21 Obat Rambut Rontok Alami Termujarab

967

Rambut yang rontok jangan pernah disepelekan karena ini bisa menjadi awal kebotakan pada kepala Anda. Rambut rontok bisa terjadi pada siapa saja, baik itu wanita maupun pria dan dialami pada usia berapapun. Ada beberapa faktor umum yang bisa menyebabkan kerontokan rambut seperti di bawah ini:

  • Gangguan hormon – Diketahui bahwa kebotakan atau rontoknya rambut akibat gangguan hormon ini termasuk penyakit keturunan yang dipicu oleh sensitivitas genetik folikel rambut yang meningkat terhadap DHT atau dihydrotestosterone.
  • Penggunaan bahan kimia untuk perawatan rambut – Merawat rambut secara berlebihan apalagi dengan memakai bahan-bahan kimia malah bisa menjadikan rambut mudah rontok.
  • Mewarnai rambut – Dosis berlebih dalam pewarnaan rambut, apalagi terlalu sering mewarnai rambut bisa jadi menyebabkan risiko kerontokan rambut menjadi lebih cepat dan besar.
  • Penggunaan alat penata rambut – Alat-alat penata rambut memang dibutuhkan untuk keperluan penampilan yang lebih oke. Tapi nyatanya, alat rebonding dan alat pelurus rambut yang digunakan secara berlebihan bisa membuat rambut mudah rontok.
  • Kurang asupan nutrisi. Rambut rontok apalagi yang sangat parah bisa jadi dikarenakan tubuh kekurangan asupan gizi.
  • Efek samping obat – Konsumsi obat-obatan tertentu bisa jadi malah membuat rambut rontok parah. Obat-obatan kemoterapi, kontrasepsi hingga obat antidepresan dan pengencer darah pun mampu mengakibatkan rambut cepat rontok.

Jika Anda mencari obat rambut rontok yang mujarab, di bawah ini adalah serangkaian rekomendasi yang sangat pas untuk Anda coba.

(Baca juga: bahaya rambut rontok)

1. Lidah Buaya

Obat pertama yang pantas dan wajib untuk dicoba adalah lidah buaya. Khasiat lidah buaya untuk kulit memang besar, tapi tak hanya sekadar menjadi pelembab dan penghalus kulit, lidah buaya pun berguna dalam mengatasi kerontokan rambut. Enzim di dalamnyalah yang akan meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

Untuk memakainya, Anda cukup menyiapkan sebatang tanaman daun lidah buaya yang kemudian dikupas agar lendirnya bisa diambil. Aplikasikan saja bagian lendir atau dagingnya langsung ke kulit kepala Anda secara menyeluruh. Usap-usapkan secara rutin, tunggu beberapa jam sebelum kemudian dibilas dengan air hangat.

2. Akar Licorice

Akar licorice pun dikenal ampuh selain dari lidah buaya dalam mengobati rambut rontok dan mencegah kebotakan. Obat alami ini akan membuka pori-pori kulit kepala sehingga khasiatnya bisa terserap dengan mudah ke dalamnya. Obat ini tak hanya bagus untuk kerontokan rambut, tapi juga untuk masalah kebotakan dan ketombe.

Ambil akar licorice yang sudah digiling dan dihaluskan sebanyak 1 sendok makan, lalu tambahkan ke secangkir susu bersama dengan ¼ sendok teh saffron. Setelah dicampur rata, adonan pasta sudah jadi dan silakan langsung aplikasikan ke seluruh kulit kepala, tinggalkan semalaman. Esok paginya, langsung keramasi rambut Anda setelah bangun tidur dan pemakaian yang dianjurkan hanya 1-2 kali dalam 1 minggu.

3. Jus Bawang Merah

Walau terkenal akan adanya efek samping bawang merah, bumbu dapur ini menawarkan segudang kebaikan yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah sebagai obat rambut rontok berkat adanya kandungan sulfur tinggi di dalamnya. Kandungan tersebutlah yang akan meningkatkan sirkulasi darah pada folikel rambut.

Parutlah bawang merah secukupnya dan ekstrak jusnya untuk diaplikasikan secara langsung ke kulit kepala. Tinggalkan kira-kira ½ jam saja dan kemudian lanjutkan dengan membasuh rambut dan kepala dengan air biasa sebelum mengeramasinya. Alangkah baiknya kalau Anda mengulangi pengobatan ini 2-3 kali dalam 1 minggu secara rutin.

