Complete Blood Count – Apa Tujuan dan Manfaatnya? Bagaimana Melakukannya?

1101

Darah merupakan sebuah bagian penting yang menyangga tubuh manusia. Banyak sekali fungsi dari darah yang berhubungan erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Selain itu keberadaan darah dalam tubuh juga berfungsi untuk beredar dan mengedarkan energi yang ada di dalam tubuh. darah sendiri merupakan sebuah komponen yang sangat penting keberadaannya. Manusia tanpa keberadaan darah maka tak akan bisa hidup.

Tubuh manusia sendiri sebagian besar merupakan sebuah cairan. Unsur cairan terbesar yang ada di dalam tubuh kita adalah darah itu sendiri. Banyak orang yang terkadang tanpa disadari oleh dirinya sendiri telah merusak atau mengurangi fungsi dan kinerja dari darah itu sendiri.  Darah juga sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam bidang kesehatan. Ketika tubuh terserang oleh penyakit, maka akan terjadi anomali yang tak wajar pada kompsisi darah manusia. anomali tersebut yang menjadi salah satu acuan dokter untuk diagnosa awal penyakit. Metode medis yang sering sekali digunakan untuk mengetahui keadaan pada darah adalah Complete Blood Count (CBC).

Dalam bidang kedokteran ada sebuah cabang keilmuan yang disebut sebagai hematologi. Cabang ilmu ini sendiri mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan darah. Darah memang banyak sekali membawa informasi yang sangat penting mengenai keadaan tubuh kita. Dari darah kita bisa mengenal dan mengetahui beberapa jenis penyakit, baik penyakit yang memang langsung menyerang darah itu sendiri maupun penyakit yang menyerang organ lain tapi mempengaruhi kondisi darah dalam tubuh. Metode penghitungan darah memang sering banyak dilakukan pada pasien yang mengalami jenis penyakit tertentu.

Namun, ternyata tak banyak orang yang mengetahui tujuan dan manfaat penghitungan darah ini. Kebanyakan dari mereka hanya tau bahwa penghitungan tersebut bagian dari tindakan medis. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan Complete Blood Count atau penghitungan darah. Kita akan membahas apa itu CBC, bagamana CBC dilakukan, serta manfaat dari CBC itu sendiri. beberapa hal yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut

Apa Itu Complete Blood Count

Complete Blood Count, atau ada juga yang menyebutnya Full Blood Count dan Full Blood Exam. Apapun nama penyebutannya namun secara garis besar kesemuannya masih memiliki arti yang sama. Metode ini adalah sebuah metode medis yang bertujuan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap darah yang ada di dalam tubuh. Penghitungan lengkap tersebut akan menyelimuti seluruh komponen darah yang di ketahui. Melalui penghitungan ini maka dokter akan dapat menentukan kesehatan dari pasien. Darah merupakan substansi yang langsung bersinggungan dengan setiap organ dan jaringan yang ada di dalam tubuh, karena hal itulah maka jika ada kelainan yang terjadi dalam tubuh maka darah akan menunjukan gejala tertentu.

Gejala tersebut dapat berupa berbagai macam hal tergantung dari jenis penyakit dan gangguan itu sendiri.  Gejala yang muncul bisa saja berupa penurunan atau kenaikan jumlah salah satu komponen darah. kita ambil contoh saja pada mereka yang menderita malaria dan demam berdarah. Mereka yang terjangkiti oleh kedua jenis penyakit tersebut akan menunjukan peningkatan pada beberapa komponen darah. laju peningkatan yang tak normal itulah yang kemudian dijadikan sebagai acuan dan sebagai bahan pertimbangan awal untuk menentukan jenis penyakit dari pasien. Sebagian besar penyakit memang tak dapat di deteksi secara wajar melalui darah saja. Complete Blood Count ini sendiri hanya berfungsi untuk menunjukan hipotesa diagnosa awal dari gejala penyakit yang ditunjukan pada darah.

