29 Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Saat muda, kita mungkin tidak pernah membayangkan efek dari makanan tertentu yang kita sering makan. Kebanyakan orang merasakan efeknya ketika beranjak tua dimana tidak lagi dapat makan apa saja yang diinginkan karena kadar kolesterol yang tinggi sehingga dapat berisiko terkena penyakit serius, seperti hipertensi dan jantung. Berikut ini adalah daftar makanan berbahaya untuk penderita kolesterol yang sebaiknya dihindari.

1. Hati

Hati adalah makanan yang mengandung zat besi super tinggi dan bagi beberapa orang yang mengalami anemia, makanan ini adalah yang paling disarankan karena merupakan makanan sehat bagi mereka. Namun bagi para penderita kolesterol, ingat bahwa hati dapat menambah kadar kolesterol dan membuatnya semakin tinggi. Perlu diketahui bahwa kolesterol terkonsentrasi paling tinggi pada hewan adalah pada organnya.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Hati

2. Mentega

Sudah sangat jelas bahwa mentega adalah salah satu makanan yang perlu dijauhi oleh penderita kolesterol walaupun mentega akan menyempurnakan hidangan yang akan kita konsumsi. Pancake, kentang tumbuk, roti panggang, serta popcorn memang tidak akan nikmat tanpa mentega. Namun sangat disayangkan kolesterol tinggi terkandung di dalam mentega dan Anda mulai perlu mencari gantinya, seperti mengonsumsi minyak nabati.

3. Margarin

Mungkin Anda mencari alternatif yang tepat pengganti mentega karena tahu bahwa mentega dapat meningkatkan kadar kolesterol. Tapi sayangnya, margarin bukanlah alternatif yang tepat sebab kandungan kolesterolnya sama tingginya dengan mentega. Margarin memang terbuat dari minyak nabati tak jenuh dan untuk itulah banyak orang kemudian menganggap bahwa margarin akan lebih baik untuk kesehatan dibandingkan mentega yang mengandung lemak jenuh tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sejumlah margarin, terutama margarin keras akan memengaruhi jantung secara lebih buruk karena disana terdapat lemak trans dari minyak terhidrogenasi.

4. Minyak Ikan

Banyak orang yang menganggap bahwa minyak ikan sangat berguna untuk kesehatan jantung, namun pada dasarnya kolesterol yang terkandung di dalam minyak ikan pun tergolong tinggi dengan 142 miligram rata-rata per 100 gram-nya. Jadi, selama kadar kolesterol belum stabil benar, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi minyak ikan lebih dulu.

5. Ikan Bawal

Makanan ini per 100 gram-nya terdapat kandungan kolesterol sebanyak 120 miligram sehingga patut dijadikan salah satu makanan pantangan atau paling tidak Anda mengonsumsinya 2 kali sebulan dengan porsi 100 gram. Setelah mengonsumsinya pun perlu melakukan aktivitas fisik demi proses pembakaran lemak yang lancar.

Baca juga : Bahaya Formalin pada Ikan Asin

6. Hamburger

Walaupun kita tahu betul bahwa hamburger adalah makanan favorit warga Amerika, tidak dapat dipungkiri bahwa Anda pun menyukai makanan ini dimana terdapat daging sapi serta mayonaisse didalamnya. Makanan cepat saji ini menjadi pilihan banyak orang ketika membutuhkan makan siang yang tidak ribet, namun kandungan kolesterol di dalam burger bisa sampai 85-175 miligram yang pastinya bisa langsung menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

7. Kentang Goreng


Tidak hanya orang Amerika yang jelas menyukai kentang goreng, banyak orang Indonesia yang gemar mengonsumsi hidangan ini. Sayangnya, hasil yang diberikan kepada tubuh tidak senikmat rasanya karena makanan ini dipastikan berkandungan kolesterol tinggi oleh kehadiran minyak nabati terhidrogenasi. Minyak nabati hidrogenasi akan membuat makanan menjadi cenderung merusak tubuh karena minyak yang diubah menjadi padat. Makanan yang diolah dengan minyak terhidrogenasi parsial akan secara otomatis mengandung lemak trans dalam jumlah besar.

Baca juga : Bahaya Kentang Goreng

8. Muffin

Makanan ini memang sangat nikmat dan dapat dijadikan camilan atau bahkan sarapan sehat tergantung bagaimana mengolahnya. Memang tersedia muffin yang mengandung rendah lemak karena dibuat dari tepung gandum yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Hanya saja, muffin yang biasanya dipanggang dengan bahan telur serta susu ditambah dengan coklat chip tentu akan menambah kadar lemak yang akan berbahaya bagi penderita kolesterol.

Baca juga : Fungsi Maltodekstrin

9. Kaviar

Rupanya, makanan yang menggunakan bahan dari telur ikan ini juga berkandungan kolesterol cukup tinggi dimana per 100 gramnya saja terdapat 588 miligram kolesterol. Bukan lagi cukup tinggi, melainkan sangat tinggi karena per sendok makannya saja ada 94 miligram kolesterol. Untuk itulah, kaviar perlu dihindari sama sekali karena sangat berisiko menaikkan kadar kolesterol semakin tinggi secara langsung.

