Home Penyakit dan KelainanSakit Kepala Sakit Kepala Sebelah Kiri – Penyebab dan Pengobatan

Sakit Kepala Sebelah Kiri – Penyebab dan Pengobatan

by Roro Dyiah

Sakit kepala memang merupakan salah satu penyakit yang datangnya bisa kapan saja. Dari berbagai macam jenis sakit kepa, ada satu jenis sering sakit kepala yang kita sebut dengan migrain. Bahaya sering migrain ini merupakan salah satu sakit jenis sakit kepala yang hanya menyerang satu sisi saja. Sisi- sisi yang diserang ini kalau tidak bagian kiri ya sisi bagian kanan. Penyakit ini kian populer di kalangan masyarakat. Dan penyakit migrain ini merupakan penyakit yang sering dikeluhkan oleh masyarakat. Sakit kepala bagian kiri ini seringkali menyerang secara tiba- tiba, sehingga tidak dapat diprediksi kedatangannya. Sakit kepala bagian kiri ini rasanya sangat menyengat dan nyeri melebihi sakit kepala biasa. Hal ini karena tumpuan sakitnya hanya berada pada satu sisi saja dan tidak menyebar seperti sakit kepala secara umum. Sakit kepala bagian kiri ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, rupa dan juga usia. Anak kecil sekalipun dapat terserang sakit kepala sebelah jenis ini.

Banyak orang yang sering mengabaikan penyakit ini. Sebagian besar orang menyepelekan sakit kepala ini dan hanya membeli obat pusing cap warung yang bisa menghilangkan nyeri sementara saja. Padahal jenis penyakit ini bisa terjadi berulang- ulang dan juga berdenyut- denyut. Terkadang denyut yang luar biasa ini menjadikan kita menjadi tidak berdaya kala penyakit ini datang. Penyakit seperti sebenarnya tidak bisa dianggap remeh, penyakit seperti ini sering dihubungkan dengan tekanan darah. Sakit kepala sebelah kiri ini berbeda dengan sakit kepala biasa yang terkadang bisa hilang dengan obat warung. Sakit kepala bagian kiri ini obatnya bukan obat biasa yang ada di warung dan sakit kepala jenis ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beristirahat. (baca juga: obat sakit kepala)

Penyebab

Kita sebagai manusia yang selalu mengutamakan kesehatan perlu mengetahui penyebab timbulnya sakit kepa bagian kiri. beberapa hal dapat memicu terjadinya sakit kepala bagian kiri ini. Kita mungkin tidak akan menyadarinya dan mengira bahwa sakit kepala bagian kiri ini hanya seperti sakit kepala biasa yang mudah sekali hilang. Dan mungkin juga diantara kita mengira bahwa sakit kepala bagian kiri ini penyebabnya sama dengan sakit kepala biasa. Beberapa hal yang menyebabkan timbulnya sakit kepa bagian kiri antara lain:

  1. Mengonsumsi berbagai makanan dan juga minuman yang menyebabkan timbulnya sakit kepala bagian kiri

Tahukah Anda bahwa di dunia ini ada beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab timbulnya sakit kepala bagian kiri? banyak sekali makanan dan minuman di sekitar kita yang mempunyai rasa enak namun tidak sehat bagi tubuh kita. Makanan- makanan yang beredar di pasaran, terebih pada akhir- akhir ini seringkali menggunakan banyak pengawet dan dimasak dengan instan. Jika Anda merupakan penggemar makanan dan minuman yang tidak sehat, maka Anda akan sangat berpeluang untuk terjangkit penyakit sakit kepala sebelah kiri ini. Lalu apa saja yang termasuk ke dalam kategori makanan dan minuman yang tidak sehat tersebut? Berdasarkan hasil penelitian, makanan dan minuman yang tidak sehat tersebut antara lain:

  • Keju matang seperti cheedar, stilton, dan emmentaler
  • Cokelat
  • Makanan- makanan yang diasinkan, diasamkan, dan juga difermentasikan.
  • Kacang- kacangan, termasuk juga selai kacang
  • Makanan yang megandung kafein yang berlebihan
  • Alkohol

Itulah beberapa makanan serta minuman yang mempunyai resiko menimbulkan penyakit sakit kepala bagian kiri. makanan- makanan tersebut ada di sekitar kita, namun kita bisa mencegah untuk mengonsumsinya dan bisa menggantinya dengan makanan- makanan lain yang tentu saja lebih sehat, seperti makanan yang mengandung vitamin B6, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak yang jumlahnya seimbang.

