13 Cara Memutihkan Selangkangan Secara Alami dan Permanen (No. 10 Paling Mudah)

13684

Selangkangan yang menghitam adalah hal umum yang sering dialami oleh wanita. Sayangnya, banyak wanita yang tidak terlalu memperhatikan hal tersebut, dengan alasan, bagian selangkangan adalah area yang tidak nampak saat bepergian atau beraktivitas di luar. Jadi, menghitamnya kulit selangkangan sering tidak dihiraukan oleh banyak wanita. Namun, apa jadinya jika Anda sudah memiliki pasangan (suami)? Tentu Anda sebagai wanita akan berpikiran lain lagi. Anda pasti akan merasa sangat terganggu jika memiliki selangkangan yang menghitam. Terutama ketika berhubungan intim dengan suami. Tentu Anda akan merasa sangat risih dan merasa tidak percaya diri dengan kondisi semacam itu.

Banyak wanita yang bingung harus melakukan metode seperti apa agar mereka memiliki area selangkangan yang lebih cerah. Kondisi ketika selangkangan menghitam seringkali membuat wanita merasa malu atau tidak nyaman ketika harus berhubungan intim dengan suami. Jika Anda bingung harus melakukan perawatan yang aman dan alami untuk memutihkan area selangkangan yang menghitam, maka Anda bisa menerapkan beberapa metode alami berikut ini.

1. Menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis adalah jenis buah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya mengandung banyak vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon dan jeruk nipis itulah yang mampu memutihkan area kulit selangkangan yang hitam. Tidak hanya area selangkangan saja, kandungan vitamin C dalam lemon dan juga jeruk nipis tersebut mampu mencerahkan kulit wajah. Karena itu, tidak heran jika banyak produk kosmetik yang memanfaatkan ekstrak lemon dan juga jeruk nipis. Produk kecantikan yang mengandung ekstrak lemon dan juga jeruk nipis tersebut menawarkan hasil pada kulit yang lebih putih dan juga cerah.

Untuk memutihkan area selangkangan menggunakan lemon dan jeruk nipis, Anda bisa memotong lemon atau jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Anda bisa mengoleskan lemon atau jeruk nipis tersebut di area selangkangan yang berwarna hitam. Jika rutin melakukannya setiap hari, niscaya lama-kelamaan area selangkangan akan menjadi lebih putih dan cerah.

Baca juga : Bahaya Jeruk Nipis Bagi Penderita Maag

2. Menggunakan Susu dan Yogurt

Susu dan yogurt merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan area selangkangan yang hitam. Untuk memperoleh manfaat susu atau yogurt agar mendapatkan area selangkangan yang lebih putih, Anda bisa mencampurkan susu atau yogurt ke dalam air dan menggunakannya untuk mandi. Metode lainnya, Anda bisa mengoleskan susu atau yogurt ke area selangkangan dan mendiamkannya beberapa saat. Kandungan nutrisi dan juga vitamin yang terkandung didalam susu dan yogurt sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Tidak terhitung lagi jumlah produk kosmetik yang memanfaatkan susu maupun yogurt untuk memberikan hasil kulit yang lebih cerah dan putih. Selain kulit selangkangan yang lebih putih dan juga cerah, susu dan juga yogurt sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit sehingga kulit lebih kenyal dan lembab.

Baca juga : Khasiat Susu Sapi Murni

3. Bubuk Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan untuk bahan tambahan makanan. Selain itu, kunyit juga sering diekstrak dan dimanfaatkan sebagai jamu ataupun obat-obatan herbal yang menyehatkan. Kunyit mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh, seperti vitamin C, B1, karbohidrat, protein, lemak baik, dan lain sebagainya. Kunyit juga mengandung minyak asiri yang sering digunakan sebagai obat alami penurun kolesterol.

Kunyit seringkali dimanfaatkan untuk obat luar yang berguna untuk mencegah iritasi kulit. Maka dari itu, manfaat kunyit untuk mencerahkan area selangkangan sangat efektif karena kunyit dapat mencegah dan juga menanggulangi terjadinya iritasi pada area selangkangan yang hitam. Selangkangan yang menghitam bisa jadi disebabkan oleh iritasi jamur atau bakteri tertentu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan air lemon atau air jeruk nipis, kemudian mengoleskan campuran bubuk kunyit dan air lemon tersebut ke area selangkangan. Diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian cuci dengan air dan juga sabun.

4. Mentimun

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Mentimun adalah salah satu jenis buah yang sering dijadikan sebagai pendamping rujak. Sudah banyak pula produk kecantikan yang menggunakan ekstrak mentimun untuk mencerahkan kulit atau memberikan hasil kulit yang lebih sehat. Selain untuk perawatan kecantikan, Anda juga bisa memanfaatkan mentimun untuk mencerahkan kulit selangkangan yang hitam. Caranya, cukup memotong mentimun kemudian mengoleskan potongan mentimun tersebut ke area selangkangan yang hitam. Diamkan beberapa saat sampai mengering dan nutrisi yang terkandung di dalam mentimun meresap sempurna ke area kulit selangkangan. Setelah itu, cuci menggunakan air seperti biasa. Metode tersebut dapat Anda lakukan setiap hari, hasilnya selangkangan Anda akan lebih putih dari sebelumnya.

Artikel terkait : Khasiat Timun untuk Kesehatan

5. Minyak Kelapa

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mencerahkan selangkangan adalah minyak kelapa. Minyak kelapa sangat kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Sejak dahulu, vitamin E sudah dipercaya untuk menjaga kesehatan kulit dan juga berguna sebagai antioksidan alami yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini akibat paparan radikal bebas. Untuk memperoleh manfaat minyak kelapa, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke area selangkangan dan mendiamkannya beberapa saat. Kandungan nutrisi dalam minyak kelapa, salah satunya adalah vitamin E sangat berguna untuk mencerahkan kulit dan mencegahnya kembali hitam. Setelah didiamkan beberapa saat, basuhlah kulit selangkangan menggunakan air dan juga sabun.

6. Pepaya

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang sering diekstrak dan disertakan dalam beberapa produk kecantikan seperti sabun dan hand and body lotion. Kandungan vitamin A dan juga vitamin C yang sangat tinggi sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan juga mencerahkan kulit. Jika memiliki selangkangan hitam maka bisa memanfaatkan pepaya untuk mencerahkan area selangkangan yang hitam tersebut. Caranya, haluskan pepaya yang sudah matang kemudian oleskan ke bagian selangkangan yang hitam. Diamkan beberapa saat hingga nutrisi dalam pepaya meresap ke dalam kulit. Setelah itu basuh menggunakan air dan juga sabun. Hal yang perlu Anda ketahui, jangan pernah menggunakan pepaya yang masih mentah karena kandungan getah dalam pepaya mentah justru dapat menyebabkan munculnya reaksi alergi pada kulit seperti gatal-gatal dan ruam.

Baca juga : Khasiat Daun Pepaya

7. Kentang

Anda mungkin masih sangat asing dengan penggunaan kentang sebagai pencerah kulit. Kentang ternyata sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam dan juga berbagai noda hitam pada kulit. Karena itu jangan heran jika kentang mampu memutihkan kulit selangkangan yang hitam. Untuk memperoleh kulit selangkangan yang lebih putih menggunakan kentang, bisa menghaluskan kentang menggunakan blender kemudian menempelkan kentang yang sudah halus tersebut ke area selangkangan yang hitam. Seperti metode sebelumnya, diamkan kentang tersebut beberapa saat di selangkangan. Setelah itu cuci kulit selangkangan menggunakan air.

Baca juga : Bahaya Kentang Goreng Bagi Kesehatan

8. Minyak Zaitun

Anda pasti sudah tidak asing dengan pemanfaatan minyak zaitun sebagai salah satu bahan yang mampu menutrisi kulit. Minyak zaitun kaya akan vitamin dan juga nutrisi seperti antioksidan dan juga asam lemak tak jenuh. Dibandingkan dengan jenis minyak nabati yang lain, minyak zaitun adalah jenis minyak nabati yang terbaik. Sudah bukan rahasia lagi bahwa minyak zaitun sering digunakan untuk bahan tambahan dalam produk kecantikan. Selain untuk mempercantik kulit, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk memutihkan kulit selangkangan, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke area selangkangan yang hitam. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun akan mencegah terjadinya iritasi pada kulit selangkangan sehingga kulit selangkangan lebih putih.

