Home Penyakit dan KelainanBatuk 27 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dan Kering Secara Cepat

27 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dan Kering Secara Cepat

by Ana Rohma

Semua orang tentu pernah merasakan batuk dan wajib mengetahui cara menghilangkan batuk berdahak dan kering secara alami. Batuk ringan yang paling sering terjadi ketika tubuh terserang virus influenza. Selain itu batuk juga terjadi akibat penyakit lain seperti TBC, alergi, infeksi saluran pernafasan dan jenis kondisi penyakit lain. Umumnya ada dua jenis batuk yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Semua batuk ini merupakan kondisi ketika paru-paru berusaha melawan infeksi atau mengeluarkan zat asing yang mengganggu saluran pernafasan. Karena itu batuk bisa diobati sesuai dengan kondisi penyakit yang menyebabkan batuk.

Ada beberapa metode untuk mengatasi batuk. Semua orang bisa menerima reaksi yang berbeda-beda sesuai dengan ketahanan tubuh. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan batuk.

  1. Minum Banyak Air Putih

Ketika batuk maka biasanya ada sebagian air yang keluar dari tubuh. Batuk juga membuat tubuh menjadi semakin lemah karena kehilangan tenaga untuk batuk. Saat batuk maka badan menjadi tidak nyaman karena mengeluarkan keringat dan rasa lelah yang berlebihan. Tekanan pada bagian tenggorokan dan perut saat batuk bisa menyebabkan mual. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa minum air putih. Usahakan untuk minum air putih lebih sering. Air sangat penting untuk melawan bakteri dan virus yang berada dibagian tenggorokan.  Selain itu air juga akan langsung meredakan dan menenangkan batuk karena alergi atau penyebab lain.

  1. Air Hangat Campur dengan Madu, Lemon dan Jahe

Jika Anda mengalami batuk kering yang meninggalkan rasa gatal di tenggorokan, maka Anda bisa mencoba ramuan ini. Buat satu gelas air hangat yang dicampur dengan madu, air perasan jeruk lemon dan sepotong ruas jahe. Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara jahe mengandung bahan flavonoid yang bisa membantu melegakan saluran pernafasan dan rasa nyaman untuk tenggorokan. Madu menyumbangkan berbagai jenis vitamin dan mineral yang menjadi sumber bahan antioksidan. Namun jangan memberikan obat ini untuk anak yang berusia dibawah satu tahun.

  1. Teh dari Akar Manis

Beberapa jenis batuk ringan seperti karena kelelahan dan flu juga bisa disembuhkan dengan teh dari akar manis. Akar manis merupakan tumbuhan khusus yang sering digunakan sebagai bahan herbal untuk menyembuhkan batuk. Akar manis mengandung senyawa yang bisa membuat pernafasan menjadi lebih lega dan membuat rasa gatal di tenggorokan juga hilang. Anda mungkin pernah mendengar nama lain akar manis yaitu liquorice. Bahan ini sering digunakan untuk membuat permen pelega tenggorokan. Untuk membuat teh akar manis maka Anda bisa merebus bahan akar manis yang sudah dibersihkan dengan air minera. Setelah mendidih maka tuang dalam gelas atau cangkir dan campurkan dengan satu sendok madu.

  1. Mandi Uap dengan Air Hangat

Jika Anda merasa sangat lelah dan batuk yang sangat menguras tenaga maka Anda bisa mencoba untuk mandi dengan air hangat. Uap dari air hangat akan membantu mengeluarkan lendir dari hidung dan tenggorokan. Cara ini juga sangat baik untuk Anda yang memang menderita batuk karena flu atau alergi. Anda bisa mencampur minyak aroma terapi untuk membuat aroma uap bisa membantu melegakan saluran pernafasan. Untuk menghindari efek samping ini maka usahakan untuk tidak berendam dalam air hangat atau menghirup uap terlalu lama.

