28 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cepat Secara Alami

3716

Cara menghilangkan bau kaki sering dicari oleh banyak orang, alasannya adalah tidak sedikit orang yang memiliki masalah bau kaki tersebut. Orang yang memiliki bau kaki tidak akan percaya diri ketika harus bertelanjang kaki di tengan-tengah orang banyak. Hal itu dikarenakan orang yang memiliki bau kaki tidak ingin bau kakinya mengganggu. Penyebab bau kaki pada satu orang dengan orang yang lainnya berbeda-beda, tidak semua orang yang memiliki bau kaki disebabkan oleh hal yang sama. Pada dasarnya semua hal yang bau itu tidak sehat. Bau yang ada di kaki sering ditimbulkan oleh gaya hidup tidak sehat misalnya jarang mencuci kaki dan jarang mencuci kaos kaki.

Apapun penyebabnya mulai sekarang anda harus meninggalkan gaya hidup tidak sehat  agar terhindar dari berbagai macam hal buruk akibat dari gaya hidup tidak sehat. Berikut ini adalah cara menghilangkan bau kaki yang bisa anda lakukan :

  1. Rajin Cuci Sepatu

Salah satu bau kaki yang anda miliki bisa berasal dari sepatu yang anda pakai. Sepatu yang bau dan tidak pernah dicuci bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kaki. Sepatu merupakan tempat yang lembab dan gelap, tempat yang lembab dan gelap dan dipenuhi dengan kuman dan bakteri bisa menimbulkan bau pada kaki. Sering-seringlah mencuci sepatu agar tidak dijadikan sarang kuman dan bakteri. Mencuci sepatu ini harus disesuaikan dengan jenisnya, contohnya sepatu kulit memiliki tekni pembersihan yang berbeda dengan sepatu kain.

  1. Antiperspirant

Mungkin anda sedikit asing dengan istilah ini dan anda bertanya-tanya bentuknya seperti apa. Antiperspirant adalah bahan dari kosmetik yang bentuknya seperti krim. Fungsinya adalah krim sebagai pembersih wajah. Nah antiperspirant merupakan krim yang digunakan untuk kaki. Tujuan penggunaan krim ini adalah untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada kaki. Tidak hanya itu saja krim yang digunakan pada telapak kaki mampu menyumbat pori-pori yang ada di telapak kaki sehingga tidak akan mengeluarkan keringat berlebihan. Kelebihannya adalah meskipun anda melakukan berbagai macam aktivitas dalam waktu yang lama anda tidak akan mengeluarkan keringat yang berlebihan. Keringat yang berlebihan merupakan pemicu dari bau kaki. Cara menggunakan krim ini sangat mudah yaitu anda mengoleskan krim ini pada telapak kaki anda sebelum anda menggunakan kaus kaki.

  1. Baking Soda

Baking soda selama ini memiliki berbagai macam manfaat yang bagus untuk tubuh misalnya saja adalah untuk menghitamkan rambut, memutihkan gigi dan tentunya bisa digunakan sebagai cara mengatasi bau kaki  . Baking soda ini cocok digunakan sebagai perawatan kaki yang murah meriah. Cara merawat kaki menggunakan baking soda pun sangat mudah yaitu dengan merendam kaki pada air yang telah dicampurkan menggubakan baking soda.

Baking soda yang dicampurkan  pada air memiliki fungsi sebagai pengurang keringat yang keluar dari telapak kaki, keringat yang sedikit berkurang pada telapak kaki bisa digunakan sebagai penetralisir bakteri yang muncul dan berkembangbiak di telapak kaki. Lakukanlah cara ini secara rutin agar keringat pada telapak kaki anda bisa segera diatasi. Jika anda tidak rutin melakukannya, kuman dan bakteri yang ada pada telapak kaki anda bisa muncul kembali sehingga menimbulkan bau kaki yang menyengat.

  1. Mengkonsumsi Supplemen

Mengkonsumsi supplemen bisa digunakan sebagai penghilang bau kaki. Medis percaya bahwa mengkonsumsi supplemen yang mengandung zinc maupun yang mengandung magnesium bisa digunakan sebagai penghilang bau kaki. Fungsi zinc sendiri  sangat beragam. Salah satu fungsinya adalah sebagai penjaga kestabilan bau yang ada di seluruh tubuh. Saat tubuh kekurangan zinc akibatnya adalah bau di seluruh tubuh akan mengalami peningkatan. Menjaga asupan zinc dan magnesium sehari-hari secara seimbang berguna untuk mengurangi jumlah keringat yang keluar dari seluruh bagian tubuh terutama di bagian kaki dan ketiak.

