Home Penyakit dan KelainanBatuk Batuk Kering Tidak Kunjung Sembuh, Bahaya dan Cara Mengatasinya

Batuk Kering Tidak Kunjung Sembuh, Bahaya dan Cara Mengatasinya

by Nur Wachid, S.Pd

Batuk merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh dampak virus maupun bakteri. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia. Terlebih tubuh yang mengalami penurunan kekebalan tubuh. Tubuh yang demikian akan mudah terserang karena memang penangkal atau imun tubuh yang tidak berkerja secara maksimal. Biasanya batuk terjadi di sertai dengan gajala lainnya, seperti flu dan hidung tersumbat. Batuk ini dalam aktivitas sehari-hari begitu menganggu.

Batuk pada umumnya terjadi satu minggu dan paling lama dua minggu. Namun, jika batul yang dialami secara berbulan-bulan belum sembuh perlu diwaspadai sebagai sebuah penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Terlebih batuk itu berupa batuk kering yang melanda tubuh cukup lama. Untuk itu, artikel berikut akan membahas terkait dengan bahaya yang ditimbulkan dari batuk kering tidak kunjung sembuh.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan

Bahaya batuk kering tidak kunjung sembuh pertama adalah infeksi saluran pernapasan. Penyakit ini begitu berbahaya bagi tubuh karena yang diserang merupakan organ salurna pernapasan yang begitu vital bagi tubuh. Gejala yang muncul biasanya selain batuk juga disertai dengan flu, pilek, dan infeksi saluran pernapasan itu sendiri. Penderita yang terinveksi penyakit ini juga akan mengalai demam dan hidung tersumbat. Hal ini dikarena adanya reaksi dari saluran pernapasan yang terganggu karena infeksi. Untuk itu, jika anda mengalami hal itu harus berhati-hati karena tergolong penyakit berbahaya. Baca juga penyebab nafsu makan meningkat.

  1. Batuk Rejan

Bahaya batuk kering tidak kunjung sembuh berikutnya berupa batuk rejan. Istilah penyakit ini memang begitu asing. Penyakit ini disebabkan oleh tubuh yang terkena bakteri. Gejala yang muncul dari batuk rejan ini berupa demam, hidung meler, dan batuk yang tidak kunjung sembuh. Pada batuk ini ketika sedang menghirup udara ke paru-paru akan menghasilkan suara yang khas, yaitu rejan yang tinggi. Batuk rejan ini ketika dibiarkan berlama-lama akan mengakibat penyakit lain yang lebih kronis. Sehingga, ketika mengalami gejala semacam itu penting untuk segera melakukan pengobatan. Baca juga terkait cara menghilangkan stres.

  1. Asma Disertai Alergi

Bahaya batuk kering tidak kunjung sembuh selanjutnya berupa asma disertai alergi. Penyakit ini tergolong panyakit yang berbahaya karena yang diserang merupakan organ vital tubuh, yaitu berupa paru-paru. Sehingga, jelas akan mengalami berbagai gangguan ketika terserang penyakit ini. Selain itu, orang yang terkena panyakit asma juga sensitif terhadap sesuatu. Misalnya sensitif terhadap serbuk sari, debu, bulu hewan, dan juga iritasi terhadap udara. Tidak jarang karena alegi inilah yang menyebabkan asma semakin kronis dan terpenting disertai dengan batuk kering. Anda juga disarankan membaca asam lemak trans monoenoic.

  1. Kangker Paru-paru

Bahaya batuk kering tidak kunjung sembuh berikutnya dalah penyakit kangker paru-paru. Penyakit ini biasanya dapat dideteksi dengan gejala yaitu batuk kering yang tidak kunjung sembuh dalam beberpa minggu. Bahkan, semakin lama akan semakin parah. Penyakit ini tergolong panyit yang berbahaya untuk itu penting diperhatikan bagi anda yang mengalami gejala batuk kering yang begitu lama. Baca juga ciri-ciri keracunan makanan.

  1. TBC (tuberculosis)

Bahaya batuk kering tidak kunjung sembuh selanjutnya  adalah TBC. Sebuah penyakit yang disebabkan oleh banteri yang begitu berbahaya untuk tubuh. Hal ini karena yang diserang merupakan organ tubuh yang begitu vital yaitu paru-paru. Panyakit ini biasanya disertai dengan demam, selera makan yang menurun, mudah capek, terdapat benjolah di leher, berkeringat di malam hari, dan batukyang tidak kunjung sembuh lebih lama. Tentu penyakit ini yang dianggap mudah menular akan membuat anda semakin tidak semangat untuk berkativitas. Untuk itu, ketika terdeteksi segera untuk melakukan pengobatan. Baca juga bahaya mandi saat kurang tidur .

  1. Bronchitis Akut

Bahaya batuk kering tidak kunjung sembuh selanjutnya berupa bronchitis akut. Penyakit ini disebabkan oleh saluran paru-paru terinfeksi dan mengalami peradangan. Akibat yang ditimbulkan dari penyakit ini berupa batuk, sesak, demam, sakit tenggorokan, dan muncul gejala flu. Batuk kering yang tidak kunjung sembuh juga dapat diindikasi sebagai penyakit ini.

Selain mengetahui tentang bahaya batuk kering yang tidak kunjung sembuh. Artikel ini juga akan mengupas terkait cara untuk mengatasinya. Sehingga, ada tidak saja tahu tentang bahaya yang ditimbulkan tetapi juga tahu cara untuk mengobati.

  1. Menggunakan Jahe Untuk Berkumur

Jahe memang terkenal sebagai salah satu obat tradisional. Rasa hangat yang dtimbulkan ketika meminum jahe ini secara tidak langsung akan menghangatkan tenggorokan. Karena hangat inilah yang perlahan akan mengobati batuk yang anda derita. Dengan meminum jahe ini akan menjadikan tubuh segar dan tentu menghilangkan batuk kering.

  1. Gunakan Jeruk Nipis dan Kecap

Cara ini memang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai solusi untuk mengatasi batuk. Terlebih dicampur dengan kecap akan menambah keuntungan yang berlebih, yaitu tentu meredakan batuk kering. Memang rasanya kecut tetapi melihat khasiat yang begitu penting tidak akan membuat enggan untuk mencobanya.

You may also like