Home Penyakit dan KelainanFatty Liver 10 Obat Herbal Liver Bengkak Paling Mujarab

10 Obat Herbal Liver Bengkak Paling Mujarab

by Erlita

Liver atau organ hati dapat membengkak dan kondisi ini juga disebut dengan fatty liver. Penyakit satu ini memang terbilang kronis karena organ hati adalah salah satu organ vital yang bila membengkak otomatis menjadikan fungsinya tak maksimal. Liver bengkak ini tergolong dalam penyakit hati dengan sifat menahun sehingga memang rata-rata penderitanya adalah orang-orang dewasa.

Penyakit kronis ini biasanya ditandai dengan munculnya peradangan atau istilah lainnya hepatitis. Fungsi hati dapat terganggu dikarenakan adanya suatu jaringan yang mati dan jaringan tersebut tak terkendali. Sebagian dari Anda pasti merasa membutuhkan pengobatan herbal ketimbang medis, jadi lebih baik lihat beberapa rekomendasi obat herbal liver bengkak berikut ini.

(Baca juga: bahaya lemak di hati)

1. Pegagan

Kandungan-kandungan baik di dalam tanaman ini cukup banyak, di antaranya adalah:

  • Zat samak
  • Vallerine
  • Besi
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Natrium
  • Kalium
  • Karotenoid
  • Meso-inositol
  • Madasiatic acid
  • Brahmic acid
  • Brahminoside
  • Asiaticoside
  • Madecassoside
  • Brahmoside
  • Centellose
  • Isothankuniside
  • Thankuniside

Tanaman pegagan sebagai obat liver bengkak ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan ciri-ciri hati bengkak karena mempunyai efek hepatoprotektor. Berkat kandungan baik pada tanaman inilah, perbaikan serta penguatan sel hati prosesnya akan sempurna dan meningkat pada mekanismenya. Bahkan radikal bebas pun mampu dilawan oleh kandungan asiatikodenya sehingga penyebab kerusakan sel hati tersebut dapat dihindari. Tak hanya itu, pegagan adalah tanaman yang mampu meregenerasi sel-sel liver yang sudah rusak lalu mengembalikan kesehatan sel-sel tersebut.

Anda bisa dengan mudah meramunya dengan cara menyiapkan beberapa lembar daun pegagan, lalu membersihkannya dan lanjut merebusnya. Air rebusan daun pegagan adalah yang bisa Anda minum secara teratur untuk menjadikan liver yang bengkak membaik secara berangsur. Karena bahan ini adalah bahan alami, maka dipastikan tak berefek samping dan aman dikonsumsi.

2. Kunyit

Apapun yang menjadi faktor penyebab hati bengkak, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai pilihan obat herbal lainnya. Pada kunyit, terdapat kandungan-kandungan sebagai berikut:

Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk liver yang bengkak. Anda bisa menjadikan kunyit sebagai obat herbal bagi liver yang bermasalah karena kunyit mampu menjadi solusi pembengkakan dan peradangan. Minyak atsiri di dalam kunyit cukup banyak, yakni 6 persen, sedangkan kurkuminoidnya 5 persen.

Ekstrak kunyit sangat baik untuk kesehatan, bahkan cukup sering diandalkan sebagai obat terkilir maupun bengkak pada area tubuh yang keseleo. Bagi hidung tersumbat pun kunyit dapat menjadi obat manjur. Khusus untuk liver bengkak, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara direbus seperti daun pegagan tadi, dan air rebusannyalah yang bisa Anda konsumsi setiap hari sampai kondisi liver membaik. Ambil ekstrak kunyit secara rutin karena baik untuk fungsi hati Anda dan untuk mengobati gangguan kesehatan lainnya.

3. Sambiloto

Zat andrographolid ada di dalam sambiloto yang menjadikan rasa dari daun ini pahit. Namun sebagai penyebab rasa pahit, sambiloto akan secara efektif mengatasi gejala liver bengkak tanpa menimbulkan efek samping berbahaya. Sambiloto juga merupakan tanaman yang baik untuk membasmi inti sel tumor dengan membuat daya tahan tubuh meningkat.

Daun ini begitu bagus dan mampu menjadikan liver bengkak cepat pulih secara alami karena daun ini juga sekaligus menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk infeksi pun juga sambiloto sangat luar biasa efektif sebab mampu merangsang fagositosis, atau kemampuan sel yang bisa membasmi bakteri dan benda-benda asing berbahaya di dalam tubuh.

Seperti bahan-bahan alami lainnya, yang Anda butuh lakukan hanyalah menyiapkan beberapa lembar daun sambiloto. Cucilah lebih dulu sampai bersih sebelum kemudian Anda rebus sampai mendidih. Airnya sangat berkhasiat untuk memulihkan liver Anda yang bengkak, jadi minumlah secara teratur, terutama setiap hari supaya kondisi liver cepat membaik.

(Baca juga: gejala penyakit liver)

4. Temulawak

Satu lagi bahan alami yang memiliki kandungan kurkumin yang artinya bisa juga dijadikan sebagai anti radang atau anti-inflamasi. Bahkan temulawak juga diketahui berkandungan sifat anti hepatotoksik sehingga akan memberikan perlindungan ekstra bagi organ hati dari kondisi peradangan hati secara maksimal.

Khasiat dari temulawak ini sudah jelas bagus dan mampu dipertanggungjawabkan akan kebenarannya. Tak hanya kurkumin, kandungan minyak atsiri pun sangat tinggi sehingga tak heran kalau banyak orang mengandalkan temulawak sebagai cara meningkatkan nafsu makan. Temulawak juga adalah cara yang baik untuk membersihkan perut serta melancarkan ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui.

Gangguan pada liver atau hati dikarenakan infeksi virus atau bakteri pun sangat bisa diatasi dengan rempah satu ini. Untuk penyakit hati, temulawak dipercaya manjur sebagai obat alami dan bahkan telah terbukti mampu membuat kadar kolesterol menurun di dalam sel hati dan darah. Ini semua berkat zat kurkumin serta minyak atsirinya.

Seperti yang lainnya, yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan temulawak kering beberapa keping, atau biasanya 6-7 keping untuk direbus bersama 600 ml air. Setelah dibersihkan lebih dulu, barulah Anda merebus temulawak tersebut. Setelah mendidih, angkat dan tunggu lebih hangat sebelum Anda mengonsumsinya; konsumsilah setiap hari sehari paling tidak 3 kali untuk membuat liver bengkak cepat membaik.

5. Amla atau Indian Gooseberry

Bahan lainnya yang bisa dijadikan obat herbal bagi hati yang membengkak adalah amla atau mungkin Anda sudah familiar dengan nama Indian gooseberry. Bahan ini sudah cukup sering digunakan dalam mengatasi masalah liver, apapun penyebab liver bengkak. Karena antioksidan serta mineral dan vitamin C-nya, maka bahan ini dipercaya sangat efektif untuk mengobati masalah hati selama bertahun-tahun.

Inflamasi atau peradangan serta pembengkakan dapat berkurang berkat kandungan-kandungan tersebut. Akumulasi toksin yang ada pada tubuh pun akan dibuang dengan mengonsumsi bahan ini secara rutin. Selain itu, obat herbal ini juga akan membantu meningkatkan imunitas tubuh secara alami.

Untuk menguatkan liver, Indian gooseberry merupakan salah satu bahan yang tepat. Cukup dengan mengombinasikan 300 gram bubuk Indian gooseberry ini bersama dengan bubuk jahe 100 gram, Anda akan mendapatkan ramuan obatnya. Belum selesai di situ, Anda bisa mengambil 1 sendok teh dari campuran ini untuk dicampur bersama air 1 gelas.