  1. Minum Madu

Ada banyak cara untuk membantu meredakan dan menghilangkan batuk. Salah satunya adalah makan satu atau dua sendok madu sebelum tidur. Madu mengandung sumber mineral dan vitamin yang bisa menjadi bahan antioksidan. Madu juga bisa membantu tubuh dalam mendapatkan sistem kekebalan yang lebih baik. Biasanya cara ini lebih efektif untuk anak-anak namun juga bisa diterapkan untuk orang dewasa dan orang tua. Pastikan Anda menggunakan jenis madu alami yang asli, sebab jika madu palsu biasanya mengandung bahan pemanis yang justru bisa menyebabkan batuk.

  1. Pindahkan Semua Pemicu Alergi

Jika Anda merasa terkena batuk akibat alergi maka pindahkan semua jenis benda atau produk yang menyebabkan alergi. Beberapa pemicu reaksi alergi adalah seperti binatang berbulu, bunga, serbuk sari bunga, pengharum ruangan, asap rokok, parfum, bau yang menyengat dan sumber lainnya. Jika Anda merasa terkena alergi dari barang-barang tersebut maka cobalah untuk segera menghilangkannya. Biasanya jika batuk disebabkan karena reaksi alergi maka jika jauh dari pemicu maka batuk juga akan sembuh sendiri.

  1. Gunakan Permen Pelega Tenggorokan

Banyak orang yang terkena batuk dan mereka bisa sembuh setelah menghisap permen pelega tenggorokan. Jenis permen ini biasanya memang ditujukan untuk melegakan tenggorokan dan menghilangkan batuk. beberapa jenis permen yang biasanya bisa menyembuhkan batuk adalah seperti permen strepsils. Ini adalah jenis permen khusus yang memang mengandung beberapa bahan alami untuk menghilangkan batuk dan sakit tenggorokan. Biasanya disarankan untuk menghisap permen satu kali sehari dan jangan berlebihan untuk menghilangkan efek samping.

  1. Menggunakan VICKS Vapo Rub

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membantu menghilangkan batuk adalah dengan mengusap dada , sekitar leher, telapak kaki dan tangan dengan balsam Vicks Vapo Rub. Ini adalah jenis balsam khusus yang memiliki aroma kuat dan bisa membantu melegakan pernafasan. Balsam ini paling efektif digunakan untuk anak-anak yang sedang terkena flu. Namun juga bisa digunakan untuk orang tua ketika sedang terkena batuk. Ingat, bahwa ini adalah obat luar dan jangan menelan atau mencampur minuman sebagai obat batuk.

  1. Minum Segelas Teh Hijau

Jika Anda merasa sudah sangat lelah untuk menghadapi batuk, maka cobalah untuk minum segelas teh hijau. Teh hijau sangat baik untuk membantu melegakan pernafasan dan menghilangkan batuk. Selain itu teh hijau juga mengandung bahan antioksidan alami yang bisa membantu menjaga tubuh agar lebih sehat.  Bahan antioksidan alami ini juga bisa membantu tubuh untuk melawan infeksi dari bakteri atau virus yang menyebabkan batuk. Tambahkan satu sendok madu untuk segelas teh hijau agar tubuh Anda lebih segar. Tapi perhatikan untuk tidak minum teh hijau ketika malam hari atau menjelang tidur, karena kandungan katekin bisa menyebabkan Anda sulit untuk tidur.

  1. Gunakan Humidifier untuk Rumah Anda

Jika Anda terkena batuk maka jaga agar kondisi lingkungan Anda tetap lembab dan sehat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat yang disebut humidifier. Alat ini bisa menambahkan kelembapan untuk udara dan membuat udara menjadi sangat nyaman. Alat ini sangat bermanfaat untuk orang yang terkena batu kering atau reaksi alergi. Alat bisa dipasang di kamar tidur atau ruangan lain yang sering digunakan.

  1. Gunakan Uap Balsam di Sekitar Hidung

Jika Anda terkena batuk akibat flu maka Anda juga bisa menggunakan uap dari balsam atau minyak dengan aroma kuat seperti minyak esensial. Caranya adalah dengan mencampurkan bahan ini ke dalam satu gelas air. Kemudian hirup udara yang keluar dari campuran ini. Uap yang keluar akan membantu agar Anda untuk bersin dan mengeluarkan semua virus dan lendir dalam hidung dan tenggorokan. Jika Anda tidak suka menggunakan uap maka juga bisa mengusapkan balsam atau minyak esensial ke kertas atau tisu, kemudian hirup aromanya.

