3 Jenis Sakit Sendi Jari Tangan Penting Diketahui

4597

Saat kita membahas mengenai sakit sendi jari tangan maka setidaknya ada beberapa jenis di bawah ini yang sangat memungkinkan bisa menyerang kita dalam keseharian diantaranya yakni keluhan rematik, triger finger maupun juga sampai pada keluhan carpal tunnel syndrom. Nah untuk membahasnya secara lebih lanjut dan terperinci mari langsung saja disimak daftar uraian berikut ini ya: (Baca juga: Obat Nyeri Sendi Tangan , Cara Mengobati Tangan Gemetar)

1. Rematik

Penyebab rematik:

  1. Penyebab rematik yang utama yakni adanya timbunan zat asam urat utamanya dalam kadar berlebih daram tubuh. Jarum maupun kristal asam urat ini berkontribusi untuk menimbulkan serangkaian gejala rematik ringan berupa nyeri hingga yang terparah pada gangguan kinerja organ vital juga.
  2. Selain itu pengeroposan tulang ataupun osteoporosis juga berkontribusi menimbulkan keluhan rematik lantaran tulang keropos akan mempengaruhi persendian juga dan menimbulkan serangkaian rasa nyeri. (Baca Juga: Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Radang Sendi)
  3. Udara dingin malam ataupun sering terkena udara AC disertai juga kebiasaan malam menggunakan air dingin ataupun terlalu sering memakai baju basah kuyup dengan keringat juga bisa menjadi pemicu dari munculnya keluhan rematik lantaran rangsangan suhu dingin dari luar mampu membuat pengerutan selubung persendian maupun terjadi sumbatan energi tubuh yang berujung pada timbulnya gejala sakit.
  4. Faktor usia juga sangat berpengaruh lantaran semakin menginjak usia lanjut maka kondisi persendian juga semakin menurun dan jika dibarengi dengan semakin terkikisnya lantaran digunakan untuk bekerja secara terforsir maka hal ini juga dapat tersebab mengarah pada rematik.
  5. Beberapa minuman tertentu juga sangat berpengaruh bagi munculnya keluhan rematik semisal minuman dengan efek diuretik semisal ragam jenis alkohol. Hal ini dapat meningkatkan kadar asam urat lantaran kemungkinan dehidrasi efek diuretik tadi akan mengurangi kinerja ginjal yang bertugas sebagai zat pembuang sisa limbah tubuh semisal asam urat. (Baca Juga: Gejala Asam Urat pada Kaki , Pengobatan Asam Urat)
  6. Beragam makanan yang mengandung zat purin tingi juga dapat memicu timbulnya rematik lantaran semakin menumpuknya asam urat yang akan terkandung dalam tubuh kita. Beberapa jenis diantaranya yakni semisal ragam makanan seafood dan juge makanan berbahan daun maupun buah melinjo dan seterusnya.
  7. Beberapa obat-obatan maupun terapi medis juga memiliki efek yang berdampak pada kenaikan kadar asam urat dalam tubuh kita diantaranya yakni obat-obatan sistem kardiovaskular yang utamanya bagi penderita angguan jantung maupun dengan keluhan hipertensi atau darah tinggi. (Baca juga: Tanda-tanda RematikObat Herbal Rematik )

Gejala rematik:

  1. Sakit pada area persendian tak terkecuali juga utamanya pada area jemari tangan.
  2. Munculnya gejala kesemutan yang seringkali melanda.
  3. Keluhan persendian bengkak juga seringkali menyertai sakit rematik ini.
  4. Terasa kaku pada area persendian pasien.
  5. Kulit sekitar persendian yang radang mengalami kemerahan dan juga seringkali menimbulkan wujud memar.
  6. Terjadi gangguan mulai organ vital jantung dan juga ginjal yang bisa berpengaruh juga terhadap terganggunya keseimbangan cairan tubuh yang bisa menyebabkan kebengkakan utamanya di area kaki penderita.

(Baca Juga: Komplikasi Serangan Jantung , Cara Mengatasi Ginjal Bengkak )

Penanganan rematik:

  1. Secara tradisional pengobatan rematik bisa menggunakan lengkuas yang telah diparut halus sebagai digunakan semacam obat oles urut pada daerah persendian yang tengah mengalami peradangan. (Baca juga: Obat Tradisional Rematik)
  2. Obat gosok lainnya secara tradisional bisa dengan menggunakan campuran tiga lembar daun pandan wangi dengan campuran minyak kelapa hangat sebanyak setengah cangkir lalu dicampur merata dan digosokkan pada bagian tubuh yang sakit. (Baca juga: Pantangan Rematik)
  3. Cara tradisional lainnya bisa dengan menggunakan batang brotowali yang dipotong kecil untuk direbus sampai mendidih nah tinggal ambil saja airnya disaring lalu diminum secara teratur tiga kali sehari untuk meringankan keluhan sakit.
  4. Ada juga tanaman tradisional bernama daun kentut yang bisa ditumbuk daunnya sampai halus untuk selanjutnya dijadikan sebagai obat gosok sakit rematik. (Baca juga: Bahaya Rematik)
  5. Daun seledri mentah juga sangat bagus digunakan sebagai alternatif pengobatan sakit rematik yang selanjutnya.
  6. Selanjutnya herbal daun dewa bisa coba direbus lalu dihaluskan untuk kemudian diambil sarinya dan diminum sebagai wedang secara rutin. (Baca Jug: Efek Samping Daun Kelor )
  7. Akar beluntas bisa anda rebus dalam air mendidih untuk kemudian diminum secara rutin selagi hangat sebagai alternatif lain pengobatan rematik selanjutnya.
  8. Konsumsi rimpang jahe dalam beragam makanan baik juga minuman wedang juga bagus bagi kesembuhan nyeri penderita rematik. (Baca Juga:Perbedaan Sakit Asam Urat dan Rematik)
  9. Cara lain bisa juga menggunakan tanaman sosor bebek yang direbus sampai mendidih untuk kemudian diminum airnya sebagai obat herbal
  10. Ramuan daun senggugu yan ditumbuk bersama adas dan dicampur dengan kapur sirih juga bisa dijadikan obat baluran rematik yang manjur selanjutnya. (Baca juga: Penyebab Tangan Kaku)

