15 Efek Samping Sulam Bibir Yang Mematikan

16309

Sulam bibir menjadi trend kecantikan bagi wanita. Sulam bibir dapat dilakukan di salon profesional atau orang yang ahli di bidangnya. Sulam bibir bisa membuat bibir wanita menjadi seksi dan merona. Banyak wanita mengeluh dengan kondisi fisik bibirnya yang tidak seksi dan berwarna hitam. Bibir yang seksi dan merona bisa menambah kecantikan wanita. Wanita ingin selalu tampil cantik dan menjadi pusat perhatian. Cara instan sulam bibir bisa mewujudkan keinginan wanita untuk memiliki bibir yang seksi dan merona.

Cara instan selalu ada efek samping yang ditimbulkan. Efek samping tersebut bisa dirasakan secara langsung atau menunggu selama bertahun-tahun. Sebelum dibahas apa saja yang menjadi efek samping sulam bibir, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu apa yang menyebabkan wanita menyulam bibirnya.

Disadari atau tidak langkah instan selalu membawa efek buruk bagi kesehatan dan tubuh. Efek samping sulam bibir selalu mengintai wanita yang melakukan sulam di bibirnya.

  1. Sulam Bibir Memberikan Rasa Sakit yang Amat Ketika Jarum Menusuk Bibir

Ketika melakukan sulam bibir wanita harus menahan rasa sakit. Rasa sakit itu akan dirasakan ketika jarum sulam mulai menusuk-nusuk bibir wanita. Ada pihak salon memberikan obat bius yang disuntikkan ke bibir pasiennya, namun ada juga salon yang tidak memakai obat bius. Jika wanita melakukan sulam bibir di salon yang tidak memakai obat bius harus mampu menahan rasa sakit. Rasa sakit yang dihasilkan dari sulam bibir adalah rasa panas, terbakar dan juga perih.

  1. Sulam Bibir Menyebabkan Bibir Tidak Sehat

Sulam bibir akan membuat  bibir merona dan juga seksi. Bibir yang merona dan seksi tidak menjamin bibir akan sehat. Efek sulam bibir akan membuat bibir menjadi tidak sehat. Bibir akan menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan jarum yang menusuk bibir telah merusak jaringan kulit bibir.

  1. Sulam Bibir Menyebabkan Lapisan Kulit Epidermis Bibir Menjadi Rusak

Efek negatif sulam bibir salah satunya adalah merusak lapisan epidermis kulit bibir. Lapisan epidermis ini lapisan teratas pada kulit manusia. Banyak salon pemilik jasa sulam berdalih jika sulam bibir hanya dilakukan pada kulit lapisan atas bibir saja. Meski hanya lapisan kulit atas, alat dan jarum sulam bibir akan membuat lapisan epidermis rusak dan terkelupas.

  1. Kulit Bibir Menjadi Tipis

Kulit yang dikelupas terus menerus akan membuat lapisan kulitnya menjadi tipis. Jarum sulam yang ditujukan ke bibir akan semakin mengupas lapisan kulit bibir, akibatnya kulit bibir pun menjadi tipis. Kulit bibir yang semakin tipis menimbulkan masalah bagi pemiliknya. Kulit bibir yang tipis tidak mampu bersentuhan dengan panas dan pedas. Jika hal itu terjadi, bibir akan menjadi berwarna kemerahan seperti terbakar. Hal ini bisa terjadi ketika seorang wanita melakukan sulam bibir lebih dari dua kali.

  1. Efek samping sulam bibir Menimbulkan Alergi

Warna tinta yang digunakan untuk memberi warna bibir bisa menimbulkan alergi pada wanita yang berkulit sensitif. Alergi itu berupa rasa gatal pada bibir. Wanita tidak boleh menggaruk bibirnya yang terkena alergi. Jika hal itu dilakukan, bibir wanita akan lecet dan terkelupas kulitnya.

  1. Pendarahan Bagi Wanita Yang Sedang Menstruasi

Sulam bibir tidak boleh dilakukan pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Wanita yang sedang menstruasi mengeluarkan darah kotor di tubuhnya. Wanita bisa mengalami pendarahan di bibirnya hal ini dikarenakan jarum sulam bisa menekan sel darah merah yang ada di bibir.

  1. Menimbulkan Luka Yang Tidak Bisa Kering

Wanita yang memiliki penyakit diabetes mellitus jika melakukan sulam bibir akan menimbulkan luka yang tidak bisa sembuh dan kering. Dalam kehidupannya wanita diabet tidak boleh luka sekecil apapun. Jarum sulam yang runcing bisa menimbulkan luka yang tidak bisa kering pada bibir wanita diabet. Luka yang tidak bisa kering atau sembuh itu disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

  • Kadar kortisol di dalam tubuh menyebabkan luka cepat kering. Pada penderita diabetes kadar kortisolnya sangat tinggi sehingga menimbulkan luka yang diderita tidak mudah kering.
  • Penderita diabetes sering frustasi dan depresi. Faktor psikologis pengidap diabetes akan memperparah tingginya kadar kortisol di dalam tubuhnya.
  1. Menimbulkan Luka Permanen

Wanita yang melakukan sulam bibir bisa terkena luka permanen di bibirnya. Luka tersebut bisa goresan di bibir, bisa juga luka dengan robekan di bibirnya. Semua luka tersebut bisa membekas secara permanen pada bibir wanita.

  1. Efek samping sulam bibir dapat menyebabkan Iritasi

Dampak langsung dari sulam bibir berupa warna merah yang ada di sekitar bibir. Warna merah itu merupakan iritasi yang bisa hilang dalam waktu dua jam. Berapa lama warna merah tersebut hilang tergantung dengan kulit masing-masing dan kekebalan tubuh yang dimiliki.

  1. Sulam Bibir Menyebabkan Bibir Bengkak

Dampak langsung dari sulam bibir menimbulkan bibir yang bengkak. Efek itu bisa terjadi pada kulit yang sensitif dan penggunaan obat bius. Bius yang memberikan reaksi kurang maksimal bisa menyebabkan bibir bengkak.

  1. Sulam Bibir Menyebabkan Infeksi

Sulam bibir bisa menimbulkan bentol di permukaan bibir dan yang lebih parah bibir bisa bernanah. Infeksi ini bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

  • Kosmetik permanen. Kosmetik yang digunakan saat melakukan sulam bibir adalah kosmetik semi permanen. Wanita perlu curiga ketika salon atau klinik kecantikan menawarkan hasil permanen. Hasil sulam bibir semi permanen hanya bertahan paling lama lima tahun. Jika wanita menyulam bibirnya dengan jangka waktu lebih lima tahun bisa dipastikan bahwa klinik menggunakan bahan kimia seperti merkuri agar permanen. Hal tersebut menimbulkan wanita akan mudah terkena infeksi akibat bahan kimia tersebut.
  • Jarum sulam tidak steril.
  • Tinta pewarna bibir terbuat dari bahan sintetis bukan dari bahan alami.
  1. Tertular Penyakit Berbahaya

AIDS, TBC dan penyakit berbahaya lainnya bisa ditularkan dari jarum sulam bibir. Klinik profesional selalu melayani pasien dengan jarum sulam yang baru. Jika jarum sulamnya bekas resiko terkena penyakit berbahaya semakin besar.

  1. Bahaya Sulam Bibir Menyebabkan Penyakit Kulit

Jarum sulam bibir bisa membuat pori-pori bibir menjadi terbuka. Terbukanya pori-pori bisa menyebabkan bahan berbahaya masuk melalui pori-pori dan menyebabkan sakit kulit.

  1. Gangguan Janin Pada Ibu Hamil

Ibu hamil dilarang melakukan sulam alis dikarenakan tinta pewarna bibir bisa masuk ke dalam peredaran darah dan menganggu perkembangan janin.

  1. Sulam Bibir Menyebabkan Bibir Lebih Sensitif

Efek tersebut akan terjadi jika klinik kecantikan menggunakan tinta sintetis. Bibir akan lebih sensitif terhadap obat-obatan maupun dengan zat-zat yang mengandung bahan kimia.

Alasan Wanita Melakukan Sulam Bibir

Berikut ini yang menjadi alasan wanita untuk melakukan sulam di bibir mereka :

  • Bibir berwarna pucat, hitam dan tidak merona.
  • Bibir tidak sensual dan tidak seksi.
  • Bibir memiliki bentuk yang tidak sama misalnya saja atas tipis dan bawah tebal.
  • Tidak menyukai lipstik. Wanita yang melakukan sulam bibir tidak memerlukan lipstik untuk mempercantik bibirnya. Tanpa lipstik pun bibir yang sudah disulam tetap terlihat seksi, cantik dan mempesona.

Proses Sulam Bibir

Banyak proses yang harus dialami oleh wanita yang akan menyulam bibirnya, proses tersebut adalah seperti ini :

  • Tahap pertama yang akan dilakukan oleh penyulam bibir adalah memberikan obat bius ke pasien, namun ada juga pemilik jasa sulam yang tidak memberikan obat bius.
  • Penyulam bibir akan menghilangkan flek yang melekat pada lapisan bibir. Langkah ini dilakukan untuk membuat bibir kembali ke warna aslinya.
  • Menekankan plastik pada bibir. Langkah ini memiliki tujuan untuk meresapkan obat dengan sempurna.
  • Melukis bibir menggunakan alat dan jarum.
  • Setelah bibir dilukis, bibir akan diberi warna pada bibir.

Sangat disayangkan walaupun efek samping sulam bibir sangat mematikan, namun ternyata masih banyak yang BERANI mencobanya.

Apakah Sulam Bibir Boleh di Lakukan?

Saya jels tidak merekomendasikan berbagai produk instan untuk mencapai kecantikan, karunia Tuhan harus kita syukuri. Sama halnya efek samping sulam alis yang cukup mematikan, sulam bibir bahkan bisa menimbukan penyakit paling mematikan loh? apakah anda tidak memikirkan itu? selain itu setelah sulam bibir sooo… anda sudah cantik ? tentu tidak. Kembalilah ke jalan herbal dan alamiah.