12 Cara Menghilangkan Alergi Udang Paling Ampuh

15507

Mengkonsumsi udang dianggap lebih aman dibandingkan dengan jenis makanan lain termasuk daging sapi. Udang dan jenis makanan laut terkenal dengan kandungan protein dan asam lemak yang sangat sehat. Namun udang juga memiliki sisi buruk untuk beberapa orang termasuk menyebabkan alergi. Alergi udang bisa langsung muncul ketika pertama kali makan atau setelah beberapa kali makan. Bahkan alergi akan terus muncul dan tidak tergantung terhadap metode memasak udang. Alergi udang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menjadi sangat lemah saat menghadapi protein dari udang. Kandungan yodium yang cukup tinggi juga sering menyebabkan alergi.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu menghilangkan alergi udang:

  1. Konsumsi Makanan Mengandung Quercetin Tinggi

Quercetin adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatur kadar histamin dalam tubuh. Secara alami quercetin bisa ditemukan pada makanan yang memiliki warna cerah. Kandungan senyawa quercetin bisa meningkatkan efek dari bahan antioksidan dan mengurangi peradangan. Semua jenis makanan yang mengandung quercetin juga mengandung serat, mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mengkonsumsi udang bersama dengan sumber makanan mengandung quercetin seperti: capers, bawang merah, dan bawang putih mentah. Buah yang mengandung quercetin tinggi seperti blueberri, plum, apel,dan ceri. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran seperti cabai, selada merah, kale, sawi hijau, bayam, paprika, dan brokoli.

  1. Gunakan Gel Lidah Buaya

Jika Anda memiliki reaksi alergi udang seperti gatal-gatal, bengkak atau kulit terasa sangat panas, maka cobalah untuk menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya bisa membantu menghilangkan gatal sehingga reaksinya tidak terlalu berat. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Jangan pernah mengompres pada kulit yang gatal karena alergi, sebab bisa menyebabkan kulit kaku dan bengkak lebih parah. (baca juga: khasiat lidah buaya untuk kulit)

  1. Minum Madu

Ketika alergi udang menjadi lebih buruk dan menyebabkan kulit gatal dan terbakar, maka segera minum satu sendok madu. Anda juga bisa mencampurkan madu dengan air hangat lalu minum. Madu mengandung bahan antioksidan dan mineral yang tinggi untuk mengurangi tingginya kadar histamin. Madu juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk mengatasi gatal. (baca juga: bahaya madu untuk diabetes – cara membedakan madu asli dan palsu paling akurat)

  1. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin E Tinggi

Makanan yang mengandung vitamin E sangat baik untuk membantu mengatasi alergi udang. Semua reaksi alergi udang baik gatal atau sesak nafas bisa diredakan dengan vitamin E. Vitamin E bisa bekerja untuk mengatasi sumber alergi dan bisa memulihkan fisik sehingga kekebalan tubuh bisa melawan reaksi alergi. (baca juga:  makanan yang mengandung vitamin E tinggi dan manfaatnya)

  1. Minum Jus Lemon

Jika Anda merasa kesal karena selalu mengalami alergi saat makan udang, maka cobalah untuk makan udang dan minum jus lemon setelahnya. Jus lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga mencegah gatal dan reaksi alergi udang yang lain. Vitamin C ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu tubuh menerima protein dari udang dan mengatasi kadar histamin yang sangat tinggi. Cara ini akan membantu tubuh Anda kuat dalam melawan alergi udang.(baca juga:  makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi, buah yang mengandung vitamin C super tinggi)

  1. Jus Buah Bit, Wortel dan Mentimun

Alergi udang juga bisa dihilangkan dengan konsumsi jus campuran dari buah bit, wortel dan mentimun.  Campuran jus ini bisa membantu mengatasi gatal dan sakit kepala dengan cara yang sangat cepat. Untuk mengatasi secara langsung sebaiknya dikonsumsi bersama ketika setelah makan udang. Campuran buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan reaksi alergi terhadap protein udang.

  1. Hirup Uang Minyak Jarak

Minyak jarak juga akan membantu menghilangkan alergi udang secara alami. Anda bisa mencairkan satu sendok minyak jarak ke dalam satu gelas air hangat atau panas. Kemudian aduk hingga rata dan tercium aroma khas minyak jarak. Setelah itu hirup uap minyak jarak yang keluar untuk alergi udang yang ringan. Namun jika Anda menderita gatal atau reaksi alergi lain yang lebih buruk, maka campuran air ini bisa diminum.

  1. Minum Air Jahe Hangat

Air jahe yang hangat bisa membantu mengatasi reaksi alergi udang baik gatal atau jenis reaksi alergi yang lain. Anda bisa membuat minuman dari air panas yang dicampur dengan potongan jahe segar. Jahe mengandung bahan antioksidan dan senyawa minyak esensial seperti kaempferol. Senyawa ini bisa membantu menghilangkan mual atau sakit kepala karena alergi yang berat. Agar bahan ini bisa bekerja lebih cepat, maka pastikan minum air ini saat makan udang. Jadi Anda bisa mencegah reaksi alergi sebelum muncul.

  1. Obat Epinefrin

Ketika reaksi alergi sangat buruk maka penderita harus mendapatkan perawatan dari dokter. Obat yang sering diberikan termasuk obat epinefrin yaitu obat yang akan bereaksi dengan alergi dalam waktu yang sangat cepat. Obat akan disuntikan melewati vena sehingga bisa bekerja dengan baik ke semua bagian tubuh. Namun obat ini tidak bisa diberikan untuk penderita penyakit jantung seperti gangguan detak jantung dan tekanan darah tinggi.

  1. Pemberikan Obat Golongan Steroid

Obat yang termasuk dalam golongan steroid juga bisa diberikan untuk mengatasi reaksi alergi yang ditandai dengan anafilaksis. Beberapa jenis obat ini termasuk golongan kortison. Obat ini memang hanya bisa bekerja dengan reaksi yang lambat namun bisa membantu mengatasi kekambuhan. Obat ini juga bisa diresepkan oleh dokter untuk mengatasi alergi ulang. (baca juga: efek samping minum obat jangka panjang)

  1. Pemberian Obat Antihistamin

Antihistamin merupakan salah satu jenis obat yang bisa membantu mengatasi alergi dengan cepat. Namun obat ini tidak bisa bekerja untuk jenis reaksi alergi yang berlebihan seperti kehilangan kesadaran. Obat bisa diberikan dalam bentuk pil atau suntikan. Namun obat ini tidak bisa diberikan bersamaan dengan jenis epinefrin atau penderita alergi yang baru saja menerima epinefrin.

  1. Pemberian Obat Bronkodilator

Jika penderita alergi mengalami gejala yang berhubungan dengan reaksi pernafasan seperti sesak nafas atau sulit bernafas maka bisa diberi obat bronkodilator. Jenis obat yang bisa membantu asma ini bekerja langsung ke saluran pernfasan. Obat ini bisa membantu mengatasi reaksi yang berlebihan akibat serangan asma bersamaan dengan alergi.

Gejala Alergi Udang

  1. Rasa gatal di semua bagian tubuh bahkan hingga kepala. (baca juga: obat gatal gatal seluruh badan pada kulit)
  2. Ruam pada bagian tangan dan kaki atau hanya pada persendian. (baca juga: gejala dermatitis berdasarkan jenis dan cara mengatasinya)
  3. Rasa mual dan ingin muntah setelah makan sehingga menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. (baca juga: penyebab sering mual setelah makan)
  4. Sakit perut seperti ditusuk-tusuk dan berat pada bagian lambung atau perut atas. (baca juga: penyebab perut kembung terus menerus)
  5. Diare yang bisa menyebabkan penderita terkena bahaya dehidrasi bagi tubuh. (baca juga: gejala diare karena bakteri – bahaya diare akut – gejala, perawatan dan pencegahan – cara mengatasi diare secara cepat)
  6. Batuk ringan hingga berat dan termasuk batuk kering namun tidak bisa diobati dengan jenis obat batuk. (baca juga: penyebab batuk kering dan berdahak – cara mencegah batuk secara alami – cara menghilangkan batuk berdahak dan kering secara cepat)
  7. Keluar cairan dari hidung secara terus menerus seperti sinusitis. (baca juga: cara menjaga kesehatan dan kebersihan hidung – gejala sinusitis akut dan kronis)
  8. Sesak nafas seperti penyakit asma, nafas lebih berat hingga kehilangan kesadaran. (Baca juga: penyebab dada sesak nafas – penyebab dada sakit dan sesak – pantangan asma – cara mengobati asma kambuh –faktor penyebab asma paling utama – gejala asma ringan dan akut)
  9. Rasa terbakar dan kesemutan pada bagian bibir dan sekitar mulut yang menyebabkan penderita tidak bisa berbicara.
  10. Bibir menjadi bengkak dan terasa kebas. (baca juga : cara mengobati bibir bengkak)
  11. Bengkak pada bagian mata hingga menganggu pandangan seperti mata bintitan. (baca juga: cara menghilangkan mata bintitan dengan cepatpenyebab bintitan pada mata anak anak hingga dewasa)
  12. Bengkak pada bagian tenggorokan dan lidah sehingga terasa sakit saat menelan makanan atau minuman. (baca juga: cara mengatasi sakit tenggorokan – secara alami dan medis – cara mencegah radang tenggorokan kambuh – obat radang tenggorokan paling ampuh : tradisional dan obat medis)
  13. Sakit pada bagian mata atau mata mengeluarkan cairan terus menerus.
  14. Sakit kepala sangat berat serta tekanan darah rendah. (baca juga: cara mengatasi sakit kepala tanpa obat secara alami – cara menghilangkan sakit kepala sebelah dan menahun – obat sakit kepala paling ampuh dan aman – medis dan alami – penyebab sakit kepala – pengobatan dan pencegahannya)
  15. Bengkak pada tenggorokan dalam hingga menyebabkan sulit bernafas.
  16. Kehilangan kesadaran, pingsan hingga kematian. (baca juga: penyebab pingsan mendadak : gejala dan cara mencegahnya – pertolongan pertama pada orang pingsan mendadak)

Tips Mencegah Alergi Udang

  1. Jika Anda menderita reaksi alergi udang yang ringan maka bisa mencoba beberapa kali untuk memastikan alergi. Jika perlu Anda bisa melakukan cara tes alergi. Jika hasilnya Anda positif alergi udang maka hindari makan udang atau semua jenis masakan yang mengandung udang.
  2. Hindari mengkonsumsi semua jenis makanan yang mengandung udang atau jenis makanan laut yang lain. (baca juga: bahaya memakan kulit udang bagi kesehatan – ibu hamil – janin – bahaya makanan laut bagi kesehatan)
  3. Jangan memasak udang karena uap yang dihasilkan dari proses memasak itu juga bisa menyebabkan reaksi alergi.
  4. Hindari semua jenis makanan kemasan, makanan ringan atau sajian restoran yang menggunakan bahan udang.

Ketika Anda terkena alergi udang maka alergi itu bisa kambuh terus menerus. Tidak ada obat yang pasti untuk menghilangkan alergi udang sepenuhnya. Jadi cara untuk menghilangkan reaksi alergi hanya dengan mengelola dan memilih makanan yang tepat.

Informasi lain tentang alergi: