8 Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan Mendadak

8792

Pingsan merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan tubuh kehilangan kesadaran secara tiba-tiba. Hal ini bisa disebabkan karena aliran darah yang menuju ke bagian otak tidak tercukupi sehingga, menyebabkan pasokan oksigen juga tidak bisa dipenuhi. Ketika terjadi kondisi seperti ini maka penderita akan kehilangan kesadaran dalam waktu yang singkat. Pingsan bisa disebabkan karena kelelahan, suhu yang terlalu panas, stres dan kondisi penyakit tertentu.

Bagaimana Jika Orang Pingsan Tidak Segera Sadar ?

Orang yang pingsan biasanya akan cepat menemukan titik kesadaran. Hal ini biasanya membutuhkan waktu selama beberapa menit. Namun pada kondisi tertentu orang yang pingsan tidak cepat sadar dan masuk dalam kondisi yang gawat. Jika orang yang pingsan tidak segera sadar maka bisa menyebabkan kelainan otak akibat kekurangan oksigen dalam waktu yang lama atau yang paling buruk adalah koma. Namun kejadian ini termasuk sangat jarang dan biasanya hanya terjadi pada orang pingsan dengan komplikasi penyakit tertentu.

Pingsan biasanya tidak menunjukkan gejala yang mudah dikenali. Penderita bisa langsung jatuh dan bisa menyebabkan kondisi yang berbahaya. Berikut ini adalah pertolongan pertama yang bisa diberikan kepada orang yang pingsan.

1. Tempatkan Penderita di Posisi yang Nyaman

Jika hal yang menjadi penyebab pingsan karena berada di tempat yang panas maka harus segera dibawa ke tempat yang teduh. Anda harus mencari tempat yang benar-benar nyaman untuk orang yang sedang pingsan. Hal ini bisa membantu agar penderita bisa merasa lebih baik dan kesadaran juga cepat kembali. Berikan ruang tempat yang tidak terlalu banyak orang sehingga orang yang pingsan merasa benar-benar lega.

2. Arahkan Kepala Miring

Untuk membantu pernafasan orang yang pingsan agar kembali pulih seperti semua maka miringkan satu sisi kepala baik ke kanan maupun ke kiri. Anda juga bisa menambahkan bantal yang tidak terlalu tinggi. Hal ini bisa membuat aliran oksigen ke bagian otak terpenuhi dan penderita cepat sadar. Jika penderita sudah setengah sadar maka katakan bahwa penderita sudah ditolong agar merasa lebih tenang.

3. Tinggikan Kaki

Pingsan bisa disebabkan karena aliran darah ke bagian otak memang tidak lancar dan menyebabkan penderita tidak mendapatkan oksigen dan darah yang cukup. Untuk mengatasi ini maka bisa menempatkan bantal dibawah kaki sehingga posisi kaki lebih tinggi. Langkah ini akan membantu penderita agar bisa segera sadar.

4. Longgarkan Baju atau Ikat Pinggang

Orang yang sedang pingsan biasanya tidak bisa bernafas dengan baik dan merasa sesak. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa membuka satu atau dua buah kancing baju. Selain itu longgarkan ikat pinggang agar tidak terlalu kencang dan nafas menjadi lebih baik. Pakaian yang terlalu ketat hanya akan menyebabkan pernafasan menjadi lebih berat sehingga membuat penderita merasa sesak.

(Baca juga tentang: bahaya memakai celana ketat dan bahaya korset pelangsing)

5. Berikan Minyak Kayu Putih atau Min

Untuk membantu kesadaran orang yang pingsan maka bisa dioleskan minyak kayu putih atau balsam di bagian pelipis dan leher. Pijat bagian antara ibu jari dan jari telunjuk dengan minyak kayu putih. Tindakan ini bisa membantu penderita pingsan agar cepat sadar. Pijatan pada bagian telapak kaki juga sangat baik agar kesehatan cepat pulih.

(Minyak kayu putih ini juga berguna untuk : cara menghilangkan cegukan dan cara menghilangkan flu)

6. Berikan Minuman Hangat

Setelah penderita pingsan sadar maka berikan minuman yang manis atau hangat. Minuman akan membantu tubuh merasa lebih baik dan cairan bisa sangat baik untuk mendukung sirkulasi darah. Tapi jika penderita mengalami sakit kepala dan mual yang berat maka berikan minuman sedikit demi sedikit.

7. Jika Sudah Sadar, Posisikan Duduk Santai

Jika orang yang pingsan sudah sadar maka sarankan untuk orang tadi agar bisa duduk santai. Duduk santai dengan bersandar akan membantu tubuh untuk beradaptasi dan membuat peredaran darah bisa bekerja dengan baik. Selain itu penyesuaian kondisi ini juga bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat sehat. Tanyakan kepada orang yang pingsan, apakah masih pusing, mual atau ingin muntah. Kondisi lanjutan ini bisa menentukan perawatan lanjutan untuk orang yang pingsan.

8. Hubungi Dokter

Orang yang pingsan memang menunjukkan gejala yang biasa atau luar biasa. Untuk itu sebaiknya Anda harus menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Terlebih jika orang yang pingsan tersebut memiliki riwayat penyakit yang menyebabkan sering pingsan. Anda bisa membantu menghubungi dokter terdekat untuk memastikan kondisi orang yang pingsan tadi.

Gejala Pingsan Mendadak

Memang biasanya orang yang pingsan tidak menunjukkan gejala yang mudah dikenali. Mereka bisa jatuh begitu saja sehingga terkadang menyebabkan bahaya seperti ketika terbentur benda keras. Karena itu anda bisa mengamati beberapa gejala orang yang pingsan seperti :

  • Wajah terlihat sangat pucat dan cemas
  • Mengeluarkan keringat dingin
  • Badan terlihat tidak seimbang
  • Sakit kepala
  • Mual dan ingin muntah
  • Pandangan mata mulai gelap
  • Detak jantung yang terlalu cepat

Apa Penyebab Pingsan?

  • Merasa sangat tertekan, stres atau gelisah yang berlebihan
  • Memiliki pikiran yang berat tentang hubungan pribadi, pekerjaan atau terkait dengan kondisi emosi yang tidak stabil
  • Sedang sakit yang parah
  • Tidak cukup makan atau tubuh sedang menahan lapar
  • Berdiri dalam waktu yang sangat lama seperti ketika sedang upacara
  • Efek samping dari penggunaan beberapa jenis obat
  • Kondisi ketika gula darah sangat tinggi seperti pada penderita diabetes
  • Menderita penyakit seperti tekanan darah rendah, stroke, gangguan syaraf, dan anemia

Langkah Ketika Bertemu Orang yang Pingsan Mendadak

  • Jika Anda sedang berada di dekat orang akan pingsan dan Anda menemukan gejalanya maka segera bantu orang tersebut untuk bersandar. Berikan ruangan kepada orang yang pingsan untuk bisa duduk dan jika sudah tidak mampu maka bawa ke tempat dimana penderita bisa telentang.
  • Jangan panik, Anda harus membawa penderita ke tempat yang aman dan tidak berbahaya. Kemudian lakukan beberapa pertolongan pertama.
  • Tunggu hingga orang yang pingsan tadi benar-benar sadar dan bisa diajak untuk berbicara. Anda mungkin bisa meminta nomor kontak keluarga orang yang pingsan tadi untuk dihubungi.
  • Jika kondisi orang yang pingsan tidak segera pulih, maka Anda harus memanggil tenaga medis agar bisa diberikan bantuan.
  • Katakan kepada orang yang pingsan tadi, bahwa Anda akan menemani hingga penderita benar-benar pulih sehingga memberikan rasa ketenangan.

Pingsan adalah peristiwa yang sangat biasa dan biasanya banyak ditemukan ketika ada upacara. Bediri terlalu lama di bawah suhu matahari yang panas bisa menyebabkan tubuh lelah dan kekurangan oksigen. Hal pertama yang perlu dilakukan ketika ada orang pingsan adalah membawa ke tempat yang aman. Setelah itu lakukan pertolongan pertama pada orang pingsan dengan benar.