18 Obat Anyang Anyangan Alami dan di Apotik

21856

Pernahkah anda merasakan anyang-anyangan?, atau anda pernah mengalaminya tapi tidak tahu jika kondisi tersebut adalah anyang-anyangan. Tahukah anda apakah itu anyang-anyangan? Anyang-anyangan merupakan gangguan kesehatan dimana selalu ingin buang air kecil namun volume urin yang dikeluarkan sedikit. Tidak hanya itu saja anyang-anyangan akan membuat orang yang mengalami anyang-anyangan akan merasakan nyeri ketika digunakan untuk berkemih.

Anyang-anyangan merupakan penyakit yang dikait-kaitkan dengan infeksi saluran kencing atau kemih, kebanyakan penyakit ini diderita oleh wanita dikarenakan wanita banyak yang salah ketika membilas kemaluan setelah BAK ( Buang Air Kecil ). Membilas kemaluan dari belakang ke depan memunculkan potensi bakteri dan kuman masuk ke dalam vagina. Bakteri dan kuman itu berasal dari usus besar atau anus masuk ke dalam saluran kencing wanita.

Obat Medis di Apotik

Obat medis anyang-anyangan dikait-kaitkan dengan obat infeksi saluran kemih atau saluran kencing. Obat itu berfungsi untuk meredakan berbagai macam gejala anyang-anyangan dan mengurangi ketidaknyamanan terutama nyeri ketika untuk kencing. Infeksi itu harus segera diatasi sebab ada berbagai macam bahaya infeksi saluran kencing  yang bisa membahayakan kesehatan. Berikut ini adalah obat medis yang bisa digunakan untuk meringankan gejala infeksi saluran kencing atau kemih yang bisa menyebabkan tubuh anyang-anyangan :

  1. Antibiotik

Obat pertama yang harus anda konsumsi adalah antibiotik. Antibiotik ini berguna untuk membunuh kuman dan virus penyebab penyakit anyang-anyangan tersebut. Banyak sekali jenis-jenis antibiotik dan manfaatnya untuk kesehatan. Selama ini orang mengira antibiotik hanya ada satu macam saja padahal antibiotik ada bermacam-macam. Pengkonsumsian antibiotik ini harus sesuai resep dokter dan dengan dosis yang tepat. Anda harus mengkonsumsi obat antibiotik ini sampai habis sebab jika tidak sampai habis kuman dan bakteri penyebab anyang-anyangan akan membuat kebal sehingga tidak bisa diatasi menggunakan antibiotik kembali. Anda juga harus memperhatikan efek samping antibiotik  jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Baca juga : Bahaya antibiotik

  1. Acetaminophen

Pernahkah anda mendengar obat ini?, memang obat ini lebih dikenal sebagai paracetamol dibandingkan dengn nama acetaminophen. Parasetamol merupakan obat yang banyak diresepkan dokter untuk mengatasi berbagai macam masalah yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri. Memang ketika anda mendengar parasetamol anda langsung berpikiran obat demam, padahal parasetamol tidak hanya bisa mengatasi demam saja namun bisa mengatasi berbagai macam penyakit misalnya saja digunakan sebagai obat sariawan, digunakan sebagai obat cacar air dan masih banyak lagi lainnya. Parasetamol adalah obat yang tergolong dalam obat analgesik dimana berfungsi sebagai pereda nyeri ringan. Nyeri ini biasa terjadi saat seseorang terkena sariawan, sakit kepala dan juga nyeri diakibatkan oleh penyakit lainnya. Saat seseorang terkena anyang-anyangan dia akan merasakan nyeri di saluran kemih atau di saluran kencingnya sehingga nyeri itu bisa diatasi menggunakan parasetamol.

  1. Ibuprofen

Obat medis lainnya yang bisa digunakan sebagai obat anyang anyangan adalah ibuprofen. Ibuprofen ini juga ada hubungannya dengan penyakit demam sebab memang fungsinya sebagai pereda nyeri dan juga pereda demam. Obat ini sering dikait-kaitkan dengan parasetamol, namun tahukah anda perbedaan dari parasetamol dan juga ibuprofen?, parasetamol tidak memiliki fungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan berbeda dengan ibuprofen yang juga bersifat sebagai anti peradangan. Ibuprofen ini bisa diresepkan untuk penderita anyang-anyangan yang disertai dengan peradangan sehingga rasa sakit yang dhasilkan dari penyakit anyang-anyangan itu lebih sakit dibandingkan dengan anyang-anyangan tanpa peradangan. Untuk efek sampingnya sendiri parasetamol memiliki efek samping yang lebih ringan dibandingkan dengan ibuprofen. Parasetamol lebih aman dikonsumsi bagi wanita hamil, anak-anak dan juga ibu menyusui. Ibuprofen memiliki efek samping yang lebih berat dibandingkan dengan parasetamol dimana ibuprofen bisa menyebabkan lambung menjadi teriritasi.

  1. Azo Standard

Obat tanpa resep dokter yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri saat anyang-anyangan adalah azo standard. Azo standard ini memiliki efek samping mengubah urin menjadi oranye kekuningan sehingga jika anda mendapati urin anda berubah warna jangan takut dan khawatir sebab itu adalah efek samping dari pemakaian obat ini. Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika akan mengkonsumsi obat iniu :

  • Konsultasi kepada dokter apakah anda boleh mengkonsumsi obat ini, bagi anda yang merasakan anyang-anyangan dan belum melakukan tes urin sebaiknya berkonsultasi dulu apakah sebelum melakukan tes urin anda bisa meminum obat ini sebab warna urin menjadi berubah sehingga dokter mungkin saja salah membaca hasil dari tes urin yang anda lakukan. Anda juga bisa menanyakan ke dokter efek samping apa saja yang akan dirasakan oleh orang yang mengkonsumsi azo.
  • Azo tidak hanya bersifat oral saja namun azo menyediakan strip untuk melakuk an pengetesan apakah anda mengalami Infeksi Saluran Kemih atau tidak.Strip ini bisa dibeli tanpa harus menggunakan resep dari dokter. Anda bisa berkemih di atas strip itu dan anda bisa membaca hasilnya. Memang tes sendiri di rumah tidak akan sempurna, untuk menyempurnakannya anda harus melakukan tes di rumah sakit atau di lab. Meskipun hasil tes menunjukkan tanda negatif ada baiknya anda melakukan tes ulang di rumah sakit.

Obat Alami

Alam telah menyediakan berbagai macam tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan manusia. Karena bisa didapatkan di alam tentu saja harganya murah meriah dan bisa saja anda tidak perlu mengeluarkan uang atau biaya untuk membuatnya. Sayang kita tidak sadar bahwa tumbuhan yang ada di sekitar kita bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi anyang-anyangan. Berikut ini adalah obat anyang anyangan alami yang bisa anda buat di rumah :

  1. Jus Cranberry

Cranberry merupakan buah dalam family berry. Buah ini memiliki kandungan vitamin C tinggi dimana kandungan vitamin C dan zat-zat lainnya yang ada di buah itu bisa digunakan sebagai obat untuk anyang-anyangan. Anda bisa mengkonsmsi jus itu dengan sedikit gula atau madu agar rasa asam pada jus cranberry itu sedikit berkurang. Jika rasanya terlalu asam jus itu tidak baik untuk penderita asam lambung  dan juga maag sebab bisa menyebabkan refluks asam dan menyebabkan asam lambung menjadi tinggi. Berikut ini adalah keunggulan dari jus cranberry :

  • Jus cranberry memang tidak bisa menyembuhkan infeksi namun bisa mencegah infeksi kambuh. Mengkonsumsi 50 mililiter jus cranberry sampai dengan 150 mililiter jus cranberry bisa menghilangkan gejala anyang-anyangan. Jus cranberry yang harus anda buat adalah cranberry murni tanpa tambahan buah-buah yang lainnya.
  • Jus cranberry tidak bisa meringankan gejala infeksi saluran kencing yang dialami oleh pria sehingga pria tidak boleh mengkonsumsi jus ini. Bagi pria yang ingin menghilangkan infeksi saluran kencing atau saluran kemih bisa menggunakan pil konsentrat cranberry.
  1. Air Putih

Khasiat air putih untuk kesehatan banyak sekali sehingga jika kekurangan air putih ada banyak bahaya akibat kurang minum air putih salah satunya adalah membuat tubuh menjadi dehidrasi. Dehidrasi ini tidak boleh disepelekan sebab akan membuat organ tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal. Bahaya dehidrasi tidak boleh disepelekan sebab akan membuat darah menjadi kental, ibu hamil yang mengalami pengentalan darah bisa menyebabkan asupan darah ke janin menjadi terganggu sebab darah yang kental tidak bisa mengalir di pembuluh darah. Janin bisa meninggal di dalam kandungan karena kekurangan oksigen dan kekurangan asupan darah di dalam tubuhnya.

Cairan yang dimaksud disini adalah air putih tanpa gula, tanpa kafein dan juga air lemon yang hangat dan juga panas. Kafein tidak bisa dikonsumsi saat anda terkena anyang-anyangan sebab akan memperparah rasa nyeri anyang-anyangan. Kafein juga akan membuat tubuh menjadi dehidrasi padahal dehirasi sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh dan juga untuk kecantikan. Kekurangan air putih akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Meskipun infeksi anda sudah sembuh sebaiknya anda tetap mengkonsumsi cukup cairan agar anda tetap sehat dan bisa merasakan khasiat dari cairan yang anda konsumsi tersebut.

  1. Baking Soda

Selama ini baking soda tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan kue saja namun juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Anda bisa mudah menemukan baking soda ini, anda bisa mendapatkannya di toko kue ataupun di supermarket biasa. Anda harus bisa membedakan antara baking soda dan juga baking powder. Baking soda selama ini banyak digunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah dan  tentunya bisa digunakan untuk mengobati anyang-anyangan.

Baking soda mampu menetralkan kandungan asam yang ada di dalam urin anda sehingga rasa nyeri ketika berkemih bisa menjadi berkurang. Sayangnya anda tidak boleh berlebihan jika menggunakan baking soda ini sebab yang namanya berlebihan tidak bagus. Baking soda yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan mampu membuat keseimbangan flora yang ada di dalam usus manusia terganggu. Cara mengobati anyang-anyang menggunakan baking soda adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan setengah sendok teh baking soda.
  • Siapkan setengah cangkir air hangat.
  • Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda dengan setengah cangkir air kemudian diaduk agar tercampur secara merata.
  • Minumlah air baking soda itu sebanyak satu kali dalam sehari..
  1. Bantal Pemanas

Obat tidak semuanya bersifat oral namun obat ada yang diaplikasikan ke tubuh secara langsung. Obat yang bisa mengurangi gejala anyang-anyangan dan bisa diaplikasikan ke tubuh secara langsung adalah bantal pemanas. Bantal pemanas ini bisa digunakan untuk meredakan nyeri di kandung kemih anda. Cara membuatnya pun sangat mudah anda tinggal mengisi bantal pemanas menggunakan air panas kemudian letakkan di atas kandung kemih anda. Jika anda tidak memiliki bantal pemanas anda bisa menggunakan botol yang anda isi menggunakan air panas kemudian seka bagian atas kandung kemih anda menggunakan botol panas itu. Botol pemanas diyakini bisa meringankan nyeri dan juga meringankan gejala infeksi kandung kemih.

  1. Jeruk Nipis

Bagi anda yang ingin mengobati anyang-anyang anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi nyeri akibat anyang-anyang. Selama ini jeruk nipis dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Misalnya saja adalah digunakan sebagai obat batuk. Yang harus diperhatikan disini adalah jeruk nipis berbahaya bagi penderita maag sehingga jika anda memiliki penyakit maag dan ingin mengobati anyang-anyang anda harus tahu apa saja yang menjadi bahaya jeruk nipis bagi penderita maag dan juga bagi kesehatan.

Cara mengatasi anyang-anyang menggunakan jeruk nipis adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil satu bua jeruk nipis segar, belah menjadi dua bagian.
  • Siapkan setengah sendok teh gula pasir.
  • Siapkan secangkir air putih hangat.
  • Peras jeruk nipis itu dan tampung pada wadah.
  • Campurkan semua bahan-bahan yang telah disiapkan. Kemudian aduk secara merata agar semua bahan tersebut tercampur dengan sempurna.
  • Minumlah air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari pagi dan sore hari agar anyang-anyangan anda segera berkurang.
  1. Daun Kumis Kucing

Pernahkah anda melihat tanaman kumis kucing?, tanaman tersebut bisa digunakan sebagai obat untuk anyang-anyangan. Banyak yang tidak tahu jika tanaman kumis kucing bisa digunakan sebagai obat anyang anyangan. Berikut ini adalah cara mengobati anyang-anyangan menggunakan daun kumis kucing :

  • Keringkan daun kumis kucing.
  • Siapkan satu gelas air panas.
  • Siakan gula jawa secukupnya.
  • Cara membuatnya adalah rebuslah daun kumis kucing kering kemudian seduhlah dalam gelas yang berisi air panas. Setelah itu tambahkanlah gula jawa secukupnya. Setelah itu aduklah agar semua bahan tercampur dengan sempurna.
  • Minum ramuan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Rutin mengkonsumsi ramuan tersebut bisa digunakan untuk mengatasi anyang-anyangan yang efektif.
  1. Ikatan Jempol Kaki

Ada salah satu obat anyang-anyangan yang dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi nyeri akibat anyang-anyangan. Cara ini sudah lama diyakini oleh masyarakat pada jaman dahulu untuk bisa mengobati anyang-anyangan yang anda miliki. Cara mengobati anyang-anyang menggunakan cara ini pun sangat mudah yaitu dengan mengikat bagian jempol kaki anda dengan kencang. Diamkanlah sebanyak 30 menit lamanya. Setelah mengikat jempol kaki itu anda bisa menghilangkan frekuensi untuk berkemih. Rasa nyeri akibat terkena infeksi pun bisa dikurangi setelah mengikat jempol kaki tersebut.

  1. Buah Sirsak

Kita patut menyebut pohon sirsak adalah pohon yang multi manfaat dimana tidak hanya daun sirsak yang bisa digunakan sebagai obat kanker, tumor dan obat sakit pinggang. Namun buah sirsak yang setengah matang pun bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi anyang-anyangan. Cara mengatasi anyang-anyangan menggunakan daun sirsak ini pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil buah sirsak setengah matang, kemudian kupas.
  • Siapkan gula pasir secukupnya dan air secukupnya.
  • Setelah buah sirsak dikupas kemudian rebus menggunakan air dan juga ditambahkan gula pasir.
  • Setelah air rebusan mendidih, sisakan menjadi setengah air rebusan saja. Jika sudah begitu saring dan minum air rebusan itu saat masih hangat.
  • Meminumnya bisa sebanyak dua kali dalam sehari. Kandungan vitamin C dan berbagai zat lainnya pada buah sirsak dipercaya bisa menyembuhkan penyakit anyang-anyangan yang anda derita.
  1. Balsam

Tahukah anda bahwa balsam memiliki banyak sekali manfaat, manfaat balsam yang selama ini diketahui adalah sebagai obat gatal-gatal dan juga digunakan sebagai cara mengobati masuk angin. Untuk mengatasi anyang-anyangan menggunakan balsam sangat mudah sekali. Yaitu anda tinggal mengoleskan balsam itu di dalam pusar anda atau di sekitar pusar anda. Rasa hangat dan panas pada balsam itu dipercaya bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi anyang-anyangan.

