13 Cara Menjaga Ketiak Agar Tidak Hitam

3756

Ketiak hitam merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu penampilan, terutama bagi kaum wanita. Dengan memiliki ketiak hitam tentu saja akan membuat seorang wanita merasa takut pada saat ingin menggunakan pakaian tanpa lengan. Apakah anda termasuk ke dalam salah satu wanita yang mengalami hal tersebut? Jika iya, mungkin akan bertanya-tanya Bagaimana cara menjaga agar ketiak tidak hitam? Untuk memahami hal tersebut, ada baiknya jika Anda lebih dahulu mengetahui apa saja yang menyebabkan timbulnya masalah tersebut.

Saat ini banyak sekali beredar di pasaran produk-produk deodorant dengan merk-merk terkenal yang menawarkan janji dapat memutihkan ketiak dalam waktu beberapa hari saja, dan Anda kemungkinan besar telah mencoba salah satu produk guna mengatasi masalah pada ketiak Anda tersebut.  Namun yang harus Anda tahu adalah, mengatasi masalah ketiak hitam tidaklah mudah, penggunaan produk deodorant mungkin akan dapat membantu menyamarkan untuk sementara waktu.

Penyebab Ketiak Hitam

Kebanyakan masalah ketiak hitam atau gelap terjadi pada kaum hawa. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap masalah tersebut diantaranya adalah :

1. Mencukur

Ini merupakan salah satu cara yang mungkin biasa Anda lakukan untuk menghilangkan bulu-bulu pada bagian ketiak. Namun kegiatan mencukur dengan menggunakan pisau cukur hanya dapat memotong bulu-bulu ketiak di permukaan kulit saja dan tidak sampai pada akarnya. Sehingga meskipun ketiak Anda terbebas dari bulu-bulu ketiak, namun hal itu masih meninggalkan kesan kulit ketiak yang tampak hitam atau gelap.

Dan meskipun Anda menggunakan produk hair removal  sekalipun, kesan ketiak hitam tidak akan hilang, karena produk tersebut juga hanya dapat menghilangkan rambut  atau bulu-bulu di permukaan ketiak saja.

2. Sel-sel kulit mati

Faktor lain yang dapat menyebabkan kulit ketiak tampak menghitam adalah karena terjadi penumpukan sel-sel kulit mati pada ketiak.

3. Penggunaan deodoran atau antipespiran yang berlebihan

Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam produk deodoran maupun antipespiran yang anda pergunakan. Pada dasaranya justru dapat menyebabkan pigmentasi yang dapat membuat kulit ketiak secara permanen menjadi gelap atau menghitam.

4. Terjadi gesekan

Kebiasaan mengenakan baju yang terlalu ketat juga dapat berkontribusi terhadap terjadinya pigmentasi yang membuat kulit ketiak terlihat hitam. Hal ini disebabkan terjadinya gesekan antara material baju dengan kulit ketiak yang apabila berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan kesan menghitam pada kulit ketiak.

5. Faktor keturunan

Faktor lain yang dapat menyebabkan kulit ketiak tampak hitama adalah karena adanya faktor keturunan, dimana faktor berat badan yang berlebihan maupun hormonal akibat penggunaan pil KB dapat menyebabkan pigmentasi pada kulit ketiak.

6. Gangguan penyakit

Gangguan penyakit kronis seperti diabetes dimana tingkat insulin dalam tubuh tidak stabil juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pigmentasi yang menyebabkan kulit ketiak tampak hitam.

Sekarang kita tahu bukan faktor apa saja yang menyebabkan kulit ketiak tampak menghitam. Jika anda sedang mencari kondisi ini dengan cara yang alami dan sederhana, cobalah untuk menerapkan tips-tips berikut ini :

1. Selalu menjaga kebersihan diri sendiri

Menjaga kebersihan diri adalah sesuatu hal yang sangat penting, karena selain untuk menjaga tubuh agar tetap bersih dan sehat. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk menunjang penampilan. Untuk mendapatkan tubuh yang bersih langkah yang harus dilakukan adalah dengan mandi setiap hari dengan menggunakan sabun. Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran-kotoran yang bersarang dipermukaan kulit, termasuk ketiak.

Kebersihan diri ini sangat penting untuk :

2. Melakukan waxing

Ini merupakan proses untuk menghilangkan bulu-bulu baik di ketiak maupun di bagian lainnya seperti tangan, kaki, punggung, hingga daerah pubis. Prosesnya yaitu dengan cara pencabutan bulu-bulu yang tidak diinginkan hingga ke akarnya. Metode ini bisa dilakukan di rumah maupun dengan menggunakan jasa kecantikan seperti salon. Namun bahaya akibat mencabut bulu ketiak ini juga bisa menimbulkan iritasi.

3. Memilih pisau cukur yang tepat

Jika seorang yang terbiasa menghilangkan bulu-bulu ketiak dengan mencukur, maka sebaiknya pilihlah pisau cukur yang berkualitas. Hindari mencukur dengan menggunakan pisau cukur yang tumpul, karena hal ini akan menghasilkan cukuran yang tidak sempurna, sehingga menyebabkan tersumbatnya pori-pori oleh bulu-bulu yang tidak tercukur.

