8 Bahaya Kopi Bagi Penderita Maag Akut dan Kronis

7689

Sakit maag adalah penyakit yang disebabkan karena lambung mengalami peradangan atau tukak lambung mengalami luka. Penyakit ini sangat sering terjadi pada semua usia, bahkan anak-anak. Sakit maag akan membuat penderita sulit menerima makanan. Lambung akan terasa sakit saat diisi makanan dan akan lebih sakit jika tidak makan. Rasa nyeri seperti tertusuk-tusuk sering menyebabkan perut menjadi sangat perih. Kemudian penyakit akan berkembang dengan keluhan lain seperti mual, demam, sakit kepala dan tubuh yang sangat lemah. Ketika gejala awal tidak diperhatikan, maka biasanya penderita maag akan merasakan ciri ciri maag kronis dan akut. (baca juga: gejala maag kronis – diagnosa – pengobatan – pencegahan)

Kopi menjadi minuman yang disukai oleh semua orang. Tapi, apakah kopi aman untuk penderita maag? Kopi bisa menjadi minuman yang berbahaya untuk penderita maag. Berikut ini adalah beberapa bahaya kopi untuk penderita maag.

  1. Meningkatkan Produksi Asam Lambung

Kopi mengandung kafein yang bersifat mengiritasi dinding lambung dan meningkatlan produksi asam lambung. Minum kopi terlalu banyak bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri pada tukak lambung. Kopi menjadi salah satu penyebab asam lambung naik dan sulit untuk diredam. Selain kopi juga ada berbagai jenis makanan penyebab asam lambung naik. Jika gejala asam lambung sudah terasa naik maka segera lakukan cara mengobati asam lambung naik.

Simak informasi lain tentang penyakit asam lambung

  1. Menyebabkan Rasa Terbakar dan Tenggorokan Panas 

Bagi seseorang yang sangat sensitif terhadap kafein dan zat asam pada kopi lebih baik tinggalkan kopi. Lebih baik jika tidak minum kopi dan mengkonsumsi minuman lain yang lebih sehat seperti susu kambing atau susu kacang kedelai. Zat asam yang terdapat dalam kopi cepat sekali mendorong asam lambung menjadi lebih banyak dan dapat mencapai rongga tenggorokan. Akibatnya dapat memberi rasa panas dan efek terbakar pada tenggorokan yang pada sebagian orang menjadi radang tenggorokan. Jika radang tenggorokan belum terlalu parah maka bisa melakukan cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan cepat. Langkah perawatan ini bisa menghindari tubuh Anda terkena bahaya radang tenggorokan kronis.

Simak informasi lain tentang radang tenggorokan

  1. Dapat Menghilangkan Khasiat Obat

Seseorang yang sedang dalam program pemulihan penyakit akan mematuhi dokter untuk memgkonsumsi obat sesuai resep. Kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan khasiat obat hilang. Kafein akan melarutkan obat dalam ginjal dalam waktu yang cepat kemudian dikeluarkan menjadi urin. Untuk penderita maag yang sedang menjalani perawatan, maka khasiat obat tidak akan didapatkan oleh tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. Efek bahaya kafein bagi tubuh memang sangat banyak dan bisa memperparah kondisi penyakit. Untuk penderita maag sebaiknya memang mendapatkan obat dari resep dokter. Ada berbagai bahaya penggunaan obat tanpa resep dokter bagi tubuh yang mengancam kesehatan.

  1. Peradangan dan Luka Dinding Usus

Kopi pahit tanpa gula sangat tidak diasarankan bagi seseorang yang menderita maag. Kopi tanpa gula atau campuran susu maka dosis kafein serta zat lainya dalam kondisi penuh. Hal ini dapat merusak dinding lambung dan memicu peradangan yang menyebabakan rasa nyeri yang berkepanjangan. Rasa perih tidak hanya disebabkan oleh lambung namun juga bagian usus. Hal ini bisa memicu diare setelah minum kopi. Jika hal ini terjadi maka segera mengkonsumsi makanan untuk penderita diare. (baca juga: sariawan usus – gejala, penyebab dan perawatan – cara menjaga kesehatan lambung dan usus paling efektif)

  1. Maag Kambuh dan Lebih Parah 

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan lebih dari 3 gelas setiap hari dapat memicu munculnya sakit  maag dengan kondisi yang lebih parah. Kafein telah menyebabkan efek yang berbahaya untuk lambung. Selain itu kafein juga bisa meningkatkan jumlah bakteri H.pylori penyebab sakit lambung. Untuk mencegah bahaya ini sebaiknya hentikan kebiasaan minum kopi dan gantikan dengan makanan untuk penderita maag kronis yang sehat. Kebiasaan gaya hidup sehat untuk awet muda & bebas dari penyakit bisa menjauhkan dari resiko maag yang kambuh. (baca juga: daftar contoh menu makanan sehat sehari hari – makanan 4 sehat 5 sempurna : contoh dan manfaatnya)

  1. Mengganggu Jaringan Kandung Kemih yang Dapat Mempengaruhi Lambung

Kafein yang berlebihan dalam kandung kemih dapat menyebabkan buang air kecil tersendat sendat dan tidak lancar (anyang anyangan). Kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan kencang sekitar otot perut bagian bawah ketika buang air kecil. Jika terasa sakit saat maag kambuh, maka lambung akan terasa lebih sakit. Penyebab sakit pada saat buang air kecil bisa menjadi salah satu tanda infeksi saluran kencing.

Baca juga: obat anyang anyangan alami dan di apotik – penyebab anyang anyangan pada wanita dan pria – penyebab sering buang air kecil dan diagnosisnya – sering buang air kecil – penyebab, deteksi dan pencegahannya.

  1. Dapat Memperparah Maag pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil yang memiliki penyakit maag dilarang minum kopi. Ibu hamil mengalami perubahan hormon tubuh dapat mengendalikan asam lambung menjadi mudah meningkat walau tidak sedang mengkonsumsi kopi. Ibu hamil juga sering mengalami mual dan muntah akibat perubahan hormon. Jika ibu hamil banyak minum kopi maka resiko penyakit maag akan meningkat. Selain kopi maka semua jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi sangat dilarang untuk ibu hamil. Bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan yang terjadi pada ibu hamil memiliki resiko yang sangat tinggi.

  1. Gangguan Kesehatan untuk Anak 

Banyak anak-anak yang juga menderita penyakit maag seperti orang dewasa. Lambung anak-anak masih sangat sensitif  dan peka dengan kafein yang memiliki sifat asam . Kadar asam lambung anak-anak usia dibawah 10 tahun umumnya masih sangat stabil. Namun jika sering diberi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, maka lambung bisa terkena infeksi. Resiko kesehatan usus dan lambung anak-anak akan rentan terkena penyakit seperti penyakit tifus. (baca juga: penyebab tifus dan gejalanya – cara mencegah tipes paling efektif)

Kopi Arabika untuk Penderita Maag

  1. Jika penderita maag ingin minum kopi sebaiknya memilih jenis kopi arabika. Karena kopi tersebut tidak mengandung kadar kafein sangat rendah. Kopi arabika aman untuk penderita maag namun tetap harus mempertimbangkan cara mengkonsumsinya dengan tetap wajar dan tidak melebihi 3 gelas sehari.
  2. Kopi arabika berkafein rendah karena ketika menjalani proses sangrai dibutuhkan waktu yang lama sehingga warnanya semakin gelap. Pada kopi  jenis lain misalnya Robusta justru disangrai dengan durasi waktu yang singkat atau sebentar sehingga kadar kafeinnya sangat tinggi.
  3. Walaupun kopi jenis arabika kafeinnya rendah tetap saja kafein adalah sesuatu yang tidak menyehatkan. Jika dikonsumsi berlebihan maka bisa meningkatkan resiko kesehatan.
  4. Kopi arabika semakin berkualitas baik jika ditambahkan susu rendah kalori atau penambahan gula jagung, karena rasanya akan semakin lezat dan gurih tanpa khawatir takut sakit maag kambuh.

Informasi lain tentang dampak kopi untuk kesehatan

Gejala Awal Penyakit Maag 

  1. Lambung terasa penuh (baca juga: gejala asam lambung – naik – tinggi – akut kambuh)
  2. Perut kembung dan terasa tidak nyaman (baca juga: penyebab perut kembung terus menerus – cara mengatasi perut kembung paling efektif)
  3. Perut teras keras dan kencang
  4. Lambung terasa nyeri dan melilit
  5. Mual dan terkadang muntah (baca juga: penyebab sering mual setelah makan)
  6. Tidak nafsu makan (baca juga: cara meningkatkan nafsu makan secara alami)
  7. Tubuh terasa lemas (baca juga: penyebab sering mengantuk dan lemas)
  8. Keringat dingin tapi tidak menggigil (baca juga: keringat dingin – gejala – penyebab – penyakit)
  9. Mudah pusing (baca juga: kepala sering pusing – gejala, penyebab dan pengobatannya)
  10. Perut terasa sakit ketika mendapat penekanan atau sentuhan oleh jari tangan