  1. Jahe

Jahe merupakan tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengatasi anyang-anyangan, tidak hanya anyang-anyangan saja yang bisa diatasi menggunakan jahe namun jahe bisa digunakan sebagai obat untuk masuk angin. Jahe memiliki kandungan gingerol dimana kandungan itu bisa digunakan sebagai bahan anti bakteri. Sedangkan kita sendiri tahu bahwa anyang-anyangan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Dengan mengkonsumsi jahe itu diharapkan infeksi segera mereda dan gejala anyang-anyangan pun menjadi hilang. Jahe itu sendiri juga akan mencegah penyebaran bakteri yang ada di saluran kemih menuju ke ginjal. Jika sudah sampai di ginjal maka pengobatan akan lebih kompleks. Penderita anyang-anyangan yang infeksi bakterinya sudah sampai ke ginjal akan terkena penyakit ginjal dan gangguan ginjal sehingga untuk mencegah itu terjadi anda bisa meminum ramuan dari bahan dasar jahe ini.

Cara mengobati infeksi anyang-anyangan dengan menggunakan jahe pun mudah sekali, anda bisa membuat jahe itu menjadi air jahe sehingga selain menyegarkan badan, anda bisa mengatasi anyang-anyangan menggunakan air jahe itu. Cara membuat air jahe untuk mengobati anyang-anyangan adalah  berikut ini:

  • Ambil dua rimpang jahe berukuran sedang kemudian bakar agar aroma jahenya keluar.
  • Geprek jahe tersebut secara kasar kemudian rebuslah menggunakan empat gelas air. Biarkanlah sampai mendidih.
  • Ketika sudah mendidih anda bisa menyisakan setengah dari air rebusan kemudian minum saat masih hangat. Anda bisa mencampurkan air jahe itu bersama dengan madu agar rasa lebih segar dan manis.
  1. Probiotik

Makanan ataupun minuman yang memiliki probiotik atau bakteri baik didalamnya dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi infeksi di saluran kencing atau yang sering disebut dengan anyang-anyangan. Anyang-anyangan disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga diharapkan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki bakteri baik, bakteri baik itu mampu melawan dan menghilangkan bakteri jahat penyebab infeksi. Bakteri baik itu juga bermanfaat untuk membuat lingkungan di saluran kencing memiliki ph yang seimbang sehingga tidak cocok untuk tempat tinggal bakteri jahat tersebut.

Tidak hanya berguna untuk melawan bakteri jahat saja, namun bakteri baik pada makanan probiotik dipercaya bisa menyehatkan saluran pencernaan yang ada di dalam tubuh anda.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka memiliki dua jenis yaitu cuka putih biasa dan juga cuka sari apel. Cuka yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit anyang-anyang adalah cuka sari apel. Selain bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil, cuka sari apel ini bisa digunakan sebagai obat anyang-anyangan.  Cara mengobati anyang-anyangan menggunakan cuka sari apel adalah berikut ini :

  • Siapkan 2 sendok makan madu.
  • Siapkan satu sendok makan cuka sari apel.
  • Campurkan kedua bahan tersebut sampai benar-benar merata kemudian minum ramuan tersebut.
  • Anda bisa meminum ramuan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Orang yang terkena anyang-anyangan harus mengkonsumsi minuman tersebut setiap hari. Zat yang ada pada cuka sari apel bisa menyeimbangkan kadar keasaman di dalam saluran kemih sehingga bakteri yang menyebabkan anyang-anyangan tidak betah untuk berada di dalam saluran kencing itu. Jika bakteri tidak betah tinggal di sana maka bakteri itu akan menghilang dari saluran kencing atau kemih manusia.
  1. Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya. Khasiat lidah buaya untuk kulit dan untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Lidah buaya merupakan obat herbal yang dipercaya bisa untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan juga masalah kecantikan. Untuk kecantikan lidah buaya dikenal bisa digunakan sebagai penyubur rambut dan pencegah kerontokan. Untuk kesehatan lidah buaya banyak digunakan untuk pertolongan pertama pada luka bakar sebab bersifat dingin. Cara mengobati anyang-anyangan menggunakan lidah buaya ini sangat mudah sekali yaitu dengan membuatnya jus. Berikut ini adalah cara membuat jus lidah buaya yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit anyang-anyangan:

  • Ambil satu buah lidah buaya berukuran sedang.
  • Belah lidah buaya menjadi dua bagian kemudian cuci bersih.
  • Ambil bagian gel lidah buaya yang berwarna putih.
  • Jus bagian gel lidah buaya itu sampai benar-benar halus.
  • Anda bisa mengkonsumsi gel lidah buaya itu sebanyak dua kali dalam sehari. Untuk menambah rasa pada jus lidah buaya itu anda bisa menambahkan madu pada jus tersebut.
  1. Kunyit

Siapa yang tidak kenal dengan kunyit, kunyit selama ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. kunyit dipercaya bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit maag secara alami dan tradisional. Begitupula dengan penyakit anyang-anyangan ini bisa diobati menggunakan kunyit. Berikut ini adalah cara mengobati penyakit anyang-anyangan menggunakan kunyit yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Siapkan kunyit secukupnya, kemudian cuci bersih.
  • Iris tipis tipis kunyit tersebut kemudian rebuslah menggunakan empat gelas air. Sisakanlah menjadi setengahnya saja, setelah menjadi setengahnya anda bisa meminum air rebusan kunyit tersebut.
  • Jika tidak dengan cara itu anda juga bisa memarut sebanyak empat buah rimpang kunyit kemudian peras airnya. Minum sari pati kunyit tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Minum air rebusan kunyit atau minum air perasan kunyit berguna untuk menghilangkan bakteri penyebab antang-anyangan, mencegah peradangan dan juga anti jamur. Hal itu dikarenakan kunyit memiliki bahan aktif bernama kurkumin dimana zat itu mampu menghambat semua pertumbuhan dan penyebaran jenis mikroba.

Cara Mencegah Anyang Anyangan

Anyang-anyangan ini bisa timbul kembali meski sudah diobati, banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan kembali. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa mencegah seseorang terkena anyang-anyangan kembali :

  • Rajinlah cuci tangan terutama jika habis buang air kecil atau buang air besar.
  • Usahakan anda membasuh kemaluan dengan benar yaitu depan ke belakang bukan dari belakang ke depan. Kesalahan inilah yang akan membuat banyak bakteri masuk ke dalam vagina wanita.
  • Jangan menggunakan sabun pembersih kewanitaan, sabun pembersih kewanitaan justru akan mengubah kadar keasaman di dalam tubuh wanita terutama di vagina. Jika anda ingin membersihkan vagina anda bisa menggunakan air bersih yang mengalir. Air sudah cukup untuk membersihkan area vagina atau area kewanitaan.
  • Rajinlah mengganti celana dalam agar terhindar dari kuman dan bakteri penyebab anyang-anyangan dan juga penyebab keputihan.
  • Jangan biasakan untuk menahan buang air kecil sebab selain bisa menyebabkan masalah pada ginjal juga bisa menyebabkan infeksi di saluran kencing.
  • Biasakan untuk buang air kecil saat pagi hari. BAK pada pagi hari bisa digunakan sebagai pembersih bakteri pada tubuh anda dan juga pada saluran kencing anda.
  • Rajin mengkonsumsi air putih bisa digunakan sebagai pencegahan anyang-anyangan yang efektif.

Itulah obat anyang anyangan secara medis dan alami. Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan itu dengan mengimbanginya sebagai cara mencegah anyang-anyangan. Jika diimbangi dengan cara mencegah anyang-anyangan, anda bisa cepat menyembuhan penyakit anyang-anyangan tersebut. Jika gejala anyang-anyangan semakin parah segera temui dokter agar anda bisa menemukan obat anyang anyangan yang tepat.