26 Obat Sariawan Paling Ampuh – Alami dan Medis

Obat sariawan paling ampuh banyak dicari oleh masyarakat luas dikarenakan banyak yang merasa terbebani dengan sariawan yang diderita. Setiap orang memiliki peluang besar untuk mengalami sariawan. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sariawan, misalnya saja adalah kekurangan vitamin C di dalam tubuhnya, lidah tergigit atau bibir tergigit, terkena sikat gigi ketika menyikat gigi dan masih banyak lagi lainnya. Saat ini ada beberapa obat sariawan yang bisa dengan mudah anda temukan di toko obat maupun di toko tradisional.

Secara medis sariawan dalam dunia kedokteran disebut dengan istilah stomatitis dan dikaitkan dengan adanya peradangan di selaput lendir mulut misalnya di bagian bibir bagian dalam, pipi dalam, gusi, lidah dan juga langit-langit mulut. Pertama-tama terjadinya sariawan ditandai dengan memerahnya jaringan mukosa kemudian lama kelamaan membentuk luka atau tukak. Kebanyakan luka atau tukak berbentuk oval, tidak ada aturan dan tepinya tegas.

Obat Medis

Bagi anda yang ingin meredakan sariawan dengan cara cepat bisa menggunakan cara medis dalam menyembuhkan sariawan tersebut. Banyak obat medis yang bisa digunakan untuk mengatasi sariawan tersebut. Berikut ini adalah obat mengatasi sariawan yang bisa anda temukan di toko obat maupun di apotek :

  1. Parasetamol

Parasetamol selama ini digunakan sebagai penurun demam, namun siapa sangka jika parasetamol bisa digunakan sebagai obat sariawan. Alasan parasetamol bisa digunakan sebagai obat sariawan dikarenakan parasetamol termasuk dalam obat analgesik dimana obat itu berfungsi sebagai pengurang rasa sakit. Sama halnya ketika demam, rasa sakit karena demam dan rasa sakit karena sariawan bisa diatasi menggunakan parasetamol ini.

  1. Ibuprofen

Obat kimia lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi sariawan adalah ibuprofen. Fungsinya adalah untuk mengatasi atau mencegah peradangan. Seperti yang kita ketahui bahwa sariawan merupakan peradangan yang ada di selaput lendir mulut sehingga peradangan yang diakibatkan oleh sariawan bisa diatasi menggunakan ibuprofen ini.

  1. Antasida

Mungkin anda sering mendengar nama obat ini?, ya obat ini merupakan obat yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit maag dan juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung. Obat ini akan dengan mudah anda dapatkan di toko obat dan obat ini tidak memerlukan resep dari dokter. Yang harus diperhatikan disini adalah anda harus memperhatikan indikasi dan juga dosis dari obat ini. Antasida bisa digunakan untuk mengobati sariawan sebab obat ini mampu digunakan sebagai pengurang rasa perih akibat luka yang ada di sariawan maupun perih yang ada di tukak lambung.

  1. Benadryl

Obat kimia lainnya yang bisa digunakan sebagai penyembuh sariawan adalah obat Benadryl. Obat sariawan antasida akan efektif untuk mengobati sariawan jika dicampurkan dengan obat ini. Pencampurannya pun 50 persen banyaknya. Fungsi dari obat ini adalah sebagai pengurang rasa sakit akibat perih yang dihasilkan oleh sariawan.

  1. Supplemen Vitamin B

Anda bisa menggunakan supplemen vitamin B untuk menghilangkan mulut yang bermasalah dengan sariawan. Kekurangan vitamin B ini juga digadang-gadang sebagai penyebab mulut yang bermasalah sehingga dengan mengkonsumsi vitamin B secara rutin mampu menjaga kesehatan mulut sehingga mulut pun menjadi terbebas dari berbagai macam masalah mulut dan juga sariawan.

  1. Supplemen Zat Besi

Supplemen zat besi bisa digunakan sebagai penyembuh sariawan dengan cara menguatkan otot yang ada di mulut dan bibir sehingga tidak mudah untuk terkena sariawan. Anda bisa menemukan supplemen zat besi tinggi pada obat penambah darah dalam wujud tablet maupun kapsul.

