Telapak Tangan Gatal – Penyebab dan Cara Mengatasi

2924

Apakah Anda adalah salah satu orang yang pernah atau sering mengalami telapak tangan gatal? Jika rasa gatal yang terjadi tidak cukup sekali dan malah secara terus-menerus, maka ada kemungkinan bahwa tangan Anda mengalami gangguan atau malah bisa jadi gangguan tersebut menyerang tubuh Anda. Pada banyak kasus, kulit telapak tangan yang gatal bisa disertai dengan gejala lainnya seperti bersisik, pecah-pecah, kemerahan dan begitu kering.

Rasa gatal yang muncul paling nyaman dan enak memang digaruk, namun semakin digaruk yang jelas kulit bisa semakin gatal dan akhirnya malah membuat kulit lecet-lecet. Luka atau lecet akibat garukan bisa memicu terjadinya infeksi, maka sebaiknya ketahui apa saja penyebabnya dan sekaligus cara mengatasinya.

Baca juga:

1. Dermatitis Kontak

Pada kondisi dermatitis kontak, penderita tak hanya merasakan gatal di telapak tangan, tapi juga kulit menjadi lebih tebal sekaligus kasar, dan bahkan beruam kemerahan. Kulit bersisik juga menjadi gejala lain yang menyertai pada kondisi ini sehingga sangat mengganggu dan tak nyaman.

Diketahui bahwa penyebab utama dari dermatitis kontak ini dihubungkan dengan zat atau benda tertentu dengan sifat yang mampu mengiritasi kulit. Contoh benda atau zat yang kiranya bisa membuat telapak tangan gatal adalah deterjen, semen, serta zat-zat kimia tertentu. Paparan hal-hal tersebut mampu menjadikan kulit mengalami iritasi yang sebaiknya diatasi dengan benar.

Cara Mengatasi: Untuk mengatasinya, yang paling penting adalah menghindari paparan yang menyebabkan iritasi dan pastikan untuk selalu mengaplikasikan pelembab kulit. Oles juga obat krim kortikosteroid dan mengonsumsi obat tablet kortikosteroid agar kemerahan dan peradangan bisa berkurang. Terapi imunosupresan sekaligus fototerapi juga dapat diandalkan apabila memang diperlukan.

2. Alergi

Alergi yang biasanya sampai memicu rasa gatal, termasuk di bagian telapak tangan adalah alergi makanan. Sejumlah orang memang mempunyai reaksi alergi ketika mengonsumsi jenis makanan tertentu. Alergi makanan paling umum adalah kedelai, kacang, telur, susu, dan makanan laut di mana bisa membuat kulit kemudian menjadi sangat gatal, beruam, dan bahkan membengkak.

Bukan hanya di telapak tangan saja rasa gatal bisa melanda, melainkan juga banyak kasus penderita mengalaminya di seluruh tubuh. Apabila sudah diikuti dengan timbulnya pembengkakan juga, maka ini akan begitu sangat tak nyaman bagi yang mengidapnya. Supaya tak berkelanjutan, ada baiknya untuk segera mencari cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi: Untuk mengatasi rasa gatal karena alergi, tentunya harus menghindari alergen sebisa mungkin. Pemakaian obat pun hanya bisa untuk menjadi pereda reaksi alergi dan oleh karena itu sebaiknya penderita bisa mencoba menghindari alergen sambil memanfaatkan juga obat antihistamin supaya reaksi dan gejala alergi dapat reda. Pengobatan akan berhasil untuk kasus alergi yang ringan hingga menengah.

(Baca juga: tangan kebastelapak tangan sakit)

3. Eksim

Telapak tangan yang terasa gatal terlalu sering dan tak kunjung sembuh bisa jadi adalah tanda bahwa Anda terkena eksim. Ingat bahwa eksim juga merupakan salah satu jenis gangguan pada kulit yang tak hanya bisa terjadi pada bagian kaki tapi juga mampu menyerang bagian tangan.

Penyakit eksim memang kelihatannya enteng, namun gatal-gatalnya bisa lebih buruk lagi kalau malam tiba serta pada waktu cuaca hangat. Istilah lain untuk eksim ini adalah dyshidrosis atau dermatitis palmoplantar dan kondisi ini masih bisa untuk Anda coba atasi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti debu, kain kasar, deterjen, perhiasan imitasi, kosmetik, atau adanya kandungan zat kimia tinggi.

Cara Mengatasi: Pada kasus gatal-gatal karena eksim, bisa Anda coba menggunakan pelembab emolien di mana fungsi utamanya adalah sebagai pengurang hilangnya cairan tubuh pada kulit. Kulit yang terkena eksim juga biasanya karena kekeringan, jadi lebih baik memang selalu menjaganya agar selalu lembab dan dalam keadaan segar.

4. Psoriasis

Jenis penyakit autoimun ini mampu menyebabkan gatal-gatal pada bagian telapak tangan atau kaki. Maka dari itu, gatal di telapak tangan bisa menjadi gejala dari psoriasis. Penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang di mana juga dikenal sebagai penyakit kronis. Ini terjadi saat sel-sel kulit tumbuh sangat cepat yang lalu terjadi penumpukan pada permukaan kulit.

Sebetulnya gejala psoriasis tak hanya bisa timbul pada bagian telapak tangan, ada juga banyak kasus di mana penderitanya mengalami sensasi gatal pada kaki dan tangan sekaligus. Biasanya, gejala gatal-gatal akan disertai juga dengan pengelupasan kulit, ruam merah, kulit bersisik, kulit kering dan juga perih, terutama di wajah, lutut, siku dan punggung.

Cara Mengatasi: Untuk mengatasi psoriasis, jenis dan tingkat keparahannya adalah hal yang menentukan pengobatan apa yang kiranya paling sesuai. Fototerapi cukup bisa diandalkan, atau penderita juga perlu menggunakan obat oles maupun obat minum. Apabila diperlukan bisa juga menggunakan suntikan bila gatal dan gejala lain di tangan lebih parah.

(Baca juga: bahaya tangan kanan kesemutanpenyebab kulit gatal)

5. Kudis

Telapak tangan yang gatal bisa jadi menjadi gejala penyakit kulit semacam kudis. Ada macam-macam penyakit kulit, dan kudis ini mampu menyebabkan gatal luar biasa di daerah telapak tangan atau area tubuh lainnya. Penyebab kudis sendiri adalah penyusupan tungau berukuran kecil yang masuk ke lapisan luar kulit.

Jenis penyakit menular ini adalah karena tungau yang bertelur dan menjadi penyebab gatal-gatal yang akan terasa begitu mengganggu di malam hari. Gejala-gejala lain yang menyertai adalah ruam, luka pada area bagian lipatan tubuh (ketiak, sekitar puting susu, sekitar payudara, siku, pergelangan tangan, dan telapak kaki juga tangan) dan adanya lepuhan-lepuhan kecil.

Karena bisa menular, maka memang setiap orang harus berhati-hati dan tidak dekat-dekat dengan penderita kuds. Potensi penularannya sangat tinggi dengan melalui kontak langsung pada jangka waktu lama dan dapat pula lewat aksi berpelukan atau sekadar berjabat tangan. Untuk itu, sebelum menular pada orang lain, ada baiknya untuk segera mengatasinya.

Cara Mengatasi: Penanganan medis kiranya sangat dibutuhkan dan biasanya pemberian obat dalam bentuk krim akan dilakukan oleh dokter di mana dalam obat oles tersebut ada terkandung insektisida supaya tungau pemicu kudis bisa terbasmi. Supaya rasa gatal mereda, biasanya penderita perlu menggunakan krim/gel mentol, krim steroid ringan, dan antihistamin oral.

6. Carpal Tunnel Syndrome

Jenis penyakit lain yang bisa saja menjadi penyebab gatal-gatal pada telapak tangan adalah Carpal Tunnel Syndrome. Keadaan ini dapat terjadi pada siapa saja di mana paling umum dipicu oleh kompresi saraf median baik itu terlalu sering menulis, mengetik atau aktivitas lain yang menuntut jari-jari tangan digunakan lebih sering.

Gejala paling dominan adalah rasa nyeri yang juga pada umumnya disertai dengan telapak tangan mati rasa, terutama di bagian jari-jari. Supaya tidak makin parah dan bertambah gejalanya, maka penanganan paling baik harus dilakukan supaya gejala cepat mereda.

Cara Mengatasi: Pada kondisi penyakit CTS, saraf sebenarnya sedang mengalami himpitan atau yang kita kenal sebagai saraf kejepit di mana pilihan pengobatan biasanya bisa dalam bentuk non-bedah atau bedah kalau memang sudah cukup parah. Untuk kasus ringan, penanganan biasanya adalah dengan penggunaan obat jenis NSAID seperti aspirin atau ibuprofen serta kortikosteroid di mana keduanya akan membantu sebagai pengendali gejala pada telapak tangan serta mengurangi gatal-gatalnya.

(Baca juga: penyebab kulit jari mengelupas obat gatal-gatal)

7. Lupus

Penyakit Lupus atau SLE (Systemic Lupus Erythematosus dapat menjadi penyebab terjadinya gatal di telapak tangan. Penyakit satu ini juga merupakan penyakit gangguan autoimun yang artinya gangguan daya tahan tubuh sedang terjadi di dalam tubuh penderita telapak tangan yang gatal sehingga malah membunuh sel-sel sehat di dalam tubuh.

Bukan hanya telapak tangan bisa merasakan gatal yang sangat membuat tak nyaman, namun kemerahan dan lesi pun akan muncul. Apabila didiamkan, ada kemungkinan ruam akan menjadi-jadi rasa gatalnya dan malah membuat penderitanya kurang nyaman. Ketika sudah terasa gatal dan terjadi terus-menerus, jangan ragu untuk mengambil langkah pengobatan.

Cara Mengatasi: Penyakit Lupus sayangnya tidak bisa disembuhkan, tapi selalu ada cara untuk menurunkan risiko gejala yang dialami oleh para penderitanya. Obat khusus penekan kekebalan tubuh biasanya adalah yang paling baik. Contoh obat yang dimaksud ini adalah seperti kortikosteroid dan siklofosfamid yang akan sangat membantu dalam mengurangi gejala gatal-gatal.

8. Primary Biliary Sirosis

Kondisi penyakit ini adalah penyebab pruritus atau yang juga dikenal dengan keadaan gatal-gatal pada kulitt. Di awal, penyakit ini akan menyebabkan rasa gatal tak hanya di bagian telapak tangan, tapi juga pada telapak kaki. Tanda-tanda akan makin banyak ketika penyakit ini berkembang.

Tingkat keparahan akan gatal bisa berfluktuasi sebab memang serangannya bisa terjadi kapan saja, namun memang lebih sering di malam hari. Penyebabnya adalah asam empedu yang menyebar secara bebas pada aliran darah di mana hal ini terjadi dikarenakan adanya masalah di bagian sistem saluran empedu. Segera dapatkan penanganan terbaik sebelum gejala makin menjadi-jadi dan makin sulit disembuhkan.

Cara Mengatasi: Pada umumnya, bila memang penyakit ini yang diderita sehingga telapak tangan menjadi gatal, obat bernama asam ursodeoxycholic adalah yang paling bisa diandalkan. Tujuan pemberian obat ini adalah supaya perkembangan penyakit bisa dihambat. Sementara untuk antihistamin, obat ini adalah yang paling baik untuk mengatasi rasa gatal sehingga bisa digunakan rutin sampai gejala hilang.

(Baca juga: penyebab mata gatal penyebab gatal di selangkangan)

9. Herpes Zoster

Infeksi yang terjadi di bagian saraf serta kulit di sekelilingnya adalah yang kita sebut dengan Herpes Zoster. Virus penyebab cacar air atau yang kita kenal dengan varisela zoster adalah virus yang juga menjadi penyebab Herpes Zoster. Pada kondisi ini, gejalanya bisa berupa rasa gatal di bagian telapak tangan atau bagian tubuh lainnya juga.

Cara Mengatasi: Untuk mengobati atau mempercepat kesembuhan Herpes Zoster, biasanya pemberian obat antiviruslah yang dilakukan oleh dokter. Pengobatan medis diperlukan supaya memperkecil potensi dan risiko kompliasi. Obat antivirus paling aman dan umum dikonsumsi selama 7-10 hari saja.

