10 Penyebab Encok Pegal Linu – Pengobatan – Pencegahan

17436

Encok banyak yang sering mengalaminya, namun tidak semuanya mengetahui penyebabnya dengan pasti. Akibatnya encok tidak dapat dicegah dan tidak dapat dihindari. Encok merupakan penyakit yang sering diderita oleh orang lanjut usia, encok merupakan rasa pegal di punggung atau di bagian sendi dan tidak bisa hilang dalam waktu sekejap. Encok juga menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Tidak hanya di punggung saja, namun encok juga bisa menyerang di berbagai sendi kaki.

Gejala Awal Encok

Encok ditandai dengan adanya rasa nyeri, sendi kaku, rasa panas pada sendi dan juga bisa menyebabkan bengkak pada kaki, ibu jari, tumit, lutut, pergelangan kaki, siku dan juga tangan. Banyak yang tidak tahu jika semua gejala tersebut merupakan gejala dari encok. Tidak semua orang bisa terkena encok, orang yang rentan terkena encok adalah orang yang memiliki penumpukan asam urat di dalam jaringan ikat. Jaringan ikat tersebut merupakan ruang yang ada di antara dua tulang atau berada di dalam tulang tersebut sendiri. Tidak heran jika penderita asam urat memiliki penyakit encok di dalam tubuhnya.

Penyebab encok pegal linu disebabkan oleh adanya penumpukan arthritis yang bisa memicu timbulnya rasa panas, nyeri, bengkak dan juga sendi menjadi kaku.Untuk menghindari penyakit encok ini sebaiknya kita tahu apa saja yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit encok. Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena encok :

1. Berat Badan Berlebih

Orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) akan rentan terkena encok dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan ideal. Alasannya adalah orang yang memiliki obesitas akan memiliki banyak jaringan ikat yang pecah sehingga jaringan ikat yang pecah itu bisa memicu peningkatan produksi asam uratMakanan yang mengandung asam urat yang berlebihan, akan membentuk kristalisasi bisa membuat seseorang terkena encok.

2. Alkohol

Bahaya alkohol yang dikonsumsi secara teratur bisa menjadi penyebab seseorang terkena asam urat. Orang yang mengkonsumsi alkohol bisa menyulitkan kinerja tubuh untuk bisa mengeluarkan asam urat di dalam tubuh. Akibatnya orang yang mengkonsumsi alkohol terlalu banyak bisa memiliki penumpukan zat purin di dalam tubuhnya. Zat purin itulah yang bisa menyebabkan seseorang terkena encok.

3. Gangguan Enzim

Gangguan enzim juga bisa menyebabkan seseorang terkena gejala asam urat. Gangguan pada salah satu enzim bisa menyulitkan tubuh untuk memecah kandungan zat purin yang telah mengkristal di dalam tubuh. Akibatnya adalah zat purin akan semakin menumpuk dan menyebabkan seseorang terkena encok.

4. Obat-Obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan seseorang terkena encok. Obat yang menyebabkan seseorang terkena encok adalah obat salisilat, levodopa, diuretic dan juga cyclosporine.

5. Genetik

Faktor genetik memegang andil dalam resiko terkena encok. Meski genetik memiliki andil yang tidak terlalu besar, para ahli merasa yakin bahwa sekitar 18 persen genetik berperan dalam resiko terkena encok. Jika keluarga anda memiliki riwayat anggota keluarga yang memiliki penyakit encok, resiko penyebab encok akan menjadi lebih besar hingga 18 persen.

6. Kerusakan Sendi

Salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena encok adalah adanya kerusakan sendi. Kerusakan sendi bisa menyebabkan zat purin mengisi celah-celah sendi tersebut. Akibatnya sendi pun akan terasa nyeri, bengkak, panas dan juga menimbulkan ruam merah. Sendi yang mengalami pergeseran juga bisa menyebabkan seseorang terkena encok.

Makanan Penyebab Encok

Emcok dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin, yang bisa menyebabkan seseorang menjadi penyebab asam urat semakin parah. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi makanan perhatikan berapa banyak zat purin yang terkandung dalam makanan tersebut. Zat purin yang tinggi bisa menyebabkan seseorang terkena encok, terutama jika zat purin itu mengalami kristalisasi.