2. Trigger finger

Penyebab trigger finger:

  1. Nah salah satu penyebab utama terjadinya radang tendon pada jari yakni adanya ketegangan yang bisa dikarenakan beban berat, gerakan monoton dalam waktu lama, dan adanya tekanan berlebih pada jemari.
  2. Adanya trauma atau luka pada jemari juga bisa menjadi pemicu dan juga beberapa sakit semisal rematik, diabetes atau asam urat juga bisa mempengaruhi sakit trigger finger ini.

(Baca Juga: Ujung Jari Kesemutan , Obat Jari Tangan Kaku)

Gejala trigger finger:

  1. Keluhan gejala yang khas yakni timbulnya nyeri pada saat tangan diogunakan untuk menggenggam sesuatu secara kuat maupun saat tengah usaha diluruskan jemarinya.
  2.  Selanjutnya ada penampakan benjolan nodul pada area pangkal jemari yang tengah mengalami sakit tersebut.
  3. Dan juga munculnya kekakuan yang menyebabkan jemari susah untuk bisa bergerak secara lebih leluasa uatamanya terjadi pada pagi hari.

(Baca Juga: Penyebab Jari Kaki Kram , Obat Nyeri Sendi Lutut Tradisional)

Penanganan trigger finger:

  1. Hal pertama diagnosa dilakukan baiknya oleh ahli ortopedi yang berpengalaman dalam bidangnya. (Baca Juga: Cara Penyembuhan Patah Tulang Paha)
  2. Selanjutnya pengobatan bisa juga pada tahap awal menggunakan pemasangan bebat kurang lebih selama satu bulan untuk mempercepat proses kesembuhan. Terkadang beberapa pasien juga menggunakan es sebagai kompres pereda sakit. (Baca Juga: Penyebab Tangan Ngilu)
  3. Untuk pengobatan radang bisa dokter berikan obat jenis antiinflamasi atau ibuprofen maupun pada tingkat lanjut diberikian juga suntik steroid untuk mengurangi rasa sakit.
  4. Pada tingkat lanjutan bisa dilakukan perbaikan posisi tendon yang abnormal bahkan bisa juga dilakukan pembedahan sebagai opsi terakhirnya. (Baca Juga: Obat Sakit Pinggang Belakang)

3. Carpal Tunnel Syndrome

Penyebab carpal tunnel syndrom:

  1. Terjadinya tekanan syaraf median pada sekitar jemari tangan dalam sakit CTS ini bisa disebabkan juga lantaran efefk beberapa penyakit semisal hipertiroid, diabetes, rematik maupun juga bisa terpenharuh lantaran kehamilan.
  2. Gerakan pada tangan serta posisi dan beben pada tangan yang berulang dalam waktu lama juga bisa menjadi penyebab munculnya bengkak yang menekan pada syaraf dan mempengaruhi kinerjanya kelak serta menimbulkan ragam gejala sakit yang mendera.

(Baca juga: Bahaya Tangan Kanan Kesemutan , Ujung Jari Kesemutan)

Gejala carpal tunnel syndrom:

  1. Gejala khas penandanya yakni terjadi keluhan kelainan pada kinerja jemari serta sepanjang lengan anda namun uniknya pada kelingking sama sekali tak terpengaruh lantaran perbedaan otoritas syaraf yang mengatur.
  2. Beberapa keluhan yang sering dirasakan penderita yakni munculnya sering kesemutan dan tangan tak bisa menggenggam dengan kuat juga sering merasa mati rasa area tangan baik jemari maupun lengan.
  3. Ada keluhan nyeri, kaku serta kelemahan otot tangan juga dan utamanya terjadi atrofi pada bagian jempol yang mengalami pengecilan ukurannya di bawah normal.

(Baca Juga: Telapak Tangan Sakit , Tangan Kebas)

Penanganan carpal tunnel syndrom:

  1. Pada umumnya anda bisa menempuh perawatan terhadap bantuan ahli terapi fisik utamanya untuk melatih kelenturan dan juga kesembuhan sakit area tangan dan sekitar jemari anda tersebut. Hal ini haruslah telaten dan dilakukan dengan teliti lantaran jika dibiarkan asal-asalan sakit bisa juga merebak mengarah pada gejala semi lumpuh pada jemari dan tangan penderita. (baca juga: Obat Tradisional Lumpuh Kaki)
  2. Pengobatan medis bisa dilakukan denan memberi obat radang non steroid atau dokter juga punya pilihan obat kortokosteroid baik suntik maupun gel untuk penyembuhan area lorong karpal. (Baca Juga: Obat Herbal Radang Sendi)
  3. Selain itu dalam kondisi parah tingkat lanjutan jika teridentifikasi kerusakan syaraf area tangan maka pembedahan pun akan dilakukan sebagai opsi penyembuhan. Semoga bermanfaat. (Baca Juga: Bahaya Syaraf Terjepit)