18 Obat Nyeri Sendi Lutut Tradisional Paling Ampuh    

8694

Sendi lutut merupakan bagian tubuh yang sangat penting namun juga memiliki bentuk yang rumit. Sendi lutut berfungsi untuk membuat semua gerakan tubuh kita menjadi lebih mudah. Peran utama sendi lutut terutama untuk gerakan berjalan, berdiri, duduk, dan semua jenis gerakan tubuh yang lain. Bagian ini memiliki struktur seperti ligamen, tulang, tendon dan otot. Ada beberapa titik syaraf yang penting pada bagian ini. Ketika Anda menderita nyeri sendi lutut maka bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti penyakit asam urat tinggi, osteoarthritis, cedera, infeksi, usia lanjut, kegemukan, pengapuran, kesleo, dan dislokasi. Berbagai penyebab lutut sakit harus diperiksa oleh dokter untuk menemukan kondisi yang sebenarnya. (Baca juga: sakit lutut sebelah kanan –  penyebab dengkul kopong – penyebab radang sendi)

Berikut ini adalah beberapa obat nyeri sendi lutut tradisional yang paling ampuh.

  1. Gel lidah buaya

Lidah buaya memang sudah terkenal sebagai bahan obat tradisional terutama untuk beberapa keluhan terkait kondisi kulit. Gel lidah buaya yang ditemukan pada bagian daun lidah buaya mengandung senyawa aktif untuk mengatasi peradangan. Gel ini juga bisa membantu kondisi jaringan menjadi lebih cepat sehat, terutama jika Anda memiliki luka terbuka pada bagian lutut akibat cedera. Untuk menggunakan bahan gel lidah buaya, maka Anda bisa memilih gel lidah buaya yang baru saja dipetik. Kemudian terapkan langsung pada bagian sendi lutut tanpa memijatnya terlalu keras. Mengoleskan gel lidah buaya sangat baik untuk mengatasi lelah dan pegal pada bagian sendi. (Baca : Khasiat lidah buaya untuk kulit –  bahaya duduk bersila)

Manfaat lain lidah buaya:  cara memutihkan mata kaki – cara menghilangkan mata sembab

  1. Tanaman cakar kucing (uncaria tomentosa)

Salah satu jenis tanaman herbal yang bisa menyembuhkan nyeri sendi secara alami adalah tanaman cakar kucing. Tanaman ini memiliki nama botani uncaria tomentosa. Jenis lain yang ditemukan bernama Uncaria guianensis yang juga sering digunakan sebagai obat nyeri sendi lutut. Kedua tanaman ini bahkan sudah menjadi obat nyeri sendi lutut di Amerika dan Eropa. Bahan ini dari tanaman ini mengandung senyawa antiinflamasi sehingga bisa meredakan nyeri sendi lutut dan pembengkakan pada nyeri sendi lutut. Awalnya tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan untuk menjaga kekebalan tubuh. Kemudian kekuatan senyawa untuk meredakan infeksi dalam tubuh juga bisa mengurangi nyeri sendi. Obat ini sering dibuat dalam bentuk kapsul atau minyak untuk mengoles bagian sendi lutut.

Baca: jenis jenis penyakit autoimun – kelainan autoimun

  1. Boswellia

Boswellia merupakan salah satu obat tradisional yang bisa menyembuhkan peradangan dengan lebih cepat. Tanaman ini merupakan salah satu obat khas India yang bisa bekerja dengan menghalangi produksi leukotrin dalam tubuh. Leukotrin merupakan sebuah zat yang bisa menyebabkan nyeri sendi parah akibat penyakit autoimun seperti lupus dan rheumatoid arthritis. Boswellia juga sangat baik untuk mencegah kehilangan jaringan tulang rawan dan bisa membuat kondisi tulang menjadi lebih sehat. Obat ini sering diolah menjadi bahan gel untuk olesan dan kapsul untuk diminum. Beberapa dokter juga sudah bisa memberikan resep obat ini untuk penderita penyakit osteoarthritis. (baca:

Informasi penyakit lupus:

Informasi penyakit rematik:

  1. Jahe

Apakah Anda sering menggunakan jahe untuk memasak? Jahe memang memberikan rasa yang lebih kuat untuk masakan dan menghilangkan bau amis. Jahe ternyata juga memiliki senyawa khusus yang bisa mencegah peradangan dalam tubuh dan nyeri sendi lutut. Bahkan sebuah pengujian telah membuktikan jika jahe bisa mengatasi bengkak pada bagian sendi lutut dengan cara yang sangat alami. Pengujian ini bahkan sudah dilakukan pada manusia dan hasilnya memang sangat baik. Cara kerja senyawa dalam jahe sudah seperti obat medis golongan ibuprofen yang mengurangi peradangan dengan cepat. Untuk mengatasi nyeri sendi maka Anda bisa menghancurkan jahe menjadi beberapa bagian lalu oleskan atau terapkan pada bagian sendi lutut yang sakit. Namun jangan berlebihan menggunakan jahe karena bisa terkena efek samping jahe

  1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih dihasilkan dari ekstrak khusus kayu Eucalyptus. Saat ini minyak kayu putih sering digunakan sebagai obat oles untuk berbagai keluhan. Tidak hanya untuk rasa sakit pada nyeri sendi lutut tapi juga masuk angin, mual, muntah, sakit perut, perut kembung dan berbagai keluhan. Untuk mengatasi nyeri sendi maka Anda cukup mengoleskan minyak kayu putih pada bagian lutut. Senyawa utama dalam minyak kayu putih seperti tanin bisa memberikan rasa hangat dan meredakan bengkak. Hal yang paling penting saat menggunakan minyak kayu putih adalah jangan sampai minum minyak kayu putih hanya untuk merawat penyakit dengan cepat.

Informasi manfaat lain minyak kayu putih:

  1. Teh hijau

Teh hijau biasanya menjadi minuman yang sangat khas terutama di Jepang dan Korea. Teh hijau sudah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi peradangan dan infeksi dalam tubuh. Kemampuan beberapa senyawa seperti katekin dan polifenol yang bisa membuat semua nyeri sendi hilang dengan cepat. Kandungan polifenol merupakan antioksidan yang sangat penting untuk melawan rasa sakit dalam tubuh. Kemudian bagian polifenol juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dengan cara alami. Anda bisa mencoba untuk minum teh hijau sebagai perawatan nyeri sendi lutut. Kemudian mengompres bagian lutut dengan teh hijau juga bisa meredakan rasa sakit.

Baca: bahaya minum teh campur susu –  bahaya minum teh setiap hari bagi tubuh – efek samping ampas teh

  1. Kunyit

Apakah Anda sering menggunakan kunyit? Kunyit merupakan bahan yang sangat alami untuk merawat nyeri sendi lutut. Kunyit mengandung senyawa yang bisa menghambat pembengkakan pada sendi dan juga membuat gerakan sendi menjadi lebih aktif. Sebuah pengujian yang dilakukan terhadap tikus sudah membuktikan jika kunyit bisa menghambat pembengkakan pada sendi dan mengurangi nyeri sendi dengan baik. Cara menggunakan kunyit untuk meredakan nyeri sendi lutut adalah dengan menghancurkan kunyit mentah hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada bagian lutut dan tahan dengan kain lembut.

Manfaat kunyit lainnya:

  1. Teh kunyit dan jahe

Campuran kunyit dan jahe sebenarnya salah satu obat yang sering direkomendasikan oleh dokter untuk membantu mengatasi nyeri sendi lutut. Sebenarnya teh ini juga bisa mengatasi nyeri sendi untuk semua jenis bagian tubuh terutama yang berkaitan dengan masalah sendi. Kunyit mengandung senyawa aktif yang disebut dengan curcumin yang bekerja seperti antioksidan untuk tubuh. Kemudian kedua bahan ini juga mengandung enzim yang bisa mengurangi peradangan dengan cepat. Anda bisa mencoba untuk merebus jahe dan kunyit secara bersamaan. Kemudian tambahkan madu sebagai pengganti gula yang sangat sehat. Minum teh ini untuk pagi dan sore saat nyeri sendi lutut menyerang.

