22 Cara Mengatasi Bau Kaki Karena Sepatu

2406

Bau kaki merupakan salah satu gangguan yang cukup serius dan harus segera dituntaskan. Bau kaki sendiri membuat orang berpikir jika sepatu atau mungkin kaus kaki yang tengah anda dalam keadaan kotor atau mungkin belum dicuci. Hal ini dapat membuat anda dicap sebagai orang yang jorok dan kurang menjaga kebersihan. Pada dasarnya bau kaki bukanlah sebuah penyakit, namun akan sangat berdampak pada kegiatan anda  terutama  ketika anda berada di kumpulan banyak orang. Ada banyak sekali penyebab bau pada kaki seperti gaya hidup tidak sehat serta kaus kaki yang belum kering namun sudah digunakan.

Salah satu gaya hidup buruk yang banyak dilakukan adalah kurang menjaga kebersihan entah pada kaki, sepatu atau kaus kaki yang digunakan. Kurang menjaga kebersihan menyebabkan keringat dan bakteri tumbuh dan berkembang biak di kaki atau sepatu yang dipakai sehingga menimbulkan bau. Bau pada kaki akan semakin parah ketika menggunakan kaus kaki dan sepatu karena membuat area kaki bertambah lembab. Kondisi yang lembab tersebut akan membuat kuman lebih mudah berkembang biak di sana. Selain karena kuman, bau kaki juga disebabkan oleh keringat. Keringat berlebih pada kaki dapat juga disebabkan oleh stress akibat kelelahan.

Ada banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk cara mengatasi bau kaki sekaligus pencegahan datangnya bau kaki, seperti berikut ini :

1. Menggunakan campuran air dan baking soda

Cara mengatasi bau kaki dapat dilakukan dengan bahan-bahan sederhana yang ada banyak di sekitar kita. Sebagai contohnya, kita dapat menggunakan air yang dicampur menggunakan baking soda. Baking soda bukan hanya digunakan untuk membuat roti, namun dapat pula digunakan untuk mengurangi bau pada kaki. Hal ini dikarenakan baking soda dapat mengatasi bakteri penyebab bau serta mengurangi kadar minyak yang keluar dari kaki.

Baking soda ini juga ampuh untuk : cara menghilangkan cacar air alami, cara menghilangkan karang gigi secara alami dan cara menghilangkan keloid secara alami

2. Gunakan kaos kaki yang berbahan katun

Tahukah jika ternyata beda kaus kaki beda pula bau kaki yang dihasilkan? Hal ini berkaitan dengan banyak tidaknya keringat yang keluar. Penggunaan kaus kaki yang berbahan dasar katun dapat menyerap keringat yang muncul sehingga mengurangi dampak kaki yang bau. Kaus kaki dengan bahan katun atau wol memang harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan kaus kaki yang berjenis biasa. Kemampuannya yang dapat menyerap keringat dengan baik tersebut, tentu anda tidak keberatan dengan biaya yang harus dikeluarkan. (baca juga : penyebab tubuh sering berkeringat)

3. Cuci sepatu serta kaus kaki

Salah satu penyebab bau kaki yang banyak dialami adalah tingkat kebersihan pada sepatu serta kaus kaki. Sepatu dan kaus kaki yang kotor menyebabkan kaki bau. Untuk itu cuci dan bersihkan kaus kaki serta sepatu secara rutin. Anda dapat pula menggunakan pewangi untuk menangani bau yang ada. Mencuci sepatu tidak perlu setiap hari namun cukup 2 hari sekali.

4. Menggunakan tepung maizena

Bukan hanya baking soda, namun bahan makanan lainnya seperti tepung maizena juga dapat digunakan untuk menghilangkan kaki yang bau. Cara menggunakan tepung maizena cukup mudah yaitu dengan cara dibalurkan pada seluruh bagian kaki hingga pada sela-sela jarinya. Anda dapat menggunakannya ketika kaki dalam keadaan kering.

5. Menggunakan jeruk nipis atau lemon

Jeruk nipis atau lemon memiliki banyak sekali khasiat terutama sebagai buah yang mengandung vitamin C. Cara menggunakan lemon untuk mengatasi bau kaki dapat dilakukan dengan cara menyiapkan baskom berisi campuran air dan perasan jeruk nipis. Rendam kaki ke dalam baskom tersebut selama kurang lebih 15 hingga 25 menit. Lakukan kebiasaan ini secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu hari. Manfaatnya sudah dapat anda rasakan dalam waktu yang relatif singkat. Jeruk nipis atau lemon ini dapat digunakan untuk menetralkan kondisi keasaman kulit kaki.