Jika anda tidak mudah menemukan supplemen ini anda bisa mendapatkan kandungan zinc dari berbagai sumber makanan seperti daging sapi, biji labu, ikan salmon dan yoghurt. Untuk mencukupi kebutuhan magnesium pada tubuh anda bisa mengkonsumsi beras merah, kacang hitam dan juga kacang almond. Sebelum anda mengkonsumsinya setiap hari anda harus berkonsultasi kepada dokter  terlebih dahulu. Dokter akan memeriksa apakah anda memiliki riwayat alergi terhadap makanan atau alergi tertentu, dokter akan melakukan beberapa cara tes alergi kepada anda.

Baca juga : Cara mengatasi alergi pada anak  – Cara mengatasi alergi dingin  – Cara mencegah alergi dingin  – Penyebab alergi kulit 

  1. Kaos Kaki Yang Tepat

Salah satu hal yang bisa menimbulkan bau kaki adalah pemilihan kaos kaki yang tidak tepat. Kaos kaki yang tidak tepat bisa membuat keringat semakin bertambah banyak. Kaos kaki yang panas di kulit akan memicu pengeluaran keringat lebih banyak. Untuk menghindari bau kaki anda bisa menggunakan kaos kaki yang menyerap keringat dan dingin di kulit ketika digunakan. Kaos kaki yang dingin di kulit adalah kaos kaki yang terbuat dari bahan dasar katun. Memang harga dari kaos kaki ini lebih mahal dibandingkan dengan kaos kaki yang tebruat dari bahan dasar nilon. Meski harganya cenderung mahal namun anda tidak akan pernah rugi ketika membelinya sebab kaos kaki yang anda pakai bisa menunjang anda dalam pekerjaan dan pergaulan. Anda tidak akan menjadi kurang percaya diri karena bau kaki menimpa anda.

  1. Obat Jerawat

Dilansir dari vitaminprotein.org untuk bisa menghilangkan bau pada kaki anda, anda harus mengetahui penyebabnya dan membasmi penyebab bau tersebut. Tanpa mengetahui penyebabnya anda tidak akan pernah tahu apa saja yang bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau kaki.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika bakteri adalah biang keladi semuanya. Bakteri bisa menyebabkan jerawat, bisulan, bau badan dan berbagai macam penyakit infeksi lainnya. Oleh sebab itu untuk menghilangkannya anda bisa menggunakan obat pembasmi jerawat untuk menghilangkan bakteri pada kaki anda. Untuk menghilangkan bau kaki anda tidak boleh sembarangan dalam memakai sabun jerawat. Tidak semua sabun jerawat bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Sebagai penghilang bau kaki anda harus menggunakan sabun jerawat yang didalamnya ada kandungan benzoli peroksida sekitar 10 persen. Sabun jerawat yang didalamnya ada kandungan hal tersebut bisa lebih efektif untuk memerangi bakteri.

Cara kerja senyawa benzoli peroksida untuk menghilangkan bau kaki adalah secara perlahan senyawa itu akan melepaskan oksigen yang aktif dan bisa memberikan efek baketriostatik sehingga akan menimbulkan efek berupa keratolitik sehingga bisa membuat keringat keirng lebih cepat.

  1. Obat Kumur

Menghilangkan bau kaki bisa dengan menggunakan obat kumur yang dijual di pasaran. Sebenarnya fungsi obat kumur adalah untuk menyegarkan mulut dan bisa digunakan sebagai penghilang bau mulut.  Menggunakan obat kumur bisa digunakan sebagai pencegahan bau mulut  dan bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut  . Sebenarnya penyebab bau mulut itu sama dengan penyebab bau kaki yaitu disebabkan oleh bakteri. Sehingga cara mengatasinya pun sama dengan mengatasi bau mulut.

Cara menghilangkan bau kaki menggunakan obat kumur sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil air setengah ember.
  • Campurkan air tersebut dengan obat kumur secukupnya.
  • Rendam kaki anda pada ember tersebut. Diamkan selama 20 menit.
  • Saat anda mendiamkan kaki anda di ember tersebut kandungan antiseptik pada obat kumur bisa mengusir bakteri dan kuman yang menempel pada kaki anda.
  • Melakukan cara ini bisa sekali dalam sehari.
  1. Kapas dan Obat Kumur

Jika cara merendam kaki di air yang telah diberi obat kumur tidak efektif anda bisa menggunakan kapas yang telah ditetesi dengan obat kumur. Setelah ditetesi menggunakan obat kumur, gunakan kapas tersebut untuk menggosok telapak kaki. Menggosoknya pun harus secara merata dan teratur. Cara ini bisa anda lakukan sebelum anda menggunakan kaos kaki atau sebelum menggunakan sepatu. Obat kumur itu bisa menghilangkan kuman atau bakteri yang menyebabkan kaki menjadi berbau.

