Artritis Reumatoid – Apa itu – Penyebab

1662

Artritis reumatoid adalah peradangan pada area persendian yang diikuti dengan rasa nyeri , Muncul pembengkakan dan terasa kaku ketika tidak beraktifitas. Artritis reumatoid atau sering disebut sebagai rematik adalah Peradangan yang sering muncul akibat infeksi bakteri yang jika tidak segera diobati, maka jaringan persendian akan mengalami kerusakan yang lebih luas lagi yang diawali dengan perubahan bentuk tulang. (Baca Juga: Obat Herbal Radang Sendi , Obat Nyeri Sendi Tangan)

Gejala Umum

  • Muncul adanya pembengkakan dan rasa nyeri yang menyerang lebih dari 2 sendi pada jari jari tangan, Dimana sendi kaku dan nyeri akan berlangsung dalam waktu yang bersamaan dan spontan.
  • Pembengkakan dan rasa nyeri pada pergelangan tangan yang biasanya muncul secara bersamaan pada pergelangan tangan yang lain.
  • Sendi terasa kaku, Sulit digerakakn ketika tubuh dalam kondisi tidak beraktifitas
  • Muncul kemerahan pada lokasi pembengkakan namun pada saat gejala artritis reumatoid sudah parah
  • Ketika jari tangan kaku maka jika dipaksakan untuk digerakan maka akan terjadi hentakan yang diikuti rasa nyeri ringan hingga berat.
  • Rasa nyeri pada sendi akan terasa sangat mengganggu ketika cuaca berubah dingin atau pada saat hujan turun (malam hari) atau yang tinggal pada lokasi yang berpotensi membentuk rasa sakit tersebut misalnya daerah pegunungan.

(Baca Juga: Ciri-ciri Madu Asli , Manfaat Madu untuk Penderita Batu Ginjal)

Penyebab Artritis Reumatoid

1. Gangguan sistem kekebalan tubuh

Gejala penyakit artritis reumatoid muncul karena rendahnya sistem imunitas seseorang terhadap serangan bakteri atau kuman penyebab peradangan sendi. Sistem kekebalan bertanggung jawab melawan infeksi bakteri yang menyerang tubuh tetapi ketika sistem imunitas terganggu maka akan menyerang sel normal pada persendian yang akhirnya menyebabkan sendi terasa nyeri, Kaku dan meradang. Sistem imunitas dapat terganggu dam menyebabkan celah masuk bagi bakteri tertentu untuk masuk dan mencederai persendian. Gangguan sistem kekebalan tubuh bisa terjadi akibat seseorang kurang tidur, Tidak pernah olahraga, Terlalu banyak makan tetapi sedikit bergerak atau kebiasaan merokok yang diikuti minuman alkohol, Obat obatan terlarang dan sebagainya. (Baca Juga: Bahaya Kentang Goreng)

2. Faktor usia

Semakin tua maka akan ada perubahan pada fungsi semua organ tubuh dan itu adalah proses alami yang akan menimpa semua manusia. Usia lanjut akan mempengaruhi kondisi cartilage yang secara alami, Yaitu akan mengalami pengurangan cairan alami pelindung sendi yang sebenarnya berguna sebagai bantalan sendi atau pelumas sendi saat bergerak sehingga tidak menimbulkan nyeri. Pada usia lanjut maka bantalan tersebut akan menipis dan berkurang dengan sendirinya. Dianjurkan untuk konsisten untuk mengkonsumsi makanan yang megandung banyak protein dan omega 3 agar kesehatan persendian tetap terjaga. (Baca Juga: Kelainan Tulang Akibat Posisi Duduk Yang Salah)

3. Masalah obesitas

Kegemukan adalah salah satu penyebab munculnya masalah pada persendian. Ketika gemuk maka akan banyak lemak serta kolesterol dalam tubuh. Penumpukan lemak yang berlebihan mampu menurunkan sistem imunias seseorang karena orang yang terserang obesitas cenderung tidak mau berolahraga. Kondisi ini dapat menjadi pintu masuknya bakteri yang mencederai bagian persendian. (Baca Juga: Obat Patah Tulang Tangan)

