Home Penyakit dan KelainanBatuk 10 Penyebab Batuk di Malam Hari Penting Untuk Diwaspadai

10 Penyebab Batuk di Malam Hari Penting Untuk Diwaspadai

by Erlita

Apakah Anda merasakan kondisi yang cukup mengganggu di mana sepanjang hari ketika beraktivitas Anda merasa baik-baik saja, namun justru saat hendak tidur di malam hari malah justru batuk-batuk? Mungkin hal ini diawali lebih dulu dengan rasa gatal lebih dulu di tenggorokan sehingga akhirnya menjadi batuk yang terus-terusan terjadi.

Batuk yang dialami pun hanya terjadi di malam hari dan bahkan bisa menjadi pengganggu tidur Anda setiap harinya? Hal ini bisa menjadi hal yang cukup mengganggu bukan? Bahkan keesokan harinya pun tenggorokan akan terasa seperti teriritasi. Berikut ini perlu disimak sejumlah faktor penyebab batuk di malam hari yang perlu untuk diketahui sekaligus diwaspadai.

  1. Sinusitis

Alergi adalah sebuah faktor yang mampu memengaruhi kondisi hidung menjadi gatal, berair atau tersumbat, namun selain alergi pun kemungkinan penyakit jangka panjang seperti infeksi sinus pun berisiko besar dapat terjadi. Ketika infeksi sinus tak kunjung pergi atau hilang, maka otomatis ketika sinus tersumbat, lendir bisa terjebak dan malah masuk ke dalam tenggorokan.

Terkadang hal inilah yang kemudian menjadikan tenggorokan terasa sangat gatal dan tak nyaman sama sekali. Dari rasa gatal yang memengaruhi tenggorokan, batuk-batuk pun dapat dialami dan penderita perlu untuk menggunakan obat alergi atau mendapatkan resep spray untuk hidung yang bisa membantu menghilangkan sinus.

  1. Alergi

Alergen atau suatu faktor yang memicu reaksi alergi bisa berupa benda atau makanan tertentu. Batuk yang terjadi pada malam hari dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami alergi. Pada umumnya, batuk yang disebabkan alergi juga bisa disertai dengan sesak nafas, jadi cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan solusi paling tepat.

  1. Kekurangan Zat Besi

Zat besi merupakan sebuah zat yang ada di dalam tubuh manusia yang berperan penting sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan serta mengangkut elektron ketika di dalam sel terjadi proses pembentukan energi. Ketika tubuh mengalami defisiensi zat besi, maka bisa saja hal ini justru menjadi faktor utama penyebab batuk kronis di malam hari.

Rendahnya kadar zat besi di dalam tubuh ditambah dengan iritasi dan pembengkakan pada bagian belakang tenggorokan bisa memicu batuk-batuk yang akan lebih mengganggu di malam hari. Jadi, mulailah mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi ditambah dengan konsumsi suplemen zat besi sesuai dengan kebutuhan tubuh.

  1. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat menyerang kapanpun dan bahkan tanpa kita sadari. Batuk-batuk yang muncul dan dialami di malam hari bisa jadi adalah suatu gejala dari radang tenggorokan. Untuk mencegah supaya radang tenggorokan tak makin serius, segera bangun dan minumlah air putih dan keesokan harinya Anda bisa menghindari berbagai makanan berminyak dan panas yang bisa memperburuk kondisi tenggorokan.

  1. Asma

Batuk-batuk yang terjadi di malam hari hingga mengganggu tidur Anda bisa jadi berasal dari kondisi asma yang mungkin Anda tak begitu sadari. Kebanyakan orang memang menganggap bahwa suatu penyakit asma ditandai dengan sesak nafas dan mengi, namun tidak selalu demikian gejala yang terjadi.

Bahkan batuk pun juga bisa dimasukkan ke dalam golongan gejala asma dan justru kebanyakan penderita asma sendiri malah mengalami batuk kering sebagai gejala umum. Jadi, segeralah ke dokter dan bicarakan gejala batuk ini dan tempuhlah tes asma demi mengetahui pasti apa penyebab batuk yang terjadi setiap malam sampai Anda susah tidur.

  1. Radang Selaput Lendir

Kondisi radang selaput lendir pada umumnya diketahui dapat terjadi karena sinusitis yang tak segera diobati maupun karena alergi. Batuk pada malam hari bisa juga menjadi tanda bahwa Anda terkena radang selaput lendir, apalagi kalau hampir setiap malam mengalaminya. Segera cari cara untuk mengatasinya atau berkonsultasi langsung dengan dokter.

  1. Menghirup Debu

Batuk yang terjadi di malam hari yang dirasa tiba-tiba bisa saja disebabkan oleh debu yang terhirup. Debu bisa ada di mana saja, bahkan debu bisa juga ada di sela-sela bantal, selimut dan guling yang kita pakai untuk tidur sehingga ketika masuk ke dalam pernapasan hingga ke tenggorokan yang malah menyebabkan rasa gatal dan memicu batuk-batuk.

  1. Suhu Udara

Penyebab batuk pada malam hari dapat disebabkan oleh suhu udara yang ada di sekitar kita. Suhu udara yang cukup kering di kamar bisa saja memengaruhi pernapasan dan memicu gatal di paru-paru. Batuk pun otomatis akan terpicu terutama saat kita sudah tertidur.

  1. Refluks Asam

GERD atau kenaikan asam lambung bisa jadi adalah faktor utama yang menyebabkan batuk-batuk di malam hari. Asam yang naik di lambung biasanya memang ditandai dengan rasa sakit di ulu hati, namun gangguan pencernaan ini bisa juga sampai ke paru-paru yang akhirnya menyebabkan batuk-batuk.

  1. Penggunaan Obat Tertentu

Batuk kering yang lebih terasa dan dialami di malam hari dapat menjadi efek samping dari pengobatan tertentu. Jadi, lebih baik Anda coba tanyakan kepada dokter dan konsultasikan tentang obat yang sedang Anda gunakan berikut efek samping pastinya supaya serta cara mengatasinya.

Berbagai kemungkinan penyebab batuk di malam hari telah diulas, jadi manakah yang lebih mungkin terjadi pada diri Anda? Bila Anda khawatir bahwa batuk-batuk tersebut bisa menjadi tanda penyakit berbahaya, segera ke dokter dan periksakan diri supaya penanganan awal pun bisa diperoleh.

You may also like