  1. Kertas Pengering

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bau kaki yang anda miliki adalah dengan menyelipkan kertas pengering ke dalam sepatu anda. Memang cara itu agak aneh namun menggunakan cara ini lebih efektif dan lebih efisien dalam menghilangkan bau kaki yang anda miliki. Fungsi dari kertas pengering yang ada di dalam sepatu ini bisa digunakan sebagai penyerap bau busuk yang ada di dalam sepatu anda. Selain itu kertas pengering yang diselipkan di dalam sepatu anda bisa menjaga kesegaran bau sepatu yang anda miliki.

  1. Tepung Maizena

Selama ini tepung maizena hanya digunakan sebagai bahan baku kue saja, namun siapa sangka jika tepung maizena bisa digunakan sebagai penghilang bau busuk pada sepatu anda. Cara menghilangkan bau kaki dan bau sepatu yang anda miliki adalah dengan melumuri kaki anda menggunakan tepung ini. Sebelum melumurinya anda harus memastikan bahwa kondisi kaki anda benar-benar kering. Jika kaki tidak kering tepung ini justru akan lengket di kaki anda. Tidak hanya bagian telapak kaki saja yang harus dilumuri dengan tepung maizena namun juga pada bagian sela-sela jari kaki.

  1. Rajin Mengganti Sepatu

Kebiasaan orang yang selalu memakai sepatu yang sama setiap harinya bisa membuat bau kaki muncul dan sepatu menjadi berbau. Agar anda tidak memiliki bau kaki dan sepatu tidak berbau sebaiknya anda rutin mengganti sepatu anda. Minimal anda bisa menggunakan sepatu yang berbeda dua kali dalam seminggu. Hal itu dikarenakan percuma saja anda menerapkan cara untuk menghilangkan bau kaki namun anda sendiri malas untuk mengganti sepatu yang anda pakai. Saat mengganti sepatu usahakan pula anda mencucinya agar bau pada sepatu menjadi menghilang.

  1. Sabun Antiseptik

Saat ini sabun antiseptik akan mudah anda dapatkan di supermarket atau di apotek. Anda bisa menggunakan sabun ini sebagai penghilang bau kaki yang melekat pada anda. Seperti dengan namanya, sabun ini bisa digunakan sebagai pembunuh kuman dan bakteri pada kaki anda. Kuman dan bakteri itulah yang akan menimbulkan kaki menjadi bau. Cara menggunakannya pun sangat mudah sekali yaitu bersihkan kaki anda menggunakan sabun ini sebelum memakai kaos kaki kemudian keringkan kaki anda, barulah anda bisa menggunakan kaos kaki dan sepatu anda.

  1. Jeruk Lemon

Banyak sekali khasiat dari jeruk lemon yang bisa kita dapatkan entah itu untuk kecantikan dan kesehatan. Untuk kecantikan jeruk nipis bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda  dan sebagai penghilang bau kaki, sedangkan untuk kesehatan jeruk nipis bisa digunakan sebagai cara mengobati usus buntu  dan sebagai media pembersih dalam cara membersihkan paru-paru dari nikotin secara alami. Untuk menghilangkan bau kaki yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan beberapa butir jeruk nipis yang masih segar.
  • Peras jeruk nipis tersebut dan tampung airnya pada wadah.
  • Siapkan baskom dengan air yang cukup dan pastikan bahwa air itu bisa merendam semua bagian telapak kaki.
  • Campurkan air perasan jeruk nipis ke dalam wadah yang berisi air.
  • Aduk secara merata kemudian rendam kaki anda ke dalam air yang berisi jeruk nipis.
  • Anda bisa merendam kaki anda ke wadah air yang dicampurkan dengan jeruk nipis itu selama 15 menit sampai dengan 25 menit lamanya.
  • Agar bau kaki bisa menghilang anda harus melakukan cara tersebut sebanyak 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari.
  • Jika anda rutin melakukannya maka anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.
  1. Deodorant

Selain bisa digunakan sebagai penghilang bau badan, mengobati telapak tangan dan kaki berkeringat  deodorant bisa digunakan sebagai penghilang bau kaki. Bau badan, bau ketiak dan bau kaki sama-sama disebabkan oleh bakteri. Sehingga dengan menggunakan deodorant kandungan yang ada di dalam deodorant bisa menyumbat pori-pori sehingga keringat berlebihan bisa diatasi. Keringat yang berlebihan merupakan penyebab telapak kaki menjadi berbau.