10. Sosis Daging Ayam/Sapi

Sebenarnya penderita kolesterol perlu menghindari makanan ini karena kadar kolesterol per 100 gram-nya bisa mencapai 150 miligram. Tapi sebenarnya makanan ini masih tetap boleh dimakan dengan intensitas jarang dimana setelah memakannya pun Anda diwajibkan berolahraga yang dapat membuat lemak-lemak terbakar dan luntur.

Baca juga : Bahaya Makan Ceker Ayam

11. Kerang

Pecinta seafood yang menderita kolesterol harus pintar-pintar menahan diri karena kerang adalah makanan yang berbahaya bagi penderita kolesterol. Walau memang kerang dianggap sebagai makanan sehat yang dapat memberikan efek baik bagi tubuh, mereka yang memiliki kolesterol tinggi dan penyakit jantung wajib menjauhinya agar kadar kolesterol tidak cepat naik.

Baca juga : Penyebab Kolesetrol Tinggi

12. Otak Sapi

Menjadi bagian dari makanan jeroan, tentu para penderita kolesterol harus menjauhi makanan yang didalamnya mengandung 2.300 miligram kolesterol. Otak sapi memang sangat nikmat untuk disantap, namun lemaknya dipastikan akan secara langsung membuat kolesterol tubuh naik seketika.

13. Belut

Menyukai daging belut? Sayangnya, makanan ini termasuk dalam kategori yang harus diwaspadai karena kandungan kolesterol didalam belut adalah sekitar 185 miligram per 100 gram-nya. Untuk lebih amannya, hindari sama sekali atau mengonsumsinya dengan intensitas yang jarang. Bahkan sekalinya mengonsumsi belut, pastikan bahwa Anda melakukan aktivitas fisik yang bertujuan untuk membakar lemak.

14. Telur Puyuh

Hampir sama dengan otak sapi, telur puyuh memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi, dan mungkin paling tinggi diantara makanan-makanan berkandungan kolesterol lainnya. Dengan kandungan sekitar 3.640 miligram kolesterol didalam telur puyuh ini, mengonsumsinya beberapa kali saja akan langsung menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga wajib dihindari sama sekali.

Baca juga : Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Setiap Hari

15. Makaroni dan Keju

Sederhana saja alasan mengapa makaroni dan keju termasuk didalam pantangan makanan karena kolesterolnya yang tinggi. Didalam hidangan makaroni dan keju, terdapat lemak jenuh yang cukup tinggi. Meski keju akan sangat baik dalam memberikan asupan kalsium, namun bagi orang yang menderita kolesterol sebaiknya tidak mengonsumsi hidangan ini dulu.

16. Krim Keju

Bagi sebagian orang, krim keju adalah keharusan ketika menikmati bagel atau dipanggang dalam kue. Kabar buruknya, krim keju didapati memiliki kolesterol yang kadarnya sangat tinggi. Sekitar 27 miligram kolesterol terkandung didalam krim keju, jadi ini bisa menjadi alasan bagi Anda untuk tidak lagi mengonsumsinya sampai kadar kolesterol stabil.

17. Ayam Goreng

Makanan ini menjadi favorit di banyak kalangan, baik yang muda maupun yang tua karena warnanya yang emas dan kerenyahannya yang mengundang selera. Dibandingkan dengan ati, daging ayam memang lebih baik, namun pengolahan yang tepat untuk penderita kolesterol bukan dengan menggorengnya. Ayam goreng tanpa disadari memiliki kandungan kolesterol lebih banyak daripada hamburger. Jika ingin mengonsumsi daging ayam yang sehat dan baik bagi tubuh, daging ayam dikukus atau rebus akan jauh lebih dianjurkan.

Baca juga : Bahaya Makanan yang Digoreng

18. Es Krim

Hidangan penutup ini memang tidak hanya disukai oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Sayangnya, bagi para penderita kolesterol es krim pun menjadi hidangan yang perlu dijauhi. Kandungan lemak jenuh didalam satu cup es krim rupanya jauh lebih banyak ketimbang yang ada didalam hamburger dan memiliki kandungan kolesterol lebih tinggi ketimbang 10 donat. Daripada mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup, lebih disarankan untuk mengonsumsi buah segar sebagai gantinya.

Baca juga : Makanan Penurun Kolesterol

19. Biskuit

Sekilas makanan ringan ini tampak aman dan enak-enak saja untuk dinikmati saat memiliki waktu luang. Kenyataannya, kadar kolesterol didalam biskuit cukup tinggi karena didalam biskuit pun terdapat lemak trans yang menjadi hasil dari penggunaan minyak nabati terhidrogenasi. Carilah camilan yang sehat sebagai pengganti biskuit, seperti buah-buahan yang dijamin aman.

20. Kuning Telur

Telur ayam tampaknya aman-aman saja, memang benar apabila Anda memakan bagian putihnya dan bukan bagian kuningnya. Terdapat kandungan kolesterol tinggi didalam telur ayam sehingga para penderita kolesterol jelas harus menghindari makanan ini, termasuk para penderita penyakit jantung. Namun, bisa juga mencoba untuk tetap mengonsumsinya dengan dibuat dadar dan cek apakah asupan kolesterol menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Baca juga : Bahaya Telur Setengah Matang

21. Daging Sapi

Makanan satu ini memang wajib masuk ke dalam daftar makanan pantangan Anda karena daging sapi sendiri mengandung sekitar 105 miligram kadar kolesterol. Meski begitu, ada juga yang menyarankan bahwa daging sapi hanya boleh dikonsumsi sesekali saja, seperti misalnya sebulan sekali dengan porsi 100 gram saja. Untuk kadar kolesterol didalam daging sapi yang ada lemaknya jelas akan lebih tinggi, yaitu sekitar 125 miligram per 100 gram yang menjadikannya lebih berisiko bila dikonsumsi oleh para penderita kolesterol.

Baca juga : Bahaya Daging Sapi

22. Udang

Mengonsumsi udang pun harus segera dibatasi oleh para penderita kolesterol tinggi karena seafood ini jugalah yang menjadi pemicu meningkatnya kolesterol didalam darah. Lobster diketahui mengandung 125 miligram kolesterol per 100 gram sehingga memang cukup tinggi dan tidak disarankan untuk dikonsumsi selama menderita kolesterol.

Baca juga : Cara Menghilangkan Alergi Udang

23. Cumi-cumi

Kandungan kolesterol didalam cumi termasuk tinggi dengan kadarnya 1.170 miligram sehingga menjadikannya termasuk di alam makanan berbahaya yang harus dijauhi oleh para penderita kolesterol tinggi.

Artkel terkait : Bahaya Makan Cumi-Cumi

24. Siput

Makanan ini juga memiliki kadar kolesterol yang terbilang tinggi sehingga dimasukkan ke dalam kategori makanan pada zona hati-hati atau makanan yang patut diwaspadai. Per 100 gram-nya, makanan ini memiliki kandungan kolesterol sebanyak 160 miligram, sehingga sebaiknya dihindari sama sekali atau makanlah dengan porsi kecil dalam intensitas jarang.

25. Daging Kambing

Banyak orang yang menyukai daging kambing, tapi para penderita kolesterol harus menjadikan daging kambing salah satu pantangan dikarenakan kandungan kolesterolnya disebut-sebut kurang lebih sama dengan daging sapi. Daging kambing yang tanpa lemak bakal lebih disarankan untuk dikonsumsi karena hanya mengandung 70 miligram per 100 gram, namun untuk gajih kambing sendiri terdapat 130 miligram kolesterol yang tidak baik bagi tubuh.

Baca juga :

26. Lobster

Kandungan kolesterol yang terdapat didalam 100 gram lobster adalah 200 miligram sehingga memang cukup tinggi yang menyebabkan para penderita kolesterol harus menjauhi makanan ini sampai kondisi kadar kolesterol menurun atau stabil. Waspadalah karena stroke, jantung, obesitas dan hipertensi mengintai Anda bila mengonsumsi makanan yang kadar kolesterolnya bahkan di atas 100 miligram per 100 gram.

27. Popcorn

Makanan ringan ini adalah yang paling asik dinikmati ketika sedang melakukan aktivitas apapun, seperti menonton TV, membaca atau mengobrol. Tergantung dari bagaimana Anda menyajikan popcorn, makanan ini bisa berdampak positif maupun negatif untuk kesehatan. Khusus untuk microwave popcorn, kandungan minyak, garam dan menteganya sangat tinggi sehingga harus menjadi pantangan yang diperhatikan karena dapat menambah kadar kolesterol Anda. Tersedia popcorn tawar yang bebas mentega yang bisa dijadikan pilihan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, atau bisa juga tambahkan sedikit minyak zaitun pada popcorn untuk memberi dampak lebih sehat.

28. Kepiting

Segala seafood memang tampak membahayakan bagi Anda penderita kolesterol, termasuk kepiting yang per 100 gram-nya didapati kadar kolesterol sebanyak 150 miligram. Jenis seafood ini sah-sah saja untuk dikonsumsi selama intensitasnya tidak begitu sering. Bahkan sesudah menikmatinya, imbangilah dengan melakukan serangkaian aktivitas fisik supaya kandungan kolesterol tinggi dari kepiting tidak mengendap didalam tubuh.

Baca juga : Jenis Jenis Lemak

29. Makanan Bersantan

Dinyatakan oleh sebuah Lembaga Kesehatan Jantung bahwa terdapat 2,5 kali lemak jenuh yang lebih besar didalam secangkir porsi santan kelapa daripada batas penganjuran konsumsi harian. Karena lemak jenuh tersebutlah yang menjadikan Anda perlu berhati-hati dengan makanan bersantan karena bisa berisiko meningkatkan kadar kolesterol, apalagi jika dikonsumsi secara sering atau bahkan setiap hari.

Artikel terkait :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 17th, April 2016 / 03:05 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi