan Keseleo dan bengkak – Keseleo dan diikuti dengan pembengkakan yang terjadi pada area pergelangan tangan kanan terjadi akibat gerakan mendadak dan dilakukan secara berkesinambungan yang menyebabkan otot, Syaraf , Tendon dan pembuluh darah mengalami keterkejutan, Terplintir dan mendapat tekanan sehingga jari tangan bengkak tiba tiba atau mengalami rasa nyeri pergelangan tangan kanan
  • Osteoartritis – Osteoartritis adalah kondisi dimana jumlah asam urat terlalu banyak terbentuk dan mengendap menjadi kristal pada persendian lalu mengalami pengapuran, Peradangan kemudian menyebabkan kerusakan struktur tulang. Kondisi ini sering muncul akibat seseorang sudah pernah mengalami cedera tulang sebelumnya.

2.Carpal tunnel syndrome

Aktivitas yang dilakukan secara konsisten atau berulang dalam jangka panjang yang mengharuskan penggunaan tangan dapat menyebabkan kelelahan otot, Penyempitan aliran darah dan Tekanan terus menerus pada syaraf serta tendon sehingga jari jari kaku, Pergelangan tangan nyeri dan kadang sukit digerakkan secara normal.

Penyebab carpal tunnel syndrome :

  • Menjahit – Menjahit membutuhkan banyak gerakan jari jari tangan dan penggunaan persendian pergelangan tangan yang berulang. Ketika otot mengalami kelelahan maka akan muncul rasa nyeri pergelanagn tangan kanan yang diikuti dengan kaku jari jari tangan.
  • Mengangkat beban berat – Mengangkat beban berat yang dilakukan setiap hari atau jangka panjang beresiko menyebabkan penyempitan pembuluh darah, Dan jika tidak diimbangi dengan peregangan otit maka akan muncul rasa nyeri pergelangan tangan kanan yang timbul tenggelam.
  • Mengetik dan menulis – Aktifitas mengetik dan menulis yang terlalu lama tanpa adanya peregangan otot beresiko menyebabkan kelelahan otot, Tendon, Saraf saraf dan penyempitan aliran darah yang dapat menimbulkan rasa nyeri pergelangan tangan kanan.

3. Artritis reumatoid

Artritis reumatoid merupakan peradangan pada sendi  yang dapat menyerang persendian diseluruh tubuh termasuk pada bagian tangan misalnya nyeri pergelangan tangan kanan yang bisa menimbulkan pembengkakan .

Penyebab Artritis Reumatoid :

  • Autoimun – Munculnya artritis reumatoid paling sering disebabkan karena autoimun atau  kondisi kekebalan tubuh tidak mampu mengenali dan melawan infeksi yang menyerang tubuh melainkan justru menyerang sel tubuh sendiri yang seharusnya dilindungi dari serangan infeksi .
  • Merokok – Kebiasaan merokok berlebihan dan jangka panjang adalah salah satu penyebab terbesar munculnya penyakit akibat merokok yang berhubungan dengan penyakit osteoporosis, Masalah penyempitan aliran darah, Terjadi peradangan pada dinding pembuluh darah dan meracuni otot, Saraf serta jaringan lain yang menyebabkan munculnya rasa nyeri pergelangan tangan kanan.
  • Genetika – Faktor genetik adalah salah satu pemicu munculnya penyakit artritis reumatoid yang dapat menyebabkan rasa nyeri pergelangan tangan kanan datang tiba tiba /.mendadak dan uniknya terkadang bisa sembuh dengan sendirinya kemudian muncul kembali pada waktu waktu yang sulit diprediksi.
  • Faktor usia /Menopause – Gejala menopause umumnya menyerang para wanita yang telah berusia diatas 50 tahun.  Menopause dapat memicu masalah keluhan kesehatan lain yang berhubungan dengan persendian misalnya sendi mudah kaku, Pegal pegal dan kerab terserang rasa nyeri pergelangan tangan kanan

4. Faktor penyakit

Nyeri pergelangan tangan kanan tiodak selalu disebabkan karena cedera  atau masalah tulang lainnya, Tetapi juga bisa muncul akibat didalam tubuh terjangkit penyakit yang menmungkinkan terjadinya kelianna pada jaringan persendian area tangan.