  1. Supplemen Vitamin C

Berbagai macam penyakit akibat kekurangan vitamin C ada banyak sekali terutama bisa menimbulkan masalah bibir, masalah kulit dan tentunya tentang masalah imunitas tubuh. Oleh sebab itu jika anda malas untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C  dan juga buah yang mengandung vitamin C  anda bisa dengan mudah mengkonsumsi supplemen vitamin C yang berasal dari berbagai macam ekstrasi buah-buahan terutama buah jeruk. Dengan mengkonsumsi vitamin C ini masalah pada bibir dan mulut anda akan segera diatasi. Tidak hanya itu saja supplemen vitamin C yang anda konsumsi akan membuat tubuh anda lebih fit dibandingkan sebelumnya.

  1. Hidrogen Peroksida 3%

Cara kimia untuk mengobati sariawan yang anda miliki adalah menggunakan hidrogen peroksida. Cara mengobati sariawan menggunakan cara ini adalah sebagai berikut ini :

  • Tuang hidrogen itu ke tutup soda plastik, kemudian encerkanlah menggunakan ukuran yang sama.
  • Celupkan bagian kapas cotton bud ke dalam campuran tersebut kemudian oleskanlah di bagian mulut anda atau di bagian bibir anda yang terkena sariawan.
  • Jika sariawan belum sembuh, ulangilah langkah tersebut seminggu dua kali dikarenakan terlalu sering mengobati sariawan menggunakan bahan kimia ini tidak bagus untuk kesehatan.
  • Setelah itu buanglah campuran yang ada di tutup botol tersebut agar tidak tersentuh oleh anak-anak.
  • Yang harus diingat disini adalah campuran tersebut harus dihindarkan dari jangkauan anak-anak dan anda saat mengobati menggunakan campuran ini jangan sampai menelan campuran hidrogen ini sebab akan sangat berbahaya.
  • Hidrogen peroksida bersifat antibakteri sehingga bisa menghilangkan bakteri dan kuman yang ada di mulut. Bakteri di mulut bisa menyebabkan sariawan bertambah parah. Cara ini bisa menghilangkan sariawan anda dalam waktu dua sampai dengan tiga hari ke depan.
  1. Magnesium Oksida

Bahan kimia lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengobati sariawan yang anda miliki adalah magnesium oksida. Cara menghilangkan sariawan dengan cara ini pun sama dengan cara yang sebelumnya yaitu dengan mengoleskan bahan kimia ini pada luka sariawan yang ada di dalam mulut anda. Cara kerja dari bahan kimia ini adalah bisa membuat kadar asam di dalam mulut menjadi netral dan bisa mengubah kadar Ph sehingga bakteri yang ada di daam mulut anda menjadi lemah. Keberadaan bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut membuat kondisi sariawan yang anda miliki semakin melebar dan semakin dalam.

  1. Antihistamin

Obat antihistamin bisa anda gunakan untuk mengobati sariawan yang anda miliki. Saat sariawan anda jangan menggunakan obat kumur yang dijual di supermarket sebab bisa membuat kondisi sariawan anda bertambah parah. Cara mengobati sariawan menggunakan antihistamin ini adalah sebagai berikut ini :

  • Campurkan antihistamin bernama Benadryl dengan obat antisida seperti Maalox.
  • Campur agar kedua bahan itu tercampur secara merata.
  • Setelah itu gunakanlah campuran tersebut untuk berkumur sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Obat Penahan Rasa Sakit

Pengobatan ini merupakan opsional artinya anda bisa menggunakannya dan anda bisa tidak melakukannya. Obat yang bisa digunakan untuk menahan rasa sakit perih akibat sariawan yang anda miliki. Obat penahan rasa sakit yang bisa dengan mudah anda temukan adalah gel benzokain pada bagian yang terdapat sariawannya. Gel benzokain yang bisa anda gunakan adalah anbesol dan juga orajel.

Obat Tradisional

Alam telah menyediakan berbagai macam tanaman dan juga buah yang bisa dimanfaatkan bagi kesehatan dan kecantikan manusia. Bagi anda yang ingin mengobati sariawan dengan cara tradisional anda bisa menggunakan bahan-bahan yang telah disediakan oleh alam dengan memanfaatkan kandungan nutrisi maupun zat gizi yang ada di dalam makanan tertentu. Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati sariawan yang anda alami :