(Baca juga: penyakit yang menyebabkan rambut rontok parah)

4. Indian Gooseberry

Untuk rambut rontok, Anda perlu obat alami yang bisa menumbuhkan kembali rambut secara natural dan cepat. Amla atau Indian gooseberry ini bisa dimanfaatkan berkat adanya vitamin C tinggi di dalamnya. Kekurangan vitamin C juga mampu membuat rambut mudah rontok. Jadi, tak salah kalau Anda memenuhi asupan vitamin C dari Indian gooseberry ini.

Cara penggunaannya sangat sederhana karena Anda cuma memerlukan sesendok makan jus lemon berikut sari dari Indian gooseberry. Campuran keduanya dapat menjadi ramuan yang ampuh hanya dengan secara langsung diaplikasikan dan dipijatkan ke seluruh kulit kepala. Gunakan penutup kepala dan tinggalkan semalaman sebelum esok harinya Anda keramasi.

5. Daun Ketumbar

Obat lainnya yang juga alami dan paling terekomendasi untuk masalah kerontokan rambut adalah daun ketumbar. Daun ini bisa Anda pakai apabila rambut mulai rontok secara tak normal karena hal ini bisa saja menjadi peningkat risiko kebotakan dini. Daun ketumbar bisa dijadikan adonan pasta untuk mengobati rontoknya rambut Anda.

Yang paling penting, sediakan dulu beberapa lembar daun ketumbar secukupnya yang masih dalam kondisi segar. Jadikan adonan pasta dengan cara menumbuknya hingga halus atau memblendernya. Aplikasikan pada kulit kepala secara rutin supaya masalah kerontokan dan kebotakan dini dapat diatasi secara efektif tanpa efek samping berbahaya.

6. Yogurt

Supaya rambut rontok dapat teratasi secara alami dan aman, Greek yogurt adalah bahan yang bisa Anda jadikan obat. Pakailah 2 sendok makan yang bisa dimasukkan ke dalam sebuah mangkuk, lalu tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok makan dan juga jus dari 1 buah lemon. Campurkan hingga merata dan sampai adonan membentuk pasta.

Campuran inilah yang bisa dijadikan ramuan obat rambut rontok dengan cara mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala hingga akar rambut menggunakan sikat khusus pewarna rambut. Tinggalkan selama ½ jam dan kemudian Anda bisa memakai air dingin biasa untuk membilas rambut hingga bersih dari larutan tersebut.

(Baca juga: cara menumbuhkan rambut botak)

7. Akar Bit

Mengandung fosfor, vitamin B, vitamin C, kalium, protein dan karbohidrat, akar bit bisa juga dijadikan obat rambut rontok paling ampuh. Nutrisi-nutrisi ini adalah yang juga dibutuhkan oleh pertumbuhan rambut yang sehat. Jus akar bit segar adalah yang bisa Anda masukkan ke dalam menu diet harian.

Atau, Anda juga bisa memakai daunnya yang diambil beberapa lembar dan kemudian direbus di dalam air bersama dengan henna. Aplikasikan pasta ini bila sudah jadi ke kulit kepala secara merata. Selama 15-20 menitlah Anda perlu meninggalkan sebelum kemudian membilas sampai bersih. Ulangi beberapa kali dalam seminggu supaya hasil efektif dan paling optimal dapat dirasakan.

8. Teh Hijau

Dalam menstimulasi pertumbuhan rambut dan juga folikel rambut, teh hijau adalah bahan yang juga paling direkomendasikan. Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, metabolisme tubuh pun akan turut meningkat sehingga otomatis kerontokan rambut bisa teratasi juga. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan teh hijau sebanyak 2 kantong saja.

Lalu pastikan Anda menyeduh kantong teh hijau ini di dalam 2-3 cangkir air panas yang kemudian Anda bisa tunggu sampai airnya lebih dingin. Setelahnya, Anda bisa membuang kantong tehnya dan air tehnya bisa Anda gunakan sebagai pencuci rambut dan kulit kepala Anda. Sambil dibilaskan ke rambut, Anda juga dapat melakukan pemijatan pada kulit kepala.

9. Minyak Kelapa

Antioksidan tak hanya ada di dalam teh hijau, tapi juga ada pada minyak kelapa di mana antioksidan ini bakal membantu menguatkan akar rambut. Bersifat antimikroba, minyak kelapa ini juga adalah sebuah bahan alami yang tepat ketika Anda hendak mengatasi infeksi pada kulit kepala.

Sediakan minyak kelapa organik sebanyak 1-2 sendok makan yang sudah dihangatkan dan masukkanlah ke dalam sebuah mangkuk kecil untuk memudahkan pengaplikasikan ke rambut. Aplikasikan ke kulit kepala sekaligus akar rambut secara merata dan pijatkan dengan gerakan memutar kecil. Biarkanlah selama ½ jam lamanya atau boleh juga selama semalaman, baru Anda keramasi untuk membersihkannya.

(Baca juga: cara mengatasi kepala botak depan)

10. Kentang

Salah satu makanan yang mengandung vitamin C tinggi adalah kentang dan di dalam kentang jugalah terkandung zat besi sekaligus kalium. Semua kandungan ini adalah kandungan penting yang bisa menutrisi rambut serta kulit kepala. Tak hanya kekurangan asupan vitamin C, kurangnya asupan kalium juga menjadi penyebab rambut rontok.

Itulah mengapa, Anda perlu menyediakan 1 buah kentang, 1 sendok teh air, dan 1 sendok teh madu murni. Setelah dicuci bersih, kentang bisa Anda kupas dan dipotong kecil-kecil untuk diblender (tambahkan air supaya agak encer). Bungkus dengan kain bersih, peraslah untuk mendapatkan ekstrak jus kentang yang dicampur dengan air dan madu sebelum diaplikasikan ke rambut.

11. Daun Kari

Tak banyak yang tahu bahwa daun kari pun mampu mengobati rambut rontok serta mencegah kebotakan. Daun kari bisa dijadikan tonik rambut paling efektif di mana Anda bisa menggunakannya dengan cara merebus beberapa daun kari bersama dengan minyak rambut secukupnya. Setelah itu, aplikasikan ramuan ke kulit kepala secara menyeluruh.

Berikan juga pijatan-pijatan lembut supaya khasiat dari daun kari dapat terserap secara efektif ke dalam kulit kepala dan rambut. Tinggalkan selama paling tidak 15-20 menit lamanya sebelum Anda membilas bersih rambut Anda. Lakukan prosedur perawatan dan pengobatan ini 2 kali dalam 1 minggu untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

12. Jus Lemon

Kalau mungkin Anda tahu betul bahwa jus lemon mampu menjadi pemutih kulit alami, maka kali ini Anda perlu tahu bahwa jus lemon juga bisa menyehatkan kulit kepala. Sifat astringent yang dibawah oleh jus lemon akan mengencangkan kulit kepala dan mengurangi potensi rontoknya rambut.

Cukup 2-3 buah lemon beserta secangkir air hangat, Anda bisa kemudian membelah lemon menjadi dua dan ambil jusnya. Sari dan jus lemon bisa Anda campur bersama air hangat tadi dan kemudian aplikasikan ke rambut serta kulit kepala setiap sehabis keramas. Setelah aplikasinya, tinggalkan 5 menit lebih dulu supaya nutrisinya masuk ke dalam kulit kepala.

(Baca juga: bahaya menelan rambut)

13. Putih Telur

Untuk mengobati rambut rontok, pakai saja putih telur 1 butir yang kemudian dicampurkan bersama sesendok teh minyak zaitun. Asalkan Anda sudah memisahkan antara putih dan kuning telur, Anda bisa kemudian mengocok putih telur hingga konsistensinya merata dan terdapat tekstur yang kental.

Larutan ini bisa Anda aplikasikan ke rambut menggunakan sikat pewarna rambut bila ada. Pastikan akar rambut dan kulit kepala Anda benar-benar diusap dengan larutan hingga merata. Pakai shower cap untuk menunggu nutrisi kedua bahan terserap dengan baik selama kira-kira 20 menit. Bilas dengan air dingin biasa setelahnya dan keramasi memakai sampo ringan.

14. Minyak Kemiri

Mungkin sepintas mendengar minyak kemiri, Anda akan berpikir bahwa minyak ini hanya untuk menghitamkan rambut. Padahal minyak kemiri ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kerontokan rambut juga. Ambil saja biji kemiri beberapa buah, ambil isinya dan secara halus bisa Anda tumbuk.

Pastikan Anda ambil air yang dilanjutkan dengan merebusnya hingga minyak keluar. Minyak kemiri inilah yang perlu digunakan rutin dengan mengaplikasikannya ke rambut 2-3 kali dalam seminggu untuk mengatasi rambut rontok. Usap-usapkan sekaligus pijatkan di bagian kulit kepala sekaligus pangkal rambut dan pastikan pula bahwa Anda membiarkan minyak benar-benar teresap sempurna ke dalam pori-pori kulit kepala.

15. Daun Seledri

Jenis sayuran ini memang kerap menjadi penyedap masakan seperti bakso atau sup, tapi seledri pun juga bisa digunakan untuk mengobati rambut rontok. Haluskan saja beberapa lembar daun seledri yang sudah dicuci dan kemudian blenderlah. Larutan jus seledri siap untuk dibalurkan ke seluruh kepala dan rambut, lalu biarkan 20 menit-1 jam sebelum dibilas bersih.

(Baca juga: penyebab sakit kepala)

16. Daun Mangko

Untuk mengobati rambut rontok berikutnya, Anda bisa mencoba menggunakan daun mangko. Beberapa dari Anda yang sudah cukup familiar bisa menggunakan bahan ini dengan meremas-remas daunnya dan kemudian digosok-gosokkan ke kulit kepala secara langsung. Karena baunya tidak enak, harap Anda mewaspadai hal ini dan pertimbangkan sebelum memakai.

17. Bonggol Pisang

Cukup unik dan jarang terdengar memang, tapi bonggol pisang nyatanya justru menjadi obat rambut rontok ampuh bagi sebagian orang yang terkena rambut rontok akibat sakit kepala. Bonggol pisang juga adalah obat kerontokan rambut yang pas dan aman bila hendak digunakan oleh wanita yang sedang menyusui.

Seluruh bonggol pisang bisa dipakai secara aman, kecuali bonggol pisang jenis pisang susu. Dalam penggunaannya, parutlah bonggol pisang yang kemudian dirajang sampai bentuknya halus. Peraslah cairan yang ada pada bonggol pisang memakai kain bersih dan pastikan Anda mengembunkannya selama semalaman sebelum dipakai untuk rambut serta kulit kepala.

18. Santan

Dalam hal ini, Anda bisa menyediakan santan yang memang dalam bentuk sudah siap pakai dengan takaran sebanyak 1 gelas. Rambut kemudian bisa Anda bersihkan lebih dulu dan oleskan santan ke rambut serta kulit kepala. Pijat-pijat lembut dan biarkan paling tidak 1 jam penuh sambil membalutkan handuk hangat ke kepala sebelum kemudian dibilas biasa.

(Baca juga: gejala hipotiroid)

19. Minyak Wijen

Minyak wijen adalah jenis minyak esensial selain dari minyak kelapa dan menawarkan khasiat yang sama besarnya. Vitamin, mineral dan antioksidan di dalamnya begitu tinggi sehingga bisa Anda gunakan rutin sebagai obat rambut rontok. Oles serta pijatkan saja minyak wijen ke rambut dan kulit kepala sesudah keramas dan tinggalkan selama 1-2 jam sebelum membilasnya.

20. Minyak Lavender

Sama halnya dengan minyak wijen dan minyak kelapa, Anda bisa menggunakan minyak lavender sebagai obat dalam mengatasi kerontokan rambut. Pastikan bahwa Anda mengoleskan dan sekaligus memijatkan minyak lavender secukupnya ke rambut serta kulit kepala sesudah keramas. Biarkan paling tidak 1 jam sebelum boleh dibasuh menggunakan air dingin.

21. Minyak Zaitun

Satu lagi minyak esensial yang tak boleh ketinggalan untuk mengobati rambut rontok. Minyak zaitun mampu memperkuat akar rambut sehingga Anda bisa menggunakannya rutin demi rambut yang sehat. Ambil minyak zaitun yang telah dihangatkan sebelumnya, lalu pijatkan ketika mengoleskannya secara merata ke kulit kepala serta rambut. Lakukan rutin demi mengurangi jumlah rambut yang rontok.

(Baca juga: cara menghilangkan gatal di kepala)

Itulah obat rambut rontok paling alami dan paling terekomendasi. Nomor 1 alias lidah buaya adalah yang paling wajib dicoba karena memang khasiatnya sudah dipercaya sejak zaman dulu. Selamat mencoba dan kiranya dengan obat tradisional justru hasilnya jauh lebih memuaskan.