17 Cara Menghilangkan Gatal di Kepala Secara Alami

8440

Cara menghilangkan gatal di kepala adalah langkah terbaik dan mudah yang bisa dilakukan siapa saja ketika permukaan kulit kepala sedang terserang gatal. Gatal gatal di kulit kepala berpotensi mengganggu aktivitas sehari hari karena sekali saja kita menggaruk kepala yang gatal gatal maka akan semakin terasa gatal dan memungkinkan seseorang untuk terus menggaruknya. Aktivitas menggaruk yang terus menerus dapat memicu timbulnya kemerahan, rasa perih dan muncul Iritasi.

Faktor penyebab munculnya gatal di kepala :

1. Keringat

Keringat di permukaan kulit kepala cenderung mempermudah debu dan kotoran yang terbawa udara untuk singgah dan melekat, Akibatnya akan timbul gatal gatal dikepala. Selain karena aktifitas yang mengharuskan kita bergerak cepat, Aktifitas olahraga dan kondisi cuaca yang terik dapat menjadi penyebab penumpukan keringat yang telah terkontiminasi dengan kotoran dari udara, Aktifitas tersebut paling umum yang menyebabkan kepala mengalami gatal gatal.

2. Ketombe

Ketombe bisa muncul karena disebabkan pemakian sampo yang kurang tepat, Penggunaan vitamin sampo yang tidak sesuai atau karena ketika selesai keramas seseorang tidak memnbilas rambutnya dengan teliti sehingga masih ada zat kimia dari pemakaian kosmetik rambut yang tertinggal dan mengendap dipermukaan kulit kepala. Penumpukan zat kimia tersebut akan menjadi kerak kerak kering yang memicu gatal gatal dikepala.

3. Alergi

Seseorang yang memiliki kulit kepala yang alergi terhadap serangan radikal bebas, Sernagna zat kimia tertentu dari kosmetik rambut atau bahan bahan yang digunakan untuk creambath, Sebaiknya gunakan bahan bahan alami atau herbal yang memiliki kandungan ph seimbang agar kulit kepala tidak mengalami ruam ruam kemerahan dan rasa gatal yang terus saja datang.

4. Terserang penyakit Staphylococcal

Penyakit Staphylococcal adalah suatu penyakit gatal gatal dikulit kepala yang disebakan oleh serangan bakteri atau mikroorganisme lain yang memicu kulit kepala semakin bertambah gatal ketika digaruk.

5. Akibat Psoriasis

Psoriasis adalah sel sel kulit dikepala yang terlalu cepat tumbuh dan mudah tergantikan dengan sel kulit yang baru sehingga memicu munculnya kemerahan, Ruam ruam gatal, muncul kerak kering yang bercampur dengan sisik sisik kulit yang terkelupas, Akibatnya gatal gatal tidak bisa dihindari.

Solusi terbaik

17 Cara menghilangkan gatal di kepala dengan mudah dan ampuh

1. Minyak kelapa murni
Minyak kelapa memiliki kemampuan melembabkan kulit kepala, menjaga kestabilan minyak alami yang ada di permukaan kulit kepala, mencegah gatal gatal dan mencegah serangan dehidrasi ketika berada dibawah sinar matahari.

Caranya : Agar kondisi kulit kepala terhindar dari gatal gatal maka oleskan pada kepala sampai merata lalu lakukan pemijitan perlahan lahan dan biarkan sampai 20 sampai 30 menit agar khasiatnya dapat bekerja dengan maksimal.

2. Minyak wijen
Minyak wijen dapat mencegah kekeringan pada kulit kepala dan menjaga kondisi Ph permukaan kulit tetap stabil sehingga kulit kepal terhindar dari serangan gatal gatal akibat kulit yang kering dan bersisik.

Caranya : Gosokan perlahan lahan minyak wijen pada kulit kepala sebelum berangkat tidur malam lalu bungkus rambut dengan handuk tipis. Keesokan harinya kepal dan rambut bisa di bilas dengan air dingin. Dijamin gatal gatal kepala akan hilang dan tidak mudah untuk kembali lagi.

3. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh mengandung zat anti inflamasi dan antimikroba yang kuat yang mampu menghilangkan bakteri penyebab gatal serta dapaat menetralkan minyak alami dikulit kepala sehingga tidak mudah mengalami kekeringan .

Caranya: Minyak pohon teh dapat ditambahkan dengan minyak sayur kemudian dioleskan pada kulit kepala secara merata, Lalu lakukan pemijatan beberapa menit dan diamkan selam 30 menit sebelum di bilas dengan air dingin.

4. Minyak zaitun
Minyak zaitun mempunyaiu kemampuan dalam memperbaiki kerusakan fotikel rambut dan menghilangkan gatal gatal dikepala dan tetap menetralkan kondisi lembab kulit kepala agar tidak mudah kering.

Caranya : Oleskan pada kulit kepal secara merata, Lakukan pemijatan seperti sedang di creambath selama 29 menit lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.

5. Minyak jojoba
Minyak jojo ba terbuat dari ekstra botanical simmondsia chinensis yang diolah secara alami tanpa ada penambahan zat kimia didalam proses pembuatannya. Minyak jojoba dapat mengatur minyak alami yang terdapat dibawah permukaan kulit untuk tidak keluar secara berlebihan yang biasanya memicu munculnya munculnya ketombe yang sebelumnya disebabkan karena adanya serangan debu, asap dan radikal bebas lainnya yang terbawa dari udara yang menyebabkan gatal gatal di kepala.

Caranya : Oleskan pada kulit kepala dan lakukan creambath selama 20 sampai 30 menit yang diakhiri dengan pembilasan dengan menggunakan air dingin.

6. Ekstrak kayu semak
Ekstra Kayu semak merupakan herbal yang terbuat dari tumbuhan witch hazel yang banyak dibudidayakan di kawasan Amerika utara. Kegunaanya untuk menghilangkan gatal gatal di kepala akibat ketombe, kotoran, akibat pemakaian pewarna rambut karena obat Pengeritingan rambut dan sebagainya.

Caranya : Lakukan pemijatan pada kulit kepala secara perlahan lahan selama 20 menit saja dan tutuplah kepala dengan handuk kecil lalu diamkan selam 30 menit sebelum akhirnya di bilas dengan air dingin.

7. Air jeruk nipis
Air jeruk nipis memiliki kandungan anti bakteri, Anti peradangan dan ampuh sebagai antibiotik yang aktif dalam menghilangkan gatal gatal dipermukaan kulit kepala. Air jeruk nipis dapat melembabkan kulit kepala sehingga terhindar dari kekeringan sehingga tidak mudah terserang ketombe atau penumoukan kotiran akibat radikal bebas.

Caranya : Oleskan air jeruk nipis pada kulit kepala yang tidak memiliki luka. Pijat perlahan lalu diamkan selama 20 sampai 30 menit kemudian bilas dengan air hangat kemudian air dingin.

8. Jus tomat tua
Jus tomat memiliki nutrisi termasuk senyawa lycopen yang dapat membersihkan permukaan kulit kepala dari berbagai macam kotoran dan keringat dan memberikan kekembaban alami terhadap kulit kepala dalam waktu yang cukup lama.

Caranya :
Diolesklan pada kulit kepala lalu dipijat pijat seperti sedang creambath selama 20 menit lalu diamkan selam 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat kemudian disusul dengan air dingin.

9. Jus Alpukat
Alpukat adalah salah satu jenis buah buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit termasuk kulit kepala. Serat dan vitamin E nya dapat bertindak sebagai antioksidan kuat untuk melawan bakteri penyebab gatal gatal di kulit kepala serta mampu mengembalikan kelembabn kulit yang hilang akibat paparan radikal bebas termasuk sinar matahari.

Caranya : Alpukat di blender lalu oleskan pada kulit kepala dan lakukan pemijatan perlahan .Jadikan alpukat sebagai masker rambut dan kepala agar kondisi kulit kepala dan rambut menjadi lebih sehat dan selalu lembab alami. Kelembaban yang stabil pada kulit kepala dapat menghindari terjadinya gatal gatal .

10. Madu dan Pisang ambon
Campuran madu dan pisang ambon dapat melenyapkan rasa gatal yang menyerang kulit kepala akibat keringat, Debu dan serangan sinar matahari. Madu dan zat kalium yang ada pada pisang mampu melembabkan kulit kepala tanpa membuatnya menjadi iritasi.

Caranya: Hancurkan atau lumatkan pisang ambon kemudian tambahakan madu secukupnya. Buatlah seperti pasta lalu oleskan pada kulit kepala sambil melakukan pijatan perlahan selama 20 sampai 30 menit kemudian bilaslah dengan air bersih

11. Lidah buaya
Cara menghilangkan gatal di kepala dapat dilakukan dengan menggunakan lendir lidah buaya. Lendir lidah buaya memiliki kemampuan klinis dalam mengangkat kotoran yang bercampur keringat serta ketombe dan kerak kerak kering yang ada dipermukaan kulit. Kondisi tersebut dapat diisebabkan oleh pemakaiana sampo, Minyak rambut atau karena kurang bersih ketika membilas rambut setelah selesai keramas.

Caranya: Ambilah lendir lidah buaya lalu blenderlah. Oleskan lendir yang telah halus ke permukaan kulit kepala secara merata lalu pijat perlahan selama beberapa menit. Diamkan setelah pemijatan selama 30 menit kemudian bilaslah dengan air dingin.

12. Baking soda
Baking soda dapat mengangkat dan menghilangkan ketombe, Keringat berlebih , Kotoran dan berbagai macam kerak kerak kering penyebab gatal gatal di kepala.

Caranya:
Oleskan baking soda yang telah dirambahkan air bersih secukupnya pada kulit kepala. Gosok perlahan sambil melakukan gerakan pijatan selama 20 menit. Kemudian bilas segera dengan menggunakan air dingin.

13. Menggosok dengan garam
Cara menghilangkan gatal dikepala yang murah meriah dan dapat dilakukan siapa saja adalah menggunakan Garam . Garam merupakan salah satu mineral yang baik bagi kesehatan kulit kepala karena dapat menghilangkan gatal gatal serta menghilangkan ketombe dan kotoran yang melekat karena keringat yang telah bercampur dengan debu.

Caranya : Ambilah garam halus beryodium dan balurkan pada kulit kepala lalu gosok perlahan lahan selama 20 menit saja kemudian langsung bilas dengan air dingin .

14. Lemon dan air dingin
Cara menghilangkan gatal dikepala dapat menggunakan air lemon. Air lemon dapat mengangkat kotoran yang melekat pada kulit kepala penyebab gatal gatal. Lemon mempunyai kemampuan memblokir akktifitas jamur dan pergerakan mikroorganisme yang biasaanya dapat mengakibatkan gatal bercampur irutasi pada permukaan kulit kepala.

Caranya : Belahlah buah lemon menjadi dua bagian lalu teteskan beberapa kali air es. Lalu gosok perlahan pada seluruh kulit kepala. Air lemon mampu mengangkat ketombe dan kotoran lain yang di permukaan kulit kepala. Zat anti bakterinya mampu menjaga kelembaban dan mencegah pertumbuhan bakteri di kulit kepala.

15. Cuka apel
Cuka apel mengandung zata anti inflamasi dan anti bakteri yang kuat daalam membersihkan kotoran dan bakteri penyebab rasa gatal gatal dipermukaan kulit kepala. Cuka apel adalah salah satu bahan aman yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan gatal dikepala karena mampu mematikan bakteri secara klinis tanpa menyebabkan kulit kepal menjadi kering atau iritasi.

Caranya :
Oleskan cuka apel yang sebelumnya ditambahkan dengan sedikit air biasa. Lakukan pemijitan perlahan agar kotiran yang melewkat pada kulit kepal terangkat dengan cepat. Setelah itu diamkan selama 20 menit lalu bilaslah dengan air dingin.

16. Rajin keramas secara konsisten
Cara menghilangkan gatal di kepala yang paling judah adalah membiasakan diri untuk keramas dengan aturan yang telah dibuat sendiri yang dilakaukan secara konsisten dan teratur adalah penting untuk mencegah kulit kepala terserang gatal gatal akibat ketombe dan keringat yang telah bercampur debu. Setidaknya keramaslahsatu kali setiap hari dengan air dingin agar tidak memberi peluang bagi bakteri untuk mengurai dengan kotoran yang melekat dikulit kepala akibat serangan radikal bebas selama beraktifitas sehari hari.

17.Meningkatkan perlindungan kulit kepala
Cara menghilangkan gatal dikepala yang mudah dilakukan siapa saja adalah meningkatkan perlindungan pada kondisi kulit kepaol bertujuan untuk mempertahankan kesehatan kulit kepala agar selalu terhindar dari gatal gatal dan iritasi. Perlindungan tersebut misalnya selalu keramas dengan air dingin, Menghindari sedapat mungkin paparan sinar matahari yang dapat memicu munculnya sebum atau minyak berlebih dikepala yang pada akhirnya menyevbabkan kulit gatal gatal, Menggunakan sampo, Minyak ramut dan vitamin rambut yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut dan sebagainya. Meningkatkan perlindungan terhadap kulit kepala sangat efektif sebagai cara mengatasi kulit kepala gatal.