Home Penyakit dan KelainanKulit dan Kelamin 8 Penyebab Eksim Kering dan Solusinya

8 Penyebab Eksim Kering dan Solusinya

by Henny Anugerah

Penyebab eksim kering adalah dampak buruk akibat jumlah zat asam berlebihan pada jaringan kelenjar getah bening dan menyebabkan reaksi gatal. Munculnya penyakit Eksim kering bisa muncul sewaktu waktu pada pria maupun wanita karena proses pengeluaran racun dalam tubuh tidak berjalan melalui organ ginjal dan lambung melainkan langsung melalui pori pori kulit.

Tanda tanda

Munculnya eksim kering memiliki tanda tanda umum yang mudah dikenali, diantaranya:

  • Bintik bintik merah
  • Ruam ruam yang terlihat bergerombol
  • Gatal gatal dan terasa panas seperti terbakar
  • Kulit kering, Bersisik dan mengalami penebalan
  • Muncul bintil bintil kecil berisi cairan
  • Kondisi permukaan kulit keriput dan warna tidak rata
  • Sisik sisik kulit mudah terkelupas dengan sendirinya
  • Ketika gatal dan mendapat garukan maka akan mempercepat perluasan ruam dan meradang dalam beberapa hari.

Penyebab eksim kering
Peningkatan zat asam pada kelenjar getah bening dapat dipicu oleh beberapa faktor, Diantaranya:

1. Makanan tertentu
-Mengurangi garam
Mengurangi makanan yang mengandung banyak garam, Gula atau makanan yang terlalu manis misalnya cokelat. Garam dan gula yang berlebihan adalah pemicu peningkatan zat asam didalam jaringan getah bening. (Baca juga : Bahaya akibat kelebihan garam)

– Menghindari lemak jenuh
Hindari makanan yang digoreng atau yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti jenis junkfood. Minyak trans dan lemak yang terbuat dari mentega, Keju dan sebagaiunya yang sering ada pada makanan junkfood dapat menyumbat saluran kelwnjar getah bening dan menyebbakan penumpukan zat asam. (Baca juga : Lemak jenuh)

– Menjauhi makanan laut-
Jauhi jenis makanan laut karena cenderung memiliki kandungan zat logam tinggi seperti tiram, Lobster, Kerang, Cumi cumi, Kepiting dan lain lain. Jika eksim dinyatakan asembuh sebaiknya kurangi asupan jenis makanan laut atau agar lebih aman gantilah dengan ikan berair payau.

2. Bahan pakaian tertentu
Tidak memakai pakaian yang berbahan dasar tebal atau tidak mampu menyerap keringat misalnya wool atau bahan polister.Pakailah yang berbahan dasar katun. Keringat yang tertahan dikulit dan tidak cepat terserap oleh pakaian maka akan menyumbat pori pori dan menyebabkan biang keringat serta memicu gatal gatal.

3. Perhiasan
Tidak memakai perhiasan yang terbuat dari kuningan, Besi, Tembaga dan Timah dapat membuat reaksi penolakan keringat yang menyebabkan gatal gatal. Pakailah yang berbahan dasar plastik, Kayu, Batu batuan atau emaskarena lebih aman dan tidak memicu munculnya gesekan pada kulit yang menyebabkan gatal gatal yang bisa memicu munculnya eksim kering.

4. Pemilihan kosmetik
Penyebab eksim kering dapat dikarenakan oleh penggunaan kosmetik yang tidak memiliki ph seimbang dan memiliki kandungan deterjent yang cukup tinggi. Kenali jenis kulit dan karakteristik dari kulit kita sendiri terlebih dahulu sebelum menggunakan kosmetik atau konsultasikan pada dokter yang terkait.

5. Serangan radikal bebas
Penyebab eksim kering dapat disebabkan karena adanya debu yang bercampur dalam keringat atau asap kendaraan yang dibawa oleh udara dan melekat pada permukaan kulit yang kemudian nmenyebakan terjadinya gatl, Iritasi dan ruam ruam yang jika dibiarkan saja dapat menimbulkan serangan eksim kering. Terlebih jika seseorang memiliki jenis kulit kering dan alergi terhadap radikal bebas termasuk debu maka munculnya gejala eksim kering pada permukaan kulit akan mudah terbentuk.

6. Kelembaban kulit tinggi
Hindari kelembaban yang berlebihan pada lipatan tangan, Belakang lutut atau leher pada cuaca yang terik, Karena aktifitas sehari hari atau karena olahraga. karena jika tidak segera diseka dan ditaburi bedak khusus gatal maka kulit akan mudah teriritasi dan memicu gatal gatal yang bila terus menerus terjadi dapat menyebabkan munculnya eksim kering. Kelembaban kulit yang terkalu tinggi adalah penyebab eksim kering yang sering menyerang anak dan dewasa.

7. Berbagi barang pribadi
Sedapat mungkin janganlah memakai pakaian atau handuk bergantian dengan seseorang yang menderita eksim kering walaupun sebenarnya eksimnya hanya terjadi pada bagian kakinya saja. Eksim kering termasuk penyakit yang mudah menular pada orang lain apalagi pada seseorang yang sedang dalam kondisi tidak sehat atau mengalami penurunan daya tahan tubuh. Hindari memakai barang orang lain jika ingin terhindar dari penyebab eksim kering.

8. Luka pada bekas cacar
Penyebab eksim kering yang cukup mengejutkan adalah Luka yang pernah sembuh akibat serangan cacar. Luka bekas cacar dapat mempermudah permukaan kulit menjadi luka kembali dan memicu munculnya eksim kering, Contohnya luka bekas cacar pada kaki. Bekas luka cacar akan berubah gatal gatal dan ruam kemerahan jika terjadi gesekan terus menerus terhadap sepatu, Sandal atau kaos kaki yang telah mengandung keringat dan bakteri. Lindungi luka bekas cacar anda dariu sernagan keringat dan radikal bebas akibat udara kotor agar terhindar dari eksim kering.

Solusi terbaik
Tips mudah dan ampuh cara mengobati eksim kering pada pria dan wanita

1. Bawang putih
Tumbuklah bawang putih sampai halus lalu teteskan sedikit air jeruk nipis. Oleskan ramuan yang memiliki zat anti bakteri dan peradngan tersebut pada eksim kering setiap hari pagi dan malam menjelang tidur. Ramuan sederhana ini sangat ampuh mengobati gejala dan penyakit eksim kering yang telah berlangsung cukup lama. Baca juga : Efek samping bawang putih bagi kesehatan

2. Lidah buaya
Lendir lidah buaya bersifat mendinginkan dan menenangkan luka yang ada pada eksim sehingga rasa gatal dan nyeri akibateksim dapat dikurangi dan zat anti peradangannya mampu mempercepat proses penyembuhan eksim. Baca juga: Khasiat lidah buaya untuk kulit

3. Daun sirih + Air jeruk lemon
Rebuslah 5 lembar daun sirih hijau atau merah lalu dinginkan, Setelah itu saringlah airnya kemudian tambahkan air jeruk secukupnya . Minumlah ramuan ampuh ini setiap hari sampai penyakit eksim kering sembuh.

4. Sambiloto + Temulawak
Daun sambiloto dan temulawak yang yang diiris kecil kecil dapat direbus menjadi satu hingga mendidih. Dinginkan lalu saring airnya. JaNgan lupa tambahkan gula merah untuk meminimalkan rasa getir dari kedua bahan herbal tersebut. Minumlah ramuan pahit tetapi sangat manjur menyembuhkan eksim kering ini sehari dua kali setiap hari.

5. Kunyit
Kunyit dapat dihaluskan terlebih dahulu kemudian campurkan dengan kapur sirih dan Ragi tape. Aduklah berulang kali ramuan tersebut sampai merata kemudian oleskan pada kulit yang terserang eksim kering. Lakukan setiap hari pagi dan sore hari sampai eksim benar benar hilang tanpa meninggalkan jejak atau bekas.

6. Biji mahoni
Serbuk biji mahoni dapat direbus dahulu ,Setelah matang tambahakan madu asli secukupnya. Setelah hangat minumlah setiap hari sampai eksim kerIng sembuh. Konsumsilah pagi dan malam hari sebelum berangkat tidur agar manfaat dari biji mahoni dan madu dapat meresap cepat secara maksimal diodalam tubuh dan mengendalikan penyembuhan terhadap eksim. (Baca juga : Efek samping biji mahoni)

7. Bunga Kecubung + Minyak zaitun
Ambilah bunga kecubung lalu tumbuhlah sampai halus kemudian tambahkan minyak zaitun secukupnya laluy oleskan pada permukaan kulit yang mengalami eksim kering. Oleskan sambil dipoijat pijat lembut agar mempermudah penyerapan ramuan. Bunga kecubung adalah bunga dari tanaman liar yang biasa tumbuh dalam hutan, Dipinggir pematang sawah atau biasa tumbuh diarea perkebunan. Bunga kecubung memiliki zat anti radang yang cukup tinggi.

8. Jeruk nipis
Agar terhindar dari penyebab eksim kering sebaiknya rajin mengolesi eksim dengan ramuan jeruk nipis. Caranya Peraslah jeruk nipis lalu tambahkan Ragi tape, Kapur sirih, lalu aduklah hingga merata. Ramuan siap dioleskan pada kulit yang terserang eksim kering. Lakukan dua kali sehari sampai eksim sembuh. Ramuan ini dapat pula manjur mengobati jenis eksim basah namun penggunaan air jeruk nipis sedikit dikurangi.

You may also like