4. Riwayat autoimun

Penyakit autoimun adalah salah satu pemicu munculnya artritis reumatoid, Karena kekebalan tubuh tidak mampu melawan masuknya bakteri yang menyebabkan infeksi pada semua bagian tubuh termasuk pada persendian. (Baca Juga: Pencegahan Penyakit Flu Tulang)

5. Pola makan

Pola makan yang buruk dalam jangka panjang akan memicu munculnya gejala artritis reumatoid yang biasanya akan mulai terlihat pada usia 30n tahunan. Tidak seimbangnya gizi atau nutrisi didalam tubuh, Terutama tidaki memadainya kalsium, Vitamin D , Vitamin C dan penurunan daya tahan tubuh akibat merokok, Alkohol dan obat obatan tertentu, Maka dapat mempengaruhi fungsi persendian secara bertahap. (Baca Juga: Penyebab Radang SendiObat Herbal Nyeri Sendi)

6. Gaya hidup

Gaya hidup yang buruk seperti tidak mau berolahraga dan makanan makanan asal kenyang dan tidak berstandar 4 sehat 5 sempurna dalm jangka panjang akan menyebabkan tubuh mengalami kemunduran imunitas. Akibatnya rentan dimasuki bakteri yang dapat merusak jaringan tubuh dan sel sel tubuh termasuk jaringan persendian. (Baca Juga: Tahap Penyembuhan Patah Tulang)

7. Riwayat rematik atau keturunan

Kerusakan atau gejala artritis reumatoid muncul akibat penyakit keturunan yang diturunkan dari orangtua.Mudahnya persendian menjadi raouh ketika terikena infeksi bakteri salah satunya disebabkan karena memiliki masalah imunitas permanen. Seseorang yang memiliki genetika atau riwayat penyakit artritis reumatoid cenderung mempunyai jejak kekuatan imunitas yang rendah. Kondisi ini harus diimbangi dengan pola amkan yang baik, Gaya hidup sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan bantuan obat obatan anjurn dokter yang terkait, Yang seacar teratur dan dalam jangka yang tidak terbatas. (baca juga : cara kompres yang benar untuk demam)

Komplikasi

Ada beberapa Komplikasi yang muncul jika kasus artritis reumatoid atau rematik tidak segera diobati, Diantaranya:

  • Peradangan pada sendi sendi bagian tangan akan melebar kearah persendian lain yang terdekat lokasinya misalnya kebagian siku, Lengan atas, Punggung dan kearah kaki.
  • Peradangan yang terjadi pada persendian bisa menjalar ke sprektum yang lebih luas lagi misanya merusak arteri(pe,buluh darah), Bagian jarinagn mata, Jntung dan area paru paru.
  • Akan muncul syndrome carpel Tunner yang beresiko mengagnggu fungsi jantung dan menimbulkan munculnya penyakit stroke terutama pada penderita hipertensi serta serangan jantung mendadak.
  • Peradangan yang terjadi pada area pergelangan tangan atau jari jari dapat menyebabkan seseorang memiliki keterbatasan dalam bergerak atau beraktifitas sehingga seringkali menyebabkann gangguan psikologis misalnya stres dan depresi.

(Baca Juga:  Efek Akibat Terkena Radiasi NuklirBahaya Ikan Lele)

Pengobatan Medis dan Tradisional

Untuk mengatasi penyakit dan gejala artritis reumatoid atau rematik dapat dilakukan pengobatan secara medis atau tradisional. Namun disarankan sebelum memutuskan untuk pengobatan kedokter sebaiknya cobalah keampuhan cara tradisional sebagai langkah mudah untuk meringankan penyakit tersebut bahkan mampu menyembuhkan gejala awalnya.