  1. Kunyit

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman obat yang satu ini. Kunyit merupakan tanaman obat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, selain bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit maag anda juga bisa menggunakan kunyit untuk mengobati sariawan yang anda derita. Cara mengobati sariawan menggunakan kunyit sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Bahan. Hal pertama yang harus anda siapkan adalah bahan-bahan yang dibutuhkan. Anda harus menyiapkan bahan seperti 15 gram tanaman adas, 15 gram daun sembung, 10 gram kunyit, 15 gram daun saga manis, 10 gram kayu manis dan yang terakhir adalah 4 gelas air.
  • Cara pembuatan. Cara membuatnya pun sangat mudah sekali, anda bisa menumbuk tanaman adas bersamaan dengan kayu manis sampai benar-benar halus. Iris tipis-tipis kunyit tersebut menggunakan pisau. Setelah semua bahan siap, campurkanlah semua bahan itu ke dalam panci menggunakan 4 gelas air. Merebusnya anda bisa menyisakan air rebusan menjadi setengah gelas. Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari dan masing-masing satu gelas. Lakukanlah sebanyak 7 hari lamanya.
  1. Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi. Kandungan gizi dan nutrisi itulah yang membuat buah alpukat bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan. Buah alpukat ini merupakan buah yang mengandung kalsium tinggi sehingga bisa digunakan sebagai penguat tulang dan gigi. Untuk sariawan pun buah alpukat memiliki khasiat untuk menghilangkan rasa sakit akibat sariawan dan juga menghilangkan luka akibat sariawan. Berikut ini adalah cara mengobati sariawan menggunakan buah alpukat :

  • Belah alpukat lalu keruk daging buah alpukat menggunakan sendok atau alat pengeruk buah.
  • Masukkan pada wadah buah alpukat tersebut, kemudian campurkanlah buah alpukat itu menggunakan 2 sendok madu murni. Ingat yang harus anda gunakan adalah madu murni asli bukan madu palsu.
  • Aduklah rata kedua bahan tersebut agar tercampur secara merata, kemudian makanlah adonan alpukat dengan madu tersebut yang sudah menyerupai pasta sebanyak tiga kali dalam sehari. Madu dan alpukat bisa menghilangkan rasa kaku pada sariawan tersebut sehingga rasa nyaman akan didapatkan terutama jika digunakan untuk mengkonsumsi makanan.
  1. Air dan Garam

Campuran air dan garam biasanya digunakan untuk mengobati penyakit diare pada anak maupun pada orang dewasa. Diare tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Bahaya dehidrasi tidak boleh disepelekan sebab bisa membuat tubuh seseorang mengalami pengentalan darah. Darah yang kental akan sulit sekali melalui pembuluh darah yang tipis sehingga akan membuat pembuluh darah pecah maupun robek oleh sebab itu anda jangan menyepelekan bahaya dari dehidrasi. Cara mengobati sariawan menggunakan air dan garam ini sangat mudah sekali, anda tinggal mencampurkan segelas air hangat dengan satu sendok teh garam. Kemudian aduk kedua bahan tersebut agar tercampur dengan sempurna. Setelah itu gunakanlah air garam tersebut untuk berkumur. Air garam itu juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi yang ampuh sebab kandungan antibakterial pada garam mampu menangkal bakteri penimbul rasa sakit.

  1. Kulit Anyang-anyang

Mungkin anda sedikit asing dengan kulit anyang-anyang ini dikarenakan kulit anyang-anyang susah dijumpai di jaman yang modern ini. Namun jika di sekitar anda ada kulit anyang-anyang, anda bisa menggunakannya sebagai obat sariawan paling ampuh. Berikut ini adalah cara mengatasi sariawan menggunakan kulit anyang-anyang :

  • Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan yaitu 250 gram kulit anyang-anyang dan juga 2 gelas anggur.
  • Cara pembuatan adalah dengan merebus kulit anyang-anyang itu ke dalam panci yang sudah ada 2 gelas air di dalamnya, rebus dan sisakan sebanyak satu gelas banyaknya, setelah itu gunakalah air rebusan itu saat masih hangat untuk berkumur.
  1. Asam Jawa

Asam jawa merupakan bahan tradisional yang memiliki banyak manfaat, selain bisa digunakan sebagai bumbu rujak, asam jawa ini bisa digunakan sebagai obat sariawan. Asam jawa bisa digunakan sebagai obat sariawan dikarenakan kandungan vitamin C yang ada di dalam asam jawa. Oleh sebab itu anda bisa menggunakan asam jawa untuk menghilangkan sariawan yang ada di dalam tubuh anda. Berikut ini adalah cara mengatasi sariawan menggunakan buah asam :

  • Siapkan sebanyak 2 sendok makan asam jawa dan siapkan 2 gelas air panas.
  • Seduhlah asam jawa menggunakan 2 gelas air panas tersebut.
  • Biarkanlah asam jawa bercampur bersama dengan air panas itu. Saat air seduhan sudah berubah menjadi hangat, gunakanlah air seduhan itu untuk berkumur agar kuman dan bakteri yang ada di sariawan itu menghilang. Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Air Kelapa

Air kelapa tidak hanya menyegarkan namun air kelapa berguna untuk kesehatan. Sayangnya dalam mengkonsumsinya anda tidak boleh berlebihan dikarenakan ada beberapa akibat kelebihan air kelapa yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin menyembuhkan sariawan menggunakan air kelapa ini harus dalam batas yang wajar tidak terlalu berlebihan. Berikut ini adalah cara menyembuhkan sariawan menggunakan air kepala yang bisa anda coba :

  • Ambillah air kelapa yang memiliki daging empuk atau lunak atau kelapa yang masih segar belum busuk bagian dagingnya.
  • Gunakanlah air kepala itu untuk berkumur. Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam seminggu. Selain menyegarkan air kelapa bisa menyembuhkan luka pada bibir dan mulut sehingga sariawan bisa disembuhkan dengan cepat.
  1. Soda Kue

Soda kue selama ini hanya digunakan sebagai bahan pembuatan kue saja namun siapa yang menyangka jika soda kue memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Manfaat soda kue yang saat ini sudah diketahui publik atau masyarakat luas adalah digunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah , sebagai cara menghilangkan bau kaki dengan cepat serta masih banyak lagi lainnya. Untuk menghilangkan sariawan menggunakan soda kue ini pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Cara petama. Cara pertama adalah dengan mencampurkan satu sendok teh soda kue ke dalam air hangat, kemudian kedua bahan tersebut diaduk agar semua komposisinya tercampur secara sempurna. Setelah semua bahan tercampur dengan sempurna gunakanlah air soda kue itu untuk berkumur. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu hal itu dikarenakan terlalu sering menggunakan air soda kue untuk berkumur akan membuat lapisan gigi atau email anda menjadi menipis. Jika sudah menipis maka anda akan mudah sekali terkena sakit gigi.
  • Cara kedua. Cara kedua sangat mudah sekali yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan air bersama dengan setengah sendok teh soda kue. Aduk secara merata agar kedua bahan tersebut tercampur secara merata. Setelah tercampur secara merata anda celupkan bagian kapas cotton bud kemudian oleskanlah cotton bud itu ke bagian permukaan bibir anda yang terkena sariawan. Lakukanlah cara itu sesering mungkin. Ketika sariawan anda terasa kaku anda bisa mengoleskannya ke sariawan anda agar sariawan anda terasa lembut dan lemas.
  1. Es

Es selama ini bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Untuk kecantikan es bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda  namun anda juga harus hati-hati ketika memilih es untuk mengobati sariawan anda. Sebab ada banyak bahaya makan es batu setiap hari . Anda bisa menghilangkan sariawan yang anda miliki dengan cara menempelkan potongan es batu di bagian sariawan. Rasa dingin yang berasal dari es batu itu bisa mematikan kuman dan bakteri dengan cara membekukannya. Es batu juga bisa membuat sariawan anda menjadi lemas dan tidak kaku sehingga ketika anda ingin memakan makanan sariawan itu tidak akan terasa sakit ketika bersentuhan dengan permukaan bibir yang ada sariawannya.

  1. Yoghurt

Siapa yang tidak tahu yoghurt, yoghurt merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi susu bisa digunakan sebagai cara meninggikan badan secara alami. Tidak hanya itu saja, yoghurt juga dipercaya bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Alasannya adalah kandungan pada yoghurt termasuk bakteri baiknya membuat ph yang ada di dalam mulut tidak cocok untuk bakteri sehingga bakteri tidak ada yang betah berlama-lama berada di dalam mulut sehingga kuman dan bakteri itu akan mati.

  1. Kapsul Vitamin E

Saat ini anda bisa dengan mudah menemukan kapsul vitamin E di supermarket ataupun di apotek. Fungsi dari kapsul itu tidak hanya digunakan sebagai obat sariawan saja namun kapsul vitamin E itu juga bisa digunakan sebagai penghalus kulit dan menyehatkan kulit. Cara mengobati sariawan menggunakan kapsul vitamin E ini pun sangat mudah sekali yaitu anda tinggal memencent kapsul itu dan isi kapsul itu diteteskan di bagian kulit yang ada sariawannya. Biarkanlah tetesan vitamin E itu meresap ke dalam kulit yang ada sariawannya terlebih dahulu.

