Home Penyakit dan KelainanSinusitis 18 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

18 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

by maya sari

Sinusitis adalah penyakit yang sangat umum dan menyerang hampir semua orang di berbagai negara. Di Indonesia penyakit ini juga banyak ditemukan dan biasanya penyebab sinusitis ini terjadi pada orang yang tinggal dikawasan udara bersuhu rendah. Potensinya mungkin tidak terlalu besar dibandingkan penduduk di negara dengan empat musim karena mereka mengalami musim dingin yang buruk. Sinusitis bisa disebabkan oleh kontaminasi virus yang menyerang rongga pernafasan atas. Selain itu sinusitis juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap udara, suhu dingin, bulu binatang, serbuk sari bunga, debu dan juga penyakit atau makanan tertentu.

Awal sinusitis mungkin tidak terlalu diperhatikan, karena biasanya gejala yang muncul memang sangat mirip dengan flu biasa. Namun gejala yang lebih lama selama lebih dari dua minggu bisa menjadi pemicu sinusitis yang serius. Perawatan yang diperlukan untuk sinusitis sangat beragam sesuai dengan kondisi. Perawatan untuk sinusitis berat harus dengan bantuan dokter, sementara sinusitis yang ringan dengan perawatan di rumah. (baca : gejala sinusitis akut dan kronis)

Berikut ini beberapa cara mengobati sinusitis yang bisa anda lakukan :

  1. Mengompres Hidung dengan Air Hangat

Sinusitis yang berat bisa menyebabkan aliran cairan dalam hidung terhambat. Hal ini bisa menyebabkan sakit kepala yang buruk. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mencoba mengompres hidung dengan air hangat. Anda bisa menuangkan air panas ke dalam mangkuk atau panci kecil. Kemudian ambil handuk atau kain yang lembut dan rendam dalam air hangat. Setelah itu angkat dan letakkan pada bagian antara hidung dan dahi. Anda juga bisa melakukan tehnik uap dengan menguap hidung secara langsung menghadap ke air panas. Cara ini akan membantu mengalirkan cairan dalam hidung. (baca : cara menjaga kesehatan dan kebersihan hidung)

  1. Melembabkan Hidung

Perawatan lain yang bisa mengobati sinusitis dengan cepat adalah dengan mengalirkan air secara langsung ke bagian dalam hidung. Anda bisa menggunakan sebuah alat yang disebut dengan neti pot. Alat ini akan membantu menyiramkan air ke dalam hidung secara bergantian. Anda bisa menggunakan air yang sudah dicampur dengan sedikit garam dapur. Air akan membantu mengalirkan cairan dalam hidung dan mengurangi sumbatan dalam hidung. Cara ini bisa digunakan jika sinusitis masih dalam tahap awal.

  1. Makan Nanas

Mengkonsumsi nanas saat sinusitis sedang kambuh juga bisa membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Buah nanas mengandung bahan bromelain yang bisa mengurangi peradangan pada bagian rongga sinus. Namun mengkonsumsi nanas saat sinusitis kambuh sebaiknya juga tidak dilakukan bersamaan dengan obat dari dokter. Efek bromelain adalah bisa menghilangkan kinerja obat sehingga perawatan ini bisa bertentangan. Bromelain yang berasal dari nanas bisa menghilangkan efek obat dan membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

  1. Uap dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih mengandung bahan minyak esensial yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan sinusitis. Anda bisa mencoba cara perawatan di rumah dengan cara yang mudah ini. Ambil mangkuk kecil kemudian masukkan air panas atau air hangat yang masih mengeluarkan banyak uap. Kemudian berikan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air. Uap yang dikeluarkan akan mengandung minyak esensial tersebut. Tempatkan hidung menghadap ke uap dan biarkan cairan atau lendir keluar dari hidung secara alami. Hindari memaksa dengan mengeluarkan cairan dengan mendorong lewat hidung. Jika Anda mengeluarkan lendir secara paksa maka bisa melukai bagian lapisan dalam hidung.

  1. Minum Banyak Air Mineral

Minum banyak air mineral akan membantu mengatasi dehidrasi. Cara ini bisa membuat bagian dalam hidung menjadi lebih lembab sehingga tidak terlalu kering. Anda bisa mencoba minum air hangat atau air biasa, dan hindari air es. Minum banyak cairan juga bisa menggantikan cairan yang sudah keluar, menurunkan demam dan meningkatkan kekebalan tubuh. Minum banyak air juga akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang akan keluar dalam bentuk urin. (baca : bahaya akibat kurang minum air putih)

  1. Hindari Minum Teh, Kopi dan Alkohol

Ketika sinusitis menjadi sangat parah maka hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Minuman seperti teh, kopi dan alkohol hanya akan membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih buruk. Kafein akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh dan membuat kekebalan tubuh menurun dengan cepat. Sementara semua minuman yang mengandung alkohol akan membuat tubuh Anda menjadi kurang sehat. Minuman ini harus dihindari selama sinusitis atau tidak minum alkohol sama sekali untuk seterusnya. Anda bisa minum kopi atau teh setelah sinusitis sembuh.

  1. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Semua jenis makanan yang pedas dan mengandung rempah-rempah sangat disarankan dikonsumsi ketika sinusitis kambuh. Anda bisa memasukkan beberapa jenis bumbu yang mengandung rempah seperti cabai, lada, lobak, wasabi dan paprika. Beberapa jenis bumbu yang pedas ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu makanan yang pedas akan membantu mengeluarkan cairan dalam hidung. Cairan dalam hidung yang sudah menumpuk dan menyebabkan infeksi dari bakteri dan virus bisa keluar secara alami. Konsumsi makanan pedas saat masih panas bisa menyembuhkan sinusitis secara alami namun bahaya makanan pedas terlalu banyak juga akan mengganggu sistem pencernaan.

  1. Gunakan Filter Udara

Membuat kondisi udara di dalam rumah atau tempat kerja menjadi sehat juga bisa menyembuhkan sinusitis. Anda bisa memasang filter udara atau alat pengatur kelembapan. Alat yang mengatur kelembapan akan mempertahankan suhu yang sehat untuk ruangan. Selain itu filter udara akan membantu menyaring udara, debu dan berbagai jenis potensi penyakit yang bisa membuat sinusitis menjadi lebih buruk. Selain itu usahakan untuk tidak mendekati sumber alergi seperti debu atau bulu binatang.

  1. Minum Air Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu menyembuhkan sinusitis. Jahe mengandung bahan antiperadangan alami yang sangat baik menyembuhkan peradangan pada sinusitis.  Anda bisa membuat air rebusan jahe yang bisa diminum. Campurkan satu ruas jari jahe atau biang jahe yang masih segar ke dalam dua gelas air mineral. Kemudian rebus hingga mendidih dan menyisakan satu gelas saja. Tambahkan satu sendok madu murni ketika masih hangat dan segera diminum. Jahe akan membantu mengurangi efek peradangan dan mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Bahkan jahe bisa mengurangi efek sinusitis yang cukup buruk.

  1. Hindari Minum Susu

Banyak orang yang mengira bahwa susu akan membantu meningkatkan energi dan kekebalan tubuh. Tapi minum susu saat sinusitis sebaiknya memang dihindari karena bisa membuat peradangan sulit untuk disembuhkan. Terlebih untuk penderita sinusitis yang menderita alergi terhadap bahan gluten dalam susu. Gula dan gluten dalam susu bisa menyebabkan infeksi yang membahayakan sinusitis. Karena itu sebaiknya susu tidak diminum terlebih dahulu.

  1. Minum Jus Buah dan Tambahkan Minyak Oregano

Minyak oregano sudah dipercaya sejak lama bisa menyembuhkan sinusitis. Hal ini bisa dipengaruhi dari kandungan bahan alami dalam minyak oregano. Kandungan minyak ini akan meningkatkan fungsi antibiotik alami dalam bahan. Bahkan minyak oregano juga bisa mencegah infeksi dari virus atau bakteri. Anda bisa menambahkan satu tetes minyak oregano ke dalam jus buah atau air hangat biasa. Efeknya akan terasa sejuk pada bagian tenggorokan dan hidung. Kemudian minyak oregano akan membantu mengeluarkan cairan dari dalam hidung. Cara ini akan membuat sinusitis sembuh dengan cara yang sangat alami.

  1. Minum Jus Stroberi

Anda juga bisa membuat jus stroberi segar yang tidak menggunakan gula tambahan. Buah stroberi sangat bagus untuk cara mengobati sinusitis secara alami. Stroberi mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan yang buruk akibat sinusitis. Cara terbaik untuk membuat jus stroberi adalah dengan mencampur stroberi yang masih segar. Jangan menggunakan air atau gula sebagai tambahan. Jika Anda merasa sangat asam maka tambahkan madu untuk memberikan rasa yang sedikit manis.

  1. Obat Tetes Hidung Steroid

Penggunaan obat tetes hidung yang mengandung steroid juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sinusitis. Namun obat ini biasanya hanya diberikan oleh dokter yang sudah memeriksa kondisi sinusitis dan fisik pasien. Obat ini bekerja untuk mengurangi peradangan pada bagian rongga sinus dan mencegah agar infeksi tidak menyebar ke bagian pernafasan yang lain. Obat ini biasanya disempotkan secara langsung ke bagian hidung. Obat akan mengurangi pembengkakan dan mengatasi rasa tidak nyaman pada hidung dan tenggorokan. Namun obat ini juga bisa menyebabkan efek samping seperti mimisan, hidung yang terlalu kering, sakit tenggorokan dan rasa tidak nyaman saat bernafas.

