Home Penyakit dan KelainanArtritis 8 Cara Pencegahan Artritis Paling Umum

8 Cara Pencegahan Artritis Paling Umum

by Izza

Masalah yang menyangkut persendian dan tulang adalah masalah yang cukup sering dan familiar terjadi. Bukan hanya orang dewasa saja yang mengalaminya, namun juga anak – anak. Beberapa masalah yang melibatkan tulang dan persendian antara lain adalah radang sendir, arthritis, flu tulang, dan lain sebagainya. ( Baca : cara mencegah osteoarthritis )

Dahulu, orang yang menderita sakt tulang sering di salahkan karena adanya perubahan pola makan. Namun penelitian baru – baru ini yang di lakukan di beberapa negara menyanggahnya. Bahwa makanan menjadi kontributor sangat penting dalam terjadinya masalah persendian dan tulang.

Apa itu Artritis ?

Artritis merupakan jenis penyakit tulang yang berbeda dengan Osteoartritis. Jika Osteoarthritis adalah hilangnya atau habisnya tulang rawan secara bertahap dan adanya pertumbuhan berlebih tulang pada sendi, misalnya yang ada di bagian lutut, pinggul, tulang belakang, dan ujung jari. ( Baca : cara mencegah osteoarthritis alami )

Sebanyak 20 juta orang lebih di negara Amerika melaporkan bahwa orang – orang yang berusia 45 tahun menderita osteoartritis. Penyebabnya adalah karena hasil dari akumulasi keausan dan koyakan. Biasanya di tandai dengan beberapa gejala. Seperti munculnya rasa kekakuan sementara saja serta tidak menimbulkan gangguan besar dalam penggunaan tangan.

Arthritis reumatoid menjadi salah satu misteri dalam kedokteran. Hal ini di sebabkan karena hampir sama sekali tidak ada laporan medis dari penyakit ini sampai awal tahun 1800. Beberapa orang menduga bahwa penyebab penyakit ini karena ulah dari virus atau bakteri. Kemudian virus tersebut menginfeksi, sehingga terjadi reaksi tubuh dengan autoimun. Bisa juga karena faktor keturunan terjadnya penyakit.

Beberapa gejala yang muncul saaat anda terkena arthritis adalah terasa nyeri di bagian persendian. Terutama pada malam hari, rasanya sendi berdenyut – denyut sangat sakit. Bahkan tidak bisa di gerakkan. Ada warna kemerah merahan. Juga membengkak bagian yang terkena. Kadang kala, anda merasa demam dan kedinginan. Tubuh terasa sangat lemas.

Lantas, apakah penyakit ini tidak bisa di cegah ? Tentu saja bisa. Bagaimana cara pencegahan artritis ini ?

1. Melakukan perubahan pola makan

Makan menjadi alat utama yang di gunakan untuk memperoleh kesehatan. Makanan ini mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh. Untuk menangani masalah persendian, maka gantilah pola makan anda dengan teratur. Hindari makanan yang kaya akan lemak dan kolestrol. Sebaiknya konsumsi sayuran lebih baik. ( Baca : ciri makanan sehat di konsumsi )

2. Makan makanan yang mengandung anti oksidan tinggi

Kemudian, banyaklah konsumsi makanan yang mengandung anti oksidan tinggi. Tujuan makan makanan seperti ini bisa membantu untuk menangkis radikal bebas yang ada di tubuh. Radikal bebas ini bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Misalnya seperti kanker, tumor, dan lain sebagainya. Baca juga Makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

3. Kurangi konsumsi lemak

Artritis memang penyakt yang berhubungan dengan tulang dan persendian. Tapi anda tetap harus memperhatikan konsumsi lemak bagi diri anda. Sebab tingginya konsumsi lemak akan membuat berat badan semakin naik. Hal ini malah akan memperparah penyakit artrithis anda. Untuk melakukan pencegahan, maka hindari konsumsi lemak berlebihan agar berat badan anda tetap ideal.

4. Lakukan olahraga

Cara selanjutnya yang bisa di lakukan adalah dengan sering melakukan olah raga. Sebab dengan olah raga bisa membuat tubuh bergerak kembali. Tulang tulang dan sendiri di gerakkan untuk melatih keseimbangan tubuh. Lakukan olah raga 3 kali dalam satu minggu secara rutin. Tidak perlu olah raga yang berat. Olah raga ringan seperti jalan santai sudah cukup baik.  Ada beberapa jenis olahraga untuk diet.

5. Hindari makan makanan jeroan

Makanan bagian jeroan merupakan makanan yang cukup di minati. Sayang makanan ini menjadi makanan yang sering menyebabkan resiko penyakit. Terutama menjadi salah satu munculnya serangan arthritis. Untu itu, hindari makanan jeroan seperti ini. Beberapa contoh makanannya adalah kikil, empela ati, ati, usus, dan lain sebagainya.

6. Kurang aktivitas yang berat

Kemudian, anda juga di anjurkan untuk tidak melakukan aktvtas yang berat. Misalnya angkat beban yang berat, lari maraton berkilo – kilo meter, dan lain sebagainya. Aktivitas yang berat ini akan semakin memperparah penyakit arthritis yang anda alami sekarang. Untuk itu hindari aktivitas yang berat ini dan ganti yang lebih ringan.

7. Lakukan diet

Tulang akan semakin terasa sakit jika anda memiliki berat badan lebih. Untuk itu, jika anda ingin arthritis anda cepat sembuh dan cara pencegahannya ada;ah dengan melakukan diet. Hal ini sangat baik untuk tulang dan persendian anda. Sehingga kaki tidak mengangkat beban berat tubuh anda. Hindari makanan yang mengandung gizi lemak tinggi seperti daging – dagingan dan lain sebagainya

8. Istirahat yang cukup

Cara lain untuk mengatasi masalah arthritis adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Pada malam hari jangan tidur begadang atau terlalu malam. Lantas bisa bangun pagi dengan keadaan fresh. Usahakan juga untuk istirahat sejenak selepas kerja atau pada jam istirahat. Hal ini akan membuat diri anda lebih baik. Karena istirahat sebentar waktu lelah akan memberikan dampak luar biasa.

Itulah beberapa bentuk pencegahan yang bisa di lakukan agar bisa terhindar dari arthristis. Semoga berhasil.

You may also like