Sayangnya untuk memilih deodorant anda harus memilih yang aman dan tidak menimbulkan iritasi bagi kulit anda. Bahaya deodorant  bagi kulit yang sensitif adalah bisa menimbulkan iritasi dan membuat kulit ketiak menjadi hitam. Cara penggunaan deodorant untuk mengatasi masalah pada bau kaki adalah sama dengan cara mengoleskan deodorant di ketiak.

  1. Bubuk Kopi Hitam

Cara menghilangkan bau kaki adalah dengan menggunakan bubuk kopi hitam. Bubuk kopi hitam ini tidak hanya bermanfaat sebagai masker namun bubuk kopi hitam bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Untuk menghilangkan bau kaki menggunakan bubuk kopi hitam sangat mudah sekali yaitu dengan menaburi sepatu yang anda gunakan menggunakan bubuk kopi hitam. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menaburi telapak kaki anda menggunakan bubuk kopi hitam.

Baca juga : Akibat kebanyakan kopi 

  1. Rendaman Air Teh

Untuk menghilangkan bau kaki anda bisa menggunakan rendaman air teh. Air teh ini telah lama dipercaya untuk kecantikan. Misalnya bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan masih banyak lagi lainnya. Rendaman air teh juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Caranya adalah dengan merendam kaki anda ke rendaman air teh tersebut selama 20 menit lamanya.

  1. Memotong Kuku

Untuk bisa menghilangkan bau kaki anda, anda harus memperhatikan panjang dari kuku anda. Kuku yang terlalu panjang bisa menyebabkan berbagai macam masalah. Kuku yang panjang menyimpan banyak bakteri sehingga bakteri itu bisa menimbulkan bau pada kaki anda.

  1. Menggunakan Sepatu dan Kaos Kaki yang Bersih

Menghilangkan bau kaki bisa dengan cara menghilangkan sepatu dan kaos kaki yang bersih setiap harinya. Jika anda sudah mencium aroma yang kurang sedap dari kaos kaki dan sepatu anda sebaiknya anda menggantinya dengan kaos kaki dan sepatu yang bersih.

  1. Jangan Memakai Sepatu atau Kaos Kaki yang Basah

Usahakan sepatu dan kaos kaki anda dalam keadaan kering. Hal itu dikarenakan jika kaos kaki maupun sepatu dalam kondisi basah sepatu dan kaos kaki itu akan dalam keadan bau yang menyengat. Memakai sepatu dan kaos kaki dalam keadaan basah bisa membuat kaki anda menjadi bau.

  1. Jaga Kaki Anda Tetap Bersih

Kaki yang bersih akan terhindar dari berbagai macam bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman inilah yang akan menyebabkan kai menjadi bau. Agar kaki menjadi tidak bau anda harus menjaga kebersihan kaki anda. Jangan pernah membiarkan kaki anda kotor dalam waktu yang lama, jangan pernah memakai sepatu dan kaos kaki dalam keadaan kaki kotor.

  1. Garam

Selain bermanfaat untuk menghilangkan kaki yang pegal, larutan air garam bisa digunakan untuk menghilangkan kaki yang bau. Hal itu dikarenakan di dalam garam terdapat kandungan antiseptik yang bisa digunakan untuk menghilangkan kuman dan bakteri penyebab bau kaki. Selain bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki, larutan air garam bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi yang ampuh , digunakan sebagai cara mengatasi diare  . Untuk menghilangkan bau kaki dengan menggunakan air garam ini sangat mudah sekali, anda menyiapkan baskom berisi air hangat kemudian larutkan 4 sendok air garam di dalam baskom tersebut. Aduk sampai tercampur secara sempurna. Rendam kaki dalam larutan air garam tersebut selama 30 menit, kemudian keringkan menggunakan handuk yang bersih dan kering. Lakukanlah cara tersebut secara rutin agar anda bisa segera merasakan hasilnya.