  1. Pemberian Obat Antibiotik

Pemberian obat-obatan yang termasuk dalam golongan antibiotik juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sinusitis. Namun sebaiknya antibiotik hanya bisa diberikan oleh dokter karena antibiotik bisa menyebabkan efek samping. Beberapa jenis obat yang termasuk dalam antibiotik untuk sinusitis bisa mengatasi demam, hidung tersumbat, sakit kepala, rasa tidak nyaman dan membunuh bakteri yang terdapat pada bagian rongga sinus. Beberapa jenis yang paling sering digunakan termasuk seperti golongan amoxicilin dan trimethoprim-sulfamethoxazole. Pemberian selain kedua jenis obat ini bisa diberikan jika penderita resistan terhadap antibiotik. Obat antibiotik bisa memberikan beberapa efek samping, seperti mulut yang terasa sangat kering, tidak nyaman pada hidung, tenggorokan terasa sakit dan badan terasa sangat ringan. (baca : efek samping antibiotik)

  1. Tindakan Operasi

Operasi yang digunakan untuk mengobati sinusitis harus dilakukan berdasarkan pemeriksaan dokter. Dokter akan membuat keputusan sesuai dengan kondisi sinusitis yang diderita. Beberapa operasi tidak untuk menyembuhkan sinusitis secara langsung tapi untuk menghilangkan penyebab sinusitis itu sendiri. Beberapa jenis operasi yang biasanya dilakukan adalah seperti:

  • Endoskopi : untuk membuat aliran cairan dalam hidung menjadi lebih lancar. Cara ini akan membuat cairan tidak menumpuk dalam rongga sinus yang bisa menyebabkan infeksi sinusitis.
  • Pengangkatan jaringan seperti polip. Operasi ini dilakukan untuk menghilangkan polip yang akan menyebabkan sinusitis.
  1. Terapi Suntikan Imunoterapi

Orang yang menderita sinusitis akibat alergi juga bisa menerima perawatan dokter dengan pemberikan terapi suntikan imunoterapi. Obat yang dimasukkan ke dalam tubuh adalah jenis obat untuk melawan penyebab alergi yang masuk ke dalam tubuh. Obat ini biasanya akan melawan penyeban alergi dan membuat sinusitis tidak muncul kembali. Perawatan ini harus dilakukan selama beberapa kali dan bisa dalam tahap jangka panjang. Perawatan bisa membuat penderita sembuh karena bisa melawan penyebab alergi. Namun perawatan ini juga bisa menyebabkan efek samping seperti tubuh yang mudah lemah dan terasa sangat lelah.

  1. Pemijatan Alami dan Akupuntur

Pemijatan alami dan akupuntur juga sangat baik untuk mengobati sinusitis. Cara ini sangat baik untuk sinusitis terutama menghilangkan cairan yang berlebihan pada rongga sinus. Namun perawatan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Pijatan dilakukan dengan menekan beberapa titik di bagian wajah yang langsung berhubungan dengan rongga sinus. Cara ini juga dilakukan untuk akupuntur namun bedanya hanya menggunakan jarum yang steril. Terapi ini bisa menyembuhkan sinusitis namun membutuhkan waktu yang lebih panjang.

  1. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi orang yang sudah pernah menderita sinusitis sebelumnya, maka bisa menderita sinusitis yang lebih buruk. Salah satu cara untuk mencegah agar sinusitis tidak kambuh dan benar-benar sembuh adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah seperti:

  • Melakukan gerakan atau olahraga ringan secara rutin paling tidak setiap 15 menit setiap hari.
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan zat antioksidan seperti sayuran hijau dan buah-buahan.
  • Menjaga kebersihkan tubuh dan makanan dengan cara mencuci tangan sebelum dan setelah makan, atau ketika setelah bersentuhan dengan orang lain.
  • Menggunakan masker untuk mengurangi potensi sumber penyakit yang masuk lewat saluran pernafasan.
  • Minum cukup air mineral agar tubuh menjadi lebih sehat.
  • Menjaga kebersihan rumah, ruang tidur atau tempat kerja terutama dari potensi debu dan udara yang sangat lembab.

Sinusitis memang penyakit yang sulit untuk disembuhkan, karena lebih sering kambuh. Namun bukan tidak mungkin Anda bisa sembuh dari sinusitis secara total. Menjaga kesehatan menjadi salah satu kunci utama agar sinusitis tidak kambung. Selain itu jaga kebersihan untuk diri sendiri maupun lingkungan.

Baca juga artikel halo sehat lainnya :

You may also like