Home Penyakit dan KelainanFaringitis 7 Bahaya Radang Tenggorokan Kronis

7 Bahaya Radang Tenggorokan Kronis

by Ana Rohma

Radang tenggorokan memang terdengar sepele di telinga anda. Penyakit yang kerap menjumpai pada anak anak dan dewasa ini memang biasa di anggap remeh. Biasanya akan sangat mudah terserang jika tubuh anda sedang dalam kondisi down. Baik anda sadari atau tidak, penyakit sepele ini cukup mengganggu aktivitas harian anda.

Bagaimana Radang Tengorokan Terjadi ??

Radang ini akan menyerang batang tenggorok yang membengkakan dindingnya, sehingga warnanya berubah memerah dan muncul bintik bintik putih. Biasanya para penderita merasa enggan untuk memakan makanan apapun. Sakitnya tenggorokan saat menelan akan mengurangi selera makan. Penyakit ini akan datang bersama suhu badan yang sedikit naik. Juga sakit kepala dan kepala sedikit pusing, yang membuat tubuh menjadi tidak konsen untuk mengerjakan kegiatan dan segala aktivitas harian biasanya.

Penyebab radang tenggorokan

Radang tenggorokan atau biasa di sebut dengan penyakit faringitis merupakan salah satu penyakit yang di sebabkan oleh berbagai faktor, yakni :

Terkena Bakteri

Radang tenggorokan bisa di sebabkan karena bakteri streptokokus. Selain itu, bakteri ini juga bisa menyebabkan penderita mengalami gangguan pernapasan seperti pilek dan pneumonia. Sangat mudah terjangkiti oleh orang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Terkena alergi

Seseorang yang awalnya biasa saja, bisa terkena alergi terhadap sesuatu benda. Hal ini terjadi karena ia terkena virus atau pun bakteri yang menumpanginya. Biasanya terjadi pada beberapa makanan yang menggunakan minyak bekas tanpa di saring kembali.

Terserang debu yang banyak

Debu juga bisa menjadi alergi bagi beberapa orang. Beberapa debu yang memiliki partikel cukup besar serta sifatnya destroyed akan mengganggu proses pencernaan anda. Biasanya debu ini berasal dari kolong tempat tidur, di atas lemari, serta di gorden yang jarang di bersihkan. Biasanya mereka akan masuk melalui mulut anda dan tinggal di tenggorokan. (Baca juga : cara sehat terhindar dari penyakit)

Komplesitas dari flu

Flu meskipun di anggap sebagai penyakit yang cukup ringan, juga membawa komplikasi penyakit lain seperti radang tenggorokan. Seperti yang pernah terjadi di Jakarta, beberapa penderita yang terkena demam berdarah dan flu burung mereka juga sekaligus terkena radang tenggorokan. Saat tubuh anda dalam kondisi baik, maka virus dan bakteri di dalam tubuh sama sekali tidak berbahaya. Namun ketika kondisi tubuh anjlok, virus dan bakteri tersebut menjadi ganas menyerang tubuh anda.

Apapun penyakitnya, jika di biarkan saja tidak akan baik. Hanya mitos ketika anda mendengar suatu pernyataan ketika sakit lalu di biarkan saja, lama -ama akan sembuh sendiri. Sebenarnya mereka sembuh bukan karena anda tidak melakukan perlakuan khusus terhadap tubuh anda. Namun sistem imunnitas yang membaik, sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Penyakit yang kerap terlihat ringan ini ternyata bisa menjadi bom atom untuk diri anda sendiri. Radang tenggorokan yang anda biarkan bersarang di dalam tubuh anda, jika tidak di obati akan menjadi berbahaya. Efek yang di timbulkan oleh radang tenggorokan bisa menjalar ke paru paru anda dan merusak sistem pernapasan anda. Berikut ini adalah bahaya radang tenggorokan yang menimbulkan sejumlah penyakit :

1. Indikasi muncul campak

Radang  tenggorokan memang sebenarnya bukan suatu penyakit. Namun menjadi indikasi akan terkena suatu penyakit tertentu. Ketika anda merasakan radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh, bahkan sampai 5 hari setelahnya, pantas jika merasa khawatir. Jika ada gejala lain seperti nafsu makan kunjung menurun, disertai batuk dan muncul bisul kecil kecil mungkin memang anda terinfeksi virus lain. Biasanya menurut gejala yang timbul, anda terkena campak.

Anda akan lebih lama untuk sembuh. Virus yang menjangkiti tubuh anda adalah Epstein barr yang menyebabkan tubuh terkena infeksi mono nucleus. Sebab virus ini akan menyerang sistem limpa anda dan terjadi pembengkakan di sekitar pembuluh yang berada di leher. (baca juga : virus rubella atau campak jerman)

2. Indikasi sakit kuning

Radang tenggorokan juga mampu menjadi indikasi dari penyakit kuning. Ketika radang tenggorokan anda terasa semakin parah. Bahkan sampai 6 minggu tak kunjung sembuh, kemungkinan ini adalah gejala dari penyakit lain. Atau bisa jadi virus yang masuk ke dalam tubuh anda menyerang bagian hati. Kondisi ini akan membuat anda terkena penyakit kuning. Penularan virus yang menginfeksi tubuh biasanya memang melalui ludah, seperti ketika secara tidak sengaja anda mencium seseorang yang memiliki virus ini. Itulah mengapa virus ini disebut kissing disease. (Baca juga : bahaya ciuman) Selain itu, juga melalui  handuk dan alat makan yang di gunakan bersama-sama

3. Rusaknya klep jantung

Untuk kalangan bakteri, ia sudah mampu merusak bagian klep jantung. Biasanya bagian dari grup A betahemolitis streptococus. Salah satu gejalanya adalah sore throat atau radang tenggorokan. Namun beberapa penyakit jantung banyak dipengaruhi oleh pola makan yang salah dan gaya hidup tidak sehat yang terus-menerus dilakukan.

4. Sinusitis

Komplikasi yang semakin parah dari radang tenggorokan bisa menyebabkan sinusitis. Hal ini di sebabkan karena bakteri streptococcus sudah menyerang sinus anda dan merusaknya.

5. Bronkhitis

Radang tenggorokan yang semakin parah juga bisa menjadi komplikasi dari radang paru-paru atau bronkhitis. Hal ini dikarenakan bakteri yang sudah masuk merusak tenggorokan serta menjalar untuk merusak paru paru anda. Kondosi bronkhitis ini diperparah dengan bahaya merokok bagi kesehatan dan adanya flek paru-paru.

6. Radang ginjal

Terjadinya radang ginjal salah satu gejalanya adalah radang tenggorokan yang sudah semakin parah. Bakteri yang menyebabkan radang tersebut semakin menjalar dan merusak ginjal.

7. LPR (Laryngo pharyngenal reflux)

Gejala radang tenggorokan mungkin juga karena adanya tanda bahwa anda terkena LPR. Biasanya penderita ini sudah mengalami alergi dengan di tandai sakit tenggorokan di pagi hari. Hal ini terjadi bersamaan dengan gejala asam lambung naik, lalu masuk ke belakang tenggorokan anda. Anda merasa ada benjolan di tenggorokan dan rasanya asam. Penderita mulai sering betuk untuk mengeluarkan dahak. Hal ini terjadi otomatis dari sistem tubuh yang berusaha membersihkan tenggorokan.

Penyakit ini juga bisa timbul karena sistemik atau sakit karena ada pengaruh dari penyakit lain, misalnya :

  1. Kencing manis
  2. Gangguan ginjal
  3. Gejala penyakit jantung
  4. Sakit liver

Gejala Radang Tenggorokan

Beberapa gejala yang muncul ketika anda mengalami radang tenggorokan adalah :

  • Demam yang cukup tinggi
  • Pusing dan nyeri di kepala
  • Malas melakukan aktivitas apapun
  • Suara menjadi serak
  • Di sertai batuk berdahak, tapi tidak terlalu menonjol
  • Gejala rhinitis atau radang hidung
  • Perut terasa nyeri, bahkan merasa ingin muntah
  • Tenggorokan terasa sakit terutama saat menelan
  • Amandel berwarna memerah dan membengkak
  • Adanya benjolan berwarna merah di sekitar tenggorokan
  • Terasa sakit yang menjalar dari telinga sampai hidung
  • Tenggorokan terasa panas dan mengering

Gejala tersebut akan muncul selama 1 – 2 hari. Namun pada seseorang yang daya tahan tubuhnya melemah, akan sampai satu minggu. Jika anda merasa terkena gejala di atas, cukup di berikan obat obatan untuk menghilangkan gejalanya saja. Tidak perlu sampai di berikan antibiotik.

Pertolongan pertama ketika gejala radang tenggorokan mulai muncul :

  • Segera istirahat yang cukup
  • Barengi dengan makanan yang mengandung nutrisi tinggi
  • Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin C
  • Jika tenggorokan sakit, perbanyak minum hangat seperti teh hangat dengan gula sedikit
  • Mulai jauhi rokok
  • Kurangi konsumsi es (Baca juga : bahaya minum es)
  • Olahraga yang teratur, minimal satu minggu dua kali
  • Tidak bekerja berlebihan

Semoga artikel ini bisa membantu…

You may also like