Sebagaimana kita tahu bahwa darah memiliki banyak sekali komponen yang menyusunnya. Sistem peredaran darah sendiri tidak hanya terfokus pada keadaan sel darah merah. Namun, ada banyak komponen darah yang bisa kita ketahui dan kita monitor keadaannya. Complete Blood Count ini sendiri juga bisa menjadi salah satu cara untuk memonitor keadaan dan kondisi sistem peredaran darah. Apakah ada gangguan-gangguan yang harus segera mendapatkan penanganan serius atau hanya gangguan biasa yang dapat diatasi denga tindakan pencegahan saja.

Fungsi Complete Blood Count

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa metode ini sendiri bertujuan untuk dapat mengetahui kondisi keadaan dalam tubuh melalui beberapa gejala yang ditunjukan pada kandungan darah. Tindakan penghitungan darah ini sendiri dapat dilalukan melalui dua cara yaitu

  • Penghitungan Manual

Penghitungan manual ini sendiri merupakan cara penghitungan darah yang paling awal dilakukan. Penghitungan dara dilakukan di bawah mikroskop. Darah pasien akan diletakan di dibawah mikroskop untuk kemudian dihitung secara manual jumlah komponen darah yang ada.

  • Penghitungan Otomatis

Penghitungan secara otomatis ini merupakan sebuah metode penghitungan yang lebih modern. Darah pasien akan dimasukan kedalam sebuah alat yang dapat melakukan penghitungan secara lengkap setiap komponen yang ada di dalam darah pasien itu sendiri

Penghitungan secara manual sendiri kini makin banyak ditinggalkan oleh praktisi kesehatan. Hal ini karena penghitungan manual membutuhkan waktu yang cukup lama, dan kemungkinan untuk error yang bisa saja timbul akan cukup besar. Saat ini mungkin masih ada yang melakukan penghitungan darah secara manual, namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Komponen yang menyusun darah memiliki banyak sekali jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Setiap komponen yang ditemukan di dalam darah memiliki tugas masing-masing yang tak sama satu sama lainnya. Sehingga jika ada kelainan pada salah satu komponen maka, penyebab kelainan tersebut dapat dipastikan akan berhubungan erat dengan tugas dari komponen darah itu sendiri. Ada beberapa jenis penghitungan komponen darah yang terdapat dalam rangkaian proses CBC ini. Penghitungan komponen darah yang ada seperti.

  1. White Blod Cell Count (WBC)

Seperti nama yang ditunjukan WBC sendiri merupakan penghitungan yang lebih terfokus pada jumlah sel darah putih yang ada dalam tubuh.

Jumlah normal dari sel darah putih yang ada di dalam tubuh sendiri antara 4.300 sampai 10.800 per milimeter kubik sel darah. Hal ini karena ada beberapa bahaya kelebihan sel darah putih yang bisa saja muncul.

  1. White Blood Cell (WBC) Differential Count

Metode penghitungan ini sendiri merupakan bagian dari WBC namun juga memiliki fungsi yang lain. Pada metode ini sendiri yang dihitung adalah komponen-komponen yang menyusun sel darah putih itu sendiri.

  1. Red Cell Count

Metode penghitungan ini sendiri bertujuan untuk menghitung jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh. jumlah normal sel darah merah dalam tubuh adalah 4,2 sampai 4,5 juta per milimeter kubik. Jika jumlah tersebut mengalami penurunan maka pasien dapat dinyatakan mengalami anemia.

  1. Hemoglobin (HB)

Penghitungan ini sendiri bertujuan untuk dapat mengetahui jumlah hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah. Sebagaimana kita tahu bahwa hemoglobin adalah senyawa protein yang terkandung dalam sel darah merah dan berfungsi untuk mengikat oksigen.

  1. Hematrocit (HCT)
  2. Mean Corpuscular Volume (MCV)
  3. Mean Corpuscular Hemoglobin (MCH)
  4. Mean Corpuscular Hemoglobin Concentration (MCHC)
  5. Red Cell Distribution Width (RDW)
  6. Platelet Count
  7. Mean Platelet Volume

Setiap jenis dan bagian dari Complete Blood Cel tersebut akan menunjukan gejala dari penyakit-penyakit tertentu yang bisa saja muncul di dalam tubuh pasien.

Bagaimana Complete Blood Count Dilakukan

CBC sendiri merupakan sebuah metode yang sangat sederhana dalam pelaksanaanya, sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam proses pengambilan sampel. Untuk proses penghitungan sendiri hanya dibutuhkan beberapa mililiter darah pasien. Pengambilan darah ini sendiri dapat dilakukan di beberapa tempat. Beberapa dapat mengambilnya di pergelangan tangan dan beberapa dapat mengambilnya di bagian siku tangan. Setelah sampel darah tersebut diambil maka akan langsung diserahkan kepada laboratorium. Pasien sendiri tidak dapat langsung mendapatkan hasil penghitungan dari laboratorium. Biasanya pasien diharuskan menunggu untuk 1 hari sebelum mendapatkan hasil dari penghitungan.

Hasil yang ditunjukan kepada pasien sendiri akan sangat bervariasi dan beragam. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi perbedaan hasil adalah jenis kelamin. Pada mereka yang sama-sama dalam kondisi sehat akan menunjukan hasil tes yang tidak sama. Sebagai contoh adalah jumlah dari sel darah merah yang sangat berbeda antara prisa dan wanita. Sehingga bagi wanita tak perlu khawatir jika melihat perbedaan jumlah dar sel darah merah yang terkandung dalam tubuh. Selain dapat dilakukan pada mereka yang sudah dewasa CBC sendiri juga dapat dilakukan pada mereka yang masih bayi. CBC pada bayi sendiri memang cukup berbeda jika dibandingkan dengan CBC pada mereka yang sudah dewasa. Pada bayi, sampel darah akan diambil melalui bagian kaki dari bayi tersebut.

CBC sendiri bukanlah merupakan metode diagnosa penyakit yang utama. Serta hasil dari CBC juga tak dapat dijadikan sebagai acuan secara penuh. Jadi bagi mereka yang telah melakukan tes CBC maka biasanya juga akan dilakukan tes lain yang lebih mendalam. Hal ini bertujuan untuk semakin meyakinkan mengenai kondisi yang ada dalam tubuh dari pasien itu sendiri. Tes yang berkelanjutan ini sendiri dapat menjadi tindakan pencegahan dan penanganan yang cepat , jika ternyata pada tes CBC ditemukan kelainan yang cukup signifikan dan cukup membahayakan bagi pasien itu sendiri.

Manfaat Complete Blood Count

Complete Blood Count atau CBC sendiri memiliki beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan. Manfaat tersebut memang sangat berpengaruh pada beberapa pasien yang memiliki penyakit tertentu. Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari tes Complete Blood Count adalah deteksi awal penyakit, seperti

  1. Anemia
  2. Asma
  3. Lipoma
  4. Tuberculosis
  5. Malaria
  6. HIV
  7. Kanker
  8. Kelainan pada kromosom

Selain dapat mendeteksi beberapa jenis penyakit secara awal. CBC sendiri juga dapat digunakan untuk memonitor kesehatan tubuh pasien secara keseluruhan. Hal ini sendiri bisa bertujuan untuk dapat tetap mengetahui kondisi dari tubuh. Selain itu dengan tes ini juga akan sangat memudhkan bagi mereka yang memiliki kemungkinan untuk melakukan tindakan transfusi darah untuk kedepannya.

Itu tadi informasi mengenai Complete Blood Count yang bisa kalian pelajari. Peran dan fungsi dari CBC ini sendiri memang cukup banyak dan beragam, namun CBC tidak dapat dijadikan sebagai acuan utama dalam mendeteksi beberapa jenis penyakit. Sehingga membutuhkan beberapa tindakan tambahan yang dapat mendukung diagnosa awal tersebut. Semoga Informasi tadi bermanfaat.