Penyebab :

  • Diabetes melitus-  Penyakit diabetes  melitus beresiko besar menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga pasokan darah yang menuju tulang dan persendian jadi terhambat akibatnya tangan kesemutan terus, Permukaan tangan menjadi Kebas, Kaku pada jari jari tangan dan nyeri pergelangan tangan kanan.  Banyak orang yang gemar mengkonsumsi makanan penyebab diabetes sebelumnya, misalnya minuman bersoda, Makanan siap saji atau mengkonsumsi daging merah secara berlebihan dalam jangka panjang, Hal itu terjadi akibat kurangnya informasi mengenai bahaya makanan pemicu meningkatnya gula darah.
  • Asam urat – Kadar asam urat yang berlebihan dalam persendian dapat meradang dan menimbulkan rasa nyeri pergelangan tangan kanan atau kiri yang diikuti dengan kaku dan sendi sulit untuk digerakkan secara normal.
  • Penyakit kienbock – Penyakit kienbock paling sering menyerang usia dewasa muda yang muncul karena kerusakan pada tulang kecil yang berlangsung secara progressif akibat pasokan darah yang menuju tulang atau persendian di area tangan tersendat.
  • Kista ganglion – Tumbuhnya kista ganglion adalah salah satu penyebab tangan ada benjolan yaitu tepatnya pada lapisan bawah kulit seputar pergelangan tangan jika tidak segera diobati ternyata dapat menyebabkan kista atau gumpalan lemak yang semakin membesar tersebut menghalangi dan menekan pembuluh darah sehingga aliran darah tidak lancar. Akibatnya nyeri pergelangan tangan kanan maupun kiri  tak dapat dihindari.

5. Kondisi tubuh tertentu

Kondisi tubuh tertentu dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri pergelangan tangan kanan yang bisa sembuh dengan sendirinya ketika kondisi tubuh kembali pada kondisi yang seharusnya.

Penyebab:

  • Kehamilan – Nyeri pergelangan kanan atau kiri saat hamil muncul akibat didalam tubuh sedang mengalami perubahan hormon . Kondisi ini adalah alami dan nyeri akan hilang dengan sendirinya setelah proses persalinan berakhir.
  • Kegemukan – Tubuh yang mengalami kegemukan yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak dijaringan pergelangan tangan yang meliputi otot, Syaraf, Tendon dan pembuluh darah. Penumpukan lemak menyebabkan tersumbatnya aliran darah dan memicu munculnya rasa nyeri pergelangan tangan  kanan atau kiri yang bisa muncul secara mendadak.
  • Stres  – Stres yang berkepanjangan dapat mempengaruhi kelancaran aliran darah diseluruh tubuh termasuk pada pembuluh darah seputar pergelangan tangan yang dapat mengakibatkan munculnya rasa nyeri pergelangan tangan kanan.

Gejala

  • Muncul pembengkakan, Perubahan bentuk dan kaku pada jari jari tangan
  • Menurunnya kemampuan tangan untuk menggenggam sesuatu dengan cengkraman yang kuat
  • Intensitas rasa kaku dan nyeri pergelangan tangan kanan cenderung meningkat pada malam hari.
  • Warna permukaan kulit pergelangan tangan kemerahan dan terasa hangat ketika disentuh
  • Pergelangan tangan kanan sulit digerakkan dan tubuh terserang demam ringan hingga berat

Pengobatan

Beberapa langkah yang akan dilakukan dokter sebelum mengambil langkah pengobatan lebih lanjut.

1.Diagnosis

Awalnya dokter akan menegakkan diagnosis berupa pemeriksaan dan tes fisik yang berkaitan dengan rasa nyeri pergelangan tangan kanan, Meliputi :

  • Memeriksa kemampuan tangan ketika memegang benda
  • Menganalisa intensitas rasa nyeri pada pergelangan tangan daan sekitarnya
  • Memeriksa pembengkakan atau peradangan apakah sudah terbentuk atau belum
  • Memeriksa jaringan tangan apakah ada pertumbuhan kista atau pengapuran sendi
  • Memeriksa jaringan lunak yang terdekat dengan otot, Tendon, Syaraf dan pembuluh darah.