  1. Kantung Teh Celup

Manfaat kantung teh celup bekas selama ini hanya dikenal dalam hal kecantikan saja misalnya saja bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata secara alami. Kantung bekas teh celup ini juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya adalah dengan menempelkan kantung teh celup bekas yang masih basah ke bagian kulit yang ada sariawannya. Didiamkan selama 5 menit kemudian buang kantung teh celup bekas tersebut. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari. Kantung teh celup bekas ini dipercaya bisa digunakan sebagai pengubah Ph pada mulut sehingga bakteri yang ada di mulut itu bisa menghilang.

  1. Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C, oleh sebab itu lemon berguna untuk mengobati sariawan secara cepat dan tepat. Berikut ini adalah cara mengatasi sariawan yang anda derita menggunakan lemon :

  • Siapkan satu buah lemon segar, cuci bersih lemon tersebut.
  • Belah lemon menjadi dua bagian. Peraslah lemon tersebut menggunakan alat pemeras lemon.
  • Cuci bersih tangan anda, kemudian celupkanlah jari anda ke air perasan lemon tersebut kemudian oleskanlah pada bagian mulut anda yang terkena sariawan. Diamkanlah selama 5 menit lamanya.
  • Jika anda malas untuk memeras lemon anda bisa memeras langsung lemon tersebut di bagian mulut yang ada sariawannya.
  • Lakukanlah cara tersebut berulang-ulang misalnya setelah sarapan, sebelum makan siang dan juga sesering mungkin.

Tips Agar Sariawan Cepat Sembuh

Ada beberapa tips yang harus anda lakukan agar sariawan yang anda miliki segera sembuh. Cara medis maupun cara tradisional harus diimbangi dengan tips-tips yang ada di bawah ini :

  • Hindari luka sariawan bertambah besar, gigitan dan juga luka yang tidak disengaja bisa membuat sariawan anda lama untuk sembuhnya. Oleh sebab itu anda harus berhati-hati ketika menyikat gigi, mengunyah makanan ataupun menggigit makanan.
  • Kelola stres anda jangan sampai diri anda terlalu stress dikarenakan stress akan membuat sariawan tidak kunjung sembuh. Stress pun dipercaya sebagai penyebab sariawan. Orang yang stress pun bisa terkena sariawan lebih dari satu tempat. Sariawan akan terasa lebih menyakitkan jika tumbuh lebih dari satu tempat.
  • Perhatikan pasta gigi anda, jangan sampai kandungan yang ada di pasta gigi anda jstru bisa memperparah sariawan yang anda miliki. Pastikan bahwa pasta gigi yang anda gunakan tidak memiliki sodium lauryl sulfat dimana kandungan itu bisa memicu sariawan dan memperparah kondisi sariawan seseorang. Pasta gigi dari daun sirih dan bahan alami dipercaya bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan sariawan yang anda miliki.
  • Hindari makanan pedas. Bahaya makanan pedas bagi penderita sariawan adalah makanan itu bisa membuat kondisi sariawan bertambah parah dikarenakan rasa pedas yang dimiliki oleh makanan tersebut. Capsicum yang ada pada cabai akan membuat sariawan semakin melebar.
  • Hindari kebiasaan buruk berupa menyentuh sariawan menggunakan lidah dikarenakan kebiasaan ini akan membuat sariawan anda sembuh lebih lama dibandingkan dengan sariawan yang tidak tersentuh dengan lidah.
  • Hindari berciuman dengan pasangan ketika sariawan sebab bakteri bisa berkembang dengan pesat di dalam mulut anda. Jika hal itu terjadi penyembuhan sariawan akan lebih lama.

Itulah berbagai macam obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sariawan yang anda miliki. Setiap obat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika pengobatan di atas tidak membantu atau sariawan yang anda miliki kerap timbul dan menghilang dalam waktu yang singkat di tempat yang sama sebaiknya anda mulai membuat janji dengan dokter pencernaan hal itu dikarenakan sariawan yang muncul terlalu sering di tempat yang sama dan dalam waktu yang lama bisa menjadi tanda bahaya penyakit kanker lidah atau kanker mulut. Oleh sebab itu jangan anggap remeh sariawan, jika anda menderita sariawan segera atasi sariawan anda menggunakan berbagai macam obat sariawan yang telah disebutkan di atas. Jika tidak membantu segera kunjungi dokter kepercayaan anda agar sariawan anda mendapatkan penanganan yang lebih serius.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, March 2016 / 01:47 Oleh :
Kategori : Sariawan