Home Penyakit dan KelainanMigrain 4 Bahaya Sering Migrain

4 Bahaya Sering Migrain

by Ana Rohma

Migrain, pasti sudah banyak sekali dari anda yang akrab dan juga sering mendengar istilah ini. Ya, migrain merupakan salah satu istilah yang mendeskripsikan dimana kepala kita merasakan sakit kepala dan pusing, namun rasa sakit dan pusing tersebut hanya terasa pada bagian sebelah dari kepala saja. Biasanya migrain terjadi karena pengaruh dari gangguan sistem syaraf otonom, yang menyebabkan munculnya rasa sakit hanya pada bagian separuh kepala saja. Migrain sendiri, merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani yaitu hemikrania, yang berarti rasa sakit di sebelah sisi kepala saja.

Gejala Migrain

Migrain sendiri biasanya muncul dan menimbulkan gejala sakit dan nyeri serta kepala yang terasa berdenyut-denyut hanya pada satu bagian kepala atau unilateral. Hal ini biasanya bisa berlangsung selama 7 hingga 72 jam. Bagi penderitanya, migrain merupakan salah satu gejala yang sangat menyiksa dan menyakitkan. Hal dikarenakan kemungkinan akan muncul gejala tambahan ketika migrain tersebut muncul. Berikut ini adalah beberapa gejala yang muncul bersamaan dengan munculnya migrain :

  • mual
  • muntah-muntah
  • fotofobia atau sensitif terhadap cahaya
  • fonofobia atau sensitif terhadap stimulus suara
  • rasa sakit yang makin menjadi ketika melakukan aktivitas fisik

Meskipun terdengar sepele dan juga simpel, namun anda tidak boleh meremehkan kemunculan dari gejala migrain. Gejala migrain yang sering muncul dan terjadi malahan akan menyebabkan anda menjadi tidak sadar dan juga merasakan bahwa gejala yang alami malahan semakin memburuk. Inilah yang menjadi salah satu bahaya dari munculnya migrain. Dengan bertambah parahnya gejala migrain yang tidak disadari, maka ada beberapa kemungkinan bahaya yang dapat muncul dan menyerang anda. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Stroke

Bahaya pertama yang dapat muncul apabila anda sering migrain adalah dapat menyebabkan dan juga meningkatkan kemungkinan mengalami gejala stroke dan juga serangan stroke. Migrain merupakan salah satu gejala sakit kepala yang juga dapat mengganggu fungsi dan kinerja otak. Jika suatu saat anda sering mengalami migrain dan tidak sadar bahwa penyakit anda semakin parah, bukan tidak mungkin nantinya stroke akan menyerang anda.

Karena itu, untuk mencegah kemunculan stroke selalu deteksi dini mengenai migrain yang anda alami. Jangan pernah dibiarkan begitu saja dan juga dianggap remeh, karena dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda sendiri. Bagi anda yang sudah mengalami stroke, perhatikanlah beberapa gaya hidup berikut ini :

2. Penyakit jantung

Bahaya berikutnya yang dapat muncul ketika sering mengalami migrain dan tidak anda sadari betul dan juga tidak diobati dengan tepat adalah dapat menimbulkan penyakit jantung. Ya, penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya selian juga dapat memicu stroke.

Penyakit jantung juga dapat meningkatkan potensi serangan jantung yang sangat berbahaya. Selain itu, penyakit jantung juga dapat menyebabkan tidak normalnya peredaran darah dan sangat mempengaruhi aktivitas anda sehari-hari.

Berikut ini beberapa hal yang berhubungan penyakit jantung :

3. Kemungkinan disertai dengan adanya vertigo

Bahaya sering migrain yang kemungkinan dapat muncul adalah gejala vertigo. Vertigo merupakan suatu kedaan atau gejala dimana anda merasakan pusing dan juga lingkungan sekitar anda berputar-putar tidak karuan. Vertigo merupakan suatu gejala yang muncul tiba-tiba alias mendadak, dan bisa terjadi dimana saja. Bahaya vertigo ini akan meningkat resiko munculnya, terutama ketika sering mengalami migrain dan tidak tangani secara medis.

Bagi anda yang sudah mengalami vertigo, berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui :

4. Kemungkinan mengalami luka pada bagian otak

Kemungkinan bahaya sering migrain lainnya yang dapat muncul adalah luka dan juga pendarahan pada bagian otak. Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya, karena luka pada otak dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah stroke dan tidak optimalnya fungsi dari otak. Selain itu, ditingkat terparah luka pada otak ini juga akan menyebabkan kepala sering pusing dan juga nyeri. Hal ini bukan tidak mungkin akan menyebabkan terjadinya pendarahan pada otak anda.

Luka pada otak ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal, berikut ini diantaranya :

Penyebab Migrain yang Berbahaya

Migrain sendiri memiliki banyak sekali penyebab yang merupakan gabungan dari faktor lingkungan dan faktor genetik. Hingga saat ini, penyebab pasti dari migrain dan juga mekanisme terjadinya migrain memang kurang diketahui secara pasti. Namun demikian beberapa fakta menyebutkan bahwa migrain lebih banyak terjadi pada wanita dewasa dan biasanya remaja baik wanita maupun pria memiliki kemungkinan serangan gejala migrain yang lebih kecil. Ada beberapa faktor lingkungan yang dapat menyebabkan munculnya gangguan migrain.

Berikut ini adalah beberapa faktor lingkungan yang dapat menyebabkan munculnya migrain :

  • bunyi bising
  • cahaya yang berkedip-kedip secara cepat
  • udara pengap
  • bau yang tajam
  • perubahan cuaca dan iklim
  • bahaya asap rokok

Selain faktor lingkungan seperti yang sudah disebutkan di atas, biasanya ada faktor lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya migrain. Faktor penting pertama yang menyebabkan migrain adalah faktor genetik atau keturunan. Migrain merupakan salah satu gejala yang disebabkan oleh faktor keturunan dan juga merupakan salah satu faktor genetika.

Selain itu, faktor penting lainnya yang dapat menimbulkan dan juga memunculkan gejala migrain adalah faktor mental dan juga beban pikiran. Biasanya dengan adanya kondisi mental dan juga pikiran dapat menjadi pemicu terjadinya migrain. Kondisi beban mental, seperti stress, depresi dan juga tekanan batin dapat menyebabkan munculnya gangguan migrain tersebut. Karena itu, jaga selalu kondisi kesehatan, tidak hanya fisik, dan juga anda harus menjaga kesehatan mental dan juga pikiran anda agar dapat terhindar dari munculnya gangguan migrain tersebut.

Itulah beberapa bahaya yang dapat muncul ketika anda sering migrain. Karena itu  jangan pernah remehkan migrain anda. Ketika anda sudah mulai merasakan gejala migrain, maka langsung tangani secara medis dan beristirahatlah agar sakit kepala anda segera mereda.

You may also like