23 Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 Bagi Tubuh

6322

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6, tentunyaperlu diketahui sebab makanan-makanan tersebut berguna bagi kesehatan. Vitamin B6 dikenal juga dengan piridoksin. Vitamin B6 adalah kandungan vitamin B6 yang kompleks. Vitamin B6 termasuk dalam vitamin yang lumayan terkenal dan sejajar dengan vitamin-vitamin terkenal lainnya. Banyak ibu hamil yang membutuhkan vitamin B6 hal itu dikarenakan vitamin tersebut sangat bagus bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Contohnya saja adalah ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin B6 bisa memaksimalkan tumbuh dan kembang otak janin sehingga janin tidak akan mengalami kecacatan otak. Bagi orang dewasa vitamin B6 tersebut bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit contohnya saja adalah penyakit jantung dan stroke.

Berikut ini adalah berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin B6 yang perlu kita ketahui :

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang murah dan mudah dijumpai, meskipun begitu buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah pisang merupakan buah yang mudah tumbuh di tanah Indonesia sehingga, wajar saja jika buah pisang mudah dijumpai di Indonesia. Indonesia memiliki iklim tropis dan iklim itulah yang membuat pohon pisang tumbuh subur di Indonesia. Khasiat buah pisang mengandung vitamin B6 dengan kandungan sekitar 0,43 mcg.

2. Alpukat

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah alpukat merupakan buah yang terkenal di kalangan masyarakat. Buah alpukat sejak lama dipercaya dalam hal kesehatan dan juga kecantikan. Buah alpukat kaya akan vitamin sehingga mengkonsumsinya setiap hari sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Buah alpukat kaya dengan vitamin E, lemak tidak jenuh dan salah satunya adalah vitamin B6. Satu cangkir berisi buah alpukat memiliki kandungan vitamin B6 sekitar 0,38 mcg.

Untuk kecantikan buah alpukat bisa berguna untuk melembabkan kulit, sedangkan untuk kesehatan buah alpukat mampu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker mulut, kanker payudara. Tidak hanya itu saja buah alpukat bermanfaat untuk cara menjaga kesehatan mata, pencegahan gejala stroke dan penyakit jantung.

3. Tomat

Tomat merupakan buah yang mudah dijumpai, selain itu tomat kaya akan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Selain mengandung vitamin A, tomat juga kaya akan vitamin B6 dna juga vitamin C. Kandungan gizi tomat dalam 1 cangkir, berisi tomat mengandung vitamin B6 sebanyak 0,14 mcg. Manfaat mengkonsumsi tomat selain untuk menjaga kesehatan mata buah tomat bermanfaat dalam pencegah penyakit kanker seperti kanker prostat.

Tomat juga dipercaya bisa menghindarkan dari penyakit jantung dan juga bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh seseorang. Mengkonsumsi tomat setiap hari bisa digunakan untuk menjaga sistem imun tetap stabil sehingga tubuh tidak akan mudah terkena penyakit.

4. Melon

Buah melon kaya dengan kandungan air dan juga kaya akan vitamin. Dibalik kesegarannya buah melon memiliki kandungan vitamin B6. Anda bisa memilih melon dengan warna daging yang hijau ataukah melon dengan warna daging kuning. Selain bagus untuk menghindarkan diri dari dehidrasi, buah melon juga akan menjaga tubuh anda dari berbagai macam penyakit.

5. Semangka

Sama halnya dengan melon, semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan air. Selain kaya dengan kandungan air, buah semangka kaya dengan vitamin B6. Selain melancarkan peredaran oksigen di dalam tubuh, buah semangka juga bisa digunakan untuk mencegah sembelit bagi ibu hamil.

6. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang banyak digemari sebab di dalam bayam kaya akan vitaminnya. Di dalam bayam terdapat vitamin A, kaya akan serat, kaya dengan antioksidan, kaya zat besi dan tentunya kaya dengan vitamin B6. Bayam sendiri adalah sayuran yang mudah dijumpai di Indonesia, hal itu dikarenakan tanah dan iklim di Indonesia cocok untuk pertumbuhan sayuran bayam. Bayam memiliki vitamin B6 sekitar 0,44 mcg dalam ssatu cangkir berisi bayam.

Manfaat dari memakan bayam adalah bisa digunakan untuk mencegah penyakit kanker, pelawan sel kanker, mengurangi resiko penyakit jantung, penurun tekanan darah tinggi, pencegahan anemia dan sebagai sumber makanan anti dari inflamasi.

7. Kentang

Kentang merupakan makanan yang mengandung vitamin B6. Dalam satu buah kentang terdapat vitamin B6 sebanyak 0,54 mcg dan berlaku kelipatannya. Yang harus diingat di sini adalah jangan menjadikan kentang sebagai keripik atau digoreng namun, sebaiknya kentang direbus atau dikukus. Hal itu dikarenakan bahaya kentang goreng akan menyerap banyak minyak sehingga, menjadikan makanan tersebut penuh dengan kandungan minyak jenuh.

Minyak jenuh yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh tidak bagus untuk kesehatan. Sebab bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti jantung, stroke bahkan kanker. Kentang juga tidak boleh dipanasi kembali sebab bersifat karsinogen.

8. Sawi

Sawi merupakan sayuran hijau merupakan makanan kaya serat. Sawi sendiri merupakan sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat sebab mudah dijumpai dan cocok dijadikan berbagai macam masakan. Dalam satu cangkir sawi hijau terdapat kandungan vitamin B6 sekitar 0,14 mcg. Mengkonsumsi sawi setiap harinya bermanfaat untuk pencegah pengeroposan tulang, penghentian proses aterosklerosis dan pencegah serangan jantung, penurun dan pengontrol kadar kolesterol. Sawi yang kaya dengan vitamin B6 adalah sawi hijau dan juga sawi putih.

9. Bunga Kol

Bunga kol yang sekilas mirip brokoli itu memiliki banyak sekali manfaat. Satu cangkir berisi kembang kol memiliki vitamin B6 sekitar 0,2 mcg. Ibu hamil juga baik untuk mengkonsumsi kembang kol dikarenakan bermanfaat untuk tumbuh dan kembang janin yang ada di dalam kandungan. Jika janin tumbuh dan berkembang secara sempurna maka janin akan terhindar dari kecacatan sejak di dalam kandungan.

10. Brokoli

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini?, brokoli adalah sayuran yang memiliki banyak vitamin sehingga brokoli sangat bermanfaat bagi kesehatan. Brokoli bentuknya mirip dengan kembang kol namun brokoli berwarna hijau sedangkan kembang kol memiliki warna putih tulang. Brokoli baik dikonsumsi bagi ibu hamil maupun bagi masyarakat.

Dalam satu cangkir brokoli terdapat kandungan vitamin B6 sebanyak 0,16 mcg. Manfaat dari brokoli itu adalah cara mencegah anemia sebab kaya dengan zat besi, pencegah sembelit, penurun kolesterol, melancarkan pencernaan serta masih banyak lagi lainnya.

11. Paprika

Paprika sering dijadikan bumbu dalam setiap masakan. Dalam satu cangkir irisan paprika terdapat kandungan vitamin B6 sekitar 0,27 mcg. Paprika ini terdiri dari berbagai macam yaitu paprika hijau, paprika merah dan juga paprika kuning. Selain kaya dengan vitamin B6 paprika memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga paprika bisa digunakan sebagai penjaga kestabilan sistem imun.

Manfaat paprika yang lainnya adalah paprika tersebut bisa digunakan sebagai pencegah bakteri, penormal tekanan darah tinggi, membantu kelancaran sirkulasi oksigen di dalam tubuh dan juga sebagai penangkal radikal bebas.

12. Asparagus

Asparagus juga kaya akan vitamin B6, secangkir asparagus mengandung vitamin B6 sebanyak 0,12 mcg. Asparagus saat ini banyak dalam berbagai resep makanan misalnya saja dijadikan sebagai sup asparagus yang kental, sebagai masakan orak arik, tumis asparagus dan masih banyak lagi lainnya. Fungsi dari asparagus adalah sebagai zat anti kanker, penangkal radikal bebas, anti penuaan dini dan sebagai zat diuretik yang alami.

13. Lobak

Lobak adalah sayuran mirip wortel namun berwarna putih, rasa lobak yang agak pedas cocok digunakan sebagai salad sayur yang menyegarkan, appetizer dalam makanan pembuka di restaurant dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan vitamin B6 yang ada pada lobak sekitar 0,08 mcg dalam setiap cangkirnya. Jika mengkonsumsi lobak setiap hari sebanyak 2 cangkir, setidaknya anda telah memenuhi kebutuhan nutrisi manusia akan vitamin B6 sebanyak 4 persen.

14. Kubis Cina

Sebanyak satu cangkir kubis cina yang dimasak mengandung vitamin B6 sebanyak 0,14 mcg. Fungsi dari kubis cina sebagai pencegah pengeroposan tulang, pencegahan serangan jantung dan menormalkan kolesterol tinggi yang ada di dalam tubuh manusia. Kubis cina disebut juga dengan mustard. Ada dua jenis mustard yang banyak mengandung vitamin B6, yaitu mustard hijau dan juga mustard putih.

15. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan ikan yang kaya dengan vitamin B6. Ibu hamil disarankan untuk rajin dalam mengkonsumsi ikan setiap harinya hal itu dikarenakan di dalam ikan kaya dengan vitamin contohnya saja adalah vitamin B6. Empat ons ikan tuna mengandung vitamin B6 sekitar 1,18 mcg. Ikan tuna merupakan ikan yang banyak ditemukan di laut Indonesia.