Minumlah setiap hari ramuan ini secara rutin dan lebih disarankan untuk dikonsumsi 2 kali dalam sehari, yakni setiap pagi dan sore. Hasilnya dalam menyembuhkan penyakit liver bengkak cukup efektif namun Anda butuh kesabaran dan ketelatenan dalam mengonsumsi obat ini.

(Baca juga: perbedaan sakit liver dan hepatitis)

6. Bubuk Henna

Tumbuhan henna pasti sudah tak asing lagi bagi Anda karena henna ini sering dipakai sebagai bahan pewarna rambut alami. Meski henna sering dijadikan pewarna rambut, efektivitasnya dalam menyembuhkan penyakit liver, termasuk liver bengkak, terbilang efektif. Dengan 1,25-5 gram banyaknya bubuk henna, Anda sudah siap untuk membuat ramuan obat herbal bagi organ hati Anda yang sedang membengkak.

7. Jeruk

Buah jeruk adalah buah yang bisa Anda jadikan pula sebagai obat herbal liver yang membengkak dan meradang. Jus ekstrak dari 2 buah jeruk adalah obat yang baik dan cara penggunaannya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu mengambil jus ekstrak tadi dan mengonsumsinya langsung setiap pagi sebelum perut terisi makana apapun.

Cobalah untuk melakukannya selama 5-7 hari setiap hari tanpa bolong karena efektivitasnya benar-benar bisa dirasakan setelahnya. Meminumnya akan mengaktivasi fungsi liver yang sempat terganggu. Selain pembengkakan berkurang dan sembuh, kandungan vitamin C dan antioksidannya bakal meningkatkan daya tahan tubuh yang sempat menurun.

(Baca juga: kopi bagi penderita liver)

8. Pepaya

Buah lainnya yang juga sangat berguna untuk dijadikan obat herbal bagi liver yang membengkak adalah pepaya, terutama ekstrak dari bijinya. Dengan menumbuk atau menghaluskan bijinya, Anda akan mendapatkan ekstraknya, barulah Anda campurkan 1 sendok makan ekstrak tersebut bersama 10 tetes jus lemon. Kadar vitamin C pada keduanya sangat tinggi sehingga pasti bisa menjadi obat liver yang sekaligus menambah daya tahan tubuh.

Mengonsumsi campuran tadi sehari 1-2 kali adalah yang terbaik untuk perkembangan kesembuhan organ hati Anda. Namun supaya hasilnya lebih maksimal, pastikan bahwa Anda terus mengonsumsi selama 1 bulan paling tidak. Alternatifnya, Anda bisa makan pepaya mentah atau matang yang ditaburi dengan lada hitam; lakukan sehari 1 kali.

9. Jus Bayam dan Jus Wortel

Obat herbal lainnya yang sangat efektif dan bahkan bisa sekaligus dijadikan pendetoks tubuh adalah jus wortel dan bayam. Kombinasikan keduanya dengan takaran 1:1 karena memang terbukti bahwa obat alami ini dapat mengatasi masalah liver. Mengonsumsi obat ini paling tidak 3-4 minggu setiap harinya akan memberikan hasil yang efektif.

10. Dandelion

Obat herbal yang juga tak boleh ketinggalan adalah dandelion. Anda bisa menyiapkan akar dandelion yang direbus bersama segelas air kira-kira 10 menit lamanya. Selain bisa menyembuhkan liver yang membengkak, ramuan ini baik juga untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh. Minumlah setiap hari selama sekitar 1 bulan untuk merasakan efektivitasnya.

(Baca juga: makanan untuk penderita pembengkakan hati)

Inilah daftar obat herbal liver bengkak yang dapat membantu Anda ketika mengalami gangguan fungsi hati dikarenakan peradangan dan pembesaran. Tanpa minum obat kimia atau medis pun, Anda bisa sembuh dari penyakit hati bengkak. Namun demi mendapatkan hasil sempurna, Anda perlu secara teratur dan rajin mengonsumsi obat tersebut.

You may also like