  1. Menghirup Uang Bawang Putih

Salah satu bumbu alami seperti bawang putih juga bisa membantu menghilangkan batuk. Caranya adalah dengan memotong bawang menjadi beberapa bagian, kemudian masukkan dalam air panas. Setelah itu tutup kepala dengan handuk dan biarkan hisap uang yang keluar dari air dan bawang. Aromanya yang kuat mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Tapi uang dari bawang membantu mengatasi batuk karena mengandung bahan – bahan alami seperti sulforaphane yang bisa menghilangkan batuk.

  1. Konsumsi Makanan Pedas dengan Cabai atau Paprika

Jika Anda terkena batuk karena demam dan flu maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang pedas atau setidaknya memakai cabai atau paprika sebagai bumbunya. Cabai atau paprika sangat baik untuk membantu melegakan pernafasan. Selain itu cabai atau paprika juga mengandung bahan antioksidan seperti vitamin C dan senyawa flavonoid yang bisa membantu menyembuhkan batuk. Namun cara ini hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu meringankan sakit tenggorokan dan batuk. Cara ini sangat sesuai dilakukan oleh orang dewasa yang bisa membantu mengatasi rasa tidak nyaman. Ketika garam mengenai bagian tenggorokan dan selaput lendir maka bisa membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman dan menghilangkan peradangan. Bahkan berkumur dengan air garam juga bisa membantu mengeluarkan dahak bagi penderita batuk berdahak. Cara untuk membuat larutan ini adalah dengan mencampurkan satu sendok garam dengan segelas air hangat. Setelah itu mulai berkumur selama 15 detik untuk dengan larutan ini.

  1. Minum Yogurt

Yogurt merupakan jenis minuman yang bisa membantu mengendalikan batuk. Secara umum yogurt mengandung bahan probiotik yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini yang kemudian akan membuat tubuh Anda menjadi lebih baik. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan mendorong semua bakteri atau virus keluar dari dalam tubuh. Jadi yogurt memang akan membantu menghilangkan batuk tapi memang tidak secara langsung. Jika Anda ingin mengkonsumsi yogurt maka pilih jenis yogurt yang rendah lemak.

  1. Makan Nanas

Nanas mungkin bisa menjadi buah yang menyehatkan sekaligus bisa meringankan batuk. Nanas mengandung bahan aktif yang disebut sebagai bromelain. Bromelain bisa bekerja untuk mengurangi rasa mual, muntah dan batuk. Efek dari bromelain juga bisa membantu menghilangkan lendir dari saluran pernafasan. Untuk mendapatkan efek ini maka Anda bisa mengkonsumsi nanas secara langsung atau minum sirup nanas. Tapi pastikan untuk tidak memilih jenis sirup yang  mengandung bahan pemanis.

  1. Mengkonsumsi Permen Mengandung Mentol atau Pepermint

Untuk membantu menghilangkan batuk maka Anda juga bisa makan permen yang mengandung peppermint. Peppermint akan membantu melegakan saluran pernafasan dan juga mengeluarkan lendir secara alami. Anda bisa memilih jenis permen yang mengandung peppermint. Tapi jika Anda tidak menemukan permen ini maka juga bisa menggunakan minyak esensial yang mengandung peppermint. Campurkan minyak esensial ke dalam air hangat kemudian hirup uapnya.

  1. Berhenti Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, maka Anda harus mencoba berhenti merokok untuk menghilangkan batuk. Rokok mengandung bahan nikotin yang bisa masuk hingga ke saluran pernafasan. Rokok juga bisa menyebabkan reaksi alergi yang memicu batuk. Bahkan asap rokok juga bisa membuat paru-paru mengalami reaksi yang sangat buruk. Untuk itu jika ingin batuk sembuh maka harus berhenti merokok. Bahkan sebaiknya juga tidak terkena rokok dan memilih tinggal di lingkungan yang bersih dan segar.

Baca : Bahaya merokokbahaya nikotin – akibat berhenti merokok

  1. Minum Air Jahe

Jahe menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk menyembuhkan batuk. Jahe merupakan bahan alami yang mengandung bahan anti peradangan. Ini sama seperti ketika jahe bisa melawan semua efek batuk dan membuat kondisi pernafasan Anda menjadi lebih nyaman dan lega. Cara paling cepat untuk menghilangkan batuk dengan jahe adalah mengunyah beberapa potong jahe yang sudah direbus sebentar. Jika Anda merasa tidak kuat dengan rasa jahe maka bisa mencoba untuk membuat air jahe. Masukkan beberapa potongan jahe ke dalam air hangat. Setelah itu minum saat masih hangat. Jahe akan membantu tenggorokan menjadi lebih nyaman dan lega.

  1. Makan Sup Sayur atau Ayam

Salah satu cara menyembuhkan batuk yang alami adalah dengan makan sup ayam dan sayuran. Anda bisa membuat sup yang terdiri dari sayuran seperti kubis, wortel, daun bawang, bawang putih dan jagung. Tambahkan beberapa potong ayam tanpa lemak. Tambahkan juga beberapa bumbu yang bisa membuat batuk menjadi lebih ringan seperti bawang putih dan jahe. Sup akan menyumbangkan sejumlah energi yang bisa membantu mengatasi batuk dan tubuh yang lemah.

  1. Minum Jus Anggur

Anggur juga bisa menjadi buah yang akan menyembuhkan batuk secara alami. Anda bisa membuat segelas jus anggur tanpa menghilangkan kulitnya. Selain itu jangan mencampur jus dengan air karena jus anggur murni terbukti lebih berkhasiat. Anggur memiliki sifat mengencerkan dahak dan membantu melegakan rongga pernafasan. Untuk mengatasi batuk akibat flu atau alergi maka sangat disarankan untuk minum jus anggur sebelum tidur. Dan manfaatnya akan lebih besar lagi jika Anda mencoba untuk menambahkan satu sendok madu.

  1. Minum Larutan Kunyit

Selain jahe, kunyit juga tanaman rimpang yang bisa membantu mengatasi batuk. Anda bisa mencoba untuk memanggang biang kunyit yang masih segar. Biarkan hingga kering dan mengeluarkan aroma yang sangat tajam. Setelah itu tumbuk biang kunyit hingga menjadi sangat halus. Campurkan satu seujung sendok teh bubuk kunyit ini dengan air hangat dan madu. Setelah itu minum larutan selama tiga kali sehari. Minuman ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan membantu melegakan pernafasan. Ini termasuk larutan yang bisa menyembuhkan jenis batuk kering.

  1. Makan Jus Almond

Jus almond yang terbuat dari kacang almond tidak hanya menyehatkan badan tapi juga bisa menyembuhkan batuk kering.

Anda bisa mencoba untuk membuat susu almond sendiri atau membeli dalam bentuk kemasan. Tapi usahakan untuk memilih jenis olahan almond organik. Jika Anda tidak menemukan jus almond maka cobalah untuk membuat pasta almond. Caranya adalah dengan menggiling beberapa butir almond, kemudian masak dengan mentega sebentar. Setelah itu campurkan pasta ini saat makan roti.

  1. Madu dan Adas

Salah satu cara pengobatan batuk lain yang bisa dilakukan secara tradisional adalah dengan menggunakan bahan adas. Adas sering digunakan sebagai bumbu memasak karena menghasilkan aroma yang sangat kuat dan melezatkan masakan. Untuk mengobati batuk dengan adas maka Anda bisa menggunakan beberapa cara. Campurkan adas dengan air mineral kemudian rebus selama beberapa saat hingga mendidih. Setelah itu saring dan tuang dalam gelas atau cangkir. Campurkan dengan satu sendok madu dan minum saat masih hangat. Minuman ini akan membantu melegakan saluran pernafasan dan menjaga agar batuk berdahak cepat sembuh.

  1. Ramuan Lobak dan Madu

Anda juga bisa mencoba menyembuhkan batuk dengan bahan parutan lobak dan air hangat yang sudah dicampur dengan madu. Lobak sangat baik untuk membantu mengatasi batuk karena mengandung senyawa aktif yang bisa berfungsi sebagai bahan antioksidan. Selain itu bahan lobak yang dicampur dengan madu juga bisa memperbaiki pola makan dan nafsu makan untuk orang yang sedang batuk. jadi kedua bahan ini bisa membantu mengatasi batuk dengan cara yang sangat alami.