Pengobatan cara medis

  • Pemberian obat anti nyeri jenis COX.2 selective anti inflamasi atau jenis jenis antibiotik tertentu yang dianjurkan dokter sesuai kondisi artritis reumatoid si penderita yang sebelumnya dilakukan pemeriksaan secara fisik terlebih dahulu.
  • Pengobatan dengan metode pemakaian obat methotrexate yang berguna untuk mengurangi besarnya kerusakan yang terjadi pada tendon, Ligamen dan tulang persendian yang diberikan seusai pemeriksaan sendi dan fisik terlebih dahulu.
  • Menggunakan injeksi dengan menyuntikkan obat tiroid dalam dosis ringan langsung pada pembuluh darah menuju sendi yang gunanya untik meringankn dan melenyapkan gejala artritis reumatoid.

( Baca : cara mencegah osteoarthritis , ciri makanan sehat)

Tindakan pembedahan (synovectomy) atau operasi perbaikan sendi yang hanya akan dilakukan pada pasien yang memiliki kasus kerusakan besar pada sendi bagian lutut yang telah memasuki stadium lanjut yang gunanya untuk mengurangi sensasi nyerinya dalam jangka panjang dan agar meningkatkan perbaikan funsi dan kekuatan sendi yang sebelumnya atau selalu mengalami deformitos.

Pengobatan cara tradisional

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki zat anti peradangan dan bakteri yang cocok untuk melindungi cartilago pada sendi taau bantalan yang melindungi engsel persendian agar rasa nyerinya berkurang dan sendi dapaat digerakkan tanpa rasa sakit. Bawang putih bisa dikukus lalu dikonsumsi bersama makanan lain atau direbus lalu dibuat menjadi acar. (Baca juga : bahaya bawang putih mentah)

2. Kunyit, Jahe dan madu

Kunyit , Jahe dan madu memiliki zat anti peradngan, Anti mikroba dan bersifat antioksidan kuat dalam mendukung perbaikian sendi yang mengalami peradangan dan meningkarkan daya tahan tubuh sehingga gejala artritis reiumatoid dapat disembuhkan dengan cepat. (baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung)

3. Buah naga dan Sirsak

Buah naga dan sirsak dapat adalah jenis jenis makanan yang masuk sebagai kategori makanan sehat untuk tulang dan sendi lebih kuat. Buah naga dan sirsak dapat dipotong menjadi bebberapa bagian lalu digabung dan diblender untuk dijadikan jus yang dapat menyembuhkan gejala penyakit artritis reumatoid. nutrisi yang ada didalamnya mampu mengatasi rasa nyeri dan sensasi kaku pada sendi yang telah mendapat peradangan akibat serangan infeksi bakteri. Ambillah daging 75 gr buah naga dan 50 gr buah sirsak lalu diblender bersamaan dengan takaran air 3/4 gelas air matang untuk kemudian tambahkan 2 sendok teh madu murni. Aduklah sampai merata kemudian siap diminum 2 kali sehari . (Baca Juga: Cara Menguatkan Otot Kaki  , Obat Nyeri Haid)

4. Anggur, Jeruk , Pir

Gabungan antara buah anggur, Jeruk dan pir sangatb baik bagi penyembuhan penyakit artritis reumatoid. Nutrisi yang ada pada ketiga buah buahan tersev=but mampu mengatasi masalah peradangan, Rasa kaku dan nyeri pada persendian dan tulang. Ambilah 100 gr buah anggir jenis apa saja, 75 gr buah pir lalu 75 jeruk manis . Keiga buah tersebut diblender dengan air secukupnya lalu tambahkan 3 sendokteh madu murni. Minmlah jus nikmat penuh nutrisi ini 2 kali sehari secara rutin. (Baca Juga: Jenis Olahraga untuk Lansia )

Pencegahan

Untuk cara pencegahan artritis paling umum atau rematik dan sekaligus menghilangkan gejalanya (bagi yang sudah terkena gejala artritis reumatoid) dengan waktu yang relatif cepat maka dapat memanfaatkan khasiat dari jenis makanan yang dapat anda makan setiap hari.