  1. Cuka

Selama ini cuka sering digunakan dalam pembuatan asinan dan juga acar, namun siapa sangka jika acar bisa digunakan dalam kesehatan dan juga kecantikan. Larutan cuka bisa digunakan untuk penghilang bau ketiak secara alami dan bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Cara penggunaannya pun sangat mudah sekali yaitu menyiapkan baskom berisi air kemudian larutkan beberapa tetes cuka ke dalam baskom tersebut. Cuka bisa digunakan sebagai penghilang bakteri dikarenakan cuka bisa digunakan untuk menciptakan lingkungan yang tidak disukai oleh bakteri, sehingga kaki yang dipenuhi dengan bakteri kemudian direndam menggunakan larutan cuka bisa menghilangkan bakteri yang menempel pada telapak kaki.

Baca juga :  Bahaya cuka makan  – Cara menghilangkan bau ketiak 

  1. Cairan Densifektan

Mungkin masyarakat mengira densifektan dengan antiseptik itu sama yaitu sama-sama membunuh kuman dan menghentikan perkembangbiakan kuman. Padahal antiseptik dan densifektan itu berbeda. Jika antiseptik bisa digunakan pada kulit yang masih hidup sedangkan densifektan bisa digunakan pada benda dan pada kulit yang tidak hidup. Untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab bau kaki anda bisa menggunakan densifektan.

Densifektan ini bisa anda mudah dapatkan di supermarket dan toko. Cara penggunaannya sangat mudah sekali yaitu dengan menyemprotkan cairan tersebut ke sepatu anda yang dipenuhi kuman dan bakteri. Sehingga ketika memakai sepatu tersebut tidak akan menimbulkan bau pada telapak kaki anda.

  1. Menggunakan Sepatu Kulit

Agar sepatu anda tidak mudah bau anda bisa menggunakan sepatu dari bahan kulit. Sepatu dari bahan kulit akan lebih nyaman digunakan dikarenakan lebih lentur. Meski perawatannya lebih sulit dibandingkan dengan sepatu biasa. Namun dengan menggunakan sepatu kulit anda bisa meminimalisir bau kaki yang akan muncul akibat meggunakan sepatu.

  1. Jaga Kesehatan Kaki

Selain dijaga kebersihannya, kaki juga harus dijaga kesehatannya. Hal itu dikarenakan kaki yang penyakitan juga akan menyebbakan kaki menjadi bau. Hal itu dikarenakan kaki yang memiliki penyakit terdapat kuman dan bakteri yang berkembang di dalamnya. Menjaga kesehatan kaki adalah dengan menghindarkan kaki dari berbagai macam penyakit kulti seperti kadas, kurap dan kutu air. Orang yang memiliki penyakit tersebut akan memiliki kaki yang bau.

  1. Susu

Cara untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan susu. Susu kaya akan kandungannya. Salah satu kandungan pada susu bisa digunakan sebagai penghilang bakteri yang menempel pada telapak kaki. Mengkonsumsi susu dua gelas per harinya bisa mencegah dan menghilangkan bau kaki yang anda miliki.

Baca : Khasiat susu sapi murni 

  1. Sepatu Pas

Kebanyakan masalah pada kaki ada pada sepatunya. Yang bisa menyebabkan bau kaki adalah menggunakan sepatu yang tidak pas. Sepatu yang tidak pas akan membuat kaki terasa sesak sehingga produksi keringat di kaki akan berlebihan. Hal itulah yang bisa menyebabkan lecet, luka dan juga memicu keringat berlebihan pada kaki.

  1. Foot Spray

Yang bisa digunakan sebagai penghilang bau kaki adalah foot spray. Foot spray ini merupakan penyemprot kaki yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada kaki. Anda bisa mendapatkannya di toko kecantikan atau di salon kecantikan. Foot spray ini bisa digunakan sebagai penghilang bau kaki dikarenakan kandungan di dalam foot spray ada alumunim klorida yang bisa menghilangkan atau mengurangi munculnya keringat pada kaki.

Jika keringat pada kaki bisa diminimalisir maka bakteri dan kuman akan diminimalisir pula sehingga bau tidak sedap pada kaki tidak akan muncul. Untuk menggunakan foot spray anda bisa menggunakannya saat malam hari sebelum beranjak tidur.  Foot spray ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki masalah dengan bromhidrosis. Orang yang memiliki penyakit bromhidrosis bisa berkonsultasi kepada dokter kulit.

Itulah beberapa hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Cara tersebut merupakan cara efektif untuk menghilangkan bau kaki yang membandel. Sebelum mengatasi bau kaki sebaiknya anda mengetahui apa yang menyebabkan bau pada kaki anda, apakah keringat, luka, sepatu atau karena kuman dan bakteri yang ada pada telapak kaki anda. Dengan mengetahui penyebabnya anda bisa tahu cara paling efektif dalam menghilangkan bau kaki.