5 Cara Menjaga Lidah Agar Tetap Sehat

Lidah merupakan salah satu bagian dari organ tubuh manusia yang memiliki peranan penting, seperti membantu proses pencernaan. Sebagai indera perasa, lidah yang sehat memiliki kemampuan untuk membedakan berbagai macam rasa seperti manis, asam, asin, pahit, maupun tawar. Dengan kemampuan tersebut maka kita akan dapat menikmati kelezatan aneka makanan. Jadi, memiliki lidah yang sehat sangatlah penting bukan? Lalu bagaimana Cara menjaga lidah agar tetap sehat? Artikel berikut akan menjelaskannya. 🙂

Lidah yang bersih dan sehat merupakan salah satu unsur yang dapat menentukan kesehatan mulut seseorang. Namun kebanyakan orang mengabaikan hal tersebut. Mereka berfikir bahwa kesehatan mulut akan terjaga apabila tidak terjadi penyakit pada gigi, gusi, maupun timbulnya bau mulut. Sehingga cara yang tepat untuk menjaga kesehatan mulut bagi mereka hanya cukup dengan melakukan perawatan pada gigi dan gusi, yaitu dengan menyikat gigi dan flossing secara teratur.

Dari adanya alasan-alasan tersebut di atas kita bisa tahu bahwa menjaga kesehatan lidah dapat menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan tubuh sehat.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan lidah yang sehat ? Berikut ini diantaranya :

1. Membersihkan Lidah

Ini merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan lidah yang sehat. Dimana kita bisa menggunakan alat seperti sikat gigi maupun alat lainnya seperti scrapper. Jika anda memilih untuk membersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi, maka pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu-bulu sikat yang lembut. Hal ini bertujuan agar nantinya pada saat membersihkan lidah tidak menimbulkan luka pada bagian tersebut.

Namun, seorang ahli kesehatan yang berasal dari Stoneham, Massachusetts bernama Dr. Joseph Pizzarello pernah mengatakan bahwa cara terbaik untuk merawat lidah adalah dengan menggunakan pengikis lidah (scrapper) yang dapat digunakan untuk menghilangkan dan membersihkan bakteri dari permukaan lidah. Dengan begitu bagian mulut tersebut akan tetap bersih dan juga sehat. Selain itu, menerapkan scrapper pada lidah akan dapat membantu mencegah halitosis (bau mulut) serta berbagai masalah kesehatan mulut.

Lalu seberapa sering kita harus melakukan hal itu? Menurut Dr. Joseph Pizzarello, membersihkan lidah tidak sama dengan menyikat gigi yang harus dilakukan 2 kali dalam sehari. Kita bisa menerapkan scrapper untuk membersihkan lidah pada saat lidah terlihat kotor atau terdapat semacam lapisan berwarna putih yang menutupi permukaan lidah. Saat membersihkan dengan scrapper tidak perlu dilakukan dengan kasar (keras). sehingga menimbulkan dampak seperti perdarahan pada lidah. Hal ini cukup dilakukan dengan lembut dan perlahan saja.

Berikut ini tips sederhana untuk membersihkan bagian lidah dalam upaya Menjaga Agar Lidah Tetap Sehat :

Langkah 1 : berkumur dengan air hangat untuk membantu melonggarkan lapisan putih dipermukaan lidah, sehingga nantinya akan mempermudah proses pembersihan. Pastikan untuk tidak menelan air kumur tersebut, karena hal itu akan meningkatkan resiko penyebaran kuman dan bakteri ke dalam tubuh.

Langkah 2 : Membersihkan seluruh lapisan atas lidah dengan menggunakan scrapper secara perlahan-lahan yang dimulai dari dasar lidah, yairu dari arah belakang ke depan, dan dari kiri ke kanan.

Langkah 3 : menerapkan pasta gigi akan dapat membantu mempercepat proses pembersihan lidah. Oleskan pasta gigi pada permukaan lidah dan biarkan +/- 90 detik

Langkah 4 : bersihkan kembali permukaan lidah Anda hingga bersih dengan menggunakan scrapper.

2. Memperhatikan jenis makanan

Jenis makanan yang kita konsumsi juga sangat berpengaruh pada kesehatan lidah. Para ahli kesehatan mulut dan gigi sangat menyarankan agar kita mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan seperti strawberry, apel, lemon, maupun jenis buah-buahan yang lain sebagai pencuci mulut. Selain buah-buahan, para ahli kesehatan juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman prebiotik seperti yogurt untuk membantu menghilangkan bakteri yang bersarang pada tubuh, terutama di bagian lidah.

Makanan dan minuman yang mengandung prebiotik ini juga bermanfaat sebagai :

3. Membiasakan diri untuk menyikat gigi atau berkumur setelah makan

Kebiasaan menyikat gigi setelah makan akan dapat membantu untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal pada gigi penyebab gigi berlubang. Akan tetapi, mungkin bagi sebagian orang, kebiasaan menyikat gigi setelah makan akan sangat sulit dilakukan. Beberapa alasan seperti tak ada waktu, atau hanya karena malas mereka utarakan untuk mencari pembenaran.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara praktis yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur-kumur setelah makan. Kebiasaan ini bisa membantu anda untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan lidah. Pada saat berkumur, sangat dianjurkan untuk menggunakan cairan antiseptik yang dapat menurunkan resiko terjadinya karang gigi serta dapat membersihkan bakteri maupun noda yang masih menempel pada lidah.