Makanan-makanan ini dapat kita jumpai pada contoh formula makanan empat sehat lima sempurna, yakni nasi, jagung, ubi, sayur- sayuran hijau, buah- buahan, berbagai lauk paku seperi tahu, tempe, ikan, ayam , daging,. Telur, serta disempurnakan dengan susu. Selain itu makanan- makan sehat ini dapat dengan mudah kita temukan di warung- warung sekitar tempat tinggal kita, dengan harga yang terjangkau pula. (baca juga: 24 makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi)

  1. Menstruasi

Menstruasi merupakan satu peristiwa yang selalu ada dan menjangkit wanita setiap bulannya. Menstruasi ini sebenarnya membuat bagan kita lebih sehat, hal itu karena darah- drah kotor yang ada di dalam tubuh kita dikeluarkan sehingga menyebabkan tubuh kita menjadi lebih bersih dan tentu saja akan menjadi lebih sehat. Namun terkadang dalam proses peluruhan dinding sel rahim untuk mengeluarkan darah kotor ini ada gejala- gejala tertentu yang membuat badan kita terasa sakit, terutama di bagian perut kiri bawah.

Terkadang gejala sakit perut ini juga akan dibarengi dengan gejala- lain seperti sering mual setelah makan, penyebab muntah darah, lemas, kepala sering pusing, dan sebagainya. Salah satu jenis sakit yeng menyertai ketika menstruasi tiba adalah migrain atau sakit kepala bagian kiri. Menstruasi ini menjadi salah satu hal yang memicu adanya sakit kepala bagian kiri. sakit kepala bagian kiri ini timbul atau terjadi pada saat terjadinya menstruasi atau beberapa hari menjelang menstruasi tiba. Menurunnya kadar hormon esterogen pada saat terjadinya menstruasi merupakan pemicu utama terjadinya sakit kepala di sebelah kiri ini.

Oleh karena menstruasi menjadi salah satu faktor pemicu sakit kepala sebelah kiri, maka tidak heran jika sebagin besar penderita sakit kepala sebelah kiri ini adalah kaum wanita. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi kaum wanita untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin pada saat terjadi menstruasi dengan tujuan agar terhindar dari rasa sakit yang berlebihan atau lebih parah. (baca juga: akibat kelebihan estrogen)

  1. Migrain

Meskipun sakit kepala sebelah kiri sering orang menyebutnya sebgai migrain, namun pada arti sesungguhnya migrain adalah sakit kepala yang terjadi pada sebelah kepala atau sakit kepala yang tidak merata. Sakit migrain ini dapat menyerang bagian kanan maupun kiri kepala sehingga  migrain ini bisa dikategorikan sebagai penyebab timbulnya sakit kepala bagian kiri. saat terjadi migrain di sebelah kiri ini, biasanya kepala akan terasa berdenyut- denyut dan sakit yang rasanya menusuk disertai pula dengan berbagai gejala seperti mual, muntah, atau penglihatan yang kabur dan tidak jelas.

Rasa sakit yang terjadi akibat sakit kepala bagian kiri ini bisa berlangsung selama berjam- jam, bahkan hingga berhari- hari lamanya. Migrain sendiei penyebabnya ada banyak sekali, semua hal yang dapat memicu terjadinya migrain, dapat pula memicu terjadinya sakit kepala bagian kiri ini.

  1. Sinusitis

Sakit kepala sebelah kiri juga dapat dipicu karena adanya gejala sinusitis. Banyak orang yang mengartikan sinusitis ini sebagai migrain, namun ternyata keduanya berbeda. Sinusitis ini bisa Anda alami jika lapisan sinus di kepala Anda mengalami gejala peradangan, alergi telur, atau terinfeksi oleh infeksi tertentu.

  1. Sakit kepala yang tegang

Sakit kepala yang tegang juga merupakan salah satu pemicu terjadinya sakit kepala sebelah kiri. penyebab sakit kepala tegang ini dapat disebbakan oleh berbagai hal. Hal- hal yang menyebabkan terjadinya sakit kepala sebelah kiri ini antara lain stress, kurangnya tidur, telat makan, adanya ketegangan otot, dan juga postur tubuh yang tidak baik. Gejala sakit kepala tegang ini adalah penderita mengalami gejala nyeri tumpul dan juga tekanan pada satu sisi kepala saja yang juga diiringi sakit pada bagian leher dan bahu.

  1. Sakit kepala klaster

Sakit kepala klaster merupakan jenis sakit kepala yang terjadinya karena dipicu adanya cahaya matahari yang terlalu silau, kebiasaan merokok, memakai narkoba, dan juga karena cuaca panas, serta berada di tempat yang tinggi. akibat dari sakit kepala klaster ini selain terjadi sakit kepala bagian kiri juga bisa mengalami berbagai gejala lainnya seperti hidung tersumbat atau berair, sakit pada mata, dan juga pembengkakan pada sebagian wajah. Salah satu pemicu terjadinya penyakit ini adalah karena fktor turunan. Dan jenis kelamin pria yang lebih beresiko terkena penyakit ini. Sering sakit kepala jenis klaster ini dapat menyerang di setiap hari selama periode waktu tertentu sebelum pada akhirnya menghilang untuk periode waktu tertentu pula.

  1. Tumor otak

Tahukah Anda bahwa sakit kepala sebelah kiri ini salah satunya disebabkan karena adanya penyakit tumor otak. Rasa sakit kepala sebelh kiri ini akan terasa ketika tumor yang berada di dalam tengkorak mencapai ukuran tertentu. Karena tengkorak ini memiliki struktur yang padat dan ruang untuk perkembangannya mempunyai ukuran yang sempit, sehingga ketika tumor membesar akan mendesak dan memaksa untuk mengisis bagian yang sempit ini. Akibatnya ini akan menekan area lain sihingga akan menimbulkan rasa sakit kepala di satu sisi saja.

  1. Stroke

Stroke merupakan penyakit yang banyak melanda masyarakat Indonesia. Stroke ini umumnya menyerang mereka yang sudah berumur tua. Ciri-ciri stroke ini juga menjadi salah satu pemicu adanya penyakit sakit kepala sebelah kiri. hal ini dikarenakan oleh aliran darah ke area otak tertutup oleh gumpalan darah. Akibatnya sebagian otak akan kekurangan oksigen dan juga nutrisi. Akibat yang ditimbulkan karena penyakit gejala stroke ini tidak hanya penyakit sakit kepala sebelah kiri saja, namun juga beberapa gejala lain seperti mati rasa, tubuh lemah, suitnya berbicara, dan juga hilangnya koordinasi tubuh.

  1. Penyebab- penyebab lainnya

Selain faktor- faktor diatas, sakit kepela sebelah bagian kiri ini pun juga dapat Anda rasakan ketika melakukan aktivitas- aktivitas tertentu atau karena adanya penyakit- penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Hal- hal lain yang menjadi pemicu terjadinya sakit kepala sebelah bagian kiri adalah kondisi kesehatan seperti kebersihan sikat gigi, adanya tekanan darah tinggi, adanya penyakit jantung koroner, adanya lemak trans yang berlebihan, adanya aneurisma,  dan adanya arteritis sel yang berukuran raksasa. Selain itu ada pula aktivitas- aktivitas lain yang dapat memicu timbulnya sakit kepala bagian kiri ini, yakni mengonsumsi es krim yang terlalu berlebihan, olahraga yang berlebihan atau salah, terjadinya dehidrasi, berhubungan intim, serta pengonsumsian obat0 obatan pereda sakit dengan tidak benar, maksudnya dengan dosis serta waktu kinum yang tidak teratur.

Itulah beberapa faktor atau hal- hal yang dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah atau sakit sakit kepala bagian kiri ini. Jika kita sudah mengetahui mengenai apa saja yang menyebabkannya, maka kita akan lebih waspada dan mengindari dari hal- hal yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit sakit kepala bagian kiri ini.

Diagnosa Sakit Kepala Bagian Kiri

Sakit kepala sebelah kiri ini banyak orang yang mengidentikkan dengan migrain. Memang sakit kepala sebelah kiri ini merupakan bagian dari migrain. Gejala migrai yang sering dialami oleh orang- orang seringkali disertai dengan gejala- gejala lain. Migrain ini seringkali dibarengi dengan gela- gejala linnya seperti penderita mengalami gangguan penglihatan yakni penglihatan yang kabur, merasakan mual di bagian perutnya, kemudian dari mual tersebut akan terjadi muntah, serta gejala- gejala lainnya.

Pengobatan

Sakit kepala bagian kiri memang sangat meyiksa bagi penderitanya. Maka dari itu sakit kepala jenis ini harus diobati atau ditangani secept mungkin. Sebelum Anda memulai proses pengobatan atau sebelum Anda mulai mengobati, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu dan menanyakan sebab terjadinya penyakit ini. Hal ini sangat diperlukan karena satu jenis penyebab, maka penanganannya juga berbeda- beda. Untuk mengetahui penyebab sakit kepala sebelah kiri secara lebih jelas, biasanya dokter akan melakukan tes seperti tes CT scan atau MRI. Setelah diketahui secara pasti apa penyebab dari sakit kepala sebelah kiri tersebut, maka barulah kita bisa melakukan pengobatan. Sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya untuk pengobatan sakit kepala sebelah kiri ini harus disesuaikan dengan jenis penyebabnya. Cara untuk mengobati maupun menangani sakit kepala bagian kiri ini adalah sebagai berikut:

  1. Jika penyebabnya adalah migrain

Sakit kepala sebelah bagian kiri, jika penyebabnya adalah migrain maka penderita bisa mengonsumsi obet- obatan khusus. Oleh karea obat untuk migrain ini secara khusus memang belum ada, maka penderita bisa mengonsumsi obaat anti nyeri untuk menghilangkan rasa nyeri sementara. Beberapa obat yang dapat dikonsumsi oleh penderita sakit kepala bagian kiri yang disebabkan oleh migrain antara lain ibuprofen, naproxen, atau tylenol.

Jika Anda merasa takut untuk membeli obat- obatan langsung di apotek, maka Anda bisa meminta resep dari dokter untuk merekomendasikan jenis obat yang harus diminum. Selain mengonsumsi obat- obatan, rasa sakit pada kepela sebelah kiri akibat migrain juga dapat dicegah dengan cara melakukan relaksasi, tidur yang cukup, olahraga yang cukup, mengurangi asupan hormon estrogen, dan mengindari hal- hal yang menjadi penyebab migrain lainnya. (baca juga: bahaya sering migrain)

  1. Jika penyebabnya adalah makan es krim

Untuk sakit kepala sebelah bagian kiri yang disebabkan oleh karena kita mengonsumsi es krim ini lebih lunak atau disembuhkan denga lebih mudah. Hal ini tidak terlalu serius seperti ketika penyebabnya adalah migrain.

Sakit kepala bagian kiri yang disebabkan karena minum es krim akan menghilang dengan sendirinya secara perlahan- lahan setelah kita berhenti mengonsumsi es krim tersebut. Maka dari itu, jika kita merasa pusing pada saat kita mengonsumsi es krim, maka sebaiknya kita segera menghentikan kegiatan minum es krim tersebut agar nantinya kita juga lebih cepat terhindar dari sakit kepala bagian kiri yang menyiksa ini. (baca  juga: bahaya minum air es)

  1. Jika penyebabnya adalah hubungan intim atau hubungan seksual

Melakukan hubungan intim memang merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk pasangan suami istri. Hal ini tentu saja akan sangat sulit untuk dihindari. Maka dari itu, jika pemicu rasa sakit kepala bagian kiri ini adalah hubungan intim, maka hal ini hanya dapat dicegah. Cara pencegahan yang dapat dilakukan yakni dengan mengonsumsi ibuprofen sebagai obat anti nyeri pada saat setengah jam sebelum melakukan hubungan intim.

Hal ini berfungsi untuk mencegah sakit kepala. Namun apabila setelah meminum obat anti nyeri namun rasa sakit itu masih tetap ada, sebaiknya Anda menemui dokter yang ahli dibidangnya untuk menanyakan perihal masalah tersebut, serta apa yang harus dilakukan.

  1. Jika penyebabnya adalah sinusitis

Sakit kepala bagian kiri ini juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit sinusitas. Penyakit sinusitas ini dapat timbul akibat terjadinya infeksi bakteri. Kondisi seperti ini dapat diatasi dengan dengan memberikan antibiotik tertentu yang hanya bisa di dapatkan dari resep dokter. (baca juga: cara mengobati sinusitis)

  1. Jika penyebabnya adalah sakit kepala tegang

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sakit kepa tegang merupakan salah satu jenis penyakit sakit kepala yang dapat menimbulkan efek sakit kepala sebelah bagian kiri. apabila penyebabnya adalah sakit kepala tegang, maka tindakan mengompres bagian yang terasa sakit dengan menggunakan air hangat atau air dingin dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Selai hal itu, Anda juga bisa memperbaiki postur tubuh atau melakukan skupuntur serta akupresur.

Dan salah satu point sebagai point yang paling penting adalah Anda harus menghindarkan diri dari yang namanya stress. Jika Anda menginnginkan reaksi yang cepat, maka Anda bisa mengatasinya dengan obat- obatan tertentu, yakni obat anti nyeri. (baca juga: cara menhilangkann sakit kepala)

  1. Jika penyebabnya adalah sakit kepala klaster

Klaster merupakan salah satu jenis sakit kepala yang dapat memicu terjadiny asakit kepala bagian kiri. Pada penderita sakit kepala klaster ini maka menguragi rasa nyerinya menjadi point yang penting. Anda bisa mengurangi rasa sakit akibat sakit kelapa klaster ini dengen cara tidur yang cukup dan menjauhkan diri dari minuman yang beralkohol. Namun apabila Anda merupakan tipe orang yang suka terhadap obat- obatan maka Anda bisa meminum obat Anti nyeri seperti ibuprofen atau naproxen yang dapat dengan mudah kita dapatkan di apotik- apotik di sekitar rumah kita.

  1. Jika penyebabnya adalah tumor otak

Sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya tumor otak ini dapat menjadi pemicu munculnya sakit kepala bagian kiri ini. Pengobatan tumor otak tidak bisa disamakan setiap individunya. Hal ini tergantung pada ukuran tumor, lokasi tumor, dan juga jenis tumornya. Beberapa tindakan penyembuhan yang sering direkomendasikan untuk terapi tumor otak meliputi pembedahan, terapy radiasi, radiosurgery atau kemoterapi. Satu hal yang pasti untuk menangani  kasus ini adalah diserahkan kepada tim medis.

  1. Jika penyebabnya adalah stroke

Stroke ini merupakan penyakit berat yang pertumbuhannya dapat dikatakan sangat cepat. Untuk penyakit stroke ini lebih baik dilakukan di rumah sakit. Stroke ini memang kedatangannya terkadang tanpa permisi. Namun stroke ini dapat dicegah dengan berbagai cara. Beberapa usaha untuk mencegar penyakit stroke ini adalah menerapkan pola hidup sehat seperti rajin melakukan olahraga, menghindari merokok, membatasi pengonsumsian alkohol, menjauhkan diri dari narkoba, menjaga berat badan agar tetap sehat, dan menerapkan pola makan yang seimbang. (baca juga: cara mencegah stroke)

Itulah beberapa cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri bila dilihat dari masing- masing sumber atau penyebab sakit itu sendiri. Setelah kita mengatahui semua tentang gejala da juga cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri ini, maka sikap yang harus kita lakukan adalah berhati- hati dalam menjaga kesehatan badan kita. Sebab penyakit sekecil apapun dan seringan apapun tidak bisa diremehkan. Semoga kita lebih bisa menjada diri dan semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like