9. Tepung Beras

Tepung beras ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bahan baku untuk membuat aneka makanan. Tepung beras ternyata juga berguna untuk mencerahkan area selangkangan. Untuk memiliki selangkangan yang lebih putih, Anda dapat mencampurkan tepung beras dengan cuka yang mengandung asam sitrat. Campuran keduanya dapat Anda gunakan sebagai scrub untuk mencerahkan kulit selangkangan Anda. Campuran antara tepung beras dan juga cuka tersebut sangat efektif untuk membersihkan dan juga mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit selangkangan menjadi hitam.

10. Kulit Jeruk

Apakah sekarang Anda sedang mengkonsumsi jeruk? Jika sedang mengupas jeruk jangan buang dulu kulit jeruk tersebut. Selain buahnya yang kaya akan vitamin C, ternyata kulit jeruk juga mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk mencerahkan kulit selangkangan menggunakan kulit jeruk Anda bisa menggosokkan kulit jeruk ke area selangkangan yang berwarna hitam. Cara lainnya adalah dengan memarut atau menghaluskan kulit jeruk kemudian mengoleskannya ke area selangkangan yang hitam. Diamkan beberapa saat lalu cuci menggunakan air dan juga sabun.

Baca juga : Bahaya Jeruk bagi Penderita Diabetes

11. Bengkoang

Meskipun buah bengkoang tidak mengandung vitamin C seperti jenis buah lainnya yang mampu mencerahkan kulit, namun khasiat bengkoang untuk mencerahkan kulit yang gelap sudah tidak perlu diragukan lagi. Buah bengkoang juga banyak digunakan dalam produk kecantikan untuk mencerahkan kulit. Karena itu, jika Anda memiliki selangkangan yang hitam maka bisa memanfaatkan bengkoang untuk mencerahkan area tersebut. Caranya adalah dengan menghaluskan bengkoang kemudian mengoleskan air bengkoang tersebut ke area selangkangan. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa menghaluskan bengkoang dengan cara konvensional seperti dengan cara diparut. Menghaluskan bengkoang dengan cara diblender akan menyebabkan kandungan nutrisi dalam bengkoang lebih mudah terbuang.

Untuk memperoleh selangkangan yang lebih putih, Anda bisa mengoleskan bengkoang yang telah dihaluskan ke area selangkangan secara tipis-tipis. Setelah kering, basuh menggunakan air. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih optimal, Anda dapat mengulangi metode tersebut beberapa kali. Meskipun dilakukan berulang-ulang, metode tersebut tidak akan menimbulkan efek samping karena buah bengkoang sangat aman digunakan pada area kulit.

12. Kapur Sirih dan Jeruk Nipis

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan selangkangan adalah kapur sirih. Campurkan air kapur sirih dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan campuran dari kedua air tersebut ke area selangkangan. Biarkan hingga mengering kemudian cuci menggunakan air dan sabun. Saat menggunakan air kapur sirih tersebut Anda harus berhati-hati, jangan sampai air mengenai daerah kewanitaan Anda karena air kapur sirih dapat menyebabkan iritasi.

Baca juga : Bahaya Kapur Barus

13. Membuat Krim Pemutih Sendiri

Area selangkangan adalah area yang sangat rentan terhadap iritasi karena wilayahnya yang sangat dekat dengan daerah kewanitaan. Merawat daerah selangkangan menggunakan krim pemutih sangat rentan karena bisa mengenai daerah kewanitaan dan menimbulkan iritasi. Jika Anda takut terhadap iritasi tersebut, maka Anda bisa membuat krim pemutih sendiri. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit, yogurt, dan air perasan jeruk nipis.

Campuran ketiganya mengandung banyak nutrisi yang efektif mencerahkan kulit yang gelap. Selain itu, krim pemutih alami tersebut juga aman digunakan pada area selangkangan. Cara menggunakannya juga sangat mudah, sama seperti ketika Anda menggunakan krim kecantikan pada umumnya.

