12 Makanan Pelumas Sendi Wajib Konsumsi Agar Sehat Sampai Tua

Cairan yang bernama sinovial pasti terdapat pada setiap tubuh manusia sebab cairan inilah yang berperan penting untuk menjadi pelumas pada sendi lutut maupun sendi-sendi lainnya dalam tubuh. Pelumas sendi diperlukan supaya tulang satu dan lainnya tidak mengalami gesekan yang pada akhirnya menimbulkan rasa kaku dan nyeri ketika tubuh bergerak. Jadi agar kesehatan sendi terjaga, makanan pelumas sendi ini bisa dikonsumsi rutin.

  1. Apel

Buah apel adalah buah yang berkandungan antioksidan tinggi di mana antioksidan ini bisa diperoleh tubuh ketika mengonsumsinya sekaligus kulitnya. Quercetin adalah jenis antioksidan yang dimaksud dan dengan adanya antioksidan inilah tubuh mampu membentuk kolagen yang tak hanya bagus bagi kesehatan kulit tapi juga mampu menjadi pelumas sendi alami.

  1. Salmon

Sebagai salah satu makanan yang mengandung omega-3 tinggi, jelas menjadikan ikan salmon makanan yang wajib dikonsumsi bila ingin memelihara kesehatan sendi. Asam lemak omega-3 itulah yang dapat berfungsi menjadi antiperadangan sekaligus pelumas alami agar sendi tetap bekerja maksimal.

  1. Kedelai Hitam

Antosianin di dalam kedelai hitam tergolong tinggi berikut juga mineral mangannya. Sendi membutuhkan mangan supaya walau usia bertambah sendi bisa tetap terjaga kesehatannya. Kedelai hitam pun merupakan makanan yang mengandung protein tinggi yang akan mendukung pembentukan jaringan sendi dan tulang serta tulang rawan.

  1. Brokoli

Makanan yang mengandung serat tinggi ini ternyata memiliki kandungan sulforaphane tinggi. Zat tersebutlah yang tubuh perlukan supaya mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Karena kaya akan nutrisi lainnya, termasuk juga kalsium, maka kesehatan sendi dan tulang pun pasti akan terjaga baik kalau mengonsumsinya secara rutin.

  1. Pepaya

Pelumas sendi alami lainnya adalah buah pepaya di mana hal ini sudah terbukti melalui suatu studi tahun 2004. Pada hasil studi tersebut ditunjukkan bahwa potensi terkena radang sendi dan rematik jauh lebih besar kalau tubuh sampai kekurangan vitamin C. Kaya akan vitamin C sekaligus antioksidan dan beta karoten, pepaya adalah pilihan tepat untuk menjaga sendi tetap sehat.

  1. Almond

Jenis kacang satu ini adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin E tinggi, sehingga bukan hanya baik dikonsumsi demi menjaga kesehatan kulit, almond juga baik untuk sendi. Almond dapat Anda konsumsi sebagai pencegah radang sendi, pembasmi radikal bebas, serta penurun risiko kerusakan sendi.

  1. Bawang Putih

Terlepas dari adanya efek samping bawang putih, sebenarnya bumbu dapur ini menawarkan manfaat besar dalam pembentukan kolagen di dalam tubuh. Konsumsi bawang putih tanpa berlebihan tapi rutin mampu mencegah masalah radang atau nyeri sendi yang menjadi efek dari kurangnya pelumas sendi. Anda bisa mengonsumsinya mentah-mentah untuk memperoleh khasiat yang lebih besar, namun sesuai kebutuhan saja demi menghindari bahaya bawang putih mentah.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan zat yang disebut dengan senyawa olecanthal di mana manfaatnya cukup besar dalam membantu mencegah peradangan pada sendi sekaligus menjaga kesehatan tulang. Minyak zaitun pun mengandung protein tinggi yang diketahui mampu membuat fungsi cairan sinovial pada sendi makin optimal.

  1. Telur

Kadar protein di dalam telur juga tak perlu diragukan lagi bukan? Supaya mampu memaksimalkan cairan sinovial dalam tubuh, telur bisa Anda konsumsi secara rutin karena bagian kuningnyalah yang sangat bermanfaat bagi sendi. Hanya saja, perhatikan pengolahannya dan jangan terlalu sering menggoreng telur supaya tidak memicu penyakit kronis.

  1. Paprika Merah

Tak salah lagi, paprika merah masih termasuk di dalam jenis makanan yang mengandung vitamin C tinggi sehingga dapat mendukung pembentukan kolagen pada tubuh kita. Kolagen bukan hanya mampu melembutkan kulit, menjaga kesehatannya dan mencegah penuaan dini. Lebih dari itu, kolagen pun berperan sangat penting bagi kesehatan tulang rawan, ligamen, dan tendon.

  1. Kale

Jenis sayur satu ini pun diketahui kaya akan vitamin C serta kalsium yang memang diperlukan dalam upaya menjaga kesehatan sendi dan memaksimalkan cairan sinovial yang dibutuhkan sendi. Karena juga memiliki sifat antioksidan, kale pun dapat dikonsumsi agar tubuh terlindung maksimal dari radikal bebas.

  1. Ceri

Buah ceri yang segar pun rupanya baik sebagai pelumas sendi alami di mana di dalam buah ini pun terkandung antosianin. Ada sifat antiradang yang dibawa oleh antosianin sehingga mampu menurunkan risiko terkena radang sendi. Bahkan bagi yang sudah telanjur mengalami arthritis atau cedera sendi, gejala dapat berkurang karena mengonsumsi ceri.

Daftar makanan pelumas sendi wajib dikonsumsi tersebut akan membantu Anda memiliki sendi dan tulang yang sehat walau usia terus bertambah tua. Masukkan makanan-makanan tersebut ke dalam menu diet harian Anda secara bergantian dan rasakan khasiatnya seiring bertambahnya umur.