8 Manfaat Jagung Bagi Penderita Asam Urat

Sebenarnya asam urat adalah zat alami yang ada pada jaringan sel tubuh yang jika seseorang mengkonsumsi makanan yang berkadar purin tinggi maka asam usam urat alami yang semula berkondisi stabil,  mengalami gangguan yaitu berupa peningkatan asam urat dalam darah yang menyebabkan kesemutan, rasa nyeri seperti tertusuk tusuk jarum dan sakit ketika melakukan pergerakan.(Baca Juga: Minuman Penyebab Asam Urat , Gejala Asam Urat pada Kaki)

Tahukah anda bahwa asam urat adalah terdiri dari beberapa senyawa diantarnya:

  • Senyawa nitrogen
  • Senyawa oksigen
  • Senyawa hidrogen
  • Senyawa heterosiklik karbon

Semua senyawa tersebut akan tetap dalam keadaan normal atau stabil jika tidak terjadi penambahan jumlah purin didalam darah, karena zat purin adalah pemicu utama terjadinya serangan asam urat. zat purin terkandung sangat tinggi pada makanan jenis jeroan , makanan hasil laut, makanan  siap saji, makana daging olahan kaleng dan makanan jenis junkfood.

Baca Juga:

Gejala Awal Peningkatan Asam Urat

  • Ngilu dan sangat nyeri terasa pada persendian didaerah kaki, jari jari tangan, siku dan bagian tumit. ketika melakukan gerakan atau sedang berjalan maka akan teras sangat nyeri seperti sedang ditusuk tusuk dan tersetrum secara bersamaan. (Baca juga: Obat Nyeri Tulang Kaki)
  • Timbul pembengkakan dan timbul  kemerahan disekitar persendian, jika berjalan persendian kaki terasa sangat nyeri sehingga seseorang menjadi sulit melakukan gerakan untuk berjalan. pada sebagian orang kondisi ini dapat membuat stres dan depresi berlebihan yang justru akan meningkatkan asam urat yang sebenarnya sudah meningkat.
    (Baca Juga: Penyebab Kaki Bengkak pada Penderita Diabetes)

Penyakit asam urat terkenal sering menyerang manusia pada usia diatas 40 tahunan , namun karena tuntutan jaman sekarang banyak kawula muda yang menggemari makanan laut dan jeroan maka kemungkinan  besar diusia menjelang 33 tahun mereka  sudah terserang penyakit asam urat.

Agat terhindar dari penumpukan zat purin dalam persendian butuh penerangan tentang pemahaman yang benar tentang bahaya zat purin bagi kestabilan  kadar asam urat dalam darah diusia produktif. karena jika sudah terserang penyakit asam urat maka akan banyak makanan yang harus dihindari karena penyakit tersebut cukup merepotkan jika harus kambuh disaat anda sedang terlibat dengan rutinitas kerja. (Baca juga: Akibat Makan Daging Babi , Perbedaan Sakit Asam Urat dan Rematik)


Proses Terjadinya Penyakit Asam Urat

Kadar asaam urat dalam darah akan semakin meningkat seiring seringnya seseorang mengkonsumsi makan tinggi zat purin. jika kadar asam urat naik maka saat itulah telah terjadi penimbunan, penumpukan atau pembentukan kristal yang menyerupai garam yang menutupi pada sela sela persendian.

Kondisi adanya penimbunan asam urat berlebih pada sela sela persendian akan menimbulkan pengeroposan dinding sendi yang mengakibatkan peradangan dan ras nyeri , pembengkakan dan terkadang teras panas seperti terbakar. asam urat cenderung akan cepat terbentuk jika sisa zat dalam tubuh yang kita keluarkan justru memenggal zat purin menjadi pecahan pecahan menyerupai kristal. (Baca Juga: Pengaruh Asam Urat terhadap Ginjal , Berbahayakah Pengaruh Asam Urat terhadap Jantung)

Manfaat Jagung Untuk Penderita Asam Urat

Jagung adalah makanan pengganti karbohidrat nasi yang lebih  sehat bagi penderita diabetes, penderita asam lambung dan juga Jagung bagi penderita asam urat sangat baik karena didalamnya terdapat kandungan banyak vitamin, mineral dan serat yang tinggi. naumun jika mengkonsumsi secara berlebihan maka akan mengganggu kadar asam urat didalam darah yang semula stabil berubah menjadi berlebih. (Baca Juga: Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat)