Beberapa cara alami di atas memang belum terbukti secara klinis, namun bahan alami tentu lebih aman dan memberikan hasil yang lebih optimal pula. Karena itu, Anda tidak perlu takut untuk mencoba beberapa metode yang telah dijelaskan di atas.

Penyebab Selangkangan Menghitam

Akibat berbagai aktivitas yang dilakukan sehari-hari, wanita sering mengalami masalah bagian kulit selangkangan yang menghitam. Perubahan warna kulit selangkangan tersebut biasanya terjadi karena adanya hiperpigmentasi kulit. Pigmentasi merupakan perubahan warna kulit seseorang yang disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti penyakit atau perlukaan yang menimbulkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap (hyperpigmentation) atau bisa juga menjadi lebih terang (hypopigmentation).

Kondisi yang lebih sering dialami oleh kebanyakan wanita adalah perubahan warna kulit selangkangan yang menjadi lebih menghitam. Kondisi hiperpigmentasi tersebut terjadi ketika ada peningkatan jumlah melanin pada kulit, melanin tersebut adalah substansi tubuh yang bertanggung jawab pada perubahan warna kulit. Adapun beberapa kondisi yang menjadi pemicu menghitamnya kulit selangkangan adalah:

1. Obesitas

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) biasanya memiliki bentuk paha yang lebih besar. Akibatnya, bagian selangkangan lebih mudah mengalami gesekan dengan pakaian yan dipakai sehari-hari. Gesekan dengan pakaian itulah yang menyebabkan kulit selangkangan menghitam. Kondisi semacam itu akan lebih parah ketika seseorang dengan berat badan berlebih justru memakai jenis pakaian yang terlalu ketat. Pakaian terlalu ketat akan menimbulkan gesekan yang lebih besar sehingga selangkangan akan lebih cepat menghitam.

Artikel terkait :

2. Hormon yang Tidak Seimbang

Pada sebagian orang, biasanya dialami oleh wanita, kondisi hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan kulit selangkangan menghitam. Wanita yang mengkonsumsi beberapa jenis obat yang dapat mempengaruhi sistem hormonal dapat mengakibatkan kondisi kulit menjadi tidak normal (menghitam), seperti ketika sedang hamil atau sedang mengkonsumsi pil KB. Bisa juga si wanita sedang menggunakan alat kontrasepsi (KB). Kondisi lain yang menyebabkan keadaan hormonal tidak stabil adalah ketika wanita sedang mengalami siklus menstruasi. Pada saat menstruasi sangat mungkin wanita mengalami kondisi hormon yang tidak stabil. Kondisi tersebut bisa berpengaruh pada menghitamnya kulit selangkangan. Namun, ketika menstruasi selesai, bisa saja kulit selangkangan yang menghitam tersebut akan memudar dan kembali ke warna kulit seperti semula.

Baca juga : Penyebab Darah Beku saat Haid

3. Celana Dalam yang Terlalu Ketat

Pemakaian celana dalam yang terlalu ketat akan memperbesar kemungkinan gesekan antara kulit area V dengan pakaian dalam yang sedang dipakai. Gesekan itulah yang menyebabkan terjadinya iritasi dan menimbulkan hiperpigmentasi kulit pada area V sehingga selangkangan menjadi hitam.

Hiperpigementasi biasanya akan semakin parah ketika jenis celana dalam yang dipakai merupakan celana dalam yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat. Akibatnya, area V lebih lembab dan meningkatkan resiko terjadinya iritasi yang menyebabkan hiperpigmentasi.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

4. Pakaian yang Terlalu Ketat

Tidak hanya pakaian dalam saja, pakaian luar yang terlalu ketat pun juga bisa memicu menghitamnya kulit selangkangan. Tekanan yang terlalu kuat dari pakaian yang dikenankan akan menyebabkan gesekan yang semakin besar antara kulit area V dengan pakaian yang dipakai. Gesekan itulah yang memicu penggelapan area selangkangan. Penggelapan kulit selangkangan juga terjadi karena adanya iritasi yang disebabkan oleh besarnya gesekan antara kulit dengan pakaian yang terlalu ketat.