2. Pemeriksaan lebih lanjut

Pemeriksaan akan dilakukan ketika kondisi nyeri pergelangan tangan kanan telah menyebar ke area lain misalnya  jari jari tangan, Punggung tangan bahkan menjalar kearah siku dan lengan.

  • Tes radiologi  – Tes radiologi meliputi penggunaan sinar X, CT scan, Ultrasonografi medis atau teknik MRI untuk memeriksa ada tidaknya kista yang tumbuh pada jaringan sendi, Pemeriksaan organ internal dan jaringan otot.
  • Tes Arthroscopy – Tes arthroscopy akan dilakukan yang dibarengi dengan pemeriksaan syaraf yang ada dipergelangan tangan, Yaitu dengan menggunakan bantuan kamera kecil berbentuk tegak lurus menyerupai pena (Arthroscope) yang akan dimasukkan kedalam lapisa kulit pergelangan tangan yang menderiat rasa sakit lalu dilakukan pemeriksaan, Penganalisaan dan penentuan penyebab nyeri pergelangan tangan kanan secara akurat

3.Rekomendasi obat

Dokter akan menganjurkan pasien untuk mengistirahatkan pergelangan tangan dalam durasi waktu yang cukup panjang serta diharuskan mengkonsumsi obat anti inflamasi nonstreroid (OAINS) jenis Neproxen, Aspirin atau Ibuprofen, Asetaminofen atau paracetamol yang dosisnya disesuaikan dengan kondisi fisik melalui hasil tes fisik yang sebelumnya telah dilakukan.

Perawatan dan Pencegahan setelah proses pemeriksaan nyeri pergelangan tangan kanan

Seetelah pemeriksaan fisik dan rekomendasi obat dari dokter dilakukan maka ada tahap tahap lain yang haruis diterapkan yang tujuannya untuk merawat agar proses penyembuhan relatif lebih cepat dan mencegah agar kasus kelainan pada persendian pergelangan tangan kanan tidak muncul kembali.

  • Kompres bagian pergelangan tangan dengan air dingin atau es batu yang telah dibalut dengan kain/handuk
  • Menghindari minuman yang mengandung kafein, Minuman berkarbonasi termasuk yang mengandung soda dan gula buatan
  • Menghindari merokok pasif dan aktif karena bahaya tar rokok dapat mencederai dinding pembuluh darah dan menyumbat aliran darah keseluruh jaringan darah serta persendian.
  • Jauhi apapun bentuk minuman yang mengandung alkohol, Karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di seputar pergelangan tangan dan menyumbat sirkulasi darah ketulang.
  • Hindari aktivitas yang mengandalkan tangan misalnya mengangkat beban berat. Gunakan tangan kegiatan yang ringan dan tidak mencederai jaringan tangan yang sedang dalam proses penyembuhan agar terhindar dari kelelahan otot dan penyumbatan pembuluh darah yang bisa menimbulkan rasa nyeri pergelangan tangan kanan kembali muncul.
  • Hindari penggunaan AC yang berlebihan Karena  dapat menyebabkan nyeri dan kaku pada persendian. Temperatur AC yang terlalu dingin dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah yang nantinya menyebabkan tersendatnya pasokan darah menuju tulang dan persendian
  • Menggunakan perban kompresi yang elastis yang difomulasikan untuk nyeri pergelangan tangan kanan atau kiri agar dapat mempertahankan dan terus memperbaiki struktur persendian agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Perban tersebut dapat diperoleh diberbagai toko obat dan apotek. Lebih bijak jika anda konsultasikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan perban kompresi .

Jika kondisi nyeri pergelangan tangan kanan atau kiri tidak menunjukkan perubahan progresif pada proses penyembuhan setelah dilakukan pengobatan dengan obat yang direkomendasikan dokter, Maka dokter akan mengambil tindakan terakhir berupa teknik pembedahan/operasi. Namun operasi hanya diberlakukan hanya pada kerusakan sendi yang disebabkan karena patah tulang dan  Carpal tunnel syndrome.