  1. Ramuan dengan Daun Kemangi

Daun kemangi juga bisa menjadi salah satu daun alami yang mampu mengobati batuk. Kemangi mengandung bahan stimulan yang bisa mengatasi jenis batuk kering dan batuk berdahak. Selain itu kemangi juga bisa membuat istirahat menjadi lebih nyaman sehingga penderita batuk juga akan cukup istirahat. Efek daun kemangi yang menyegarkan bisa membuat pernafasan menjadi lebih baik. Cara menjadikan kemangi sebagai obat pereda batuk adalah dengan menumbuk daun kemangi hingga halus, kemudian oleskan seperti memakai balsam untuk dada dan punggung. Efek awalnya memang akan terasa sedikit panas, tapi setelah itu akan sangat menyegarkan.

  1. Istirahat yang cukup

Bahaya kerja lembur berlebihan salah satunya adalah menjadi penyebab batuk tidak bisa sembuh dan sulit untuk hilang. Memang istirahat yang cukup sangat membantu sebagai cara menghilangkan batuk kering dan berdahak secara alami tanpa obat. Penyebab batuk kering dan berdahak dapat disebabkan oleh kurangnya tubuh beristirahat.

Artikel batuk lainnya

Tips Memilih Obat Batuk

Beberapa orang biasanya akan membiarkan batuk tanpa diobati terlebih dahulu, terutama untuk penderita dewasa. Namun setelah batuk tidak sembuh dalam waktu yang lebih lama maka biasanya penderita akan memilih atau membeli obat batuk. Berikut ini adalah pedoman untuk memilih jenis obat batuk.

  1. Ketahui gejala batuk yang Anda rasakan. Apakah batuk kering, batuk berdahak atau batuk karena kelelahan.
  2. Batuk kering memiliki beberapa gejala seperti rasa gatal di tenggorokan, sakit tenggorokan, batuk yang sering dan tidak mengeluarkan dahak.
  3. Batuk basah sering disertai dengan beberapa gejala seperti keluar dahak, rasa sakit saat bernafas, tertekan pada bagian dada dan saat batuk mengeluarkan lendir atau dahak.
  4. Ketahui jika batuk yang Anda rasakan merupakan akibat yang terjadi karena kondisi flu, kelelahan atau masuk angin.
  5. Beberapa jenis obat batuk tergolong dalam beberapa tingkat dan memiliki fungsi yang berbeda. Ada dua jenis golongan obat batuk yaitu:
    • Obat batuk suppressant tergolong sebagai obat batuk yang bisa mengurangi batuk menjadi lebih ringan, namun memiliki efek untuk menekan batuk agar tidak keluar.
    • Obat batuk ekspektoran berfungsi sebagai obat batuk untuk mengeluarkan lendir.
  1. Perhatikan jika Anda minum obat batuk, maka baca aturan yang biasanya terdapat pada kemasan dan lakukan sesuai dengan petunjuk. Jika Anda mendapatkan obat batuk dari dokter maka pastikan untuk mendapatkan petunjuk yang jelas.
  2. Dosis penggunakan obat batuk biasanya disesuaikan dengan umur.
  3. Jangan memilih jenis obat batuk yang belum memiliki ijin dan dijual selain di toko obat.
  4. Pastikan Anda bertanya kepada petugas apotik mengenai fungsi obat batuk yang Anda pilih, bagaimana cara aturan minumnya dan berapa lama obat tersebut boleh di minum.
  5. Jika Anda terus menerus batuk dan tidak segera sembuh setelah menggunakan obat batuk biasa, maka segera periksa ke dokter terdekat.

Selain memilih obat batuk yang tepat, maka sebaiknya Anda juga bisa istirahat dengan baik. Istirahat yang cukup akan mengembalikan kondisi tubuh dan bisa memulihkan tenaga. Dan jangan lupa untuk menggunakan masker saat batuk, karena batuk sangat mudah menular lewat udara dan lingkungan di sekitar Anda.

You may also like