Baca juga: gejala penyakit maag – ringan – sedang – kronis

Tips Menurunkan Efek Kafein pada Kopi 

Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi tapi juga menderita sakit maag, maka minum air putih setelah minum kopi. Air putih bisa bekerja untuk memblokir kafein yang telah masuk pada aliran darah. Cara ini juga bisa mengatasi detak jantung yang cepat dan efek perih pada lambung. Air putih juga mampu menetralisir zat kafein agat tidak terlalu berbahaya pada organ tubuh lain. Minum air putih setelah minum kopi juga bisa mengurangi efek kekurangan air putih bagi tubuh. Tapi usahakan jangan terlalu banyak minum air putih agar terhindar dari akibat kelebihan air putih dalam tubuh.

Baca juga: bahaya akibat kurang minum air putih – terapi air putih – cara kerja dan manfaat – cara diet air putih yang benar untuk mencapai berat badan ideal – bahaya akibat terlalu banyak minum air putih

Penyebab Munculnya Sakit Maag

  1. Karena pola makan yang tidak disiplin. Banyak orang yang tidak bisa menghargai waktu sehingga tanpa sadar lambung yang menjadi korban. Misalnya maag terjadi karena terlambat makan hanya karen kesibukan kerja, terlalu banyak tidur atau makan tidak pernah tepat waktu dan karena makan yang berlebihan. (baca juga: bahaya akibat tidak makan seharian – bahaya akibat kebanyakan tidur bagi kesehatan)
  2. Karena makanan tertentu. Penyakit maag bisa juga disebabkan mengkonsumsi makanan yang bercita rasa terlalu asam, terlalu pedas, makanan yang bersantan, dan lain lain. (baca juga: bahaya makanan pedas – kesehatan dan ibu hamil – bahaya cuka makan bagi kesehatan tubuh – ibu hamil dan janin)
  3. Karena adanya bakteri penyebab maag. Mikroorganisme yang ada dalam lambung biasanya terjadi karena sisa limbah makanan masih tertinggal di dinding lambung. Bakteri tersebut merupakan radikal bebas yang dapat menyebabkan luka yang memicu munculnya penyakit maag. Bakteri bisa masuk dari kebiasaan tidak mencuci tangan saat makan, makanan dan minuman mentah. (baca juga: bahaya minum air mentah terus-menerus bagi kesehatan – bahaya telur mentah bagi kesehatan – bahaya akibat tidak mencuci tangan sebelum makan)
  4. Karena obat obatan tertentu. Seseorang yang mengkonsumsi obat obatan pereda rasa sakit dalam jangka panjang dan terlalu berlebihan biasanya akan cepat terserang penyakit lambung , karena zat kimia yang ada pada obat obatan tersebut bersifat melukai dan menginfeksi dinding lambung. (baca juga: efek samping minum obat jangka panjang – efek samping antibiotik, obat berbahaya jangka panjang – efek samping obat maag berlebihan)
  5. Karena minuman beralkohol. Seseorang yang hobi atu suka mengkonsumsi minuman beralkohol maka tukak lambungnya akan menderita luka dan memicu penyakit maag. Alkohol bersifat panas dan mampu membuat sedikit demi sedikit luka yang berlubang pada seputar dinding lambung yang nantinya dapat memicu rasa nyri dan mual ketika asam lambung mulai naik. (baca juga: efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial – bahaya minuman keras bagi kesehatan – pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia)
  6. Karena stres dan depresi. Seseorang yang mengalami stres berat atau depresi yang berkepanjangan , jika tidak segera diatasi maka akan terserang penyakit maag. Pada dasarnya orang yang mempunyai strs maka akan memiliki pola makan yang tidak teratur, asal makan tanpa memperdulikan asupan gizi seimbang dan cenderung terlambat makan. Hal inilah yang mengakibatkan lambung mengalami luka. (baca juga: cara menghilangkan stres berat dengan cepat – penyebab stress berkepanjangan – cara mengatasi stress super ampuh)

Jadi bagi penderita maag memang sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak. Berlebihan minum kopi bisa meningkatkan resiko kesehatan untuk organ tubuh lainnya. Lebih baik jika menjalani gaya hidup sehat agar tidak terkena dampak bahaya kopi bagi kesehatan.