  1. Garam epsom

Garam epsom sudah sering digunakan untuk merendam beberapa bagian tubuh yang sering sakit. Garam epsom mengandung bahan utama seperti magnesium sulfat yang bisa bekerja untuk mengatasi rasa sakit dengan cepat. Magnesium yang sangat tinggi dalam garam epsom bisa membuat kondisi nyeri sendi lutut berkurang.

Cara penggunaan: campurkan dua sendok garam epsom dengan air hangat lalu aduk hingga rata. Kemudian gunakan air dari campuran ini untuk mengompres bagian lutut yang sakit. Anda juga bisa mencoba merendam bagian lutut selama beberapa saat hingga sendi terasa hangat dan nyeri hilang. Mandi dengan garam epsom setiap hari juga sangat baik untuk mencegah nyeri sendi lutut yang kambuh.

Manfaat lain garam epsom:

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun biasanya digunakan untuk memasak karena mengandung lemak sehat untuk tubuh. Kandungan utama yang alami dalam minyak zaitun adalah oleocanthal yang bekerja untuk menghambat enzim yang bisa menyebabkan sakit pada lutut. Efek minyak zaitun bahkan dikatakan hampir sama seperti obat aspirin yang bekerja untuk mengatasi rasa sakit sementara (baca: jenis obat analgesik). Namun minyak zaitun bisa membantu merawat nyeri sendi lutut agar tidak sering kambuh. Anda bisa mencoba untuk mengoleskan minyak zaitun pada bagian sendi lutut. Kemudian biarkan beberapa saat hingga lutut terasa hangat. Menambahkan minyak zaitun untuk memasak juga sangat baik untuk menyembuhkan dari dalam tubuh.

Manfaat lain minyak zaitun:

  1. Daun bunga dandelion

Apakah Anda pernah melihat bunga dandelion? Bunga ini tidak hanya cantik dan kaya warna tapi juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Kandungan bunga dan daun dalam dandelion adalah vitamin A dan vitamin C. Kemudian asam linoleat dalam bunga dandelion juga sangat baik untuk mengatasi peradangan dalam tubuh. Asam linoleat merupakan jenis asam yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu produksi prostaglandin. Prostaglandin sangat penting untuk melawan peradangan agar lebih cepat sembuh. Daun bunga dandelion juga bisa berfungsi sebagai obat sakit tulang dan obat batu empedu.

Cara perawatan: ambil beberapa daun dandelion yang masih segar kemudian rebus dengan air mendidih. Kemudian saring dan ambil airnya sebagai teh. Tapi jika Anda tidak suka dengan rasa teh ini maka tambahkan madu atau mengompres sendi lutut dengan teh dandelion yang masih hangat.

  1. Capsaicin

Capsaicin juga bisa menjadi obat nyeri sendi lutut tradisional dan memiliki cara kerja alami yang sangat cepat. Ini adalah salah satu jenis cabai yang mengandung senyawa kimia alami tinggi dan bisa memiliki rasa panas dan pedas lebih dari jenis cabai yang lain. Kandungan senyawa kimia dalam bahan ini bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit. Namun karena bahan ini memiliki rasa pedas dan panas maka penggunaan harus dalam jumlah yang sangat kecil. Ada beberapa jenis obat salep yang memang sudah menggunakan capsaicin dan bisa digunakan langsung sebagai salep oles pada lutut. (baca: bahaya cabai – bahaya makanan pedas)

  1. Lada hitam

Lada hitam sebenarnya tidak hanya sebagai bumbu tapi juga bisa mengatasi nyeri sendi lutut. Lada hitam memiliki bentuk seperti lada putih biasa namun rasa pedas yang lebih kuat. Lada hitam bisa menyembuhkan nyeri sendi lutut karena bisa membuat bagian sendi melawan rasa dingin dan enzim khusus dalam tubuh yang menyebabkan keluhan nyeri.  Untuk menggunakan lada hitam maka Anda bisa mencoba menghancurkan lada hitam hingga lembut , kemudian campurkan dengan sedikit air. Setelah itu gunakan langsung pada bagian lutut dan biarkan selama beberapa menit saja. Lada hitam juga sering menjadi cara mengobati paru paru basah dan obat hidung mampet.