10. Diabetes Melitus

Penyakit jangka panjang lainnya yang sangat memungkinkan menjadi penyebab gatalnya telapak tangan adalah diabetes. Ketika kadar gula darah alias glukosa sangat tinggi dan lebih dari normal, maka diabetes adalah penyakit yang dapat menyerang . Selain rasa gatal pada telapak tangan, tanda-tanda lain yang kiranya bisa dialami adalah sering buang air kecil, sering haus, kelaparan ekstrem, luka tak kunjung sembuh, kerap mengalami infeksi, dan pandangan kabur.

Cara Mengatasi: Pemberian insulin secara rutin dan jangka panjang adalah solusi bagi perawatan penderita diabetes. Apabila memang gatal pada tangan adalah karena penyakit ini, maka untuk membuat gejalanya berkurang adalah dengan mengatasi langsung penyakit diabetes. Berdiet juga adalah salah satu hal penting yang setiap penderita diabetes seharusnya lakukan.

(Baca juga: obat alergi gatal cara menghilangkan gatal di kepala)

11. Multiple Sclerosis

Penyakit yang berhubungan dengan saraf selalu bisa memicu rasa gatal di bagian tangan dan salah satunya adalah MS atau Multiple Sclerosis. Penyakit MS ini timbul sebagai efek dari sistem daya tahan tubuh yang keliru di mana serangan justru mengarah pada selaput pelindung saraf alias mielin pada saraf tulang belakang dan otak.

Saraf-saraf yang rusak tersebut lalu mengeras dan kemudian memicu terbentuknya jaringan parut atau sklerosis. Gejala yang bisa saja terjadi salah satunya adalah gatalnya telapak tangan yang bisa dibarengi dengan gangguan penglihatan, rasa kebas, tubuh lemas, kelelahan ekstrem, pusing, gangguan motorik dan keseimbangan, kekakuan pada otot, cara bicara tak jelas, hingga gangguan seksual, mental, dan kandung kemih.

Cara Mengatasi: Jenis penyakit saraf seperti ini adalah kondisi yang tak mampu disembuhkan, apalagi untuk sclerosis progresif primer. Kalaupun ada pengobatan yang ditawarkan atau diberikan, tujuannya hanyalah sebagai penurun gejala dan supaya kondisi tak kambuh-kambuhan.

Steroid adalah jenis pengobatan yang bisa diberikan baik secara infus atau oral dengan tujuan mempercepat kesembuhan gejala dan memperbaiki sistem daya tahan tubuh. Ada pula obat-obat khusus lainnya yang lebih spesifik untuk menangani masalah setiap gejala yang diderita oleh pasien.

12. Penyakit Organ Dalam

Ada berbagai jenis penyakit organ dalam yang rupanya juga bisa berpengaruh terhadap kulit bagian telapak tangan kita. Kulit tangan dan kaki bisa saja mengalami gatal berlebih apabila menderita:

  • Penyakit liver
  • Gangguan tiroid
  • Anemia defisiensi zat besi
  • Kanker (limfoma atau leukemia)
  • Gagal ginjal

Pada sejumlah kondisi tersebut, gejala dengan bentuk rasa gatal bukan hanya akan dirasakan di telapak tangan saja, melainkan juga seluruh tubuh. Selalu ada kemungkinan bahwa membiarkan gejala gatal ini bisa berakibat makin buruk bagi kesehatan yang nantinya ditandai dengan munculnya tanda-tanda lain.

Cara Mengatasi: Karena kemungkinan rasa gatal pada telapak tangan bisa begitu membahayakan dan berhubungan dengan kondisi kesehatan organ dalam Anda, segera ke dokter untuk cek kesehatan. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi tentang keluhan gejala yang selama ini dialami supaya dokter juga lebih jelas dan bisa mengambil keputusan pengobatan paling tepat.

Baca juga:

Telapak tangan gatal bisa cukup mengganggu, apapun penyebabnya. Cobalah untuk menahan diri untuk tak menggaruk walau gatalnya begitu tak tertahankan. Sebaiknya Anda mencoba meletakkan handuk basah yang dingin pada area kulit yang terasa gatal supaya rasa gatal bisa berkurang. Hindari alergen dan selalu mandilah menggunakan air hangat dan sabun mandi yang sudah pasti tak memicu iritasi.