Manfaat Kopi bagi Penderita Liver Kronis dan Bahayanya

Liver merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Penyakit liver menyerang organ penting manusia yaitu hati. Salah satu fungsi utama hati yaitu menetralkan racun serta zat-zat berbahaya yang ada didalam tubuh manusia karena masuk melalui makanan atau hal lain serta karena sisa-sia kotoran proses yang terjadi didalam tubuh manusia. Racun dan zat-zat berbahaya tersebut akan akan dibuang dihati bersama dengan cairan empedu kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui kotoran ataupun keringat. Fungsi lain dari hati sangat banyak yaitu diantaranya sebagai tempat pembentukan plasma darah zat pembeku darah, sebagai tempat penyimpanan zat-zat mineral seperti besi, kalium serta tembaga, sebagai tempat penyimpanan cadangan air, sebagai tempat pembakaran gula serta tempat pembentukan kolesterol.

Begitu banyak serta pentingnya fungsi hati untuk proses kerja tubuh kita, maka jika hati kita terkena bahaya ataupun penyakit sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya maka kesehatan serta keseimbangan tubuh kita menjadi terganggu. Penyakit liver bisa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu virus, bahan-bahan beracun, bakteri serta bisa juga karena alkohol. Beberapa faktor tersebut dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit liver karena masuk ketubuh bisa melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi yang tidak diproses dengan baik, kondisinya yang tidak bersih atau bisa juga makanan atau minuman yang memang mengandung racun.

Manfaat

Selama ini banyak orang yang mempunyai anggapan bahwa minum kopi mempunyai banyak bahaya bagi kesehatan tubuh apalagi untuk ibu hamil. Tetapi siapa menyangka bahwa kopi memiliki manfaat untuk penyakit liver. Berikut ini adalah manfaat kopi bagi penderita liver :

  1. Membantu Menyembuhkan Liver

Kopi ternyata dapat membantu melindungi serta menyembuhkan penyakit mematikan seperti liver. Bagi para penggemar kopi sekarang patut bergembira dengan adanya fakta tersebut. Fakta ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti yang berkompeten didalam bidangnya. Hasil penelitian bahwa kopi dapat mencegah terjadinya penyakit liver. Mayo Clinic menerbitkan hasil penelitian bahwa mengkonsumsi kopi dapat menurunkan kemungkinan menderita Primary sclerosing cholangitis (PSC), penyakit liver autoimun, penyakit kanker hati, gagal hati serta penyakit pengerasan hati. Dalam penelitian terbukti bahwa orang yang terbiasa minum kopi memiliki resiko terkena penyakit liver lebih sedikit daripada orang yang tidak terbiasa minum kopi.

Baca : Kopi bagi penderita diabetesKopi bagi penderita asam lambungKopi bagi penderita darah rendah  – Kopi bagi penderita stroke

  1. Mengurangi Gejala Liver

Zat kafein didalam kopi diteliti dapat mengurangi rasa sakit gejala penyakit liver yang ada didalam tubuh. Hal ini merupakan hasil penelitian yang telah diterbitkan di dalam jurnal hepatology. Kafein yang ada didalam kandungan kopi akan memberikan efek seperti terapi dalam penyembuhan penyakit hati atau liver. Fungsi lain dari zat kafein untuk kesehatan hati yaitu dapat memaksimalkan fungsi hati terhadap organ tubuh lainnya sehingga hati dapat kembali bekerja secara maksimal.

Baca : Ciri ciri hati bengkakGejala fatty liver Ciri ciri fatty liver

  1. Mencegah Penyebaran Penyakit Liver

Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa zat kafein yang terdapat pada kopi ternyata dapat memperlambat penyebaran penyakit liver. Penelitian ini dilakukan pada pasien sebanyak 766 orang yang menderita liver. Hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama yaitu selama 4 tahun. Penelitian ini selalu dipantau perkembangannya dan hasilnya bahwa penderita liver yang mengkonsumsi tiga gelas kopi setiap hari maka bisa memperlambat penyebaran penyakit liver tersebut sampai 53%. Hal ini disimpulkan bahwa memberikan kopi pada penderita liver dalam kuantitas yang banyak dapat memperpanjang umur pasien yang telah mengidap penyakit liver.

Walaupun kopi ini sangat efektif dalam penyembuhan ataupun mengurangi resiko penyebaran penyakit liver, tetapi kita harus tetap hati-hati dalam memberikan kopi pada pasien. Satu pasien dengan pasien yang lain tentunya memiliki kondisi tubuh dan kesehatan yang berbeda walaupun sama-sama mengidap penyakit liver. Hal ini menjadi patokan dalam memberikan kuantitas kopi setiap harinya.

Jangan memberikan kopi kepada pasien sebanyak-banyaknya agar cepat sembuh tetapi jika tidak melihat kondisi kesehatan lain dari pasien maka justru akan menjadikan resiko terkena penyakit lain. Untuk itu harus tetap memerika kondisi kesehatan pasien, jika memang kondisi pasien kurang baik jika diberikan kopi 4 gelas dalam sehari maka cukup dengan 2 gelas setiap hari.

Baca : Makanan dan minuman yang mengandung kafeinBahaya kafeinBahaya kopi bagi penderita anemia

Bahaya

Berikut ini adalah manfaat kopi untuk kesehatan asalkan kopi tidak dikonsumsi berlebihan :

  1. Memicu Stres

Zat kafein merupakan zat yang mempunyai senyawa kimia yang disebut dengan alkaloid dan dikenal sebagai trimetilsantin. Zat ini mempunyai rumus molekul C8H10N4O2. Rata-rata kopi mempunyai kandungan kafein sebesar 1 sampai 1,5%. Kafein yang diminum dalam kandungan kopi akan bekerja didalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel saraf, hal ini akan membantu memacu produksi hormon adrenalin didalam tubuh dimana hormon itu bisa merangsang stres.

Baca : Penyebab stresCara menghindari stresCara mengatasi stres

  1. Merangsang Kinerja Jantung

Zat kafein merupakan zat yang bekerja sangat efektif dalam merangsang kerja jantung serta meningkatkan produksi urine. kopi juga bekerja dengan melawan fungsi adenosin yaitu salah satu senyawa yang dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah tertidur, maka hal inilah yang menyebabkan kopi terkenal sebagai pengusir rasa kantuk.

Baca : Serangan jantung –  Gejala jantung koroner

Gejala Penyakit Liver

Seseorang yang mengidap penyakit liver kondisi organ hatinya mengalami peradangan hal ini akan menjadikan seseorang mengalami beberapa gejala penyakit liver seperti berikut ini:

  • Perubahan pada urine menjadi berwarna kekuningan atau kecoklatan. ( Baca : Air seni berbusa )
  • Sering mual dan ingin muntah. ( Baca : Penyebab mual setelah mengkonsumsi kopi )
  • Selera makan yang berubah menjadi semakin menurun
  • Sering diare
  • Mudah merasa capek
  • Letih dan lesu
  • Sistem imun tubuh sering berubah yaitu kadang naik dan terkadang turun. ( Baca : Cara meningkatkan antibodi )
  • Dalam mengalami aktifitas mengalami penurunan semangat
  • Sering merasa nyeri di perut bagian kanan atas
  • Warna feses yang berubah menjadi pucat. ( Baca : Penyebab BAB berdarah )
  • Berat badan mengalami perubahan dalam waktu yang cukup cepat. ( Baca : Badan gemuk jadi kurus )
  • Pembuluh darah mengalami pembesaran
  • Kadar gula darah menjadi rendah
  • Gairah seksual menurun
  • Persendian sering mengalami linu. ( Baca : Nyeri sendi lutut )
  • Pegal dan nyeri
  • Warna mata dan kulit berubah menjadi kuning
  • Perut membusung seperti orang busung lapar
  • Bau mulut. ( Baca : Cara mencegah bau mulut )
  • Bau badan menjadi berubah kurang sedap. ( Baca : Cara menghilangkan bau badan )
  • Mengalami anemia
  • Tubuh jika terbentur mudah memar
  • Perubahan pada bentuk kuku dan kuku terlihat lebih tipis

Demikian begitu banyak gejala yang terjadi akibat timbulnya penyakit liver yang terjadi pada tubuh manusia. Untuk itu jika anda merasa bahwa tubuh anda mengalami beberapa gejala seperti diatas maka anda perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter karena penyakit liver tidak bisa dianggap sebagai penyakit yang ringan karena hal ini merusak fungsi hati yang sangat penting dalam tubuh manusia. Jika penyakit liver dibiarkan saja maka akan sangat memungkinkan dapat menimbulkan resiko kematian karena yang berusaha disembuhkan dan diobati dengan rutin saja susah dan lama dalam penyembuhannya apalagi jika dibiarkan saja maka liver akan menggerogoti organ hati anda sehingga dapat merenggut nyawa anda.