Home Penyakit dan KelainanRematik 15 Tanda-tanda Rematik Awal dan Lanjut

15 Tanda-tanda Rematik Awal dan Lanjut

by Erlita

Rematik seringkali dianggap sebagai sebuah penyakit yang diderita oleh kebanyakan orang tua. Kondisi rematik adalah sebuah keadaan pegal-pegal atau nyeri di anggota gerak, yakni khususnya pada sendi. Gejala yang dialami oleh setiap penderitanya tidaklah sama dan rematik ini kerap tak bisa dibedakan dari asam urat di mana memang tanda-tandanya agak mirip.

Untuk dapat mengatasinya sedari dini, tanda-tanda rematik di bawah ini perlu Anda waspadai. Bahaya rematik tulang dapat menjadi jauh lebih parah apabila tandanya diabaikan dari awal. Oleh karena itu, ciri khas dari kondisi rematik seperti berikut perlu Anda ketahui dan kenali lebih dekat supaya ketika beberapa dari kondisi ini terjadi Anda siap untuk memeriksakan ke dokter.

(Baca juga: gejala rematik kaki)

1. Pembengkakan Sendi

Tanda umum yang bisa Anda lihat dan juga rasakan adalah sendi yang membengkak. Pembengkakan ini rata-rata terjadi dikarenakan sendi merespon inflamasi akut, dan hal ini juga termasuk peradangan sendi pada rematik. Itulah yang kemudian menjadi pemicu timbulnya kekakuan dan rasa nyeri di sendi.

2. Sendi Kaku setiap Pagi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sendi yang kaku dapat terjadi sebagai akibat dari munculnya pembengkakan. Tanda ini pun termasuk tanda rematik umum atas respon inflamasi akut. Kekakuan pada sendi ini akan lebih-lebih terasa di saat Anda bangun pagi, jadi setiap pagi kemungkinan Anda akan merasa tak nyaman pada sendi.

3. Kesemutan

Sesekali atau jarang kesemutan mungkin masih terbilang normal, khususnya apabila Anda salah posisi duduk atau tidur di mana anggota tubuh tertentu tertekan dalam waktu cukup lama. Aliran darah pun akhirnya tak lancar dan mengakibatkan kesemutan. Tapi perlu Anda curigai apabila kesemutan mulai terjadi begitu sering.

Tanpa alasan yang jelas Anda sering kesemutan adalah sebuah tanda dari adanya ketidakberesan pada sendi Anda. Ketika kesemutan terjadi ditambah pula dengan sendi bengkak dan juga kaku setiap pagi hari, Anda mulai perlu waspada dan sebaiknya langsung ke dokter saja. Rasa kesemutan ini pada umumnya dapat terjadi di tangan maupun kaki.

(Baca juga: obat herbal rematik)

4. Mati Rasa

Selain kesemutan, mati rasa pun menjadi salah satu tanda rematik yang perlu Anda waspadai, apalagi kalau sudah sangat dirasakan. Tendon yang membengkak serta terkena radang akan otomatis membuat saraf sekitarnya terhimpit sehingga memicu mati rasa. Kondisi ini akan cukup sering Anda rasakan secara tiba-tiba.

Sensasi seperti terbakar pada area tangan atau kaki adalah yang secara umum dapat terjadi dan inilah yang juga disebut dengan istilah carpal tunnel syndrome. Jika sesekali dan jarang, mungkin Anda masih bisa mengabaikannya, tapi apabila mulai intens atau malah justru seringkali hilang dan pergi, Anda perlu menempuh jalur diagnosa untuk memperjelas kondisi kesehatan Anda.

5. Cepat Lelah

Rasa lelah yang ekstrem akan terjadi apabila Anda memiliki kesibukan yang begitu tak terduga banyaknya. Karena kesibukan dan jadwal yang begitu padat, sangat wajar kalau energi cepat habis yang akhirnya menjadikan tubuh cepat lelah. Hanya saja, cepat lelah tanpa alasan perlu Anda periksakan segera bila sudah terlalu sering.