1. Kedelai

Kedelai memiliki kandungan protein tinggi dan beberapa mineral kuat yang mampu mengatasi kerusakan atau kelainan pada jaringan tendon, Ligamen dann tulang persendian penyebab munculnya gejala artritis reumatoid . Kedelai bisa berbentuk makanan tempe, Ampas tahu dan bubur kacang kedelai atau yang telah dibuat menjadi susu kacang kedelai. Sangat baik bila kedelai disantap setiap hari dan baik pula bagi pertumbuhan tulang anak anak usia dini. (Baca Juga: Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh)

2. Jenis ikan

Ikan tuna dan salmon adalah pilihan terbaik karena mengandung omega 3 dan 6 yang sangat tinggi serta kandungan protein yang berguna untuk proses penyembuhan penyakit artritis. Makanlah ikan setiap hari sebagai lauk harian agar terhindar dari gejala artritis reumatoid. (Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Tersedak pada Anak)

3. Jamur

Jamur mengandung vitamin A, B6, B12, Serat , Protein tanpa lemak, Sodium , Besi, Magnesium, Besi dan Lemak tak jenuh Semua nutrisi tersebut mampu menurunkan kolesterol dalam darah yang bisa menghambat penyembuhan peradangan pada sendi serta mampu meningkatkan imunitas tubuh relatif lebih besar terhadap serangan infeksi bakteri, Termasuk infeksi yang menyebabkan peradangan pada sendi. (Baca Juga: Radang Sendi Jari Tangan)

4. Telur

Telur mengandung Vitamin A, B1, C, fosfor, karbohidrat, Lemak, Kalsium Zat besi yang mana mampu memperbaiki dan terbukti meningkatkan sistem sirkulasi pada bagian otot dan pembuluh darah, Hal ini baik bagi kesehatan persendian yang juga berhubungan langsung dengan otot. Ketika otot melemah maka fungsi sendipun ikut terpengaruh menjadi lebih lemah dan rentan terserang infeksi bakteri, Khususnya bakteri jenis Staphylococcus aureus. (Baca Juga: Ciri Ciri Penyakit Autoimun)

5. Daging sapi

Daging sapi mengandung zat protein , Zat besi, Vitamin B komplek Seng yang semiuanya baik bagi kesehatan tubuh. Zat Selenium dan omega 3 dapat bergabung secara dinamis untuk menggandakan pembentukan imunitas tubuh yang baru dan relatif lebih besar terhadap serangan infeksi bakteri termasuk infeksi yang menyerang persendian dan menyebabkan artritis reumatoid.  (Baca Juga: Penyebab Obesitas pada Anak)

Pantangan

Ada beberapa pantangan jenis makanana yang tidak dianjurkan dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki gejala atau memiliki penyakit artritis reumatoid.

  • Menghindari makanan jenis junkfood termasuk makanan jeroan yang terdiri dari usus, Ampela, Babat, Jntung , paru , atau darah hewan yang telah dibekukan.
  • Menghindari jenis sayuran tertentu misalnya kangkung, Daun singkong, Bayam, daun selada, Daun mete, Kembang kol, brokoli, Kacang panjang.
  • Sedapat mungkin tidak mengkonsumsi minuman apapun yang mengandung alkohol dan buah buahan yang mengandung alkohol serta gas, Misalnya Nanas, Alpukat atau durian secara berlebihan.
  • Tidak mengkonsumsi jenis obat apapun yang berhubungan dengan persendian jika bukan dari anjuran dokter yang diberikan setelah pemeriksaan sendi.
  • Tidak melakukan pekerjaan berat apapun yang membutuhkan banyak tenaga atau bagian tubuh yang sedang mengalami artritis reumatoid sebelum penyakit benar benar sudah disembuhkan, Hal ini umtuk mempercepat proses pemulihan.

(Baca Juga: Tanda Tanda Kaki Berdenyut , Penyebab Kram Pada Kaki)

Perlu dipahami bahwa, Semua jenis makanan diatas berpotensi besar dapat memperparah dan memperluas peradangan pada sendi dan sekaligus mengagalkan proses penyembuhan yang telah dilakukan dengan menggunakan obat tradisdional maupun secara medis.