Home Penyakit dan KelainanPenyakit Asma 10 Cara Mengobati Asma Kambuh

10 Cara Mengobati Asma Kambuh

by Ana Rohma

cara mengobati asmaApakah pernah mendengar tentang penyakit asma? Asma adalah sebuah penyakit yang menyerang pada organ pernafasan. Awal mula gangguan asma belum diketahui hingga sekarang dan berbagai ahli kesehatan terus melakukan penelitian. Namun asma dapat muncul ketika ada peradangan yang menyerang saluran pernafasan dan meningkatkan produksi lendir yang berada pada saluran. Jika hal ini terjadi, maka saluran pernafasan akan menyempit dan membuat penderitanya kesulitan untuk bernafas.

Gangguan umum yang paling sering terjadi pada asma biasanya ditandai dengan nafas yang yang berbunyi, sesak nafas, nyeri pada bagian dada, dan batuk kecil hingga batuk parah. Tapi pada dasarnya penderita asma bisa memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung dari penyebab dan tahap asma. Biasanya penderita akan mengalami gangguan ringan kemudian menjadi lebih berat bila tidak diobati.

Gejala Awal Asma

Asma biasanya ditunjukkan dengan berbagai gejala awal yang berbeda. Semua penderita bisa mengalami gejala secara bersamaan ataupun ketika sedang terserang penyakit lain. Berikut ini adalah berbagai macam gejala asma yang bisa dilakukan untuk deteksi dini. Jika semua gejala semakin berat maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan ahli medis.

  • Gangguan tidur yang terus menerus terjadi dan akan terasa gelisah
  • Nafas menjadi kurang nyaman terutama karena sesak nafas atau nafas yang berat
  • Diiringi dengan batuk kecil yang selalu terjadi setiap malam selama beberapa hari
  • Tubuh terasa lebih lelah dan mudah capai
  • Tubuh mudah lelah ketika setelah melakukan berbagai aktifitas pada siang hari
  • Depresi, sedih, dan mudah tersinggung
  • Sakit pada tenggorokan, hidung meler, hidung tersumbat dan semua gejala seperti serangan influenza

Pengobatan Asma Berdasarkan Jenisnya

Asma memang menjadi penyakit yang sangat menganggu dan pada tahap tertentu bisa menyebabkan bahaya. Asma memang harus diobati untuk meringankan sesak nafas dan gangguan pernafasan saat serangan asma. Namun cara untuk mengobati asma telah dikembangkan dengan berbagai jenis pengetahuan. Salah satunya adalah cara mengobati asma berdasarkan penyebab asma atau tipe asma.

Berikut ini adalah berbagai jenis tipe asma dan cara untuk mengobatinya :

1. Asma karena Alergi

Salah satu jenis asma yang sangat umum dan banyak diderita oleh lebih dari 60% penduduk di dunia adalah asma karena alergi. Asma ini dapat muncul karena ada penyebab alergi atau allergen yang memicu terjadinya asma. Beberapa jenis penyebab alergi antara lain karena debu, jamur, serbuk sari pada bunga,bulu binatang (seperti bahaya bulu kucing), asap, bau yang kuat dan kondisi udara seperti dingin atau panas. Orang yang memiliki alergi karena masalah ini harus menghindari semua jenis allergen.

Gejala asma yang disebabkan karena alergi pada umumnya sama seperti jenis asma lainnya seperti :

  • batuk
  • sesak nafas
  • tekanan yang kuat pada dada
  • nafas yang cenderung lebih cepat

Cara mengobati asma karena alergi adalah dengan memakai perlindungan khusus seperti memakai masker, baju hangat dan semua hal yang disesuaikan dengan jenis alergi.

2. Asma karena Batuk

Beberapa jenis batuk juga bisa menjadi salah satu pertanda asma. Batuk kering yang tidak disertai dahak akan menyebabkan organ pernafasan tidak bisa memproduksi lendir, sehingga saluran pernafasan akan terasa lebih sesak. Gejala umum dari asma ini adalah batuk dan nafas yang lebih berat.

Berikut ini beberapa jenis pertanda dari gejala asma karena batuk :

  • Batuk telah terjadi dalam waktu yang lebih lama terkadang hingga 2 bulan atau lebih
  • Batuk tidak hanya terjadi pada malam hari namun sepanjang hari
  • Penderita akan kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas dan sulit untuk tidur
  • Batuk akan menjadi lebih parah bila melakukan aktivitas berat atau olahraga
  • Terkadang batuk juga menjadi lebih parah bila mencium aroma parfum, debu atau bulu binatang

Cara mengobati asma karena batuk adalah dengan pemakaian berbagai jenis obat semprot asma seperti albuterol dan obat anti inflamasi.

3. Asma karena Lingkungan

Lingkungan bisa menjadi salah satu penyebab asma. Jenis asma ini disebabkan karena dalam sebuah lingkungan terdapat zat khusus yang menyerang sistem pernafasan. Paparan berbagai jenis zat kimia bisa menjadi pemicu asma jenis ini. Berikut ini beberapa jenis penyebab asma yang berasal dari lingkungan.

  • Adanya zat allergen yang berasal dari lingkungan – Reaksi ini lebih banyak ditemukan seperti pada asma karena alergi
  • Adanya zat yang bisa menyebabkan iritasi pada organ pernafasan – Reaksi ini biasanya diderita oleh orang yang terkena asma karena bahaya asap rokok atau bau parfum.
  • Adanya zat kimia yang masuk ke saluran pernafasan terutama paru-paru – Kasus ini lebih sering terjadi pada orang yang bekerja di industri kimia atau melibatkan zat kimia.

Asma karena lingkungan akan menyebabkan gangguan pada orang-orang yang berada dalam lingkungan. Gejala asma akan menjadi lebih parah bila penderita berada dalam lingkungan dalam waktu yang lama. Berbagai jenis penyebab asma dari lingkungan adalah sebagai berikut.

  • Berbagai jenis biji-bijian dan serbuk esktrak buah
  • Kapas, debu produksi tekstil seperti kain dan rami
  • Berbagai jenis bahan kimia seperti bubuk pewarna, bubuk detergen, busa dan karet
  • Berbagai industri logam seperti pengolahan kromium dan nikel.

Tinggal dalam lingkungan yang menyebabkan asma akan menjadi potensi bahaya yang sangat besar untuk kesehatan. jika sudah terdeteksi mengalami alergi atau asma yang disebabkan karena lingkungan, maka lakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Minta ijin beristirahat, untuk mengetahui reaksi tubuh seperti kondisi kesehatan, batuk dan sesak nafas
  • Lakukan pengobatan dengan dokter ahli
  • Lakukan pencegahan agar tidak terkena paparan zat penyebab asma
  • Ajukan permintaan untuk berpindah tempat kerja atau ganti bagian.

4. Asma Nocturnal (Asma Malam)

Orang yang terkena asma nocturnal akan mengalami gejala asma pada malam hari. Berbagai gejala asma malam adalah seperti sesak nafas, nafas berat, batuk dan sulit untuk tidur. Meskipun serangan asma akan terjadi pada malam hari, namun terkadang juga akan terjadi pada siang hari. Jenis asma ini menjadi salah satu asma yang bisa menyebabkan kematian.

Banyak orang yang terkena asma nocturnal memiliki kesehatan yang sangat baik pada awalnya. Bahkan berbagai gejala asma yang menyertai asma nocturnal terlihat sangat biasa. Karena hal inilah maka banyak penderita yang tidak menyadari sebenarnya terkena asma nocturnal. Berikut ini adalah penyebab asma nocturnal.

  • Peningkatkan penyebab alergi yang terjadi secara terus menerus seperti debu, mesin pendingin udara dan kondisi lingkungan yang buruk
  • Hormon yang bekerja pada saluran pengeluaran tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan perubahan fungsi pada saluran pernafasan
  • Posisi tidur yang salah. Posisi berbaring atau terlentang adalah pemicu yang paling banyak ditemukan. Posisi ini menyebabkan tekanan pada saluran penafasan, paru-paru dan penurunan kemampuan fungsi paru-paru.

Pada dasarnya tidak ada obat khusus utuk mengobati nocturnal asma. namun berbagai jenis obat asma untuk jenis asma lain sangat efektif digunakan untuk jenis asma ini. Selain itu, karena asma ini akan menyerang pada malam hari sebaiknya penderita selalu dekat dengan inhaler atau alat semprot untuk asma.

Penyebab asma yang pasti dari jenis penyakit ini belum diketahui. Tetapi dapat dipicu oleh alergi, polusi udara, infeksi pernapasan, emosi, kondisi cuaca, sulfit dalam makanan dan obat-obatan tertentu. Gejala umum termasuk batuk, mengi, sesak napas dan dada sesak.

Pengobatan Asma Secara Alami

Berbagai jenis obat asma biasanya diberikan oleh dokter dalam jangka waktu yang agak lama, kepada penderita asma. Namun pemakaian obat jangka panjang juga akan menyebabkan beberapa resiko kesehatan yang lain.

Di bawah ini, terdapat berbagai cara mengobati asma dengan jenis obat alami yang efektif untuk menyembuhkan amsa, mengurangi gejala asma dan menjadi terapi untuk mengatasi gangguan asma.

1. Ramuan Bawang Putih

Bawang putih adalah obat asma yang sangat manjur terutama untuk asma tahap awal. Bawang putih bisa membantu organ pernafasan agar menjadi lebih lega dan mengurangi cairan lendir dalam organ pernafasan. Cara penggunaannya adalah :

  • rebus 2 siung bawang putih dalam 100 ml air
  • Minum air rebusan ketika sudah dingin
  • Sebaiknya minum ramuan ini saat malam hari

Selain itu, bawang putih juga berguna sebagai makanan penurun darah tinggi yang aman.

2. Jahe

Jahe adalah sejenis tanaman rimpang dengan aroma khusus. Jahe telah terbukti bisa meringankan gejala sesak nafas dan mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan. Jahe bisa menjadi obat alami untuk semua jenis asma dengan berbagai jenis penyebab. Cara penggunaanya adalah :

  • Rebus beberapa ruas jahe segar yang baru dipetik
  • Hindari memakai jahe yang sudah disimpan lama
  • Minum air rebusan jahe saat masih hangat

3. Kopi

Meskipun sebagian besar bahaya kopi tidak baik untuk kesehatan, namun kopi bisa menjadi minuman yang sangat membantu perawatan asma. Anda bisa mengkonsumsi kopi hitam pahit tanpa gula untuk menangkal serangan asma. Kandungan kafein dalam kopi bermanfaat untuk menghilangkan semua gangguan pernafasan dan melegakan saluran pernafasan. Meskipun kopi bisa digunakan untuk mengobati asma, namun tidak disarankan untuk selalu mengkonsumsi kopi, mengingat bahaya kafein di dalamnya tidak baik untuk tubuh.

4. Ramuan Bawang Bombay

Tahukah anda, bahwa bawang bombay adalah bumbu yang sangat ampuh untuk mengatasi serangan asma. Bawang bombay menganding zat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan. Bawang bombay juga dapat menurunkan peradangan yang terjadi pada paru-paru. Anda bisa mengkonsumsi bawang bombay mentah untuk mengobati asma.

5. Madu

Madu mengandung zat alami yang bisa membantu melegakan saluran pernafasan bagi orang yang terkena asma. Alkohol dalam madu, memiliki salah satu zat yang bersifat menenangkan rongga pernafasan. Selain itu madu juga mengandung nutrisi yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan menghindari berbagai jenis penyakit lain. Cara penggunannya  adalah :

  • Siapkan satu sendok teh madu
  • Tambahkan sedikit kayu manis bubuk dan larutkan
  • Anda bisa mengkonsumsi madu secara langsung atau melarutkannya dalam air hangat.

6. Senam Pernafasan

Salah satu metode lain yang dikenal untuk mengurangi gejala dan serangan asma adalah senam pernafasan. Senam ini dilakukan untuk melatih organ paru-paru agar bisa memiliki kapasitas yang normal. Berbagai gerakan senam bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, membuat pikiran menjadi santai dan menghindari penderita dari stres.

7. Akupuntur

Akupuntur adalah salah satu jenis metode perawatan asma yang dikenalkan oleh China. Berbagai jenis titik tubuh yang berhubungan dengan rongga pernafasan akan diterapi dengan jarum. Beberapa orang ternyata juga bisa sembuh dengan terapi akunpuntur, namun harus dilakukan dengan rutin.

Pencegahan Asma

Asma memang bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak dan orang tua. Namun bukan berarti kita tidak bisa melakukan upaya untuk mencegah agar tidak terkena asma. Banyak hal positif yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari asma. Berikut ini adalah berbagai langkah pencegahan asma :

  1. Menjaga kondisi lingkungan – Jika sudah memiliki alergi terhadap debu maka buatlah lingkungan rumah atau tempat kerja menjadi bersih –  Hindari penyebab asma seperti debu dan selalu gunakan masker untuk melindungi saluran pernafasan dari debu.
  2.  Gunakan pendinin udara (AC) – Jika tinggal dalam lingkungan yang terlalu lembab, maka gunakan pendingian udara atau AC. AC dapat membuat lingkungan menjadi lebih nyaman dan terhindar dari paparan debu, jamur dan penyebab asma.
  3. Hindari memelihara hewan- Hewan seperti anjing dan kucing memang bisa menjadi teman yang sangat setia. Tapi jika memiliki alergi terhadap bulu binatang maka jangan memelihara binatang dalam lingkungan rumah.
  4. Olahraga secara teratur – Olahraga adalah salah satu cara untuk membuat badan tetap sehat dan menghindarkan tubuh dari resiko asma. Berbagai jenis olahraga yang sangat baik untuk menghindari dari serangan asma adalah renang, lari dan senam.
  5. Jaga berat badan –  Memiliki berat badan yang ideal dan tidak kegemukan akan menghindarkan tubuh dari asma. Selain itu, kelebihan berat badan atau obesitas, sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.
  6. Hindari rokok dan alkohol – Bahaya merokok dan alkohol bisa menjadi pemicu asma karena mengandung zat kimia khusus yang bisa masuk ke tubuh dan menyerang organ pernafasan.

You may also like