Salah satu tanda rematik adalah badan Anda bakal terasa begitu lelah seperti sehabis bekerja berat, padahal aktivitas yang dilakukan hanya sedikit. Kelelahan seperti ini tidaklah wajar dan jika ditambah pula dengan beberapa gejala lainnya yang sudah disebutkan, Anda wajib memeriksakan diri. Supaya tak berlanjut lebih serius, tanda awal perlu ditangani secepatnya.

(Baca juga: obat tradisional rematik)

6. Demam Ringan

Demam pun juga dapat terjadi sebagai tanda rematik meski biasanya demam lebih sering dialami oleh mereka yang sedang tidak enak badan atau pilek. Sebetulnya demam ini adalah keadaan yang cukup sering menjadi gejala beberapa penyakit, dan rupanya tak terkecuali penyakit rematik.

Tanda ini tidaklah selalu muncul pada setiap penderita rematik dan hanya pada beberapa kasus saja. Namun ketika Anda mengalami demam juga selain dari sendi yang kaku selama berhari-hari, bisa jadi risiko rematik tengah dialami oleh Anda. Suhu tubuh yang berada di atas 38 derajat Celsius bisa menjadi pertanda adanya infeksi sendi atau bahkan infeksi lainnya.

7. Kulit Memerah

Jika Anda melihat adanya kemerahan pada area kulit tertentu, bisa jadi ini juga bagian dari tanda rematik. Pembengkakan pada sendi biasanya justru ditandai dengan kulit yang memerah ini, jadi Anda sebaiknya memerhatikan dengan seksama. Bila tanda ini disertai pula dengan tanda lainnya, Anda bisa langsung memeriksakan diri.

8. Nodul

Seseorang dengan rematik pada 20 persen kasus ditandai pula dengan adanya benjolan atau yang juga disebut dengan nodul. Benjolan ini bisa muncul dikarenakan peradangan di pembuluh darah kecil yang terletak pada bagian bawah kulit. Jangan kaget apabila Anda merasakan hal ini, apalagi kalau dibarengi dengan tanda lainnya.

Benjolan yang timbul biasanya seukuran biji kacang hijau atau bisa cukup lebih besar sedikit dan letaknya bakal berada di dekat persendian. Kalau ada penyakit lain di dalam tubuh, maka benjolan itu berpotensi terus terbentuk. Maka dari itu, untuk memastikan Anda bisa meminta tolong dokter mendiagnosa tanda-tanda ini.

(Baca juga: pantangan rematik)

9. Bintik Merah

Pada kondisi yang lebih serius, akan ada bintik-bintik merah yang juga menjadi tanda rematik namun memang cukup jarang. Saat terjadi peradangan pembuluh darah kecil, jaringan akan rusak dan dari situlah asal bintik merah atau justru hitam kemudian muncul. Biasanya bintik merah ini bakal timbul tak hanya di kulit, tapi juga bisa di kuku.

Kalau Anda menyadari adanya bintik merah ini tak hanya ada pada kulit, dan ada juga di kuku, Anda jangan abaikan lagi. Tanda seperti ini merupakan petunjuk bahwa penyakit rematik di tubuh Anda telah pada level serius. Sebelum menjadi bertambah parah dan buruk, penanganan medis sangat diperlukan.

10. Dada Terasa Nyeri

Apabila dada mulai terasa nyeri, ini adalah tanda rematik lainnya yang sudah menunjukkan tingkat serius yang lebih tinggi. Kalau pada umumnya gejala ini dialami saat serangan jantung terjadi disebabkan oleh risiko gagal jantung, dada yang nyeri rupanya mampu menandakan adanya penyakit rematik di tubuh Anda.

Ini semua karena masih ada kaitannya antara serangan jantung dan risiko gagal jantung di mana ada peningkatan risiko serangan jantung pada seseorang yang mengidap rheumatoid arthritis. Rematik sendiri sangat berpengaruh terhadap pembuluh darah jantung serta otot jantung, jadi tak heran bila berhubungan satu dengan lainnya. Ini pun merupakan tanda rematik yang sudah terbilang serius.

(Baca juga: jenis rematik)

11. Mudah Memar

Selanjutnya, tanda rematik yang telah parah adalah munculnya memar di bagian tubuh Anda. Meski tidaklah terbentur sesuatu, penderita rematik akan cukup mudah mengalami memar. Kemungkinan besar ini semua karena rendahnya jumlah trombosit di dalam tubuh. Kondisi ini juga dianggap sebagai komplikasi rheumatoid arthritis.

12. Fraktur

Masih ada lagi tanda rematik lainnya yang sudah cukup mengerikan, yakni fraktur atau istilah lain untuk menggambarkan patah tulang. Tulang yang rapuh biasanya dikarenakan seseorang kekurangan kalsium sehingga mengidap penyakit osteoporosis. Wanitalah yang rata-rata mengalami osteoporosis ini dan rupanya masih ada hubungannya juga dengan penderita rematik.

Pasien rematik dapat mengalami patah tulang akibat adanya osteoporosis juga pada tubuhnya. Perlu diketahui bahwa pengeroposan tulang dapat disebabkan juga oleh peradangan rheumatoid arthritis. Bila Anda mengalami hal semacam ini, sebaiknya langsung pergi ke dokter untuk mengetahui apakah fraktur ada hubungannya dengan rematik supaya penanganan medis bisa segera diberikan.

13. Gangguan Lambung

Tanda lainnya yang bisa cukup parah dan mengganggu adalah lambung yang ikut terganggu. Memang benar bahwa ini bukanlah tanda rematik murni, melainkan lebih kepada gangguan yang berkaitan dengan konsumsi obat anti-inflamasi yang digunakan sebagai obat rematik. Efek negatifnya pun berdampak ke kondisi lambung Anda.

Ketika nyeri mulai terasa di perut disertai juga dengan mual-mual atau bahkan sampai muntah, mungkin Anda akan mengira ini penyakit maag biasa. Namun bila buang air besar juga disertai darah berikut feses yang keluar berwarna gelap, Anda perlu mencurigainya dan jangan tunda untuk segera ke dokter. Penyakit rematik maupun lambung perlu mendapatkan penanganan medis yang tepat secepatnya.

(Baca juga: makanan penyebab rematik)

14. Penglihatan Terganggu

Tanda rematik yang serius tak hanya berimbas pada lambung, tapi kondisi ini juga bakal mengganggu penglihatan Anda. Pembuluh darah pada mata akan terpengaruh oleh rheumatoid arthritis tapi memang cukup jarang terjadi apabila kalau belum terlalu parah. Kondisi ini dialami olehs seseorang yang mengidap penyakit stadium lanjut, jadi konsultasikan dengan dokter untuk menanganinya.

15. Sulit Menggerakkan Tangan dan Kaki

Sekaku-kakunya sendi Anda, tanda awal rematik tak akan menjadikan Anda sulit menggerakkan anggota tubuh manapun. Saat sudah begitu sulit untuk membuat tangan dan kaki bergerak seperti normalnya, maka ini adalah sebuah petunjuk bahwa tanda rematik pada tubuh Anda tergolong serius.

Tanda ini terbilang jarng, namun tetap berpotensi besar terjadi, khususnya kalau rematik sudah pada tahap lanjut yang menjadi parah serta membuat saraf terpengaruh. Memang sebaiknya ketika tanda awal terjadi, sudah seharusnya mendapat penanganan dokter sebelum tangan dan kaki Anda susah digerakkan.

(Baca juga: obat herbal nyeri sendi)

15 daftar tanda-tanda rematik tersebut perlu Anda kenali supaya dari awal sudah bisa diatasi dengan baik. Rematik dapat menjadi lebih parah saat penanganannya terlambat, maka apapun penyebab rematik segera berkonsultasilah dengan dokter.

You may also like