Pada akhirnya hal ini akan menimbulkan efek kulit ketiak yang menghitam. Namun hati-hati pada penggunaan pisau cukur yang bersamaan, karena bisa menjadi media penyakit menular yakni :

4. Pengelupasan (scrubing) sel-sel mati

Apabila menghitamnya ketiak disebabkan oleh akumulasi sel-sel mati, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan pengelupasan dengan menggunakan whitening scrub atau menggunakan asam laktat. Selain menghilangkan sel-sel kulit mati, hal ini juga dapat mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru.

Pengelupasan kulit ini juga bisa terjadi karena :

5. Kurangi penggunaan produk deodoran maupun antipespiran

Diatas telah dijelaskan bahwa kandungan zat kimia yang terdapat dalam produk deodoran maupun antipespiran menjadi salah satu penyebab kulit ketiak yang tampak hitam. Untuk itu sebaiknya Anda lebih cermat dalam memilih produk-produk tersebut. Pilihlah jenis deodoran untuk jenis kulit sensitif, atau jika perlu. Cara menjaga ketiak agar tidak hitam ini bisa dilakukan dengan beralih menerapkan baking soda di ketiak setelah mandi.

6. Menghindari penggunaan pakaian ketat

Untuk mencegah terjadinya gesekan antara material pakaian dan kulit ketiak yang pada akhirnya dapat memicu ketiak hitam, maka sebaiknya lebih memilih untuk menggunakan pakaian yang longgar. Selain itu, pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang mengandung serat alami seperti katun, wol, maupun sutra. Hal ini akan memudahkan kulit untuk bernafas, serta dapat menyerap keringat dengan lebih cepat.

Bahaya penggunaan pakaian ketat ini juga bisa terjadi karena :

7. Melakukan konsultasi dengan pihak medis

Jika yang menjadi alasan terjadinya ketiak tampak hitam adalah karena faktor yang lain seperti faktor turunan, karena penyakit diabetes. Maupun karena penggunaan pil kontrasepsi, maka sangatlah bijaksana apabila, anda segera melakukan konsultasi dengan tenaga medis untuk segera mendapatkan solusi dalam menangani faktor penyebab tersebut.

Tips Menjaga Agar Ketiak Tidak Hitam Secara Alami

Bagi yang telah terlanjur memiliki kulit ketiak yang gelap atau hitam. Ada baiknya jika mencoba beberapa tips alami untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya adalah :

1. Menggunakan lemon

Buah lemon merupakan salah satu agen pemutih alami. Hal ini tentu saja bisa diterapkan juga untuk mengatasi kulit ketiak gelap. Caranya adalah dengan menggosokan dengan lembut ekstrak lemon setiap harinya sebelum mandi. Ini akan dapat meringankan gangguan tersebut.

Lemon ini juga bisa berguna untuk :

2. Menggunakan kentang

Agen pemutih lainnya adalah kentang. Caranya adalah dengan menerapkan irisan atau parutan kentang pada kulit ketiak selama beberapa menit. Setelah itu, bilas kulit ketiak dengan air hangat.

Kentang ini juga merupakan makanan yang sehat, yakni :

3. Mentimun

Penerapan ekstrak mentimun juga dapat meringankan masalah kulit ketiak yang menghitam. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan parutan mentimun pada kulit ketiak selama beberapa menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Mentimun ini juga sangat berguna untuk perawatan yakni :

4. Bengkoang

Kandungan ekstrak bengkoang juga dipercaya mampu untuk cara menjaga ketiak agar tidak hitam. Caranya adalah dengan mengkombinasikan air hasil parutan bengkuang dengan rumput laut kering yang telah dihaluskan. Setelah itu diamkan selama +/- 1 malam agar ekstrak dari kedua bahan tersebut mengendap. Jemur hasil endapan tersebut hingga kering. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengambil ramuan yang telah kering tersebut dan campurkan dengan air melati. Terapkan selama +/1 20 menit pada kulit ketiak, lalu bilas dengan air.

5. Saffron

Alternatif lainnya adalah dengan menerapkan campuran saffron dengan susu pada kulit ketiak pada malam hari sebelum tidur. Paginya bilas   dengan air bersih. Ramuan ini selain dapat mengatasi kulit ketiak yang menghitam juga dapat membunuh bakteri dan kuman-kuman penyebab bau pada ketiak Anda.

6. Kombinasi pasta cendana dan air mawar

Cara alami lainnya yang dapat membantu mengatasi kulit ketiak gelap adalah dengan menerapkan campuran pasta cendana dengan air mawar pada kulit ketiak selama beberapa menit, lalu bilas dengan air.

Kulit ketiak termasuk kulit yang sensitif, jadi anda harus berhati-hati merawatnya. Hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum melakukan perawatan kulit ketiak adalah melihat kondisi bagian tersebut. Jika terjadi peradangan, maka langkah awal yang harus Dilakukan adalah mengobati luka akibat peradangan tersebut. Jika hal tersebut dibiarkan saja, maka akan dapat menimbulkan masalah yang baru pada bagian tersebut.