13 Pencegahan TB Paru Paling Mudah

2375

TBC atau penyakit tuberkulosis paru – paru adalah salah satu penyakit yang familiar di negara Indonesia. Pasien yang mengalami penyakit ini semakin bertambah setiap tahun. Kebanyakan mereka yang terkena adalah orang – orang yang sudah dewasa sampai menua. Beberapa orang kebanyakan yang menderita TBC atau TB paru adalah orang – orang yang memiliki status ekonomi rendah.

( Baca : gejala awal TBC )

Awal dari penyakit TBC atau TB paru ini adalah batuk – batuk yang di anggap remeh. Karena tidak di sembuhkan, akhirnya menjadi batuk yang semakin parah. Terutama jika penyakit ini sudah menyebar sampai pada daerah paru – paru. Lantas penderita mengalami banyak berkeringat pada malam hari. Ia juga semakin kurus dari hari ke hari. Setelah itu mulailah muncul batuk berdarah.

( Baca : cara penularan TBC )

Tuberkulosis merupakan penyakit yang menyerang pada bagian saluran pernapasan. Biasanya penderita mengalami batuk parah sampai merasa sulit bernapas dengan baik. Penyakit ini adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus dan bakteri. Sehingga bisa menular pada orang lain. Terutama di daerah yang memiliki kondisi udara yang jelek.

Penyakit TBC ini sangat mudah menular orang lain. Karena penularannnya berasal dar udara bebas. Biasnaya orang yang mengalami TBC semakin lama sembuh, jika kondisi lingkungannya jelek. Sebab orang yang terkena TBC ini membutuhkan asupan udara yang bersih.

( Baca : gejala TBC paru )

Lantas, apakah ada cara yang bisa di lakukan untuk pencegahan TB paru ini ? Tentu saja ada. Seperti apa sajakah ?

1. Jaga jarak dengan penderita

Cara yang bisa di lakukan adalah menjaga jarak dengan penderita. Sebab penderita TBC akan menulari orang lain melalui udara. Untuk itu menjaga jarak agar tidak tertular menjadi penting. Apalagi TBC di sebabkan karena pengaruh bakteri yang menginfeksi pada bagian paru – paru penderita.

2. Jangan menggunakan alat makan yang sama dengan penderita

Untuk menghindari terkena virus yang di sebabkan karena TBC, sebaiknya anda menghindari menggunakan alat makan yang sama dengan penderita. Bekas air liur yang di hasilkan penderita bisa menulari anda. Untuk itu, cucilah bersih setiap alat makan yang sudah di gunakan oleh penderita.

3. Gunakan masker untuk pencegahan

Selain itu, anda juga bisa menggunakan masker sebagai bentuk pencegahan yang di lakukan. Masker ini di gunakan untuk menghindari kontak udara langsung yang bisa menyebabkan virus dan bakteri TBC masuk ke dalam tubuh anda. Untuk pengamanan, anda bisa menggunakan masker yang sekali pakai lalu di buang.

4. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Cara lain yang bisa di lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Penuhi kebutuhan tubuh dan gizinya. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Hal ini akan membantu kesehatan organ tubuh anda. Selain tu makan makanan sehat juga membuat tubuh anda semakin kebal dengan penyakit.Berikut ada  ciri ciri makanan sehat

5. Istirahat cukup

Usahakan anda selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidak melakukan begadang atau tidur larut malam untuk hal – hal yang kurang berguna. Bergegaslah tidur malam hari. Penuhilah waktu tidur sekitar 6 jam sehari. Hal ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih fresh dan siap untuk menghadapi hari selanjutnya.

6. Jangan lakukan hal yang berat

Untuk merawat kesehatan tubuh anda, bisa melakukan aktivitas yang ringan. Hindari untuk melakukan aktivitas yang berat. Hal ini bisa membuat tubuh anda lebiha awet. Apalagi untuk kesehatan tulang dan persendian.

7. Jika merasa sakit, sebaiknya berada di dalam rumah

Jika anda merasa tubuh anda sakit atau kondisinya tidak enak, lebih baik untuk tetap berada di dalam rumah. Jangan pergi keluar dahulu. Perbaiki kondisi badanmu agar membaik. Lakukanlah kegiatan yang sederhana saja. Atau hanya melakukan aktivitas yang harus di lakukan hari ini juga. Jika memang sudah baik, anda bisa keluar rumah lagi.

8. Hindari terkena bersin dan batuk penderita

Karena penularan dari TBC melalui udara, maka usahakan anda tidak terkena bersin dan batuk – batuk yang berasal dari penderita. Sebab virus dan bakteri bisa menulari kita melalui hal tersebut. Usahakan penderita juga bersin dan batuk di sebelah tempat yang tidak ada orangnya. Atau batuk dan bersin dengan menutupi dengan menggunakan tissu.

9. Jaga kebersihan rumah dan lingkungan anda

Selain itu, ada juga cara yang bisa di lakukan untuk mencegah terinfeksi TBC. Yakni dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan anda. Karena TBC ini di sebabkan karena udara yang kotor, sehingga paru – paru tidak mendapatkan udara yang bersih. Jika ingin mencegah terkena infeksi ini, maka usahakanlah lingkungan anda tetap bersih selalu.

10. Jangan merokok

Merokok adalah aktivitas yang tidak baik untuk di lakukan bagi manusia. Rokok mengandung beberapa senyawa yang tidak baik untuk tubuh. Misalnya karbon , nikotin, dan lain sebagainya. Kebiasaan merokok mampu merusak paru – paru anda menjadi keropos. Jika anda terkena TBC, maka sangat di larang untuk merokok. Karena bisa memperparah sakit anda. Jika belum terkena TBC sebaiknya hindari rokok. Perlu anda tahu efek samping rokok bagi kesehatan anda.

11. Jangan konsumsi alkohol

Selain rokok, anda juga harus menghindari alkohol. Kandungan yang ada dalam alkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Alkohol hanya akan merusak sistem tubuh anda. Terutama pada bagian otak dan jantung. Selain itu, kebiasaan minum alkohol akan membuat tubuh anda menjadi lebih lemah dan ringkih. Sehingga resiko tertular semakin tinggi.

12. Segera periksa ke dokter jika anda sakt batuk tak kunjung sembuh

Jika anda sedang sakit batuk, sebaiknya periksakan ke dokter terlebih dahulu. Apalagi batuk yang anda alami sampai membuat dada menjadi sesak. Kemudian batuk tersebut juga tak kunjung smebuh. Bisa jadi batuk batuk yang anda alami ini adalah gejala awal anda terkena TBC atau TB paru.

13. Waspadai jika batuk berdarah

Apabila batuk anda tidak kunjung sembuh, maka segera periksakan ke dokter. Apalagi jika batuknya di jumpai bercak darah merah. Anda harus waspada. Segera konsultasikan ke dokter agar anda mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bisa jadi TBC yang anda alami masih gejala awal yang masih bisa di sembuhkan.

Itulah beberapa cara untuk melakukan pencegahan sakit TB paru. Jagalah kesehatan anda selalu. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Salam sehat.