  1. Kayu manis

Di negara Cina dan India sebenarnya kayu manis lebih sering dijadikan bahan campuran untuk membuat teh. Aroma kayu manis yang lebih sedap memang bisa membuat minuman seperti teh menjadi lebih nikmat. Kayu manis sangat baik untuk nyeri sendi lutut karena mengandung senyawa fitokimia yang bisa melawan peradangan dan pembengkakan. Kayu manis bahkan sudah diteliti dan semua fungsi ini memang sangat benar. Memberikan kayu manis untuk bagian yang sakit bahkan bisa bekerja langsung untuk mengatasi sakit. Kayu manis bisa digunakan dalam bentuk teh atau bahan untuk mengompres.  Namun ibu hamil tidak boleh berlebihan menggunakan kayu manis karena bisa memicu keguguran.

Manfaat lain kayu manis:

  1. Bawang putih

Bawang putih memang tidak hanya sebagai bumbu tapi juga sebagai obat untuk melawan nyeri sendi. Bawang putih bisa membuat nyeri sendi tidak parah karena mengandung glukosinates dan zat antiperadangan. Kemudian bawang putih juga bisa bekerja sebagai bahan anti inflamasi dengan cara menghambat enzim yang bisa bekerja sebagai sitokin. Cara untuk menggunakan bawang putih bisa digunakan sebagai bumbu memasak atau dihancurkan kemudian terapkan langsung pada lutut yang sakit. (Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah

  1. Jus buah anggur

Jus anggur bisa menjadi obat nyeri sendi lutut tradisional dan bekerja tanpa membutuhkan senyawa kimia apapun. Jus anggur yang dibuat murni dari bahan anggur mengandung senyawa yang bisa membuat semua bagian sendi menjadi lebih lentur. Kemudian efek dari bahan kimia ini juga bisa membuat sendi menjadi lebih fleksibel sehingga sangat nyaman ketika digunakan. Jus anggur untuk merawat nyeri sendi lutut sebaiknya juga dikombinasikan dengan sayuran hijau yang mengandung pektin.

  1. Teh juniper berry

Teh juniper berry merupakan bahan teh alami yang dibuat dari tanaman juniper  berry. Ini termasuk tanaman khas yang menjadi keluarga turunan tanaman berry. Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Ethnopharmakologi, bahkan teh juniper berry bisa bekerja untuk mengatasi peradangan pada sendi dengan cepat. Kandungan utama yang ditemukan dalam teh ini seperti terpinen bisa membantu menekan produksi sel darah putih jenis monosit sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian bahan ini juga bisa melawan peradangan yang bisa membuat aktifitas sendi lutut kembali pulih.

Cara perawatan: Anda  bisa merebus teh dari juniper berry yang sudah dikeringkan, kemudian minum saat masih hangat. Ketika Anda merasakan gejala yang sangat kuat maka cobalah untuk minum teh ini selama dua kali sehari dengan tambahan madu.

  1. Semua makanan yang mengandung magnesium tinggi

Magnesium merupakan mineral alami yang bisa meredakan nyeri lutut dengan cepat. Sebenarnya tubuh kita memang membutuhkan magnesium untuk membantu melemaskan semua fungsi otot dan syaraf tubuh. Dampaknya ketika tubuh Anda cukup mendapatkan magnesium maka semua fungsi sendi akan sangat baik, termasuk untuk bagian lutut. Orang yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi bisa memiliki kesehatan sendi dan tulang yang lebih baik. beberapa jenis makanan yang mengandung magnesium tinggi termasuk seperti kacang-kacangan, semua sayuran hijau, dan biji-bijian. Anda juga bisa menggunakan jenis minyak yang mengandung magnesium tinggi untuk diterapkan langsung pada lutut seperti minyak zaitun. (baca: akibat kekurangan magnesium)

Selain menggunakan beberapa obat nyeri sendi lutut tradisional seperti diatas maka Anda juga harus memperhatikan kesehatan sendi lutut. Gerakan yang aktif dan ringan seperti jalan kaki setiap hari juga bisa menjaga kesehatan lutut. Selain itu cobalah untuk menghindari semua jenis makanan yang bisa menyebabkan peradangan seperti makanan berminyak dan gorengan.