6. Menggunakan deodorant

Tahukah anda jika ternyata deodorant dapat digunakan untuk mengatasi bau kaki? Deodorant umumnya digunakan untuk mencegah bau pada ketiak namun juga dapat diguankan sebagai penghilang bau kaki. Cara cukup mudah yaitu dengan mengoleskannya begitu saja. Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan deodorant untuk mengatasi bau kaki ini adalah memisahkan deodorant yang dipakai untuk ketiak serta deodorant untuk kaki. (baca juga : bahaya deodorant bagi kesehatan)

7. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Para  Peneliti yang berasal dari columbia University mengatakan jika kekurangan magnesium serta zinc dapat berdampak pada peningkatan bau di seluruh area tubuh. Mereka juga mengatakan jika magnesium serta zat seng dapat mengurangi keluarnya keringat dari dalam tubuh.

Ada banyak cara untuk mendapatkan asupan tersebut dengan cara mengkonsumsi makanan sehat seperti halnya daging sapi, yogurt, biji labu serta ikan salmon. Makanan-makanan tersebut dapat menambah asupan zinc di dalam tubuh anda. Sementara untuk mendapatkan gizi dari makanan yang mengandung magnesium, cukup dengan mengkonsumsi kacang almond kacang hitam serta beras merah.

8. Menggunakan kopi

Kopi bukan hanya enak digunakan untuk membuat minuman namun ternyata juga ampuh dalam mengatasi bau kaki. Caranya cukup mudah yaitu dengan memasukkan kopi bubuk ke dalam sebuah plastik silica. Selanjutnya simpan kopi di bagian bawah pada sepatu yang anda gunakan. Anda juga dapat menaburkannya pada sepatu yang masih baru. (baca juga : bahaya kopi)

9. Menggunakan teh

Bukan hanya kopi, namun ternyata teh juga dapat digunakan untuk mengatasi bau pada kaki. Cara menggunakan teh untuk menetralisir bau pada kaki cukup mudah seperti halnya kita menggunakan lemon. Cukup rendam kaki anda selama beberapa menit ke dalam air teh. Teh mengandung tanin yang berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk menghilangkan bau pada kaki. (baca juga : bahaya es teh manis, bahaya minum teh)

10. Potong kuku secara teratur

Kuku kaki ternyata memiliki andil besar dalam menyebabkan bau kaki. Kuku yang tidak segera dipotong dapat menampung kotoran serta bakteri dan keringat. Hal ini juga berlaku pada kuku tangan. Potong kuku kaki anda secara rutin sehingga tidak menimbulkan bau dan masalah akibat bakteri dan keringat. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kebersihan jari-jari kaki. Jika di dalam kuku anda terdapat banyak kotoran yang menumpuk dan sukar dibersihkan, anda dapat meminta pertolongan dokter untuk segera dicarikan solusi. (baca juga : cara menjaga kesehatan kuku)

11. Menggunakan sabun anti bakteri

Menggunakan sabun anti bakteri dapat digunakan untuk membersihkan keringat serta bakteri-bakteri yang menempel pada kaki. Bakteri yang tidak segera disingkirkan dapat berkembang biak sehingga semakin banyak. Sabun anti bakteri sudah dijual di banyak tempat sehingga mempermudah untuk mencarinya.

12. Menggunakan obat kumur

Obat kumur dikenal sebagai obat pembersih mulut dari kotoran pada sela- sela gigi sekaligus untuk menghilangkan bau mulut. Obat kumur ternyata juga berguna untuk mengatasi bau pada kaki. Cara menggunakan obat kumur cukup mudah yaitu dengan merendam kaki ke dalam air yang telah dicampur menggunakan obat kumur. Kandungan dari obat kumur dapat mengusir bakteri yang menempel dan menyebabkan bau pada kaki.

13. Menggunakan kertas pengering

Penggunaan kertas pengering berperan sebagai penyerap bau akibat keringat. Cara yang satu ini terbilang sebagai cara yang cukup aneh namun ternyata bermanfaat dalam menjaga sepatu yang anda pakai supaya tetap segar. Anda juga dapat menggunakan tisu sebagai ganti kertas pengering tersebut.

14. Ganti sepatu seminggu 2 kali

Cara lain untuk menghindari bau pada kaki adalah dengan mengganti sepatu anda tiap seminggu 2 kali. Anda dapat menggunakan 2 hari berturut-turut lalu menggantinya. Cuci sepatu tersebut supaya bau yang berasal dari keringat maupun kotoran yang ada hilang terbawa air. Menggunakan sepatu yang sama tanpa pernah menggantinya sekalipun dapat membuat anda dicap sebagai orang jorok.

