Penyebab Lidah Pahit – Gejala Penyakit dan Mengatasinya

11060

Lidah tak bertulang, peribahasa tersebut mendefinisikan bahwa lidah merupakan suatu organ tubuh yang fleksibel, namun memiliki peran yang sangat penting. Peran penting dari lidah tersebut antara lain adalah membantu proses pencernaan. Dengan adanya organ lidah pada manusia, maupun hewan, maka setiap makanan yang masuk ke dalam mulut, akan dikunyah dan didorong untuk masuk ke dalam kerongkongan oleh lidah. Proses ini merupakan proses awal dari suatu siklus pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia. Lidah merupakan organ pencernaan pertama yang bekerja ketika makanan masuk ke dalam mulut.

Selain sebagai alat untuk membantu pencernaan pertama kali, fungsi lainnya dari lidah adalah sebagai alat pengecap. Ya, fungsi lidah yang satu ini pasti sudah sangat bermanfaat bagi kita semua. Kita bisa mengecap dan juga merasakan makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Hal ini terjadi karena di dalam lidah terdapat syaraf – syaraf pengecap yang membantu mendefinisikan rasa dari suatu makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Dengan adanya fungsi ini, maka kita akan bisa menikmati segala jenis makanan yang masuk ke dalam mulut kita.

Sama seperti organ tubuh lainnya, terkadang fungsi dari lidah tidak dapat kita rasakan secara optimal. Ada saat dimana lidah mengalami gangguan kesehatan, yang menyebabkan kita sulit merasakan rasa dari makanan, dan juga sulit untuk menelan makanan. Biasanya hal ini berkaitan dengan kebersihan lidah dan juga merupakan gejala dari beberapa macam penyakit.

Lidah pahit Gejala penyakit apa yah ?

Namun salah satu gangguan lidah yang mungkin sering kita rasakan adalah lidah yang terasa pahit. Lidah yang terasa pahit terkadang seringkali membuat kita merasa tidak nyaman, karena kita tidak dapat merasakan suatu makanan yang masuk ke dalam mulut kita dengan optimal. Hal ini disebabkan karena banyak hal, sehingga membuat apapun makanan yang masuk ke dalam mulut kita menjadi sulit untuk dirasakan dan tidak enak.

Apa saja sih hal – hal yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan lidah kita terasa pahit :

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat penting bagi tubuh kita. Vitamin C dapat menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh yang nantinya dapat membantu kita untuk terhindar dari serangan berbagai macam penyakit. Namun demikian, asupan vitamin C harian ke dalam tubuh kita pun harus terjaga dengan baik, tidak boleh berlebihan dan juga tidak boleh kurang. Kelebihan asupan vitamin C di dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh terasa mual dan tidak nyaman, terlebih lagi, vitamin C yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mulut menjadi terasa pahit dan asam.

Artikel lain mengenai vitamin C

  1. Efek sesaat setelah melakukan sikat gigi dengan pasta gigi yang memiliki rasa mint yang kuat

Penyebab lainnya dari lidah yang pahit adalah karena efek dari penggunaan pasta gigi. Biasanya hal ini hanya berlangsung dalam jangka waktu yang singkat, dimana rasa pasta gigi yang sangat kuat dapat menyebabkan munculnya rasa pahit, terutama ketika kita mengkonsumsi minuman yang manis setelah melakukan sikat gigi menggunakan pasta gigi mint yang kuat.

  1. Lidah yang kotor dan berjamur

Penyebab lidah pahit berikutnya adalah karena permukaan lidah yang kotor dan juga berjamur. Hal ini dapat mengganggu proses pengecapan yang terjadi di dalam mulut. Lidah yang berjamur dan kotor dapat terjadi karena ketika menyikat gigi, anda melewatkan untuk membersihkan bagian lidah anda. Apabila terlalu sering dibiarkan, maka kondisi ini tidak hanya akan menyebabkan lidah pahit, namun juga lebih buruk lagi dapat mengganggu nafas anda, dimana mulut anda akan menjadi bau tidak sedap.

  1. Kekurangan produksi air liur

Kekurangan air liur juga dapat menjadi salah satu penyebab lidah pahit. Air liur memiliki peran yang juga penting untuk membantu proses pengecapan, sehingga dengan berkurangnya produksi air liur, maka hal ini juga akan menyebabkan lidah menjadi kering. Lidah yang menjadi kering akan menyebabkan lidah sulit untuk bekerja denganoptimal. Hal inilah yang membaut lidah menjadi terasa pahit. Hal ini biasa terjadi ketika anda bangun tidur.

  1. Gejala dari penyakit tifus

Lidah yang pahit juga merupakan salah satu gejala tipes, yang menyebabkan penderita tifus ini tidak bisa merasakan apa – apa ketika makan. Efeknya adalah tubuh penderita tifus akan menjadi semakin kurus, karena dengan lidah yang menjadi pahit, selera makan dari penderita tifus akan menurun dengan drastic. Inilah yang kemudian dapat menyebabkan tifus bertambah parah, dimana tubuh pasiennya akan menjadi sangat kurus.

  1. Gejala dan efek samping dari penyakit flu, dan sinusitis

Indera pengecap dan juga organ hidung memiliki kaitan yang erat. Hal ini membuktikan bahwa gangguan yang muncul pada organ hidung, akan sangat mempengaruhi kemampuan lidah dalam melakukan tugas pengecapannya. Penyebab lainnya dari lidah pahit adalah penyakit ini. Ya, sinusistis ataupun gangguan kesehatan pada hidung memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kondisi lidah yang terasa pahit. Hal ini akan terasa, apalagi ketika anda mengalami gejala sinus dan juga flu yang sangat parah.

  1. Obat – obatan yang bersifat antibiotik

Obat – obatan antibiotic ternyata memiliki beberapa efek samping bagi tubuh. Meskipun dapat membantu membunuh bakteri penyebab penyakit, namun ternyata antibiotik memiliki efek samping yang dapat membuat lidah menjadi terasa pahit dan juga menurunkan nafsu makan. Tidak heran kadang anda akan merasakan lidah pahit saat sakit.

  1. Cedera dan trauma pada bagian mulut dan kepala

Penyebab lainnya dari lidah yang menjadi terasa pahit adalah karena adanya cedera dan juga trauma pada bagian mulut. Biasanya, hal in memiliki kaitan erat dengan munculnya sariawan, yang kebanyakan disebabkan oleh bagian lidah yang tidak sengaja tergigit oleh gigi kita, sehingga menimbulkan cedera. Ceedera ini lambat laun apabila tidak ditangan dengan segera dapat menyebabkan lidah menjadi terasa pahit dan tidak nyaman.

  1. Penurunan fungsi pengecap

Hal ini biasa terjadi pada mereka yang berada pada rentang usia 70 tahun ke atas. Biasanya pada usia seperti itu, fungsi dari panca indera sudah semakin menurun, termasuk di dalamnya adalah fungsi dari indera pengecap. Mereka yang berada pada rentang usia tersebut biasanya akan mengalami penurunan fungsi pengecapan, yang menyebabkan mereka agak sulit untuk merasakan makanan tertentu.

  1. Kanker mulut.

Merupakan salah satu penyakit terparah yang dapat menimbulkan gejala lidah terasa pahit. Ya, kanker mulut. Kanker mulut merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang bagian mulut dan juga rongga mlt, yang salah satu gejala utamanya adalah dapat menyebabkan lidah menjadi teerasa pahit dan juga kehilangan fungsinya. Untuk memastikan hal ini, anda wajib mengkonsultasikannya ke Dokter kepercayaan anda untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Itulah 10 penyebab munculnya gejala lidah yang terasa pahit, dan kemungkinan penyakit yang muncul. Untuk menghindari terjadinya dan juga kemunculan dari gejala lidaah pahit tersebut, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Cara – cara tersebut merupakan cara yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri.

Cara Mencegah Lidah Pahit

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah gejala lidah yang terasa pahit :

  1. Hindari konsumsi dan penggunaan produk yang memiliki kandungan sodium, yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit
  2. Kurangi jus yang memiliki aroma sitrus dan juga kandungan vitamin C tinggi
  3. Kurangi asupan dari minuman yang dapat menyebabkan pahit di lidah, seperti kopi, alcohol, dan juga kurangi kebiasaan merokok.
  4. minum minuman yang manis
  5. Perbanyak konsumsi air putih

Demikianlah artikel mengenai penyebab, dan juga cara mengatasi lidah yang terasa pahit. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan juga dapat menambah wawasan anda semua. Terima Kasih.