5. Infeksi Jamur

Area V yang jarang dibersihkan akan menyebabkan jamur di area V berkembang lebih cepat dan menyebabkan adanya infeksi. Biasanya kondisi lembab memicu perkembangan dan juga infeksi jamur di area selangkangan. Infeksi jamur itulah yang menyebabkan area selangkangan menjadi lebih gelap. Jarang membersihkan area selangkangan tidak hanya menyebabkan perkembangan dan juga infeksi jamur semakin meningkat, tetapi juga memicu penumpukan daki yang membuat area selangkangan menjadi area yang hitam.

Artikel terkait : Penyebab Keputihan pada Wanita

6. Menderita Penyakit Tertentu

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes melitus juga sangat rentan memiliki area selangkangan yang menghitam. Tidak hanya area selangkangan saja. Daerah-daerah tubuh yang sering mengalami lipatan seperti daerah ketiak dan tengkuk sangat rentan mengalami penggelapan kulit. Kondisi tersebut terjadi karena adanya gangguan kadar insulin didalam tubuh atau yang sering disebut dengan acunthosis migricans. Biasanya orang-orang dengan berat badan berlebih (obesitas) lebih rentan terkena gangguan kulit yang menghitam karena orang dengan berat badan berlebih lebih rentan terkena diabetes melitus.

Baca juga : Makanan Penyebab Diabetes Melitus

7. Usia

Usia juga bisa menjadi faktor pemicu menghitamnya bagian selangkangan. Biasanya, makin tua usia seseorang maka akan semakin meningkat pula proses pigmentasi kulit terjadi. Dengan kata lain, makin tua usia seseorang maka penghitaman area selangkangan juga semakin meningkat. Tidak hanya area selangkangan saja. Area lain yang sering mengalami lipatan juga sangat rentan untuk menghitam.

Beberapa faktor di atas menyebutkan bahwa menghitamnya area selangkangan disebabkan oleh faktor internal, seperti faktor usia dan kondisi medis tertentu. Namun, diantara banyaknya penyebab yang telah disebutkan diatas, faktor eksternal seperti pemakaian celana yang terlalu ketat adalah faktor paling besar yang sering menyebabkan area selangkangan menghitam. Karena itu, banyak wanita yang mengalami kondisi di mana area selangkangan mereka menjadi hitam padahal mereka tidak mengalami gangguan medis apapun.

Agar Kulit Selangkangan Tetap Putih

Jika beberapa metode diatas telah dilakukan maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempertahankan agar kulit selangkangan tetap putih. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan guna mempertahankan area selangkangan tetap cerah dan putih adalah:

  • Usahakan agar tidak memakai celana yang terlalu ketat. Hindari pula pemakaian underwear yang terlalu ketat dan menggunakan bahan yang tidak menyerap keringat. Pemilihan ukuran dan jenis bahan celana sangat penting untuk mengurangi gesekan yang menyebabkan penggelapan pada area selangkangan.
  • Usahakan agar tidak mencukur bulu kemaluan menggunakan alat pencukur maupun krim perontok. Metode tersebut sangat rentan menyebabkan kulit iritasi dan memicu menggelapnya kulit selangkangan. Jika Anda ingin mencukur bulu kemaluan, Anda bisa menggunakan gunting untuk mengurangi resiko iritasi.
  • Usahakan agar tidak menggunakan bedak pada area kemaluan Anda karena dapat menyebabkan area selangkangan lebih lembab dan rentan terhadap iritasi jamur.

Itulah beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk memutihkan selangkangan dan juga mempertahankan area selangkangan tetap putih. Sebenarnya, area selangkangan yang gelap bukanlah sesuatu yang terlalu mengkhawatirkan. Akan tetapi, jika menghitamnya area selangkangan diikuti dengan beberapa gejala lain seperti gatal, nyeri, keluar cairan dari alat kelamin, dan bau busuk daerah kelamin maka Anda patut untuk waspada dan wajib untuk memeriksakan diri.

Baca juga :