Ikan tuna juga banyak diekspor ke luar negeri dikarenakan orang luar negeri juga banyak yang suka mengkonsumsi ikan tuna dikarenakan kandungan vitamin dan nutrisinya yang lengkap. Bisa dikatakan bahwa ikan tuna ini memiliki kandungan vitamin B6 tertinggi dibandingkan dengan sumber vitamin B6 yang berasal dari ikan lainnya.

16. Ikan Cod

Ikan cod juga mengandung vitamin B6 namun kandungannya tidak sebanyak dengan ikan tuna. Ikan ini  tidak ditemukan di perairan Indonesia sehingga sumber vitamin B6 yang berasal dari ikan cod di Indonesia hanya ditemukan ekstrak dari ikan tersebut. Di Indonesia ikan ini telah di esktrak menjadi minyak ikan cod. Minyak ikan cod mengandung vitamin B6 dan juga mengandung omega-3 yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Minyak ikan itu bisa digunakan sebagai perkembangan otak janin sehingga janin tidak akan mengalami kecacatan otak atau keterlambatan berfikir.

17. Ikan Salmon

Ikan yang memiliki kandungan vitamin B6 adalah ikan salmon. Ikan salmon selama ini dipercaya baik untuk dikonsumsi selama kehamilan sebab kaya akan vitamin. Kandungan vitamin B6 yang ada pada 3 ons ikan salmon sebanyak 0,8 mcg. Tidak hanya vitamin B6 saja yang terkandung dalam ikan salmon namun vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12 dan juga kaya dengan vitamin A.

Ikan salmon sangat unik sebab saat masih kecil atau masih berbentuk telur ikan ini ada di air tawar sedangkan ketika ikan itu beranjak dewasa ikan salmon akan hidup di air laut.

18. Kacang-Kacangan

Di dalam kacang-kacangan juga terdapat kandungan vitamin B6 yang bagus untuk kesehatan. Kacang yang kaya dengan vitamin B6 adalah kacang polong, kacang merah, kacang kedelai dan juga kacang hijau. Setiap satu cangkir kacang-kacangan terdapat kandungan vitamin B6 sebanyak 0,14 mcg.

19. Wijen

Wijen yang selama ini dicampurkan dalam berbagai macam olahan kue dan makanan  ternyata memiliki kandungan vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada 100 gram biji wijen terdapat kandungan vitamin B6 sekitar 0,8 mcg. Mengkonsumsi ekstrak biji wijen berupa minyak wijen juga dipercaya bisa digunakan sebagai pemenuhan vitamin B6 dalam kehidupan sehari-hari.

20. Kuaci

Kuaci terbuat dari dua bahan dasar yaitu biji semangka dan biji bunga matahari. Pada biji bunga matahari, terdapat makanan yang mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi segenggam biji kuaci setiap harinya bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai pencegah serangan jantung, makanan yang mengandung antioksidan dan masih banyak lagi lainnya. Dalam satu genggam biji kuaci terdapat kandungan vitamin B6 sebanyak 0,47 mcg.

21. Beras

Beras juga merupakan sumber asupan yang mengandung vitamin B6. Beras masuk dalam padi-padian. Beras tinggi kandungan vitamin B6 nya sebab dalam 100 gram beras terdapat kandungan vitamin B6 sekitar 4,07 mcg.

22. Roti Gandum

Roti gandum juga masuk ke dalam sumber makanan mengandung vitamin B6. Gandum memiliki kandungan vitamin B6 sekitar 1,3 mcg pada setiap 100 gram roti gandum.

23. Hati Dan Daging

Hati dan daging masuk ke dalam makanan yang memiliki vitamin B6. Hati yang mengandung vitamin B6 merupakan hati dari hewan yang ada di sekitar kita semisal sapi, kambing, rusa, domba. Sedangkan daging yang mengandung banyak vitamin B6 adalah daging ayam kalkun dengan vitamin B6 sekitar 1,04 mcg per 100 gramnya, sedangkan daging sapi mengandung vitamin B6 sekitar 1,03 mcg per 100 gramnya.

Itulah berbagai daftar kandungan vitamin B6 dalam makanan. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan memiliki janin yang sehat di dalam kandungan ada baiknya kita atau ibu hamil menyertakan makanan tersebut ke dalam makanan sehari-hari. Penting untuk diingat bahwa vitamin yang ada pada makanan bisa rusak atau hilang jika kita salah dalam memasaknya. Oleh sebab itu kita jangan merusak kandungan vitamin B6 yang ada pada makanan tersebut dengan cara memasak yang salah. Anda bisa berkonsultasi kepada ahli gizi untuk mengetahui bagaimana cara memasak makanan yang mengandung vitamin B6.

Sejumlah makanan yang mengandung kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh :