Kolagen : Manfaat – Dosis – Sumber Makanan – Efek Kelebihan dan Kekurangan

632

Kolagen adalah protein utama yang membantu pembentukan kulit agar selalu memiliki keelastisitasannya, membantu menjaga kesehatan tulang dan otot serta pembuluh darah. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kandungan kolagen dalam kulit cenderung menurun sehingga timbullah tanda-tanda penuaan seperti keriput. Disinilah biasanya suplemen kolagen dikonsumsi oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Sebenarnya ada terdapat 28 jenis kolagen di dalam tubuh manusia, tapi tipe jenis kolagen I dan V merupakan jenis yang paling sering ditemukan.

Sebelumnya telah kita ketahui bahwa kolagen membentuk sebuah struktur yang bersifat organik dan memiliki peran untuk proses pembentukan regenerasi tulang, gigi, dan kulit. Kolagen juga merupakan komponen utama yang berguna untuk pembentukan dermis. Keberadaan kolagen dipengaruhi oleh asam amino. Kolagen juga memiliki dua turunan asam amino yang membantu  selama terjemahan. Beberapa asam amino yang ditemukan di lokasi tertentu cenderung relatif terhadap glisin sehingga diubah menjadi post-translationally oleh enzim yang berbeda, yang keduanya memerlukan Vitamin C sebagai suatu kofaktor.

Selain dikenal sebagai zat anti penuaan dini, ternyata kolagen juga memiliki beberapa fungsi lain untuk kecantikan dan kesehatan tubuh manusia. Yuk, kita bahas satu persatu.

Manfaat Kolagen Bagi Kecantikan

1. Sebagai Anti Penuaan Dini

Banyak wanita yang berburu mengkonsumsi krim anti aging yang mengandung kolagen yang berguna untuk mencegah penuaan diri. Karena semakin bertambahnya umur seseorang, kulit semakin kehilangan kekencangan dan kekenyalannya sehingga timbullah beberapa kerutan serta garis penuaan yang tentunya membuat beberapa orang tidak merasa nyaman. Karena kolagen dipercaya mampu menembus lapisan dermis pada kulit.

2. Membantu Mengencangkan Kulit

Salah satu fungsi terbesar dari kolagen adalah membantu pembentukan sel kulit dan mengencangkan kulit.Seiring dengan bertambahnya usia, muncul garis garis halus, untuk membuat kulit lebih elastis, kolagen bekerja sama dengan protein lain yang dinamakan elastin. Kolagen juga membantu menaikkan pigmen kulit yang tadinya hitam menjadi putih serta mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

3. Mencegah Rambut Rontok

Banyak orang yang memiliki masalah rambut rontok dan lebih memilih mencari beberapa obat rambut rontok, tanpa mereka sadari sebenarnya suplemen kolagen sangat dianjurkan untuk mengobati rambut rontok yang berlebihan. Karena kolagen berfungsi untuk memperkuat akar rambut dan dapat merangsang rambut untuk tumbuh lebih cepat. Rambut yang rontok akan segera tergantikan dengan rambut baru serta akar rambut akan menjadi kuat karena kebutuhan kolagennya tercukupi.

4. Mencegah Timbulnya Jerawat dan Memutihkan Kulit

Saat ini banyak wanita yang menggunakan produk kolagen yang berbentuk krim, bedak, melalui suntikan bahkan pil atau tablet. Hal ini dikarenakan banyak wanita yang berburu akan manfaat kolagen yang sangat baik untuk kecantikan kulit serta wajah. Kolagen juga berguna untuk mencegah timbulnya jerawat dan merawat pigmentasi kulit agar kulit yang cenderung hitam akan berangsur-angsur putih kembali.

Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Luka

Fungsi kolagen bagi kesehatan dan tubuh dapat merangsang pertumbuhan trombosit di dalam tubuh yang berfungsi untuk menyembuhkan luka. Trombosit sendiri adalah zat atau sel darah yang berperan penting dalam penyembuhan luka.

2. Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Selain untuk kecantikan, kolagen juga tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya mempertahankan sistem imunitas di dalam tubuh. Sistem imun sendiri bekerja untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit, serta virus yang mungkin menyerang. Kolagen juga memiliki peranan penting dalam mengeluarkan zat beracun yang masuk kedalam tubuh.

3. Pembentukan Struktur Tulang

Struktur tulang terdiri dari beberapa bahan, salah satunya dinamakan hydroxipatite yang merupakan gabungan antara kolagen dan mineral. Kedua substansi ini bekerja untuk membuat struktur, fleksibilitas dan kekuatan dari tulang. Bahkan suplemen kolagen juga efektif digunakan untuk mengatasi cedera tulang. Biasanya suplemen ini dikonsumsi dalam bentuk pil dan digunakan dalam kombinasi dengan glucosamine.

Dosis Normal Mengkonsumsi Suplemen Kolagen

Kolagen biasanya dikonsumsi dalam bentuk pil suplemen, meskipun ada juga beberapa wanita yang mempercayai krim wajah atau tubuh yang mengandung bahan ini. Tapi sebenarnya lebih dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam bentuk pil. Jika kolagen dikonsumsi dalam bentuk pil, biasanya dokter menganjurkan untuk meminumnya 2 kali setelah makan. Sedangkan jika anda mengkonsumsinya dalam bentuk suntikan, dokter akan menyarankan satu botol (sekitar 100 mg) kolagen dalam dua kali seminggu.

Beberapa efek samping kolagen yang harus diperhatikan bagi penggunanya dan anda untuk mencegah hal-hal buruk, diantaranya:

  • Terjadi reaksi alergi pada tubuh, seperti ruam, mual dan muntah
  • Tidak dianjurkan untuk orang yang menderita autoimun/penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh
  • Nyeri otot dan nyeri sendi
  • Sensitivitas pada makanan
  • Bau mulut

Banyak sekali produk kecantikan yang mengambil keuntungan akan manfaat kolagen ini, mereka mulai mengeluarkan beberapa produk kecantikan berupa bedak, krim, pil atau tablet yang mengandung kolagen. Tapi, banyak juga produsen kosmetik yang tidak menjelaskan akan efek samping penggunaan kolagen secara terperinci. Oleh karena itu, kita tetap harus berhati-hati dan memperhatikan izin resmi seperti BPOM nya dari kosmetik tersebut, dan untuk para wanita jangan tergiur dengan harga yang lebih murah.

Sumber Makanan Yang Mengandung Kolagen

Beberapa makanan sumber kolagen yang berguna untuk tubuh anda, tanpa anda harus mengkonsumsi suplemennya. Biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi bahan-bahan alami seperti:

  1. Sayur-sayuran yang berwarna hijau gelap. Sayuran yang berwarna hijau gelap cenderung mengandung kolagen lebih banyak, seperti bayam dan kubis.
  2. Kedelai. Bukan hanya kacang kedelai saja yang memiliki banyak kandungan kolagen untuk tubuh, namun beberapa macam olahan kedelai juga termasuk di dalamnya. Seperti tempe, tahu, susu kedelai dan keju. Hal ini karena kedelai mengandung ganestein, dan ganestein inilah yang akan menjadi kolagen di dalam tubuh.
  3. Ikan dan daging. Makanan yang mengandung kolagen lainnya bisa kita dapatkan dari ikan tuna, salmon, dan makarel. Bahkan daging yang rendah lemak juga diasumsikan dapat membantu pembentukan kolagen dalam tubuh
  4. Makanan yang mengandung Vitamin A. Vitamin A seperti wortel, alpukat, sayuran hijau, susu, paprika dan lainnya merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber kolagen.
  5. Makanan yang mengandung Vitamin C. Ada banyak buah yang mengandung kolagen super tinggi bagi tubuh,  yang juga termasuk mengandung Vitamin C. Seperti jeruk, apel, strawberry, pepaya, leci, lemon dan nanas.

Efek Samping Jika Kelebihan Kolagen di Dalam Tubuh

1. Alergi Pada Kulit

Sebenarnya, dosis dan pemakaian yang stabil tentu tidak akan menyebabkan efek samping pada pengguna suplemen kolagen, tapi ada beberapa orang yang mengalami alergi dan ruam di sekitar kulitnya, hal ini disebabkan konsumsi kolagen yang berlebihan.

2. Ritme Jantung yang Tidak Normal

Kelebihan konsumsi kolagen juga dapat menyebabkan ritme jantung yang tidak normal, ketika detak jantung anda bekerja lebih cepat setelah anda mengkonsumsi kolagen maka kemungkinan anda kelebihan dalam dosisnya. Jadi, sebaiknya anda konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya. Tapi anda tenang saja, hal itu sangat jarang sekali terjadi.

3. Berkurangnya Kepekaan Rasa

Konsumsi Kolagen dalam jangka waktu yang panjang dan terus menerus dapat menyebabkan berkurangnya intensitas rasa akan makanan yang kita makan. Tapi hal ini terjadi jika anda mengkonsumsinya dalam bentuk tablet atau pil, dan bagi pengkonsumsinya dapat menimbulkan rasa yang terus-terusan tidak enak pada mulut.

Efek Samping Jika Kekurangan Kolagen di Dalam Tubuh

Akibat kekurangan kolagen pada tubuh diantaranya:

1. Kulit Menjadi Kusam

Kekurangan kolagen dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, mengelupas bahkan timbulnya jerawat di wajah juga termasuk dalam kekurangan kolagen. Karena kolagen memiliki manfaat yaitu membantu pigmentasi dan me-regenerasikan kulit.

2. Rambut Rontok

Seseorang yang mengalami kekurangan kolagen cenderung akan mengalami masalah rambut seperti ketombe, rambut kusam bahkan kerontokan permanen. Karena kolagen berfungsi memperkuat akar rambut dan juga membantu proses pertumbuhan pada rambut.

3. Gangguan Pencernaan

Kolagen dalam pencernaan memiliki peranan yang sangat penting. Karena lancarnya pencernaan berpengaruh pada pertumbuhan dan kegiatan sehari-hari. Tidak jarang orang yang kekurangan kolagen dalam tubuhnya sering merasakan sembelit dan juga perut kembung. Hal ini dikarenakan kolagen membantu proses ekskresi pada tubuh manusia.

4. Berkurangnya Sistem Imun

Kolagen dikenal juga berguna untuk membantu menguatkan sistem imun. Sistem imun berperan dalam menjaga tubuh agar tidak mudah sakit akibat serangan radikal bebas. Ketika tubuh kekurangan kolagen, maka bisa dipastikan tubuh akan lebih sering terserang penyakit bahkan infeksi virus berbahaya.

5. Menurunnya Sirkulasi Darah

Fungsi kolagen dalam tubuh manusia salah satunya adalah melancarkan peredaran darah. Kekurangan kolagen dapat berakibat buruk sehingga memungkinkan terjadinya penyakit kolesterol, stroke, bahkan anda akan terhindar dari bahaya darah tinggi.

6. Gangguan Pada Mata

Telah diketahui salah satu sumber kolagen adalah berasal dari konsumsi Vitamin A yang kita konsumsi. Tapi, jika kita kekurangan kolagen tentu hal ini sangat berpengaruh pada penglihatan mata anda. Mata cenderung menurun akan kemampuan melihatnya dan jika dibiarkan hal ini akan berdampak tidak baik. Karena mata merupakan organ yang penting yang berfungsi untuk melihat, bukan hanya gangguan pencernaan bahkan kurangnya kepekaan pada cahaya di malam hari, serta munculnya sedikit lemak di permukaan mata. Hal ini, tentu sangat mengerikan bukan?

7. Nyeri Otot dan Tulang

Kolagen juga memiliki fungsi untuk membantu proses pembentukan otot dan tulang, kolagen juga dapat mengobati beberapa penyakit cedera tulang yang dialami oleh seseorang. Jadi, jika tubuh kekurangan kolagen tentu tubuh akan lebih sering merasa cepat letih, nyeri otot di bagian tertentu, nyeri sendi, bahkan kerusakan tulang yang semakin berbahaya untuk tubuh.

Nah, sekarang kita semua sudah mengetahui kan betapa pentingnya kandungan kolagen di dalam tubuh kita? Kolagen bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan saja, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi, jika anda ingin mengkonsumsi nya. sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter agar sesuai pada dosis yang dianjurkan. Semoga artikelnya bermanfaat ya.