15. Jaga sepatu dalam kondisi kering

Sepatu yang lembab atau masih basah dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk itu sebaiknya dikeringkan hingga benar-benar kering baru kemudian anda dapat memakainya dalam beraktivitas. Hal ini berlaku juga pada sepatu yang terkena air hujan. Solusi lainnya adalah dengan menyimpan sepatu di area yang kering dan terjauh dari suhu udara yang lembab.

16. Menggunakan larutan garam

Garam merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan dalam mengolah masakan. Garam sendiri ternyata bukan hanya bisa digunakan untuk keperluan dapur namun ternyata dapat pula digunakan dalam mengatasi kaki yang bau. Cara menggunakan garam untuk mengatasi kaki bau dapat dilakukan dengan mencampur garam menggunakan air. Jika sudah tercampur rata, gunakan untuk merendam kaki. Lakukan selama beberapa menit agar bumbu dapur yang satu ini dapat menetralisir kuman- kuman yang ada pada kaki.

Larutan garam ini juga visa digunakan untuk : cara menghilangkan varises, cara mengatasi gusi bengkak dan cara mengatasi diare secara cepat)

17. Pastikan kebersihan kaki

Kuman dan juga bau kaki bukan hanya berasal dari sepatu serta kaus kaki yang tengah dipakai melainkan juga dapat berasal dari kaki anda sendiri. Saat menggunakan sepatu, pastikan jika kaki anda telah kering dan dalam keadaan bersih. Ada banyak sekali cara menjaga kesehatan kaki supaya tidak menimbulkan bau yang berlebih seperti:

  • Mencuci kaki setiap hari menggunakan air sabun. Bersihkan hingga kesela- sela jari
  • Gunakan Bedak talk untuk menjaga kaki supaya tetap kering
  • Rapikan jari kuku dengan cara memotongnya secara teratur supaya tidak ada kuman yang bersarang ke dalamnya
  • Jaga kaki supaya tetap kering ketika akan menggunakan sepatu
  • Gunakan sepatu yang bersih dan nyaman saat digunakan

Selain melakukan tips- tips untuk menjaga kesehatan kaki di atas, anda juga dapat menyemprotkan pengharum atau spray khusus untuk menghilangkan bau pada kaki anda. Selain menggunakan pengharum yang disemprotkan, anda juga dapat menggunakan potongan kayu cedar atau mungkin lavender yang dibungkus dalam sachetan untuk diletakkan ke dalam sepatu. Hal ini dapat anda lakukan pada malam sewaktu sepatu tidak digunakan dalam beraktivitas. Keesokan paginya, sepatu tersebut telah dapat digunakan dalam kondisi yang wangi.

20. Mengendalikan keringat

Bau kaki yang menyengat dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari bakteri hingga keringat. Semakin banyak keringat yang keluar dari dalam tubuh terlebih pada area kaki tentu membuat kaki anda berpotensi mengeluarkan bau yang tidak enak. Hal ini dapat diatasi menggunakan teh hitam. Teh hitam dapat digunakan untuk merendam kaki atau bahkan digunakan untuk mandi.

21. Menggunakan sabun jerawat

Taukah anda jika ternyata sabun yang digunakan untuk mengusir jerawat dapat pula digunakan untuk mengusir bau pada kaki? Cara menggunakannya cukup mudah karena anda hanya perlu mencuci kaki menggunakan sabun jerawat tersebut. Lakukan secara rutin supaya hasil yang anda dapatkan cukup memuaskan.

22. Menggunakan antiperspirant

Antiperspirant merupakan salah satu bahan kosmetik yang digunakan dalam membersihkan wajah dalam bentuk krim. Benda kosmetik yang satu ini ternyata dapat pula digunakan untuk mengatasi bau pada kaki. Cara menggunakan antiperspirant cukup mudah yaitu dengan mengoleskannya pada area kaki. Penggunaannya mampu mengurangi keringat yang keluar dengan cara mempersempit pori- pori serta kelenjar keringat.

Ada banyak sekali cara efektif yang digunakan dalam mengatasi bau kaki. Beragam cara tersebut dapat dilakukan dengan cara tradisional menggunakan bahan- bahan yang alami serta dapat pula dilakukan dengan cara menggunakan produk- produk modern seperti semprotan pewangi. Namun yang jelas, menjaga kebersihan kaki itulah yang lebih utama.