Makanan penyebab asam urat yang mengandung zat purin tinggi adalah berikut ini :

  1. Jeroan – Baik itu jeroan ayam, sapi maupun kambing. Zat purin yang tinggi dipegang oleh makanan jeroan. Jika ingin mengkonsumsi jeroan sebaiknya jangan terlalu sering, maksimal sebulan sekali saja.
  2. Ikan dan seafood – Ikan dan juga seafood memiliki zat purin yang tinggi. Terutama seafood yang diolah dalam masakan mentah.
  3. Sayuran – Sayuran yang mengandung zat purin tinggi adalah kembang kol, kacang polong, bayam dan juga asparagus.
  4. Gandum – Berbagai macam olahan gandum yang utuh bisa menyebabkan seseorang terkena encok.

Pengobatan Encok

Agar tidak mengganggu kenyamanan, saat encok menyerang sebaiknya anda tahu bagaimana caranya mengobati encok. Berikut ini cara mengobati encok yang harus anda ketahui :

1. Minum Banyak Air Putih

Minum air putih yang banyak bisa menjaga sel-sel tubuh dalam keadaan tetap baik, selain itu mengkonsumsi cukup air putih bisa digunakan untuk melarutkan zat purin atau kadar asam urat di dalam tubuh seseorang. Asam urat yang berlebihan tersebut akan dikeluarkan bersamaan dengan urin. Efek kekurangan air putih akan menyulitkan kinerja tubuh untuk bisa melarutkan kadar asam urat di dalam tubuh.

2. Jus Sayur

Mengkonsumsi jus sayur setiap hari bisa bermanfaat dalam mengatasi encok. Sayuran memiliki serat dan memiliki banyak vitamin serta mineral di dalamnya. Sehingga mengkonsumsi jus sayur dipercaya bisa mengatasi encok secara efektif. Penyebab encok  bisa hilang dengan konsumsi kombinasi jus dari berbagai macam sayur. Jus sayur yang bisa anda buat misalnya adalah wortel, timun dan juga buah bit.

Kombinasi dari berbagai macam jenis sayuran tersebut bisa digunakan untuk menangkal penyakit encok. Asupan jus sayur yang harus anda buat setiap harinya sekita 500 ml jus sayuran.

3. Buah Ceri

Buah ceri tidak hanya bisa digunakan sebagai penghias kue, namun khasiat buah ceri bisa digunakan sebaga penghilang rasa sakit saat encok datang. Makanan yang mengandung vitamin C dan mineral yang ada dalam buah ceri bisa digunakan sebagai penghilang rasa sakit saat encok datang. Untuk mengatasi encok, anda bisa mengkonsumsi buah ceri sebanyak 20 buah ceri setiap harinya.

4. Apel

Apel kaya akan antioksidan, selain bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah sel kanker. Apel juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyebab encok. Selain antioksidan, apel juga mengandung malic acid yang dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat dan menetralkannya kembali.

Jika kadar asam urat normal maka encok pun bisa hilang. Penderita encok diwajibkan mengkonsumsi apel sebanyak satu butir setiap harinya.

5. Pisang

Mengkonsumsi pisang bisa digunakan untuk menyembuhkan encok. Untuk menetralisir rasa sakit, penderita encok dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang maksimal 10 buah dalam sehari. Pisang juga kaya akan antioksidan, mengkonsumsi pisang secara teratur selain bisa digunakan untuk meyembuhkan encok juga bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kanker.

6. Jeruk Limau

Mengkonsumsi jeruk limau juga bisa digunakan untuk meredakan sakit encok. Alasannya adalah jeruk limau mengandung banyak vitamin C. Buah yang mengandung vitamin C bisa menyembuhkan rasa sakit akibat encok, rasa sakit itu biasanya ada di jaringan ikat dan di jaringan penghubung. Selain vitamin C kandungan asam sitrat pada jeruk limau bisa digunakan untuk penguat di jaringan penghubung.

7. Ramuan Tradisional

Mengobati encok bisa menggunakan ramuan tradisional. Ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati encok adalah berikut ini :

  • Batang jahe –  Batang jahe bisa digunakan untuk mengobati encok. Caranya adalah dengan merebus batang jahe dengan dua gelas air. Sisakan menjadi setengahnya saja. Minum air rebusan tersebut dan anda bisa menambahkan gula aren untuk pemanis alami.
  • Cengkeh dan jahe – Ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati encok adalah menggunakan air rebusan cengkeh dan jahe. Caranya adalah dengan menumbuk dan menghaluskan cengkeh dan jahe secara bersamaan. Setelah itu rebus menggunakan 3 gelas air, sisakan setengahnya. Saring kemudian minum air rebusannya selagi hangat. Jika anda tidak suka degan rebusan ramuan tersebut. Anda bisa menempelkan cengkeh dan juga jahe yang telah ditumbuk tersebut pada bagian yang terkena encok.
  • Akar Pepaya Gantung – Untuk mengobati encok, anda bisa menggunakan akar papaya gantung untuk menyembuhkan penyakit encok anda. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa akar dari papaya gantung, cuci bersih akar dari papaya gantung tersebut, potong akar papaya tersebut, rebus menggunakan 4 gelas air dan campurkan lengkuas, rebus sampai mendidih dan sisakan menjadi 3 gelas saja. Campurkan dengan gula aren.

