Hindari 10 Bahaya Tidur Dengan Makeup Masih Menempel Bagi Kulit !

225

Banyak wanita memiliki kebiasaan buruk yang berkaitan dengan riasan wajah atau makeup, yaitu setelah seharian berkegiatan mengenakan makeup, sampai rumah tidak membersihkannya lebih dulu tapi langsung beranjak tidur. Rasa malas untuk membersihkan wajah karena sudah telanjur begitu lelah adalah alasannya, namun Anda para wanita perlu menengok bahaya tidur dengan makeup berikut ini.

  1. Menjadi Penghambat Regenerasi Sel Kulit

Waktu yang tepat untuk jaringan tubuh mengalami perbaikan dan regenerasi adalah setiap malam ketika kita tidur, termasuk regenerasi sel-sel kulit. Jadi saat Anda terbiasa tidak membersihkan makeup dan langsung tidur dengan masih mengenakan riasan wajah, ini justru menghambat proses regenerasi karena pori-pori kulit dibiarkan tersumbat oleh makeup.

  1. Berjerawat

Risiko bahaya berikutnya yang bisa terjadi pada kebanyakan wanita yang lebih suka langsung tidur tanpa membersihkan wajah dari makeup lebih dulu adalah timbulnya jerawat di wajah. Seperti kita tahu, sumbatan pada pori-pori oleh makeup mampu memicu jerawat untuk muncul, apalagi jika kulit Anda tipe berminyak akan lebih berisiko.

  1. Pori-pori Kulit Menjadi Lebih Besar

Makeup masih menempel di kulit wajah tapi langsung tidur mampu membahayakan kesehatan kulit. Salah satu contoh risikonya adalah membesarnya pori-pori wajah di mana ini merupakan efek dari pori-pori yang pada dasarnya sedang tersumbat. Pembesaran pori-pori kulit juga lebih berisiko tinggi ketimbang wanita yang tidur setelah membersihkan makeup.

  1. Penurunan Elastisitas Kulit

Selain menjadikan pori-pori kulit jauh lebih besar karena efek sumbatan, elastisitas kulit jadi ikut menurun karenanya di mana produksi kolagen terhambat. Ketika tidur dengan makeup menjadi kebiasaan jangka panjang, maka usia kulit akan lebih cepat bertambah dan akhirnya berpengaruh besar terhadap keelastisitasan kulit wajah Anda.

  1. Kulit Kering

Kulit membutuhkan oksigen, sama seperti tubuh kita agar tetap sehat. Karena semalaman makeup terus menempel di wajah apalagi kebiasaan tidur dengan makeup berkelanjutan, Anda justru hanya akan membuat kulit mengering. Kulit akan juga nampak kusam karena makeup menghalangi kulit wajah memperoleh oksigen.

  1. Iritasi Mata

Jika Anda juga pengguna eyeliner dan maskara, riasan mata ini jika tak dibersihkan dan dibiarkan menempel saat tidur ternyata juga dapat membahayakan kesehatan mata dan menjadi penyebab mata merah iritasi. Karena mata adalah bagian yang sensitif, memiliki kebiasaan tidur dengan makeup hanya akan meningkatkan risiko mata atau kelopak mata teriritasi yang dapat juga berlanjut menjadi infeksi nantinya.

  1. Bibir Kering

Selain kulit wajah kering, bibir pun bisa jadi ikut kering karena Anda membiarkan sisa lipstik terus menempel setiap malam ketika tidur. Selain kering, lipstik yang tak dihapus dan bertahan lama di bibir hanya akan membuat bibir kelihatan kusam dan hal ini pun tentu bisa berdampak nantinya pada penurunan rasa percaya diri.

  1. Kerontokan Bulu Mata

Para pengguna maskara dan memiliki kebiasaan tidak membersihkannya dulu sebelum tidur hanya akan meningkatkan risiko kerontokan bulu mata. Bulu mata dapat menjadi rapuh ketika Anda mencoba untuk mebiarkan maskara tetap menempel, jadi bersihkan dulu setiap hendak tidur agar tidak mengalami bulu mata rontok. Namun ketika sudah telanjur, carilah dan gunakan cara mengatasi bulu mata rontok yang alami saja.

  1. Wajah Berkerut

Makeup masih di wajah dan langsung tidur bisa jadi penyebab penuaan dini, apalagi bila hal ini dijadikan sebuah kebiasaan. Seperti Anda ketahui, penuaan dini ditandai dengan timbulnya garis halus serta kerutan di kulit wajah, khususnya akan mulai nampak di kening maupun area mata.

  1. Iritasi pada Kulit

Kulit yang mengalami kemerahan setelah terbiasa tidur menggunakan makeup, itu tandanya kulit Anda sedang mengalami iritasi. Kulit teriritasi karena kulit menjadi kehilangan kelembabannya. Apalagi Anda harus waspada terhadap zat-zat kimia dari produk riasan wajah yang menempel di kulit turut tercampur dengan polusi sehingga menjadi penyebab kulit iritasi.

Itulah beberapa bahaya tidur dengan makeup masih menempel yang perlu dihindari. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan pembersih makeup yang tepat (tapi bukan dengan tisu basah). Bersihkan wajah setiap kali sehabis pulang dan masih mengenakan makeup. Hal ini agar tidak kemudian membahayakan kesehatan kulit seperti yang sudah diuraikan di atas.