Dengan menyikat gigi dan berkumur setelah makan ini, juga bisa mengatasi masalah pada rongga mulut lainnya seperti :

4. Menghindari penggunaan aksesoris pada lidah

Di era modern ini, penampilan merupakan salah satu hal yang akan selalu menjadi perhatian seseorang. Sehingga banyak kalangan terutama kawula muda yang melakukan berbagai cara untuk menunjang penampilannya. Salah satunya adalah dengan menindik lidah dalam menggunakan berbagai jenis aksesoris. Padahal hal semacam itu akan dapat membawa dampak berbahaya bagi kesehatan, seperti terjadinya resiko infeksi yang akan meningkatkan jumlah bakteri maupun kuman pada lidah.

Untuk itu, menghindari penggunaan tindik atau aksesoris lainnya guna cara menjaga lidah agar tetap sehat. Menindik lidah dengan aksesoris ini bisa juga menyebabkan :

5. Menghindari konsumsi alkohol dan kafein

Bahaya alkohol dan bahaya kafein yang sering dikonsumsi sangat tidak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan pada bagian mulut Anda. Hal ini akan menimbulkan terjadinya bau mulut yang kronis. Partikel-partikel yang terdapat dalam kedua senyawa tersebut dapat melapisi bagian dalam mulut, termasuk lidah. Coba perhatikan orang-orang yang cenderung memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan kafein cenderung memiliki gigi yang kuning serta bau mulut yang tidak sedap.

Bahaya minuman keras dan minuman berkafein ini juga bisa menyebabkan :

Pentingnya Menjaga Kesehatan Lidah

Lidah merupakan salah satu tempat dimana bakteri maupun kuman dapat dengan mudah berkembang biak di sana. Semakin lama apabila kebersihan dan kesehatan lidah tidak terjaga, maka kuman-kuman maupun bakteri tersebut dapat tumbuh dan berkembang ke seluruh bagian lidah. Hal ini pada akhirnya dapat menyebar ke bagian mulut yang lainnya seperti gigi, gusi, maupun tenggorokan dan menimbulkan berbagai masalah pada bagian mulut tersebut, seperti menyebabkan penyakit gigi, plak, penyebab gusi bengkak, maupun halitosis atau bau mulut.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kita perlu menjaga agar lidah tetap sehat :

1. Untuk meningkatkan atau menunjang kesehatan gigi

Mungkin anda bertanya-tanya apa hubungan kebersihan lidah dengan kesehatan gigi? Di atas telah dijelaskan bahwa lidah merupakan sarang bagi bakteri dan kuman yang nantinya dapat menyebar ke seluruh bagian mulut termasuk pada gigi, gusi, dan tenggorokan. Akibatnya, hal itu dapat menimbulkan beberapa kondisi seperti gigi berlubang, infeksi pada tenggorokan, maupun gangguan mulut lainnya. Untuk itu, cara menjaga lidah agar tetap sehat dan kebersihan daerah mulut adalah hal yang cukup penting bukan?

Banyak hal yang juga bisa berguna untuk meningkatkan kesehatan gigi seperti :

2. Menghilangkan bau mulut

Halitosis atau bau mulut terjadi karena adanya sisa-sisa makanan yang telah membusuk dalam mulut. Meskipun biasanya sisa-sisa makanan akan hanyut bersama air liur, namun apabila di dalam mulut telah bersarang bakteri maupun kuman, maka mikroorganisme-mikroorganisme tersebut dapat menggerogoti sisa-sisa makanan tersebut untuk memecah sel-sel makanan yang menyebabkan reaksi kimia alami, yaitu melepaskan bau busuk sebagai bagian dari proses oksidatif.


Bau mulut ini juga bisa terjadi karena :

3. Meningkatkan rasa

Lidah bisa dikatakan sehat apabila ia dapat membedakan rasa dengan baik, sehingga seseorang dapat dengan mudah menikmati kelezatan berbagai macam atau rasa makanan.

4. Merangsang organ tubuh lain

Sebagaimana pada saat kita mencoba memijat bagian kaki dapat merangsang berbagai organ, jaringan, maupun sistem dalam tubuh, hal serupa juga berlaku pada lidah. Pada saat kita melakukan gesekan pada saat membersihkan lidah, maka hal tersebut akan dapat merangsang beberapa anggota tubuh seperti hati, limpa, maupun kandung empedu.

Untuk merangsang organ tubuh lain juga bisa dilakukan :

5. Mencegah penyebaran racun dalam tubuh

Membersihkan lidah merupakan salah satu cara untuk menyingkirkan racun-racun yang berbahaya dalam tubuh, sehingga dapat membantu untuk mempromosikan detoksifikasi tubuh, yaitu dengan menghilangkan racun telah terkumpul di lidah.

Penyebaran racun dalam tubuh ini juga bisa diakibatkan oleh :

Jika anda adalah tipe orang yang selalu memperhatikan kesehatan, terutama kesehatan mulut, maka ada baiknya jika Anda selalu menjaga agar bagian-bagian mulut, terutama lidah tetap dalam kondisi bersih dan sehat. Semoga artikel tentang cara menjaga kesehatan lidah ini bisa menjadi referensi anda, dalam upaya menjaga kesehatan bagian mulut. Selamat Mencoba!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, September 2015 / 03:39 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat