12 Penyebab Malnutrisi yang Harus Dihindari

2667

Mal nutrisi, apasih sebenarnya mal nutrisi itu, mangapa bisa terjadi malnutrisi. Baik malnutrisi adalah kekurangan nutrisi. Pada dasarnya malnutrisi sering menyerang mereka yang berekonomi rendah karena tidak mampu mencukupi kebutuhan nutrisinya sehingga nutrisi yang seharusnya dikonsumsi sebanyak yang dibutuhkan tubuh tidak dapat tercukupi. Tak hanya nutrisi namun semua yang dibutuhkann tubuh seharusnya dapat tercukupi, seperti vitamin a, vitamin k, vitamin d, vitamin c, vitamin e, vitamin b dan segala bentuk vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuhh.

Dengan kecukupan nutrisi pada tubuh maka tubuh yang sehat akan didapatkan dan tidak ada kata malnutrisi yang menyerang. Namun mengapa masih saja terdapat malnutrisi yang membuat resah para masyarakat ? hal ini banyak sekali penyebabnya. Adapun salah satu penyebab dari malnutrisi itu sendiri adalah kebutuhan ekonomi yang tidak tercukupi. Adapaun penyebab dari malnutrisi itu sendiri adalah

  1. Kebutuhan ekonomi yang tidak tercukupi

Kebutuhan ekonomi dapat menyebabkan kekurangan nutrisi atau malnutrisi, karena untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tentu diperlukan keuangan yang cukup sehinga dapat membeli nutrisi sehingga terjadilah malnutrisi yang menyebabkan timbulnya penyakit lain.

  1. Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat akan membuat individu terserang malnutrisi dengan mengkonsumsi makanan-makanan seperti junk food ataupun makanan instan lainnya akan membuat nutrisi tidak terpenuhi sehingga penyakit akan mudah terserang apalagi nutrisi tidak terpenuhi dengan baik. Pada dasarnya makanan yang sehat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kekebalan tubuh yang optimal sehingga kekebalan tubuh akan mampu memerangi setiap virus yang akan masuk kedalam tubuh nantinya. selain itu perlu sekali mengetahui apa saja bahaya junk food bagi kesehatan. agar tidak hanya mendengarkan orang saja untuk menghindari junkfood tapi kesadaran diri sendiri untuk mengindari jonk food

  1. Terlalu sering makan makanan instan

Makan makanan yang instan tidak baik untuk tubuh, makanan instan juga memiliki dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan bahkan makanan yang instan yang dibilang banyak mengandung nutrisi itu pada dasarnya tidak memiliki banyak nutrisi, meskipun nutrisi terdapat pada makanan instan tersebut tetapi tetap saja lebih banyak zat yang beracun pada makanan tersebut. Karena yang dibilang makanan instan pasti pembuatan juga istan, itu artinya setiap kuman atau bakteri yang ada pada makanan itu tidak terbunuh dengan maksimal. Seperti contohnya saja makanan instan adalah mie instan. Mie instan yang dibilang memiliki karbohidrat dan nutrisi yang cukup pun sejatinya tidak memiliki itu semua. karena mie lebih banyak mengandung zat yang berbahaya. Bahkan mie dapat mengaggu proses pencernaan dalam tubuh. baca juga (efek samping mie instan yang mematikan dan bahaya makan mie instan mentah)

  1. Mobilitas yang tidak teratur

Mobilitas disini adalah pulang pergi dari daerah ke daerah lain atau juga keadaan seseorang yang melakukan pulang dan pergi. Dengan keadaan mobilitas yang tidak teratur itu artinya orang yang melakukan pulang pergi ini tidak sempat untuk makan atau memenuhi nutrisinya sehingga nutrisi tidak terukupi dan terjadilah malnutrisi. Selain itu mobilitas dari suatu daerah kedaerah lain ini dapat menjadi penyebab malnutrisi, apa maksudnya ?

mobilitas yang dimaksud adalah keadaan seseorang yang tidak mampu untuk pergi kesuatu daerah untuk membeli makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga makanan yang dimakan adalah makanan yang ada didaerah itu saja.

  1. Pencernaan yang terganggu

Gangguan pada pencerana atau gangguan pencernaan dapat menyebabkan malnutrisi, hal ini berakibat karena pada saat pencernaan itu terganggu maka makanan akan sulit untuk masuk kedalam perut, sehingga makanan yang masuk kedalam tubuh tidak begitu baik, karena tubuh yang pencernaannya terganggu akan menyebabkan makanan yang mau dimasukan kedalam tubuh tidak semuanya mau masuk tetapi sesuai dengan selera yang ingin dimakan. Jika selera makanan yang diinginkan adalah makanan makanan yang instan atau makanan sejenis junk food maka akan membahayakan kesehatan penderita. selain makanan junk food ada makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang-ulang, dimana makanan itu jika dipanaskan akan mengakibatkan racun. tak hanya makanan yang tidak boleh dipanaskan saja tetapi makanan bahaya penyedap rasa makanan dan msg bagi kesehatan juga perlu diperhatiakan

  1. Banyak mengkonsumsi alkohol

Konsumsi alkohol yang terlalu banyak atau melampaui batas yang seharusnya akan menyebabkan nutrisi yang sudah ada pada tubuh menjadi hancur atau terserap oleh alkohol itu sendiri, sehingga tubuh tidak dapat menerima nutrisi yang baik dimana nutrisi itu sebenarnya membantu tumbuh kembang dari tubuh individu. Selain itu nutrisi juga membantu individu untuk dapat membuat ketahanan metabolisme pada tubuh sehingga metabolisme pada tubuh dapat terajga dengan baik dan tubuh dapat terus beraktifitas dengan normal. Dan tidak adanya malnutrisi.

  1. Kebiasaan makan yang buruk

Kebiasaan makan yang buruk seperti makan makanan yang instan akan mempengharuhi kecukupan nutrisi, kebiasanaan makan yang buruk atau tidak memperhatikan konsumsi makanan yang seharusnya ada dan dibutuhkan oleh tubuh akan membuat tubuh kehilangan nutrisi dan membuat tubuh menjadi lemas, bahkan tidak hanya lemas saja kebiasaan makan makanan yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh seperti

  1. Kekurangan gizi

Kekurangan gizi sudah jelas akan mengakibatkan malnutrisi pada setiap individu. banyak sekali akibat kekurangan gizi, baik itu bagi balita ataupun bagi yang sudah dewasa. sehingga perlu dijaga sekali agar gizi tetap terjaga dengan baik dan tidak kurang.

  1. Kelebihan gizi

tak hanya kekuanga gizi saja, namun kelebihan salah satu gizi yang ada didalam tubuh juga menyebabkan mal nutrisi, itu artinya kondisi dalam tubuh hanya salah satu gizi saja yang dapat muncul pada tubuh itu sehingga gizi yang lain tidak dapat tercukupi. Ketdak cukupan gizi karena kelebihan salah satu gizi ini lah yang menyebabkan mal nutrisi pada tubuh.

  1. Terdapat sanitasi

Sanitasi yang terjadi pada rumah tangga ternyata berakibat bagi kesehatan keluarga apalagi bagi kesehatan anak, pada dasarnya sanitasi dapat menyebabkan pencemaran pada beberapa makanan, dimana pencemaran itu akan menyebabkan makanan yang dimakan tidak sehat dan berakibat buruk pada kesehatan seseroang.

  1. Perilaku orang tua yang egois

Apa yang dimaksud dari prilaku orang tua yang egois? Maksudnya disini adalah orang tua yang mengangap dirinya sangat mengerti apa yang seharusnya dikonsumsi anaknya. Padalah tidak mengetahui sesuai dengan kondisi medis ataupun ahli gizi yang sebenarnya. Kondisi yang seperti inilah yang akan menjadi penyebab malnutrisi terjadi dalam suatu keluarga. Karena terlalu tertekan. Apalagi ketika seorang anak tidak mau dan menuruti apa yang diperintahkan orang tua. Sehingga membuat anak lebih memilih pergi jajan diluar yang hal itu tidak mengandung nutrisi yang cukup nantinya.

  1. Keadaan pendidikan

Selain keadaan ekonomi, keadaan pendidikan juga mempengharui kondisi kesehatna masyarakat. Mengapa demikian ? tentu saja, pendidikan yang tinggi akan membuat seseorang dapat mengerti bagaimana seharusnya hidup sehat itu, sehingga tidak akan ada penyakit yang parah yang terjadi dalam keluarga itu. Beda halnya dengan orang yang tidak berpendidikan. Ia tidak akan memiliki pengetahuan yang lebih mengenai gizi dan nutrisi yang cukup pada dirinya. Sehingga hanya sekadarnya saja ketika makan dan tidak memperhatikan suatu hal yang dimakan itu dapat mempengharuhi kesehatan pada tubuh itu sendiri. Sehingga tubuh akan mudah merasakan sakit.

12 hal diatas dapat menyebabkan malnutrisi pada anak, pada dasarnya malnutrisi tidak hanya dideita oleh masnyarakat yang kebutuhan ekonominya rendah saja, tetapi kebutuhan ekonomi yang tercukupi dengan gaya hidup yang tidak sehat juga akan menyebabkan malnutrisi yang terjadi pada tubuh. Sehingga ketika kebutuhan ekonomi tercukupi kemudian seseroang tidak memperhatiakan pola makan maka kebutuhan nutrisi tidak akan tercukupi meskipun sejatinya masih banyak sekali makanan yang sudah dikonsumsi dan berjumlah mahal.

Meskipun demikian jika makanan yang dibeli semahal apapun tidak mengandung nutrisi tetap saja makanna itu tidak mendukung gaya hidup yang sehat. Padahal setiap insan harus memiliki gaya hidup yang sehat  sehingga kehidupaan akan lebih indah untuk dijalani. Menjaga kesehatan tidak hanya dimasa tua saja, ataupun pada saat kecil dan balita saja, tetapi menjaga kesehatan harus dijaga dari kecil sampai tua. Jangan sampai masa muda tersia-siakan hanya karena diri mengikuti gaya yang dibilang modern tetapi tidak sehat.