7 Bahaya Penggunaan Obat Tanpa Resep Dokter bagi Tubuh

3744

Seiring dengan berjalannya waktu kemudahan dalam segala hal semakin tersedia termasuk juga kemudahan dalam mendapatkan obat karena saat ini sudah banyak toko obat atau apotek yang banyak menjual berbagai jenis obat yang anda butuhkan. Tentunya ini semakin memudahkan masyarakat saat ini karena anda tidak perlu harus selalu ke dokter untuk mendapatkan resep dokter apalagi biasanya untuk konsultasi pada dokter membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, memilih untuk membeli obat sendiri tanpa adanya resep dokter pun menjadi pilihan yang semakin menarik banyak orang.

Apalagi jika anda membeli obat tanpa resep dokter anda cukup dengan memberikan keluhan yang dirasakan pada apoteker dan mereka akan memberikan obat sesuai dengan keluhan yang anda rasakan. Memang obat yang diberikan tanpa resep dokter bisa jadi membuat anda sembuh dan anda baik-baik saja dengan keadaan ini. namun tahukah anda bahwa ternyata mengkonsumsi obat tanpa resep dokter juga memiliki bahaya bagi kesehatan. Apalagi jika obat yang diminum adalah termasuk dalam jenis obat keras yang sangat beresiko membahayakan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa bahaya penggunaan obat tanpa resep dokter :

  1. Gangguan Fungsi Hati

Ada beberapa jenis obat yang jika dikonsumsi sembarangan tanpa ada dosis yang tepat akan menimbulkan resiko gangguan pada organ hati bahkan mampu membuat kerusakan pada hati. Jenis obat ini salah satunya adalah parasetamol, ya obat yang sangat kondang mengobati panas dan gejala demam ini memiliki kandungan zat yang mampu memicu kerusakan fungsi hati. Selain itu, obat lainnya seperti acetaminophen juga sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan pada fungsi hati. Sehingga sebaiknya untuk mendapatkan resep yang akurat dari para ahlinya.

  1. Gangguan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang paling sensitive dan paling banyak terkena dampak dari konsumsi obat tanpa adanya resep dari dokter. Ginjal akan mengalami gangguan fungsinya jika terlalu sering terkena zat buang obat yang keras karena nantinya jantung tidak mampu menyaring lebih baik sehingga menjadi rusak.

Padahal ginjal merupakan organ yang sangat penting sebagai penyaring alami di dalam tubuh. jika memang anda harus membeli obat tanpa resep dokter sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah di dalamnya terkandung zat nimesulide, zat tersebut mampu membuat pendarahan pada ginjal yang berbahaya.

  1. Anafilaktik

Anafilatik merupakan keadaan dimana tubuh mengalami shock akibat mengkonsumsi jenis obat tertentu atau bisa juga disebut sebagai keadaan alergi pada jenis obat tertentu. Jenis reaksi yang akan dimilki oleh orang akan berbeda-beda tiap orangnya tergantung pada kondisi kesehatannya itu sendiri. Gejala yang umum dialami oleh para penderitanya adalah jantung yang makin berdebar-dbear, lemas, tekanan darah naik secara mendadak, pingsan bahkan bisa mengakibatkan hal fatal yaitu kematian jika kondisi seseorang sudah sangat berbahaya.

  1. Penyakit Menjadi Semakin Parah

Fungsi utama obat adalah untuk menyembuhkan kondisi tubuh yang sedang tidak fit dan sakit namun jika mengkonsumsi obat tanpa resep dokter bisa jadi justru penyakit bukannya sembuh malah akan menjadi smeakin parah. Contoh yang cukup sederhana adalah mereka para penderita penyakit diabetes yang sedang mengalami nyeri dimana obat nyeri biasanya mengandung steroid padahal zat steroid ini mampu meningkatkan kadar gula dalam darah jadi penyakitnya malah semakin parah bukan? Inilah keuntungan dengan menggunakan resep obat dari dokter yaitu dokter dapat memberikan resep obat dengan melihat kondisi anda atau penyakit yang sedang anda alami saat ini sehingga resep yang diberikan pun akan aman bagi kondisi kesehatan anda secara keseluruhan.

  1. Kebal Obat

Bahaya lainnya yang akan di dapatkan dari mengkonsumsi obat tanpa adanya resep dari dokter adalah tubuh bisa menjadi kebal obat. Hal ini karena ada beberapa jenis obat yang mengalami mutasi sehingga membuat sel tubuh anda menjadi resisten pada beberapa jenis obat tertentu.

Biasanya ini akan terjadi pada orang yang mengkonsumsi antibiotic secara sembarangan dan dalam dosis yang tidak tepat. jika anda ingin mengkonsumsi antibiotic pastikan anda tahu jenis bakteri apa yang ada di dalam diri anda supaya pemberian antibiotic benar-benar optimal bagi tubuh anda.

  1. Dosis yang Tidak Tepat

Nah ini merupakan bahaya dari obat tanpa adanya resep dari dokter yaitu bisa menimbulkan beberapa gejala penyakit lainnya atau bahkan overdosis obat karena memang tidak tahu berapa dosis yang tepat untuk kesehatannya. Mungkin anda memang sudah membeli jenis obat yang tepat namun pemberian dosis yang salah akan membuat kondisi anda menjadi tidak baik.

  1. Kecanduan

Resiko kecanduan pada jenis obat tertentu juga bisa terjadi pada orang yang sering mengkonsumsi obat tanpa adanya resep dari dokter.

Itulah bahaya yang akan anda dapatkan dari mengkonsumsi obat tanpa adanya resep dari dokter. Oleh karena itu sebaiknya anda lebih bijak lagi jika akan mengkonsumsi obat dari toko obat karena bisa jadi itu malah berbahaya bagi anda.

Bahaya penggunaan jenis obat lainnya yaitu :