Kopi Bagi Penderita Diabetes – Manfaat dan Bahaya

Apakah Diabetes itu? Diabetes merupakan penyakit kelainan yang menyerang metabolisme tubuh secara perlahan yang terjadi karena jumlah gula yang berlebih didalam tubuh , dimana pankreas telah kehilangan kemampuannya untuk mengatur kadar insulin yang menyebabkan tidak bisa menormalkan kadar gula didalam darah. (baca juga: gaya hidup tidak sehat)

Berikut gejala penyakit diabetes

  1. Tubuh cepat merasa kelelahan atau capek padahal rutinitas kerja tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga berat.
  2. Merasa haus terus menerus meskipun telah sering minum air putih
  3. Sering buang air kecil tetapi volume urinnya sedikit dan kandung kemih terlalu sering terasa penuh
  4. Kondisi rongga mulut menjadi kering, terasa pahit dan timbul bau mulut yang mengganggu
  5. Hampir sekujur tubuh terasa gatal gatal padahal tidak sedang digigit nyamuk
  6. Kualitas ketajaman penglihatan mata menjadi berkutrang misalnya menjadi bura, pandangan berkabut atau tidak jelas melihat suatu benda yang hanya berjarak 10 meter.
  7. Mudah merasa lapar meskipun baru 1/2 jam lalu baru selesai mengkonsumsi sepiring nasi
  8. Serimg merasa mengantuk yanmg mengakibatkan seseorang tidak mampu berfikir dengan baik atau tidak dapat fokus.

Diabetes adalah salah satu penyakit yang menakutkan dan meresahkan masyarakat karena dapat mengancam jiwa seseorang  dan sangat sulit disembuhkan jika seseorang telah mengalami konflikasi. Untuk mencegah keluhan kesehatan yang tidak diinginkan perlu wawasan yang luas tentang pemahaman akan manfaat dan bahaya mengkonsumsi kopi. (baca juga: bahaya kopi bagi kesehatanefek samping endoskopi)

Inilah kandungan zat yang ada pada Kopi

1.Kafein

Walaupun kafein dinilai tidak menyehatkan , namun jika dikonsumsi dalam jumlah atau dosis yang wajar maka kafein tidak megakibatkan penyakit tertentu termasuk diabetes.

2. Zat Ethyphenol

Ethyphenol adalah zat yang ada pada kopi yang menyebabakan kopi begitu harum dengan aromanya yang khas. aroma tersebut dapat tercium bersama urin ketika seseorang sedang buang air kecil.

3. Zat Quinic Acid

Kopi pada dasarnya bukan haanya memiliki cita rasa yang pahit dan getir, namun juga memiliki kadar rasa asam yang unik yang berbda beda pada setip jenis kopi. Rasa asam tersebut disebabkan kopi mengandung zat Quinic Acid yang didalam dunia medis dapat dikembangkan menjadi bahan pendukung untuk pembuatan obat anti flu.

4. Zat Dimethil Disulfide

Dimethil disulfide merupakan zat yang ada pada kopi yang dapat memberi aroma pada kotoran manusia ketika aktifitas buang air besar sedang berlangsung.

5. Zat Acety methyl Carbinol

Acetymethyl Carbinol adalah zat yang menyebabkan kopi terasa begitu nikmat, lezat dan gurih , dimana rasa tersebut dapat menimbulkan ketagihan. maka dari itulah kopi dapat membuat seseorang menjadi selalu rindu ingin mengkonsumsinya kembali.

6. Zat Dicaffeoyl quinic Acid

Dicaffeoyl Quinic Acid adalah zat yang bertindak sebagai antioksidan yang bertanggung jawab mengahalau dan mengikat radikal bebas yang dihasilkan dari sisa limbah makanan dan faktor alam.

7. Senyawa Niacin

Zat Niacin yang ad pada kopi merupakan  zat yang dapat mengikat dan menyerap nutrisi yang ada pada tubuh termasuk vitamin daan mineral. Sebaiknya minum kopi jangan berlebihan, idealnya adalah tidak lebih dari dua kali sehari dengan takaran gelas kecil. karena bagi penderita diabetes kopi yang terlalu banyak dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh dalam upaya penyerapaan vitamin dan mineral.


8. Zat Trigonellin

Trigonellin adalah zat yang mampu memperkuat lapisan email gigi agar tidak mudah keropos dan menjadikan kondisi gigi tidak mudah berlubang dan terlindungi dari serangan bakteri hasil dari sisa limbah makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Manfaat

Inilah manfaat minum kopi bagi penderita diabetes jika dikonsumsi dengan dosis yang wajar yaitu 2 gelas sehari dalam takaran gelas kecil, sebagai berikut :

1. Asam Chlorogenik pencegah diabertes tipe 2

Didalam opi terdapat senyawa Asam Chlorogenik yang dapat bertindak sebagai antioksidan yang aktif yang menyerap cepat kadar glukosa berlebih didalam usus anda. (baca juga: diabetes tipe 1 dan 2bahaya diabetes bagi tubuh)

2. Kadar gula turun karena minum kopi sebelum makan

Minum segelas kopi sebelum makan pagi , siang atau sore dapat menurunkan dan menstabilkan kadar gula dalam darah . Apa akibtanya jika minum kopi setelah makan? pada makanan yang telah kita konsumsi mengandung banyak zat gula yang dapat bergabung dengan gula yang ada pada kopi yang akhirnya mempercepat peningkatan kadar gula didalam darah . Apalagi jika tubuh tidak mengalami pergerakan setelah makan daan minum kopi, misalnya berjalan atau melakukan aktifitas yang membakar energi misalnya menangkat barang dan lain lain, maka penggumpalan gula dalam darah akan terjadi.

3. Zat phenol membantu menstabilkan kadar gula dalam darah

Didalam kopi terdapat zat phenol yang dapat memproduksi insulin alami yaitu hormon yang membantu mempertahankan kadar gula darah agar tetap dalam kondisi normal.

4. Dapat menekan rasa lapar

Minum kopi tanpa gula dapat menekan rasa lapar dengan waktu yang cukup panajang yaitu sekitar satu jam, hal ini dapat dijadikan upaya untuk penurunnan berat badan. kopi yang dikonsumsi tanpa gula atau dengan penggunaan gula jagung daapat membuat kadar gula dalam darah tidak cepat meningkat dan akan selalu stabil.

5. Zat Trigonellin (provitamin B3)

Pada secangkir kopi terdapat zat Trigonellin atau bentukan dari provitamin B3 yang mampu menghambat penggumpalan dan penumpukan lemak dan gula dalam tubuh hasil dari sisa limbah makanan  teermasuk minuman bersoda.

6. Dapat terhindar dari serangan gejala awal Diabetes

Kopi yang dikonsumsi tannpa gula cepat menurunkan kadar gula dalam darah  dan mencegah serangan gejala awal diabertes bagi orang orang yang sehat, dan mampu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Kopi tanpa gula memang tetap memngandung tinggi kafein tetapi jika dikonsumsi dengan wajar dapat menjadi minuman yang tidak berbahaya bagi seseorang yang memiliki riwayat keluarga diabetes ( keturunan )

7. Dapat mencegah serangan Resistensi insulin

Kopi yang diminum secara wajar setidaknya 2 kali sehari dapat mencegah resistensi insulin yaitu kondisi dimana terjadi penurunan kemampuan hormon insulin untuk menstabilkan dan mengontrol kadar gula dalam darah.

8. Meningkatkan kualitas sistem metabolisme

Kopi dapat menyeimbangkan atau meningkatkan kualitas metabolisme tubuh sehingga tubuh dapat mengendalikan jumlah gula yang merata dan menetralisir melalui jaringan usus.

9. Dapat menekan peningkatan kadar gula dalam darah

Kopi dapat menyebabkan pankreas bekerja ekstra dalam menekan laju jalan gula dalam tubuh akibat makanan yang kita konsumsi  (mengandung kadar gula buatan berlebih) yang nantinya akan dibuang melalui kandung kemih untuk segera dikeluarkan dalam bentuk urin.

Bahaya

Inilah bahaya kopi dikonsumsi oleh para penderita diabetes jika diminum secara berlebihan, setidaknya minumlah 2 kali sehari dalam takaran gelas kecil :

1. Dapat mempercepat penumpukan gula dalam darah

Mengkonsumsi kopi lebih dari tiga kali dan menggunakan dosis gula tebu yang banyak dapat mempercepat penumpukan gula dalam darah . agar aman dan menyehatkan pankreas dalam mengahasilkan produksi zat Trigonellin maka minumlah kopi 2 kali sehari dengan takaran gelas kecil dengan menggunkan gula jagung!

2. Sistem metabolisme bisa terganggu

Kopi yang diminum berlebihan dengan penamabahn gula selain gula jagung maka metabolisme ajkan mengalami gangguan yaitu berupa melambatnya kinerja atau kemampuan pankreas dalam memproduksi insullin secara normal.

3. Meningkatkan resistensi insullin

Kopi yang diminum melebihi tiga gelas perhari dengan penggunakan gula tebu lebih dari dua sendok sangat berbahaya bagi penderita diabertes yang baru menjalani terapi penurunnan kadar gula dalam darah, karena kopi yang berlebihan justru meningkatkan resistensi insulin dalan tubuh yaitu melemahnya hormon insulin dalam mengontrol kadar gula dalam darah. (baca juga: cara mencegah gula darah naik)

4. Menghambat penyerapan glukosa dalam darah

Seseoraang yang menderita diabertes memiliki dosis gula yang berlebih dalam darahnya yang menyebabkan pankreas tidak lagi mempunyai kemampuan dalam mengontrol hormon insulin dengan baik, jika mengkonsumsi kopi terlalu banyak maka penyerapan glukosa oleh pankreas akan terganngu dan menyebabkan kinerja pankreas semakin memburuk, akibatnya peningkatan gula dalam darah dan penyumbatan aliran darah akibat gula berlebih tidak dapat dihindari.

Cara Menurunkan Kadar Insulin dengan Sehat

Inilah langkah langkah yang bijaksana untuk pencegahan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes, agar tidak cepat meningkat atau agar kadar insulin dalam tubuh tetap terjaga dengan stabil.

1.Konsisten Melakukan Olahraga

Melakukan olahraga tidak harus setiap hari dan selama berjam jam, cukup 2 kali seminggu dengan penggunaa waktu hanya 30 menit saja, Aktifitas olahraga yang teratur dapat mencegah terbentuknya gumpalan lemak dan minyak trans dalam tubuh yang bisa menyumbat pembuluh arteri sekitar jantung penyebab hipertensi yang biasanya memicu munculnya penyakit Diabetes. (baca juga: tips berolahragacara melakukan olahraga yang benarbahaya makan dan minum setelah olahraga –  akibat kurang olahraga)

2. Jangan mengkonsumsi kopi setelah selesai makan

Mengkonsumsi kopi setelah makan sangat berbahaya, karena akan meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Gula yang ada pada makanan yang telah dicerna oleh usus akan bergabung debngan gula yang ada pada kopi yang nantinya akan membuat pankreas kelelahan dalam memproduksi zat Trigonelli (zat yang mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap normal). (baca juga: Penyebab mual setelah minum kopibahaya kafein)

3. Perbanyak mengkonsumsi karbohidrat sehat

Karbohidrat yang sehat seperti gandum, beras merah atau oat baik bagi para penderita diabetes karena tidak memiliki kadar gula yang tinggi dan aman dikonsumsi sehari hari.  kandungan serat alaminya dapat menyehatkan kadar gula dalam darah dan menetralisir bahaya dari zat kafein dalam kopi . (Baca juga: makanan untuk penderita diabetesbahaya jeruk bagi penderita diabetes – makanan 4 sehat 5 sempurnamakanan rendah kolesterol jahat)

4. Disiplin melakukan konsultasi

Membiasakan diri berkonsultasi seputar penyakit diabetes dan rajin memeriksakan kadar gula pada dokter yang terkait adalah memberi peluang anda untuk mencegah serangan diabetes lebih awal. (baca juga: cara mencegah diabetes)

5. Membiasakan diri menggunakan gula jagung

Mengkonsumsi kopi dengaan standar kesehatan yang memadai adalah minum 2 kali sehari dengan takaran gelas kecil yang ditambhakan dengan pemberian gula jagung menurut selera dapat menyehatkan tubuh, jantung bahkan menstabilkan kadar gula dalam darah.

Bagi penderita diabetes minumlah kopi dengan menggunkan solusi terbaik yaitu cukup 2 kali sehari dalam takaran gelas kecil dan gunakanlah gula jagung sebagai langkah aman untuk mempertahankan kualitas kadar gula dalaam darah agar tetap pada kondisi terbaiknya.

Baca juga:

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diabetes