11 Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya

Asam urat merupakan gejala peradangan yang sangat menyakitkan pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat dalam darah tinggi pada bagian tubuh tertentu. Target yang paling utama biasanya jempol kaki, tetapi asam urat juga bisa menyerang bagian yang lain seperti pergelangan kaki, lutut, dan tangan. Orang yang paling besar beresiko terkena asam urat adalah orang yang mengalami kegemukan atau  penyebab obesitas.

Pantangan asam urat dan kolesterol hampir sama karena penyakit gejala asam urat emmang kerapkali dikaitkan dengan kolesterol. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang kebanyakan diderita oleh orang-orang yang berusia diatas 30 tahun. Jangan pernah menyepelekan penyakit satu ini, asam urat bukanlah penyakit yang ringan, rasa sakit yang dihasilkan dari penumpukan asam urat dalam tubuh ini bahkan sangat menyiksa saat sedang meradang.

Penyebab

Selain disebabkan karena penumpukan Kristal pada persendian akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh, 90 persen penyebab asam urat juga karena ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Penderita asam urat biasanya juga mengalami keluhan lain seperti tekanan darah tinggi,  gejala penyakit ginjal, ciri-ciri diabetes kering dan basah, dan aterosklerosis dan separuh orang yang mengalai asam urat adalah mereka yang kegemukan.

Penyakit asam urat ini juga disebabkan oleh konsumsi purin yang berlebihan. Saat purin dikonsumsi maka tubuh akan mengolahnya menjadi asam urat. Sebenarnya semua tubuh manusia mengandung zat purin namun kadarnya pasti ada yang normal dan ada juga yang berlebih. Saat kadar purin dalam tubuh ini berlebihan maka ginjal akan kesusahan mengeluarkan zat ini, akhirnya Kristal asam urat ini akan menumpuk di persendian. Jika sudah menumpuk, sendipun akan membengkak, terasa nyeri dan meradang. Hal inilah yang disebut dengan asam urat.

Gejala

Bagi Anda yang baru terkena gejala asam urat tinggi mungkin belum paham seperti apa rasanya. Berikut ini adalah gejaja-gejala akibat asam urat. Jika Anda merasakannya maka lebih baik Anda cepat mengobatinya dan jaga pola makan Anda agar rasa sakitnya tidak semakin menyiksa.

  • Persendian terasa ngilu, linu dan sering merasa kesemutan. Tidak hanya itu, jika rasa sakitnya sudah parah, bagian yang terkena asam urat tersebut biasanya terlihat merah dan bengkak. (baca juga: nyeri sendi lutut)
  • Sendi biasanya akan nyeri saat anda bangun tidur di pagi hari atau juga malam hari menjelang tidur.
  • Rasa nyeri tersebut muncul berulang-ulang kali.
  • Persendian yang sering diserang yaitu sendi jari tangan, jari kaki, tumit, siku, dengkul, dan juga pergelangan tangan.
  • Saat asam urat sudah semakin parah maka persendian akan terasa sangat sakit hingga susah untuk digerakkan.

Pantangan

Jika Anda tergolong orang yang rentan terkena asam urat maka harus menjauhi beberapa makanan pantangan. Sebenarnya meski sudah mengkonsumsi obat, tidak peduli seberapa bagus obat tersebut, tanpa dibarengai pola makan yang baik maka penyembuhan suatu penyakit tidak akan efektif.

Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan dini agar penyakit asam urat tidak semakin parah dan menimbulkan rasa sakit yang berlebihan. Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab terjadinya asam urat adalah karena kadar asam urat yang ada dalam tubuh terlalu banyak dan berlebihan, sehingga terjadi penumpukan Kristal pada persendian. Banyak dokter menyarankan bahwa penderita asam urat juga harus menghindari makanan yang menyebabkan kolesterol naik  karena dua penyakit ini sering berhubungan. Oleh karena itu, pantangan asam urat dan kolesterol harus dihindari oleh penderita asam urat aar kolesterolnya juga tetap terjaga dan tidak menimbulkan penyakit baru muncul. (baca juga: makanan yang berbahaya untuk penderita kolesterol)


Banyak masyarakat yang bertanya tentang makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penerita asam urat. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena angka penderita sakit sendi ini cukup banyak di Indonesia. Meski penyait ini jarang menyebabkan kematian tetapi rasa nyeri yang ditimbulkan sangat luar biasa hingga menimbulkan kecacatan. Kadar asam urat yang tinggi dipengaruhi oleh makanan yang sering kita konsumsi, banyak sekali makanan yang mengandung asam urat yang tinggi. Untuk mengatasi dan menghindari masalah asam urat, sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan di bawah ini:

  1. Kerang

Selain kerang, sebaiknya kurangi makanan laut dan daging bagi penderita asam urat. Lona Sandon, seorang asisten professor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas mengungkapkan bahwa makanan hewani mengandung purin yang jika dikonsumsi akan berubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Jika Anda masih ingin mengkonsumsi makanan-makanan laut ini lebih baik dibatasi, cukup 4- 6 ons setiap harinya. (baca juga: sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat)

2. Ikan teri, tuna, dan ikan asin

Meski makanan laut tidak baik untuk penderita asam urat tetap saja ada beberapa yang diperbolehkan. Namun, khusus untuk ikan teri, tuna, dan ikan asin harus dihindari sepenuhnya. Scott Zashin, seorang rheumatologist dan professor klinis kedokteran di UT Southwestern mengungkapkan bahwa masih ada beberapa makanan laut yang relative aman dikonsumsi penderita asam urat seperti lobster, udang belut, dan kepiting.

2. Bir

Bir juga menjadi salah satu minuman yang berbahaya jika dikonsumsi penderita asam urat. Ternyata tidak hanya meningkatkan tingkat asam urat seseorang, bir juga membuat tubuh lebih sulit membersihkan kelebihan asam urat di dalam tubuh. Selama asam urat sedang menyerang, konsumsi semua minuman beralkohol merupakan pantangan yang harus dihindari. Metabolism alcohol yang dikonsumsi seseorang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah sehingga akan memicu terjadinya ciri-ciri asam urat.

3. Daging merah

Semua daging mengandung kadar purin yang berbeda-beda, daging putih umumnya lebih baik dikonsumsi oleh penderita asam urat dibandingkan dengan daging merah seperti daging kuda, daging kambing, dan daging sapi. (baca juga: bahaya daging merah)

4. Kalkun

Salah satu daging yang mengandung purin sangat tinggi adalah kalkun dan angsa, jadi untuk penderita asam urat lebih baik menghindarinya. Dibandingkan dengan kalkun dan angsa, ayam dan bebek sedikit lebih baik. Dr Zashin juga mengatakan bahwa saat mengkonsumsi daging lebih baik pilih bagian kaki daripada bagian dada ayam dan kulitnya karena kandungan purinnya lebih tinggi.

5. Ragi dan semua makanan yang mengandung ragi

Makanan pantangan asam urat lainnya adalah ragi. Ragi ini biasanya banyak digunakan untuk pembuatan makanan seperti kue dan roti. Mungkin sebagian orang belum mengetahui bahwa ragi ternyata mengandung asam urat yang cukup tinggi. Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa pengurangan penggunaan ragi pada makanan yang dikonsumsi penderita asam urat terbukti mengurangi serangan yang berlebihan dan menurunkan kadar asam urat dalam darah.

6. Soft drink

Pemanis yang ada pada soft drink merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat lebih banyak, jadi lebih baik hindari minuman manis apalagi minuman manis dengan tinggi fruktosa sirup jagung seperti soda non diet. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pria yang banyak mengkonsumsi minuman bersoda lebih rentan terkena penyakit asam urat. (baca juga: makanan penyebab rematik)

7. Asparagus, kembang kol, bayam, jamur, jamur kuping, buncis, daun papaya.

Sayur-sayuran memang baik dikonsumsi tetapi tiga jenis sayuran ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang terserang asam urat karena memiliki kandungan purin yang sangat tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya.

8. Jeroan

Jeroan seperti limpa, otak, usus, paru, hati dan ginjal juga menjadi salah satu makanan pantangan yang perlu dihindari oleh orang yang menderita asam urat. Makana satu ini harus benar-benar pantang dimakan karena kandungan asam uratnya sangat tinggi diaman sel penyusun organ-organ tersebut yang banyak dan menyumbang kadar asam urat yang tinggi. (baca juga: bahaya konsumsi jeroan bagi kesehatan)

9. Abon dan dendeng daging

Tidak hanya dagingnya yang tidak boleh dikonsumsi, semua produk olahan yang berbahan dasar daging juga harus dihindari oleh penderita asam urat. Makanan olahan dari daging ini seperti dendeng dan abon.

10. Makanan kaleng

Selain bahan pengawetnya yang tidak baik, makanan kaleng seperti kornet, dan sarden juga akan menimbulkan dampak yang lebih berbahaya bagi penderita asam urat. Oleh sebab itu, sebaiknya makanan seperti ini dihindari.

11. Makanan gorengan

Semua gorengan baik yang digoreng dengan minyak maupun dengan margarin sekalipun tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sedang terserang asam urat. (baca juga: brokoli untuk penderita asam urat)

12. Kacang-kacangan dan produk olahannya

Penderita asam urat juga dianjurkan menghindari kacang-kacangan seperti kacang tanah, melinjo, kacang hijau, kacang kedelai. Tidak hanya itu, semua produk olahan dari kacang-kacangan ini juga jangan dikonsumsi seperti tahu, tempe, bubur kacang ijo, dan lain-lain.

  • Buah-buahan tertentu seperti durian dan nanas juga dilarang dikonsumsi oelh penderita asam urat.
  • Jangan mengkonsumsi segala jenis makanan dengan lemak trans dan protein tinggi
  • Kaldu, kuah daging, telur, dan air kelapa

Makanan-makanan ini juga tidak boleh dikonsumsi karena mengandung beberapa unsur seperti minyak, daging yang jelas-jelas tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat.

Dengan menjauhi segala makanan pantangan asam urat di atas, tentunya akan membantu Anda dalam mencegah maupun mengatasi asam urat yang sangat menyakitkan. Dengan menghindari makanan-makanan tersebut diharapkan kadar asam urat dalam darah dapat menurun dan penderita menjadi jarang mendapat serangan asam urat yang menyakitkan.

Selain pantangan-pantangan di atas, sebenarnya masih banyak jenis makanan yang dapat membantu melindungi Anda terhadap asam urat, misalnys susu rendah lemak, karbohidrat kompleks, kopi, buah-buahan, perbanyak konsumsi air puth setidaknya 12 sampai 16 gelas perhari , dan lain sebagainya. (baca juga: bayam bagi penderita asam urat)

Olahraga bagi Penderita Asam Urat

Bagi orang gemuk yang menderita asam urat sebaiknya turunkan terkebih dahulu berat badan Anda, sebab orang yang gemuk kadar asam urat dalam tubuhnya cepat naik sementara pengeluarannya sedikit. Olah raga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menurunkan berat badan Anda. Meski tidak kegemukan, olah raga juga sangat disarankan dilakukan leh penderita asam urat.

Memang serba salah jika seseorang mengalami penyakit asam urat, banyak hal yang tidak boleh dilakukan dengan alasan agar kondisi peradangan asam di persendian tidak semakin parah. Ternyata bukan hanya makanan yang dibatasi, namun penderita asam urat juga harus selektif memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi dan yang harus diperhatikan lebih juga adalah olahraga. Tidak semua olahraga ternyata bisa dilakukan oleh penderita asam urat, dalam hal ini juga harus selektif agar jangan sampai kegiatan yang dilakukan untuk menyehatkan tubuh tersebut malah berujung kepada penderitaan. (baca juga: bayam untuk penderita asam urat)

Jenis olahraga yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat, diantaranya: bulu tangkis, volli, tenis, dan bela diri. Jenis olahraga tersebut tidak dianjurkan bagi penderita asam urat karena memberikan paksaan terhadap sendi untuk bergerak lincah dan aktif dan hal ini bisa menyebabkan sesuatu yang buruk terjadi pada persendian. Untuk penderita asam urat sebaiknya juga hindari terlalu lama berdiri karena jika dilakukan kemungkinan akan menyebabkan rheumatic yang menyakitkan. Oleh sebab itu, ini ada beberapa olahraga yang dianjurkan dan boleh dilakukan oleh penderita asam urat yaitu:

  • Jalan kaki. Jika penderit melakukan hal ini secara rutin maka akan mendapatkan kesehatan yang baik karena kalori dalam tubuh akan terbakar, tulang menjadi kuat, dan menguatkan otot tanpa harus menyksa persendian Anda.
  • Senam ringan. Selain jalan kaki, olahraga lain yang bisa dilakukan adalah senam. Usahakan lakukan hal ini saaat pagi hari setelah Anda bangun tidur. Lakukan peregangan dengan cara melengkungkan kaki, tangan, dan persendian lainnya agar kekauan yang terjadi saat tidur bisa hilang. (baca juga: kadar asam urat > 7, 8, 9, 10)
  • Naik sepeda dan berenang. Olahraga ini baik dilakukan oleh penderita asam urat, karena olahraga ini tidak memfokuskan persendian tertentu dalam pergerakannya. Diantara olaharag-olahraga lain yang bisa dilakukan oleh penderita asam urat, olahraga naik sepeda dan berenang ini sangat baik karena semua otot bergerak sehingga akan menghasilkan otot-otot yang lebih lentur.

Pencegahan Untuk Penderita Asam Urat

Selain menghindari makanan-makanan di atas, bagi penderita asam urat juga dianjurkan mengkonsumsi beberapa makanan dibawah ini yang dapat mengurangi asam urat yaitu:

  • Jangan pernah mengkonsumsi aspirin, jika ingin mengurangi rasa sakitnya sebaiknya konsumsi obat jenis ibuprofen dan lainnya. (baca juga: buncis bagi penderita asam urat)
  • Untuk membantu mengeluarkan Kristal asam urat sebaiknya perbanyak minum air putih
  • Makanlah makanan yang mengandung potassium tinggi karena potassium merupakan obat alami asam urat. Contohnya sayuran dan buah-buahan yang mengandung purin rendah, kentang, alpukat, dan pisang
  • Makanlah makanan bervitamin C seperti jeruk dan strawberry. (baca juga: 21 buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya)
  • Konsumsilah produk alami yang dapat menyebuhkan asam urat seperti brotowali, the hijau, sidaguri, habbatussauda, dan lain-lain.
  • Konsumsi buah ceri karena mengandung antosianin yang akan membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Antosianin ini juga mencegah kristalisasi asam urat, menetralkan zat asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri pada sendi. (baca juga: madu untuk penderita asam urat)
  • Jeruk nipis. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis merupakan pelarut asam urat alami.
  • Perbanyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang didapat dari nasi, roti, dan ubi.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup.
  • Konsumsi buah-buahan yang akan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh seperti buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi putih, serai dan tomat.
  • Kacang panjang perancis menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi penderita asam urat dan bisa menurukan kadar asam urat dalam tubuh. (baca juga: sayur yang dilarag untuk asam urat)
  • Ekstrak biji seledri. Ini salah satu pengobatan rumahan yang popular untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh seseorang.
  • Berries, seperti jenis stroberi, acai berry dan blueberry memiliki sifat antiflamasi sehingga bisa dimasukkan dalam diet sehat penderita asam urat.
  • Cuka apel juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.
  • Kacang pinto. Kacang satu ini mengandung asam folat yang baik untuk menurunkan kadar asam urat secara alami. Selain kacang pinto ini, biji bunga matahari dan lentil juga harus masuk dalam menu makanan penderita asam urat.
  • Jus sayuran. Meski tidak semua sayuran bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat tetapi jus wortel yang dicampuri dengan buah bit dan mentimun menjadi mekana berikutnya yang efektif menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.
  • Buah dan sayuran yang mengandng vitamin C, seperti jeruk, kiwi, jeruk nipis, lemon, tomat, sayuran berdaunan hijau lainnya. Makanan kaya vitamin C dan supelemen kesehatan lainnya dapat dijadikan diet sehat dalam mengurangi asam urat berlebih dalam tubuh dengan memaksanya keluar dari tubuh melalui urin. (baca juga: 34 makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi)
  • Makanan tinggi serat. Berdasarkan penelitian dari University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa makanan tinggi serat dapat dijadikan pilihan untuk menurunkan kadar asam urat tinggi menjadi normal. Hal ini sesuai dengan khasiat serat yang membantu penyerapan membuang kelebihan asam urat dalam tubuh melalui ginjal.
  • Salah satu pisang yang memiliki kelebihan menurunkan kadar asam urat adalah pisang. Jika rutin mengkonsumsi sekitar delapan sampai Sembilan pisang perhari selama tiga atau empat hari, akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan sendi akibat penyakit asam urat ini. (baca juga: khasiat buah pisang untuk kesehatan)
  • The hijau. Konsumsi the hijau secara rutin dapat mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.
  • Black plum juga mengandung serat yang akan membantu menurunkan kadar asam urat.
  • Sayuran mentah seperti kentang atau jagung juga efektif mengurangi asam urat dalam tubuh seseorang. Jika anda ingin mengolahnya, sebaiknya olah bahan makanan ini dengan di rebus atau dikukus.
  • Ikan salmon juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat karena mengandung omega 3 yang sangat baik untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada sendi.

Itulah beberapa pantangan yang harus dihindari oleh penerita asam urat dan beberapa anjuran yang sebaiknya dilakukan. Tidak ada salahnya mengurangi dan membatasi asupan beberapa jenis makanan yang mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Dari beberapa pantangan makanan di atas tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena memang mengandung kadar purin yang berlebih. Jika penderita asam urat tidak mengurangi dan membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin maka otomatis purin dalam tubuh akan meningkat dan akhirnya kadar asam uratpun bertambah banyak. Hal fatal yang bisa terjadi jika penumpukan Kristal asam urat semakin tinggi adaah terjadi kelumpuhan pada penderita terutama pada salah satu organ tubuh yang bergerak seperti kaki. Selain itu, tidak hanya kadar resiko kelumpuhan tapi juga ada resiko negative lainnya yang harus dihadapi yaitu ciri-ciri gagal ginjal, terbentuknya penyakit gejala batu ginjal, gangguan perkemihan atau susah buang air kecil.

Ternyata tidak hanya itu, rasa nyeri hebat pada persendian yang yang dirasakan berulang-ulang dan pastinya menganggu penderitanya, jika tidak diatasi dengan serius maka dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang, serta komplikasi gangguan ginjal, ciri-ciri diabetes kering dan basah, bahaya stroke dan gejala osteoporosis. Tak hanya makanan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri dan ngilu akibat penyakit asam urat, olahraga juga sangat baik dan penting dilakukan agar otot-otot dalam tubuh tidak semakin kaku.

Apa salahnya menyayangi tubuh Anda dengan muai berubah dan menerapkan pola hidup sehat mulai dari mengatur makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, hindari makanan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda dan rajinlah berolahraga. Semua hal itu perlu Anda lakukan demi kelangsungan hidup yang baik dan untuk mengurangi resiko kematian yang cepat.

, , ,
Post Date: Monday 02nd, May 2016 / 04:14 Oleh :
Kategori : Asam Urat