Home Penyakit dan KelainanRematik 4 Bahaya Rematik Tulang

4 Bahaya Rematik Tulang

by Ana Rohma

Siapa yang tidak tahu mengenai rematik? ya, rematik merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak muncul pada banyak kalangan, pria maupun wanita. Gejala utama yang dapat muncul ketika gejala rematik itu terjadi adalah rasa sakit dan juga nyeri pada bagian tubuh, seperti persendian, tulang, dan juga bagian otot tubuh. Biasanya rasa sakit ini akibat kemunculan dari penyakit masih memiliki penyebab yang kurang diketahui secara pasti. Namun demikian, faktor gen dan juga keturunan, serta pola makan merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab kemunculan rematik. Faktor lainnya, seperti terlalu sering malam hari, adapun tidak selalu berpengaruh terhadap munculnya gejala penyakit rematik ini sendiri.

Pada dasarnya, rematik bukanlah suatu jenis penyakit menular dan tidak akan menyebabkan kematian, atau menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Namun demikian, tetap saja rematik dapat mengganggu kita, karena rasa sakit yang muncul akan sangat mengganggu dan juga sangat membuat kita sebagai penderita rematik merasa tidak nyaman.

Jenis Penyakit Rematik

Penyakit rematik sendiri pada dasarnya terdiri dari berbagau macam jenis. Hampir semua jenis memiliki gejala gejala yang mirip. Berikut ini adalah beberapa jenis dari penyakit rematik :

1. Osteoartritis

Merupakan penyakit rematik yang umum dan biasa dialami oleh mereka yang berada pada rentang usia diatas 40 tahun. Jenis Rematik ini disebabkan karena menurunnya sistem kerja atau fungsi dari tulang sendi serta kemungkinan adanya kerusakan pada tulang rawan sendi. Osteoartritis diawali dengan gejala rasa nyeri, deformitas atau pembesaran sendi, melambatnya gerak pada sendi terutama pada bagian tangan dan tulang sendi besar yang biasa menanggung beban.

Keadaan ini juga bisa terjadi karena :

2. Artritis Rematoid

Artritis Rematoid merupakan jenis rematik yang menyerang persendian pada bagian tangan dan kaki. Gejala utama sari rematik jenis ini adalah munculnya peradangan, sehingga akhirnya akan menyebabkan terjadinya pembengkakan, muncul rasa nyeri dan akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi simetris. Rematik jenis ini biasanya dialami lebih banyak oleh wanita daripada pria, dan mulai dirasakan pada usia 25.

Kondisi lainnya yang dipengaruhi oleh masalah persendian tangan dan kaki yaitu :

3. Polimialgia Rematik

Polimialgia Rematik meruoakan salah satu jenis rematik yang memiliki gejala kaku dan nyeri pada bagian otot leher, bahu dan panggul, yang sering muncul pada pagi hari. Rematik jenis ini pada umumnya banyak dirasakan pada usia lanjut sekitar 50 tahun keatas. Polimialgia Rematik bisa saja disebabkan oleh kelelahan fisik akibat aktivitas dengan beban berat. Biasanya akan disertai rasa demam, penurunan nafsu makan yang drastis, depresi dan penurunan berat badan.

4. Artritis Gout

Merupakan salah satu jenis penyakit rematik yang disebabkan oleh munculnya gangguan asam urat. Ya, asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyak asupan purin. Dimana terjadi proses pengkristalan pada asam, sehingga menempel pada bagian persendian. Hal ini menyebabkan munculnya rasa sakit yang luar biasa ketika bagian persendian digerakkan.

Rematik sendiri meskipun tidak menyebabkan kematian dan juga menimbulkan beberapa penyakit kronis, namun demikian tetap saja dapat menyebabkan munculnya beberapa bahaya. Berikut ini adalah beberapa bahaya rematik:

1. Menghambat aktivitas sehari hari

Bahaya pertama dari penyakit rematik ini adalah dapat menghambat aktivitas anda sehari-hari. Meskipun bukan, merupakan suatu jenis penyakit yang menular, namun demikian, ternyata rematik merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Selama ini, pengobatan dilakukan hanya untuk mengurangi gejala dan juga rasa sakit yang muncul semata. Karena itu, ketika rasa sakit akibat rematik ini muncul, anda akan merasa sangat tidak nyaman, dan juga akan terhambat dalam melakukan berbagai aktivitas.

Contoh kasus rematik :

Misalnya, ketika anda harus berjalan ke tempat kerja anda, namun ternyata rematik anda kambuh. Dapat dibayangkan, pasti anda akan merasakan sakit luar biasa, dan anda akan sulit beraktivitas bahkan, untuk berjalan sekalipun. Maka dari itu, ketika anda sudah mengetahui bahwa anda mengalami rematik selalu jaga kesehatan anda, agar penyakit ini tidak mudah kambuh dan juga mengganggu aktivitas anda.

Sejumlah kondisi lainnya yang menghambat aktivitas yaitu :

2. Menyebabkan rasa nyeri yang berlebihan

Bahaya lainnya yang dapat muncul karena rematik adalah rasa nyeri otot dan juga sendi yang berlebihan. Hal terjadi, apabila rematik anda sedang kambuh dalam tingkat keparahan tertinggi. Rasa sakit ini akan muncul pada persendian dan juga otot anda, sehingga dapat menyebabkan munculnya rasa sakit yang luar biasa. Hal ini akan menghambat anda dalam bergerak, dan juga memaksa anda untuk berhenti beraktivitas.

Penyebab nyeri otot berlebihan juga bisa dipengaruhi oleh :

3. Rasa nyeri mempengaruhi pustur tubuh

Rasa nyeri pada rematik juga sedikit banyak dapat mempengaruhi struktur tulang belakang anda, dimana ketika anda mengalami serangan gejala rematik, anda akan secara refleks membungkukan badan anda.

Dengan posisi badan atau tubuh yang membungkuk inilah, tulang punggung anda akan berpotensi mengalami gangguan. Tulang punggung yang terlalu sering menunduk dan bungkuk. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya kemungkinan bungkuk pada masa yang akan datang dan membuat tubuh bertambah sakit dan juga pegal.

Sejumlah kondisi lainnya yang mampu mempengaruhi postur tubuh yakni :

4. Bisa menyebabkan Kelumpuhan

Bahaya rematik paling parah adalah dapat muncul kelumpuhan. Ya, rematik apabila dibiarkan tanpa melakukan treatment atau perlakuan khusus baik secara medis dan juga tradisional dapat menyebabkan kelumpuhan. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan gejala-gejala rematik.

Kondisi yang bisa menyebabkan kelumpuhan juga terdapat pada :

Yang perlu anda lakukan adalah konsultasi ke dokter kepercayaan anda, untuk mengatasi kemunculan dari gejala rematik tersebut. Apabila hal ini tidak segera anda lakukan, dan anda biarkan menahun, maka kemungkinan, terburuk yang dapat terjadi adalah anda akan mengalami kelumpuhan, terutama pada bagian tubuh yang sering mengalami rasa sakit ketika gejala -gejala dari penyakit rematik itu muncul. Itulah beberapa bahaya rematik. Apabila anda merasakan gejala rematik, maka segerakan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penangan medis lebih lanjut.

Semoga artikel mengenai bahaya rematik ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda semua.

You may also like