Waspadai 7 Bahaya Tisu Basah Bagi Kesehatan Kulit !

144

Tisu basah tampaknya merupakan barang wajib yang para wanita kerap bawa dan bahkan tisu jenis ini kerap dijadikan pembersih makeup wajah. Banyak wanita menganggap penggunaan tisu basah sebagai pembersih kulit wajah adalah yang paling praktis apalagi ketika ingin menghindari bahaya tidur dengan makeup. Padahal, ada bahaya tisu basah tersendiri yang perlu Anda waspadai bagi kesehatan kulit.

  1. Memunculkan Kerutan di Kulit Wajah

Proses membersihkan makeup atau sekadar mengelap wajah menggunakan tisu basah biasanya dilakukan dengan memberikan tekanan-tekanan pada kulit wajah walau hanya sedikit sekalipun. Hal ini biasanya dilakukan karena ingin membersihkan hingga total tanpa ada sisa-sisa riasan di kulit wajah.

Namun kabar buruknya, ketika Anda melakukan pembersihan kulit wajah dengan tisu basah dalam jangka panjang, maka kerutan dan garis halus akan lebih mudah dan cepat timbul pada kulit. Jadi jika tak ingin mengalami penyebab penuaan dini, Anda perlu menghindari terlalu seringnya penggunaan tisu basah untuk membersihkan kulit wajah, apalagi membersihkan makeup.

  1. Menyebabkan Jerawat

Mungkin Anda mengira bahwa tisu basah adalah jawaban bagi kulit Anda yang kotor dan kusam sehingga kerap membersihkannya dengan tisu basah. Padahal, penggunaan tisu basah sebagai pembersih makeup sebenarnya kurang tepat sebab pada produk tisu basah sendiri ada kandungan-kandungan kimia yang justru bisa membahayakan kulit.

Perlu diketahui bahwa membersihkan kulit dari kotoran ataupun makeup dengan tisu basah tak akan membuat kulit wajah bersih secara total sesempurna yang diharapkan. Justru karena pemakaian tisu basah, Anda akan merasa bahwa kulit wajah lebih lengket dari sebelum dibersihkan. Inilah yang bisa  membuat jerawat lebih mudah timbul dan akhirnya menurunkan rasa percaya diri.

  1. Menyebabkan Komedo

Tak jauh berbeda dari alasan kemunculan jerawat di kulit wajah, komedo pun dapat timbul karena penggunaan tisu basah yang Anda sering kira cukup aman untuk mengangkat kotoran. Karena zat-zat kimia dari tisu basah lengket di kulit, akhirnya ini menutup pula pori-pori kulit serta justru malah memicu masalah kesehatan kulit seperti komedo.

  1. Memicu Kulit Kering

Banyak pengguna tisu basah berpikir bahwa tisu jenis ini layak digunakan untuk membersihkan kulit secara aman dan basahnya tisu mampu membantu melembabkan kulit. Padahal, justru salah satu bahaya penggunaan tisu basah adalah menghilangkan kelembaban wajah yang seharusnya terjadi alami sehingga efeknya pun kulit mengering serta menjadi penyebab kulit wajah mengelupas.

  1. Membuat Kulit Lebih Kasar

Karena kelembaban kulit yang hilang karena penggunaan tisu basah, tak hanya menjadikan kulit kering. Sayangnya, kulit juga dapat tampak lebih kasar, apalagi bila disentuh akan sangat terasa. Sesekali menggunakan tisu basah tak masalah, namun jika terlalu sering malah hanya akan merusak kesehatan kulit.

  1. Mengendurkan Kulit Area Mata

Pernahkah Anda membersihkan riasan wajah pada mata dengan tisu basah? Atau bahkan Anda menggunakannya secara berulang kali dan bahkan setiap hari? Hati-hatilah karena penggunaan tisu basah untuk membersihkan kotoran di area dekat mata malah bisa mengendurkan kulit di wilayah tersebut.

Jika kulit area mata mengendur, maka otomatis mata akan kelihatan turun. Jadi, daripada menggunakan tisu basah, justru lebih dianjurkan untuk memakai makeup remover yang bahannya terbuat dari minyak. Produk makeup remover seperti ini malah lebih maksimal dalam mengangkat kotoran pada wajah sekaligus juga menghapus makeup lebih bersih daripada penggunaan tisu basah biasa.

  1. Memicu Iritasi

Surfaktan diketahui menjadi salah satu kandungan yang ada di dalam produk tisu basah. Untuk Anda pemilik jenis kulit sensitif, penggunaan tisu basah bagi kulit wajah mampu menjadi penyebab kulit iritasi dengan ciri-ciri kulit akan mulai menjadi merah, perih atau bahkan bisa jadi penyebab muka bengkak dan gatal-gatal. Iritasi dapat menjadi jauh lebih serius ketika pemakaian tisu basah dilakukan secara berkelanjutan dalam jangka panjang.

Rupanya, bahaya tisu basah bagi kulit bisa sangat mengganggu dan bahkan meningkatkan iritasi yang lama-kelamaan dapat menjadi berbahaya. Pastikan untuk mulai menghindari penggunaan tisu basah secara sering dan hanya gunakan ketika memang berada dalam kondisi darurat. Pembersih wajah dari susu dan minyak justru jauh lebih baik, atau bahkan menggunakan micellar water yang sedang populer, barulah disusul dengan mencuci wajah dengan sabun yang tepat.