12 Penyebab Muka Bengkak dan Gatal yang Perlu Diwaspadai

1099

Setiap orang tentu pernah mengalami masalah-masalah pada wajah, dari sekian banyak permasalahan salah satu contoh yang cukup sering ditemukan yakni bengkak dan gatal. Penyebab muka bengkak dan gatal sebenarnya cukup bervariasi, tergantung bagaimana kondisi kesehatan kulit wajah setiap orang. Biasanya hal ini di latar belakangi oleh sesuatu faktor yang di sengaja atau maupun tidak disadari. Apapun itu, hal ini sangat mengganggu sekali bagi yang mengalaminya. Bagi Anda yang sudah semakin penasaran dengan berbagai macam penyebab masalah ini, berikut pembahasan lengkapnya.

1. Iritasi

Bengkak maupun gatal bisa terjadi karena iritasi wajah. Hal ini karena akibat penggunaan produk atau bahan kimia tertentu, menggunakan riasan wajah atau kosmetik merk baru, atau menggunakan krim wajah yang tidak cocok. Biasanya orang mempergunakan semua itu tanpa memikirkan terlebih dahulu kandungan di dalamnya, sehingga tidak semua kulit cocok dengan yang anda gunakan.

Bagi yang mengalami iritasi ini, alangkah lebih baik jika Anda melakukan konsultasi terhadap dokter kecantikan atau spesialis kulit. Dalam kasus yang lebih parah, penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan kimia bisa merusak wajah dan membakarnya.

Tidak hanya itu saja, untuk kejadian lebih berbahaya dalam penggunaan kosmetik ini menjadi penyebab kulit wajah mengelupas, namun kejadian semacam ini besar kemungkinannya tidak akan terjadi bagi yang menggunakan produk asli dengan kandungan yang masih dalam taraf standar sehingga berbagai macam bahaya merkuri bagi kesehatan juga dapat di minimalisir.

2. Alergi

Alergi adalah kondisi dimana keadaan tubuh di bagian tertentu mengalami ketidak cocokan dengan sesuatu hal tertentu pula. Ada banyak alergi yang menyerang manusia pada umumnya, mulai dari alergi makanan, alergi angin, alergi suhu dan masih banyak. Sebagai salah satu contohnya, jika iritasi terhadap penggunaan kosmetik hanya karena kandungan bahan yang mungkin tidak baik. Namun jika misalnya alergi kosmetik, maka dengan kosmetik produk apa saja akan tetap alergi.

Penyebab muka bengkak dan gatal bisa saja karena alergi yang berlanjut. Bisa saja anda melupakan atau memang sama sekali tidak tahu jika kulit wajah alergi dengan sesuatu hal. Sehingga hal itu semakin anda abaikan dan membuat keadaan wajah bengkak maupun gatal. Jika sudah seperti ini, tidak ada cara lain selain pergi kerumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter. Namun jika tidak terlalu parah anda bisa membeli obat alergi gatal dari apotek yang resmi dan terpercaya.

3. Gigitan Serangga

Serangga adalah binatang kecil yang terkesan sepele. Namun ada beberapa jenis serangga yang mungkin bisa menyebabkan muka bengkak dan juga gatal. Contohnya saja seperti ketika Anda baru saja terkena gigitan tomcat, atau mungkin digigit tawon yang mana kejadiannya pembengkakan dan rasa gatal tidak akan menunggu lama lagi.

4. Gigitan Hewan Beracun

Anda harus mewaspadai terhadap binatang tertentu yang bisa menyengat. Diantaranya seperti scorpion, dimana binatang ini mempunyai capit menyakitkan dan sengatan beracun yang sangat mematikan. Efek terkena sengatan kalajengking ini terlihat cukup jelas, namun yang paling jelas yakni korban akan mengalami demam, lebam dan membiru dan kasus yang lebih parah jika tidak segera di tangani akan berujung kematian. Nah, penyebab wajah yang gatal dan bengkak bisa saja karena gigitan kalajengking atau binatang beracun lainnya.

5. Peradangan Wajah

Radang yang terjadi pada wajah bisa menyebabkan muka bengkak dan gatal-gatal. Atau penyebab lainnya adalah penggunaan obat tertentu dengan jangka panjang, sehingga bisa menyebabkan terjadinya bengkak wajah atau yang disebut juga dengan moonface.

Penyebab Lain Muka Bengkak dan Gatal

Selain dari kelima kondisi tersebut, masih ada beberapa faktor lain yang mampu menjadi penyebab bengkak dan gatalnya wajah, seperti:

  • Efek berhenti dari penggunaan obat, contohnya obat steroid.
  • Sindrom nefrotik.
  • Dermatitis kontak.
  • Psoriasis
  • Dermatitis seboroik.
  • Infeksi kulit, seperti folikulitis, jerawat, atau bahkan tinea vesicolor.
  • Trauma pada wajah.

Itulah beberapa penyebab dari pembengkakan wajah dan gatal. Sebagai penanganannya, solusi utama adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan resep tertentu untuk memulihkan wajah yang bengkak agar bisa kempes. Selain itu, cobalah juga untuk mulai menghindari penggunaan kosmetik berbahaya, menghentikan penggunaan produk yang menyebabkan alergi, dan rajinlah mengompres dengan air hangat pada bagian wajah yang bengkak.

Perlu diketahui juga bahwa untuk muka bengkak ini juga bisa menjadi tanda dari suatu penyakit, muka bengkak gejala penyakit apa? Banyak alasan mengapa muka bisa bengkak apalagi diikuti dengan rasa gatal sehingga jika berpotensi disebabkan oleh salah satu jenis penyakit kulit, segera ke dokter, apalagi kalau cara mengempeskan wajah yang bengkak secara alami tak lagi mempan.