  1. Jagung tidak mengandung zat purin berbahayaa seperti yang ada pada makanan laut seperti kepiting, cumi cumi, lobster atau kerang, namun jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu peningkatan asam urat dalam darah. jika dikonsumsi secara wajar maka kadar asam urat dalam darah akan tetap seimbang (normal). (Baca Juga: Kandungan Gizi Jagung , Perbedaan Sakit Pinggang Dan Ginjal)
  2. Jagung rebus yang dikonsumsi bersama kentang rebus dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan mampu membersihkan sela sela persendian dari penumpukan zat purin.
  3. Jagung manis atau jagung rebus yang disantap bersama kedelai rebus mampu menurunkan kadar asaam urat dalam darah dan dapat merangsang aktiufitas pembentukan asteoblastik yaitu pembentukan sel sel tulang. kedua bahan alami ini tidak mengandung kolesterol, dan zat purin sehingga layak disebut sebagai menu sehat harian bagi penderita asam urat. (Baca Juga: Gejala Kolesterol , Obat Herbal Untuk Kolesterol)
  4. Jagung yang di konsumsi bersama daun selada sebagai pengagnti nasi disore hari sangat baik bagi seseorang yang sedaang menjalani diet sehat. jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang mermpunyai kadar gula yang paling aman bahkan bagi penderita diabetes. jagung dan selada mampu menetralkan kadar asam urat yang ada dalam darah pada orang orang yang gemar makan makanan hasil laut. (Baca Juga: Jenis Olahraga untuk Diet , Menu Makanan Diet untuk Golongan Darah AB)
  5. Jagung manis yang direbus lalu dirontokkan dan dicampur bersama yogurt maka akan bermanfaat bagi penurunan kadar asam urat dalam darah. kjedua bahan makanan  ini sangat nikmat dan gurih ketika digabungkan untuk dijadikan makana sehat pengganti camilan yang berbahan berat misalnya yang terbuat dari terigu dan keju.
  6. Jagung yang disantap bersama tomat untuk menu makan siang dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang sedang mengalami peningkatan. namun jika anda ingin hanya memgkonsumsi jagungnya saja tidak mengapa karena efeknya tetap baik yaitu mampu menstabilkan kadar asam urat dalam darah. (Baca Juga: Kandungan Gizi Tomat , Makanan Sehat untuk Anemia)

  7. Pada siang hari menu makanan berlemak dan makanan jenis siap saji sangat menggoda untuk disantap namun dari segi kesehatan dapat mengancam kestabilan asam urat. sangat bijak jika anda memilih jagung rebus atau jagung yang telah dikombinasikan dengan nasi merah atau dicampurkan dengan susu rendah lemak, maka anda akan terhindar dari peningkatan asam urat dan tubuh tetap terpenuhi akan nutrisi. (Baca Juga: Makanan yang Mengandung Lemak Trans dan Terhidrogenasi)
  8. Jagung rebus yang sudah dirontokan lalu ditaburi air perasan jeruk nipis mampu menggagalkan pembentukan dan menghancurkan gumpalan zat purin yang menempel pada dinding persendian. Memgkonsumsi jagung dan air jeruk nipis tersebut bisa disantap pada piring ukuran sedang. (Baca Juga: Bahaya Jeruk Nipis Bagi Penderita Maag , Efek Bahaya Jeruk Nipis untuk Rahim)

Nutrisi yang ada pada jagung baik untuk menstabilkan kadar asam urat didalam darah, tetapi bagaimanpun juga jagung akan tetap bermanfaat jika dikonsumsi secara wajar dan bukan seperti minum air putih yang bisa dikonsumsi sebanyak yang kita mau. perlu pemahaman yang benar bahwa apapun makanan  yang mengandung banyak nutrisi akan berubah menjadi racun bagi tubuh jika dikonsumsi secara sembarangan. (Baca Juga: Tanda tanda Asam Urat , Pantangan Asam Urat )

Khasiat Air Rebusan Daun Salam dan Sambiloto

Air rebusan Daun salam dan daun sambiloto adalah dewa penyembuh bagi penderita asam urat. karena daun salam dan sambiloto mampu menetralkan, menurunkan dan menyembuhkan penyakit asam urat selama sipenderita mau menjauhi segala makanan yang mengandung zat purin tinggi. (Baca Juga: Pengobatan Asam Urat , Obat Herbal untuk Asam Urat)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 00:01 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat