11 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Kering

6442

Kulit wajah mengelupas tentunya bukan suatu hal yang baik, apalagi bagi wanita. Hal ini bakal menjadi penurun rasa percaya diri karena otomatis wajah akan kelihatan sangat kering. Selain itu, wajah akan terlihat putih-putih karena kelupasan kulit tersebut. Terkelupasnya kulit biasanya akan disertai juga dengan ruam, iritasi, gatal dan keringnya kulit.

Masalah kulit mengelupas dapat dipicu oleh banyak faktor dan kondisi. Entah itu karena zat tertentu, atau bahkan karena cuaca yang ekstrem, atau bahkan karena faktor lainnya. Berikut di bawah ini adalah sejumlah faktor penyebab kulit wajah mengelupas yang perlu Anda waspadai.

(Baca juga: gejala dermatitis)

1. Alergi

Kulit wajah pun dapat mengelupas dikarenakan adanya kontak dengan alergen. Alergen sendiri merupakan zat yang bakal memicu keluarnya reaksi alergi dari tubuh manusia. Alergen sendiri dapat berupa apa saja, bahkan juga termasuk makanan. Kulit biasanya tak hanya akan mengelupas, bahkan reaksinya lebih dari itu karena disertai juga dengan lepuhan, ruam, dan gatal-gatal. Sehingga hal ini sama sekali tak nyaman ketika kita berada dalam aktivitas kita.

(Baca juga: penyebab alergi kulit)

2. Jenis Kulit Kering

Terkelupasnya kulit wajah Anda bisa jadi dikarenakan memang pada dasarnya Anda memiliki kulit kering. Jadi ketika sudah memiliki jenis kulit yang kering, otomatis kulit wajah pun dapat setiap saat berisiko mengelupas. Potensi tersebut jelas lebih tinggi, apalagi justru saat kulit wajah terlalu sering terkena air.

Mungkin kita mengira bahwa air dapat melembabkan wajah dan mencegahnya dari kekeringan. Namun faktanya, terlalu sering mencuci muka dengan air, apalagi ditambah sabun hanya akan membuat wajah tambah kering. Jenis kulit kering sendiri tidaklah bahaya, tapi beberapa orang ada juga yang mengalami iktiosis atau gangguan kulit turunan.

3. Cuaca

Cuaca yang ekstrem pun dapat menjadi salah satu penyebab dari kulit wajah kering dan akhirnya mengelupas. Kita yang hidup di negara tropis ini pasti sudah cukup sering mengalami yang namanya perubahan cuaca tak menentu. Bukan hanya gangguan kesehatan saja yang bakal terjadi dikarenakan perubahan cuaca ekstrem, melainkan juga gangguan kulit.

Cuaca maupun iklim yang sangat ekstrem panasnya bisa mengganggu kesehatan kulit kita, apalagi kalau musim kemarau datang sangat lama. Panasnya cuaca dapat membuat kulit mengelupas, apalagi khususnya bagi Anda yang memang sudah dasarnya memiliki jenis kulit kering. Walau tak semua mengalaminya, perubahan cuaca ini dapat berefek pada kulit wajah yang kering.

(Baca juga: penyebab dermatitis)

4. Terbakar Matahari

Bahaya sinar matahari di siang hari memang tak perlu diragukan lagi. Karena selain dapat membuat kulit kusam dan gosong, sinar matahari yang terlalu panas dan memanggang dapat membuat kulit wajah mengelupas. Bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar rumah memang harus selalu waspada dan menyiapkan perlindungan ekstra.

Pada awalnya, sebelum akhirnya mengelupas kulit wajah bakal kelihatan memerah saking panasnya. Lalu rasanya kulit wajah bakal sangat perih dan panas terutama kalau disentuh. Pada umumnya, hal ini dialami kurang lebih beberapa jam sesudah sinar matahari mengenai dan membakar kulit.

Sesudah beberapa hari, Anda dapat melihat bahwa kulit bakal mengelupas, tapi kemudian warna kulit menjadi tak rata. Akhirnya saat ada bagian kulit wajah yang mengelupas, kulit wajah pun bakal kelihatan berpola. Meski demikian, jangan khawatir karena kulit nantinya akan sembuh sendiri setelah semua bagian mengelupas. Tetap pakai pelembab yang cocok dengan kulit Anda selama perawatan.

(Baca juga: gejala darah kotor)

5. Obat-obatan Tertentu

Pemakaian obat tertentu, apalagi dalam bentuk krim wajah kemungkinan juga dapat membuat kulit mengelupas. Obat seperti misalnya krim retinoid dapat menyebabkan terkelupasnya kulit. Ini karena tugasnya adalah mencerahkan kulit, mengurangi kerutan wajah dan menjadi solusi jerawat. Maka cara kerjanya memang adalah sebagai pengangkat sel-sel kulit mati.

Sel-sel kulit mati yang terangkat berbentuk pengelupasan kulit yang akhirnya kulit bakal beregenerasi memunculkan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Permukaan kulit bagian atas pun bakal terkelupas supaya sel-sel baru bisa tumbuh. Selain obat dalam bentuk krim ini, obat-obat kemoterapi pun diduga dapat menjadi faktor pemicu kering dan mengelupasnya kulit.

6. Pemakaian Kosmetik

Seperti yang kita tahu, kulit wajah dapat mengelupas juga karena paparan zat-zat tertentu, termasuk yang ada pada kosmetik. Kandungan zat di dalam kosmetik cukup banyak dan ini bisa menjadi penyebab gangguan pada kulit. Lebih berbahaya lagi adalah kosmetik palsu di mana kandungannya bisa mengancam kesehatan kulit.

Jenis kulit yang sensitif juga dapat menjadi mengelupas karena kosmetik yang digunakan tidaklah cocok dengan jenis kulitnya. Maka dari itu, memang sebelum membeli kosmetik, ada baiknya untuk mengetesnya dulu pada kulit. Hal ini perlu dilakukan supaya kita tahu apakah kosmetik tersebut dalam beberapa menit mampu memicu reaksi dari kulit kita.

(Baca juga: bahaya merkuri)

7. Eksim

Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan atopik dermatitis di mana memang sifatnya kronis dan penderita bakal sering mengalami kambuh. Karena jangka panjang, maka kambuhnya eksim ini bisa terjadi secara berkala dan menyebabkan kulit wajah pun ikut mengelupas. Eksim sendiri pemicunya tidaklah pasti, namun ada kaitannya erat dengan jenis kulit yang memang kering.

Tak hanya jenis kulit, sistem imun yang mengalami gangguan, cuaca ekstrem, gen, dan juga bakteri seperti staphylococcus aureus juga turut berperan dalam munculnya eksim. Memang belum ada obat khusus yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan keadaan tersebut. Tapi selalu ada cara mencegah agar kulit tak mengelupas dan rasa gatal dapat dikurangi.

(Baca juga: bahaya mandi di kolam renang umum)

8. Kehilangan Kelembaban Kulit

Bila kulit menjadi lebih mudah mengelupas dan kering, ini bisa jadi disebabkan oleh kelembaban yang tingkatnya makin rendah. Kulit seseorang dapat lembab karena adanya kandungan minyak alami yang berkadar tinggi di dalam kulit. Minyak tersebut dihasilkan oleh sel-sel yang ada pada kulit kita.

Jadi, ketika kulit tak lagi lembab, maka ini artinya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun kurang. Itulah yang menyebabkan sel-sel dalam kulit tak mampu memroduksi cukup minyak alami sehingga kelembaban berkurang dan kulit wajah mengelupas. Kebutuhan nutrisi sangat penting, maka tips diet sehat sebaiknya diperhatikan agar kesehatan kulit terjaga baik.

9. Penyakit Genetik

Ada sejumlah penyakit turunan yang dapat menyebabkan kulit mudah terkelupas dan menjadi amat kering. Salah satu jenis penyakit yang dimaksud adalah kelainan kulit yang tergolong langka. Nama penyakit tersebut biasanya dikenal dengan nama acral peeling skin syndrome. Memang tidak menyebabkan rasa sakit ketika pengelupasan lapisan permukaan atas kulit, tapi cukup perlu diwaspadai juga.

(Baca juga: vitamin untuk daya tahan tubuh)

10. Gangguan Sistem Daya Tahan Tubuh

Ketika seseorang mengalami adanya gangguan pada sistem imunnya, ini dapat menjadi penyebab dari pengelupasan kulit wajah. Maka untuk mencegahnya memang Anda perlu untuk periksa ke dokter secara rutin. Cari cara meningkatkan daya tahan tubuh juga agar tubuh tak mudah drop dan kulit senantiasa sehat.

11. Infeksi

Sejumlah infeksi juga dapat menjadi pemicu akan pengelupasan kulit wajah. Infeksi yang dimaksud di sini antara lain adalah infeksi jamur dan Staph yang cukup populer juga. Untuk mencegah atau mengatasi infeksi tersebut, mengonsultasikannya dengan dokter spesialis kulit bakal lebih menolong.

(Baca juga: cara meningkatkan stamina)

Penanganan Kulit Wajah Mengelupas

Supaya kulit wajah dapat dicegah dari pengelupasan dan kekeringan, ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan. Penanganan di bawah ini adalah yang paling penting untuk diperhatikan.

  • Menghindari paparan matahari. Sinarnya yang begitu panas dan membakar kulit tak akan bagus, maka hindarila sebisa mungkin. Gunakan topi maupun kacamata hitam bila perlu beserta masker di mana sebelumnya kulit sudah diolesi tabir surya. Dengan cara ini, kulit wajah akan terproteksi dengan benar dari paparan cahaya matahari yang menusuk. (Baca juga: bahaya radiasi matahari)
  • Banyak minum air putih. Bila memang sudah pada dasarnya memiliki jenis kulit yang kering, cobalah untuk banyak-banyak minum air putih. Ini adalah salah satu cara menutrisi dan melembabkan kulit dari dalam. Dengan banyak air putih, cairan tubuh akan terpenuhi dan kulit bakal selalu sehat dan terhidrasi dengan sempurna. (Baca juga: bahaya akibat kurang minum air putih)
  • Memakai kosmetik yang benar. Kalau sudah dipastikan bahwa kulit wajah yang mengelupas dikarenakan kosmetik yang tidak cocok, maka pastikan bahwa Anda mencari dan menggunakan kosmetik yang benar. Kosmetik yang benar artinya benar-benar cocok dengan jenis kulit Anda.
  • Memenuhi asupan nutrisi tubuh. Supaya kulit tak mengelupas, asupan nutrisi yang masuk harus diperhatikan setiap harinya. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin E sehingga kulit senantiasa sehat. Vitamin C dan vitamin D juga penting dari buah, suplemen dan sayuran.

Setelah tahu penyebab kulit wajah mengelupas dan juga sedikit tips penanganannya, semoga Anda terinspirasi. Segera ke dokter apabila menemukan bahwa kondisi terkelupasnya kulit termasuk serius.