8. Kulit Manggis

Mengobati encok bisa menggunakan kulit manggis. Caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut ini :

  • Potong kulit manggis menjadi bagian yang lebih kecil.
  • Jemur kulit manggis tersebut sampai semua bagian menjadi kering sempurna.
  • Saat sudah kering, anda bisa menyeduh kulit manggis tersebut bersamaan dengan air hangat.
  • Minum secara rutin. Kandungan antioksidan dan berbagai macam vitamin yang ada di dalam kulit manggis bisa digunakan untuk mengobati encok.

8. Kompresan Air Hangat

Untuk meredakan rasa sakit akibat encok, anda bisa menggunakan kompresan air hangat. Caranya adalah masukkan handuk bersih ke dalam air hangat. Diamkan selama 15 menit, peras kemudian kompres bagian yang terkena encok menggunakan handuk yang telah direndam dalam air hangat tersebut.

10. Botol Air Panas

Untuk bisa mengobati encok, anda bisa menggunakan botol yang berisi air panas yang dicampurkan dengan garam. Gelindingkan botol tersebut ke bagian tubuh yang terkena encok. Rasa panas dari botol tersebut bisa membuat rasa nyeri akibat encok bisa diatasi dan juga diobati.

11. Daun Encok

Mengobati encok bisa menggunakan daun encok. Caranya sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan daun encok segar sebanyak 15 gram.
  • Cuci bersih daun encok tersebut.
  • Tambahkan kapur sirih sebanyak satu sendok makan.
  • Tumbuk daun encok bersamaan dengan kapur sirih tersebut.
  • Daun encok dan juga kapur sirih yang telah ditumbuk halus, ditempelkan pada tempat yang terkena encok.

Pencegahan Encok

Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Mencegah bisa menghindarkan anda dari sakit encok yang menyakitkan dan mengganggu kenyamanan tersebut. Berikut ini cara mencegah penyakit encok :

  • Menghindari Makanan Mengandung Purin Tinggi

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya encok adalah dengan mencegah terjadinya penyakit asam urat di dalam tubuh. Untuk menghindari penyakit asam urat, anda bisa menghindari berbagai macam makanan yang memiliki zat purin tinggi. Jika memang ingin mengkonsumsinya, sebaiknya dengan frekuensi yang jarang.

  • Ceri

Mengkonsumsi buah ceri sebanyak 10 buah per hari bisa mencegah penyebab encok pegal linu datang ke dalam tubuh anda. Sedangkan untuk mengobatinya anda bisa mengkonsumsi 20 buah ceri setiap hari.

  • Hindari Alkohol

Dengan menghindari alkohol, anda bisa mencegah penyakit encok datang di dalam tubuh anda. Alkohol bisa memperlambat sistem tubuh dalam melarutkan asam urat, oleh sebab itulah menghindari alkohol adalah pencegahan yang tepat untuk mencegah penyakit encok.

  • Berat Tubuh Ideal

Salah satu cara untuk bisa menghindari penyakit encok adalah menjaga berat badan menjadi ideal. Jangan sampai anda terkena obesitas. Sebab obesitas bisa menyebabkan resiko seseorang terkena encok semakin tinggi.

  • Menghindari Makanan Berlemak

Untuk mencegah penyakit encok sebaiknya anda menghindari dalam mengkonsumsi makanan berlemak. Tidak hanya makanan dengan zat purin tinggi saja yang harus dihindari namun makanan yang memiliki lemak tinggi. Makanan berlemak bisa membuat tubuh terkena bahaya obesitas. Selain itu, makanan berlemak bisa membuat sistem di dalam tubuh terhambat dalam mengeluarkan asam urat di dalam tubuh.

  • Hindari Diet Berlebihan

Diet memang baik dalam menjaga berat badan, namun diet berlebihan bahkan cenderung ekstrem bisa membuat seseorang terkena encok. Alasannya adalah orang yang melakukan diet secara berlebihan bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh, jika kadar asam urat tinggi maka resiko terkena encok pun akan semakin besar.